Ketik Materi yang anda cari !!

Home » , , , » PERAWATAN DASAR KULIT CANTIK

PERAWATAN DASAR KULIT CANTIK

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Friday, November 28, 2014



Kajian Online WA Hamba  اللَّهِ SWT Bunda 2


Kamis, 27 November 2014/04 Safar 1436
Nara Sumber : Ustadzah dr. Lily
Tema: Kecantikan (Perawatan Dasar Kulit Cantik)
Admin : Bunda Fitri
Notulen: Bunda Marpiah
Editor: Selli Novita
÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷

Assalamualaikum Wr Wb
Perkenalkan, saya Lily seorang ahli gizi klinik, praktisi kecantikan dan kesehatan. Pada kesempatan ini saya akan mengajak bunda sekalian untuk berdiskusi tentang PERAWATAN DASAR KULIT CANTIK.
Pertama tama saya akan membuka dengan sedikit uraian, silahkan bunda membacanya. Setelah itu kita akan bertanya jawab sampai dengan pukul 17.00 WIB.

Baik, mari kita mulai dengan ucapan Bismillaahirrohmaanirrohiim
Siapa bunda bunda di sini yang tidak ingin cantik? Wah semua kita pasti ingin cantik dong. Kecantikan itu pada dasarnya ada 2, yaitu kecantikan jasmani dan rohani.
Pada kesempatan ini kita akan diskusikan masalah kecantikan jasmani khususnya perawatan dasar kulit cantik. Kulit merupakan organ penting yang terlihat dari luar. Secara kasat mata orang akan mudah membedakan kulit yang terawat dengan yang tidak terawat. Karenanya, sangat penting bagi kita untuk memberikan perhatian dan perawatan kulit kita.

>PENYEBAB STRESS PADA KULIT:
1. Sinar UV
2. Polusi
3. Lingkungan yang kasar dan kering
4. Stres psikologis
5. Stres fisiologis
6. Gaya hidup yang tidak biasa
7. Ketidak seimbangan hormon
8. Faktor penuaan
9. Perawatan kulit yang kurang baik.
Kulit terbagi menjadi 3 bagian, yaitu epidermis, dermis dan hypodermis. Epidermis merupakan jendela kulit kita dan disinilah dimulainya perwatan kulit. Jenis kulit ada 4, yaitu kulit normal, berminyak, kering dan kombinasi.
Jenis kulit sangat berpengaruh terhadap jenis produk yang kita gunakan.

>PERAWATAN DASAR KULIT
Pada dasarnya perawatan dasar harian untuk kulit sangat sederhana, yaitu membersihkan, menyegarkan dan melembabkan kulit. Apabila ketiga langkah perawatan ini kita lakukan rutin setiap hari dengan produk perawatan yang tepat, akan membuat KULIT SEHAT DAN AWET MUDA.

>BEBERAPA KRITERIA PRODUK YANG DIANJURKAN.
# Produk terbuat dari bahan alami.
# Tidak mengandung bahan yang berbahaya, seperti merkuri misalnya.
# Dengan ph balance yang hampir sama dengan tubuh kita yaitu 5,5.
# Berbahan dasar air, bukan minyak.
# Mengandung multi hydroxy acids, bukan alkohol keras.
# Mengandung antioksidan
# Mengandung anti UV
# Produk bersifat hidrasi bukan lubrikasi.

SUDAHKAH PRODUK YANG KITA PAKAI SESUAI DENGAN KRITERA INI?
Untuk perawatan kulit wajah, kita harus lebih ekstra hati hati. Karena kulit wajah sangat sensitif sifatnya. Untuk perawatannya kita tetap mengikuti tiga tahapan di atas.
>TAHAP PERAWATAN WAJAH HARIAN:
1. Cleansing
2. Toner
3. Nutrisi
4. Pelembab siang + sunblock
5. Pelembab malam

Untuk produk perawatan kulit kita para bunda berbeda dengan perawatan kulit remaja. Hal ini dikarenakan keadaan kulit kitw cenderung untuk bermasalah. Kalaupun ada masalah, akan berbeda dengan para remaja.
1. Cleansing.
Dianjurkan untuk menggunakan PEMBERSIH WAJAH yang tidak membuat kulit menjadi kesat ketika selesai dibilas, karena hal itu akan menyebabkan lapisan pelindung kulit menjadi kering dan dehidrasi. Usahakan pembersih dapat digunakan untuk mengangkat kotoran, bakteri dan polusi dari kulit kita.
LAKUKAN PEMBERSIHAN 2x SEHARI, PAGI DAN MALAM .
2. Toner
Penggunaan toner sering diabaikan karena dinilai tidak terlalu terlihat jelas manfaatnya. Padahal pemakaian toner yang baik dan benar dapat membantu memperbaiki penampilan kulit kita. Beberapa manfaat toner:
a. Melembabkan kulit
b. Menjaga keseimbangan ph kulit
c. Membersihkan wajah lebih maksimal.
d. Merilekskan kulit.
e. Mengecilkan pori pori
f. Mengontrol kelebihan minyak.
CARILAH TONER YANG BERLABEL "ALCOHOL FREE".
3. Nutrisi
Ini diperlukan jika kulit kita ada masalah, seperti flek, kerut,kantung mata, lingkar hitam di mata dan lain lain.
4. Pelembab pagi dan sunblock.
Pelembab digunakan untuk melembabkan kulit dan memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh faktor eksternal dan internal.
Sunblock jangan sampai dilupakan, baik untuk wajah maupun tangan dan kaki. Sunblock digunakan untuk melindungi kita dari dampak burung ultra violet. Sunblock yang baik adalah tahan air dan tidak berminyak.
5. Pelembab malam
Diformulasikan untuk mencegah penuaan dini, memelihara kesehatan kulit dan mengoptimalkan proses pembaharuan kulit.
Sekarang kita sudah tahu bagaimana perawatan dasar yang benar. Tidak ada kata terlambat untuk mulai merawat wajah.

LAKUKAN MULAI SEKARANG untuk mendapatkan hasilnya dikemudian hari.
LAKUKAN SECARA RUTIN DAN DAPAT KULIT YANG CANTIK, SEHAT BERSERI
HASIL YANG OPTIMAL AKAN KITA PEROLEH APABILA DIBARENGI DENGAN MAKAN MAKANAN SEHAT YANG SEIMBANG, ISTIRAHAT YANG CUKUP, SELALU BERPIKIRAN POSITIF, TERSENYUM DAN SELALU BERSYUKUR KEPADA ALLAH SWT
Baik bunda sekalian, pada kesempatan ini, mari kita diskusikan dan saling berbagi tentang masalah ini. Dipersilahkan. Salam bunda sekalian. Mohon maaf sebelumnya, saya bukan seorang dokter, tapi ajli gizi klinik yang juga praktisi kecantikan dan kesehatan.
TANYA JAWAB:
A.      TANYA
1    1. Kalau sudah terlanjur muncul garis-garis wajah alias keriput , apakah dengan perawatan yang rutin kerutan-kerutannya bisa berkurang?
2   2. Assalamuakum dok saya mau tanya, bagaimana menghilangkan bintik-bintik di atas kelopak mata, terimakasih
    3. Ass wr wb... tanya dokter.  Dimuka saya pernah kecipratan minyak goreng dan ada tanda coklat... bisa hilang tidak ya dok.. apa masih bisa kalau menggunakan cream wajah seperti iklan di televisi ya?
4  4. Assalamu alaikum dok,  bagaimana dengan pemakaian nano spray,  apakah efektif untuk perawatan kulit wajah?
5   5. Bu lily... mau tanya... toner itu belinya dimana.... kalau kita pakai harus konsul dengan dokter specialis wajah  atau tidak dan merek apa yang bagus... selain yang tidak beralkohol?
6    6. bu lily... ada rekomendasi tidak produk apa yang bisa di pakai usia 50 tahunan?
7    7. Bunda lily apa ada saran buat saya, supaya perutnya tidak buncit kayak orang hamil?
8    8. Apa contoh cairan yang mengandung nutrisi itu bun?
9    9. Sebenarnya suntik pemutih itu aman atau tidak bunda lily? Iya bun suntik dan pil pemutih itu boleh gak ya bun, apa halal, apa haram?
1   10. Saya itu ngemilnya yang tidak bisa stop, kalau semua Insha Alloh sudah dilakukan. Apa ada efeknya kalau suntik lemak dan lain-lain itu bun?
1  11. Bun.. saya kalau anak kena panas saya beri terigu dingin.. pernah kena setrikaan juga.. percaya tidak percaya sih, memang tidak meninggalkan bekas loh


B.      JAWAB
    1. Rusaknya struktur protein kulit menyebabkan garis halus, kerutan, kendur dan hilangnya kontur wajah. Untuk kerutan nya dapat kita bantu dengan memberikan produk yang dapat mengurangi kerutan dan garis garis tersebut. Namanya Line korektor. Bisa juga dibantu dengan facial.
      2. Bintik bintik disekitar kelopak mata adalah lemak yang menggumpal. Biasanya diatasi dengan couter. Untuk mengurangi produksinya, pada saat bunda membersihkan wajah dengan cleansing, ditempat itu bunda masage lembut agak lama.
    3. Kalau terjadi hanya dilapisan dermis in syaa Allah bisa. Lain kali kalau terkena cipratan minyak, segera oleskan air lidah buaya.
4   4. Nano sprei isinya adalah air + oksigen yang disemprotkan dengan butiran kecil. Manfaatnya pasti ada, yaitu membantu melembabkan kulit. Tetapi akan lebih baik lagi jika disemprotkan dengan cairan yang mengandung nutrisi sehingga kulitpun menjadi lebih sehat.
5.    5. Di masyarakat juga ada kok bunda. Yang terbuat dari herbal dan hipoalergik. Maaf, saya tidak bisa menyebutkannya di sini.
6.     6. Bisa dengan bioplasenton atau jelly gamat atau madu.
7.     7. Dibuat es buah bun, untuk memperlancar bab dan mengurangi panas dalam.
8.    8. Ada bun, tapi maaf, saya tidak bisa menyebutkannya di sini. Bunda bisa cari, yang penting dibuat dari bahan alami bukan sintetis dan kimia.
9.    9. Untuk kulit normal dan berminyak bisa. Tapi jangan untuk kulit kering karena akan semakin kering. Lactid acid nya itu lho bun. Ada cairan dari produk tertentu yang disemprotkan dengan partiker nano tapi mengandung aloe vera (lidah buaya lagi...)
1   10.Jalan santai setiap hari @ 30-60 menit + sit up minimal 20 kali/hari. Perbanyak sayur dan buah. Kurangi ngemil, makanan berlemak dan karbohidrat.
1    11.  Saya tidak menyarankan bun.

*** Baik bunda sekalian, tidak terasa waktu sudah usai. Kita sudahi dulu ya. Mohon maaf jika ada kata kata yang tidak berkenan.***
Pesan saya, MARI KITA JAGA KECANTIKAN LAHIR DAN BATHIN KITA SEJAK SEKARANG.
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك 
                          ​السَّلاَمُ عَلَيْكُم وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment