Ketik Materi yang anda cari !!

PERNIKAHAN-PERNIKAHAN YANG DILARANG

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Sunday, November 30, 2014

Kajian Online Hamba اللهِ 
(HA 101, 102 Nanda)

Hari/ Tanggal : Sabtu, 29 November 2014
Narasumber : Ustadz Rudianto Surbakti
Materi : Munahakat #4
Admin : Tari l Dewi
Notulen : Dewi
Editor : Ana Trienta

Assalamualaikum
Pertemuan terakhir di group ini. Setelah minggu lalu kita bahas Tentang Resepsi. Hari ini kajian terakhir untuk group Ini kita bahas tentang pernikahan-pernikahan yang dilarang. Untuk pertanyaan boleh dari pertemuan pertama dulu. Agar Refresh Lagi.

Baik nanda, setelah selesai kita bahas munakahat selama 5 kali pertemuan. Hari ini kita bahas yang terkahir untuk Nanda ya. Kita batasi materinya sampai dari memilih calon sampai menikah. Masalah-masalah yang timbul setelah pernikahan itu dibahas di Bunda.

Baik, minggu lalu kita bahas tentang adab-adab dalam pernikahan. Hari ini kita bahas mengenai beberapa larangan dalam nikah.
1.  Larangan melamar wanita yang sudah dilamar. Rasulullah bersabda :
"Seorang mukmin adalah saudara bagi mukmin lainnya. Karena itu tidak di bolehkan seorang muslim menjual diatas jualan saudaranya dan tidak boleh melamar atas lamaran saudaranya, sehingga pelamar menninggalkannya. (H.R. Ahmad dan Muslim)
Jumhur ulama sepakat tentang pengharaman ini. Namun pengharaman ini tidak lantas membatalkan akad nikah. Dalam kitab fathul bari' al Hafidz menyebutkan bahwa wanita juga punya hak untuk menolak setelah sebelumnya dia sempat menerimanya. Sebagai pelamar juga berhak untuk menarik lamarannya. Jika di mendapatkan sesuatu yg tidak ia kehendaki.

2.  Larangan Nikah Syighar.
Nikah syighar adalah seseorang menikahkan anak perempuannya dengan laki-laki lain dengan syarat dia menikahkan anak perempuannya padanya. Dan diantara mereka berdua tidak terdapat mas kawin.
"Tidak ada nikah Syighar dalam Islam" (H.R. Muslim)
3. Larangan Nikah mut'ah.
Ibnu Hazm menyebutkan "Nikah muth'ah adalah nikah dengan batasan waktu tertentu dan dilarang dalam agama". Nikah ini pernah diperbolehkan rasulullah pada masa lalu, kemudia Allah menghapusnya melalu lisan Nabi. 
"Rasulullah melarang nikah muth'ah dan juga daging keledai peliharaan pada masa perang khaibar " (Mitafaqun'alaih)
Dalam lafadz lain dari hadits Sabrah Al- Jahinni disebutkan.
"Sesungguhnya Allah mengharamkan hal itu sampai hari kiamat". Imam tirmidzi mengatakan nikah mut'ah pernah diperbolehkan sampai turun Ayat: "Kecuali terhadap istri-istri mrka atau budak yang mereka miliki, maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tidak tercela" (Al Mukminun : 6)
4. Larangan nikah Muhalil
Jika wanita sudah ditalak 3 oleh suaminya. Maka ia haram menikahinya kecuali setelah ada laki-laki lain yang menikahi istrinya tersebut. Oleh karena itu suaminya menyuruh orang lain menikahi istrinya tersebut dengan tujuan menikahinya kembali, ini yang disebut nikah muhalil. Nikah itu tidak dibolehkan kecuali karena ada keinginan tulus untuk menikah. Oleh karena itu jika ada yang melakukan muhalil baik karena inisiatif suami pertama, suami kedua atau istri. Maka nikahnya tidak sah.

5. Larangan menikahi wanita dalam masa iddah.
Tidak seorangpun dibolehkan menikahi seorang wanita yang menjalani masa iddah baik karena perceraian ataupun ditinggal mati suaminya. Masa iddah wanita :
1.  Iddah bercerai masa hidup
    a.    Perempuan yang masih ada haid, eddahnya 3 kali suci haid
    b.    Perempuan yang belum datang haid, belum cukup umur, telah putus haid, iddahnya 3          bulan
    c.    Perempuan yang mengandung, iddahnya sehingga melahirkan anak
2.  Iddah bagi perempuan kematian suami
    a.    Perempuan yang tidak mengandung, iddahnya 4 bulan 10 hari
    b.    Perempuan yang mengandung, iddahnya sehingga melahirkan anak

Nah, demikian dulu pengantar materinya nanda, silahkan dibaca dulu. Sengaja materi terakhir ana singkat, kita perbanyak di pertanyaan ya..

Tanya Jawab

NANDA 101
1. Nikah mut'ah ini nikah yang banyka terjadi di syiah ya pak? Nikah muhail ini apa sama dengan nikah kontrak
Jawab :
Yap, Nikah Mut'ah itu banyak dilakukan oleh syiah. Nikah Muhalil berbeda dengan nikah kontrak, tapi mungkin prosesinya mirip. Misalkan dia minta seseorang menikahi istrinya, lalu setelah itu mentalaknya agar dia bisa menikah lagi dengan istrinya tersebut. Dalam Islam nikah itu harus dilandasi cinta, sehingga yang begini dilarang.

2.     Maaf pak, saya mau dalilnya tentang nikah muhalik
Jawab:
Dari Ali Bin Abi Thalib, berkata. "Rasulullah SAW Melaknat Nikah Muhallil, dan Al Muhallal Lahu (HR abu dawud dan ibnu majah. Hadits ini Shahih)



Yang dilaknat adalah yang menikah dan yang menyuruh..

3.     Apa yang jadi penghulu di nikah Muhalil juga bakal berdosa ustadz?
Jawab:
Yang menikah, menyuruh, saksi dan penghulu (jika mereka mengetahui nikah tersebut adalah Muhalil)

4.     Bagaimana sikap kita ketika ada seoranng ikhwan yang hendak mengkhitbah, tetapi kita masih setengah-setengah antara iya dan tidak? Selain istikharoh adakah cara lain untuk mengetahui kadar kemantapan kita, agar tidak larut-larut dalam memikirkan jawaban? Syukron
Jawab:
Sebelum istikharah, cari info tentang beliau yang bisa menguatkan Niat Nanda untuk menikahinya, jika sudah ketemu maka  istikharahlah. Tidak tidak, maka bisa ditolak.

5.     Ustadz terkait dengan pertanyaan kak Marisa. Bolehkah kita menolaknya kalo perasaan cinta hanya setengah-setengah dan ga ada rasa nyaman dengannya? Syukran..
Jawab:
Boleh, wanita juga punya hak untuk menolak pinangan, namun bukan karena alasan yang dibuat-buat. Misalnya karena ingin cari yang kaya, yang ganteng dll.

6.     Ustadz, bolehkah talak jatuhnya langsung 3 kali?
Jawab:
Bisa, jika suami berkata."Aku talakkan kamu dengan talak 3, maka jatuhlah dia talak 3. Allah berfirman : 

"Talak (yang dapat dirujuk) dua kali. Setelah itu boleh rujuk lagi boleh rujuk lagi dengan cara yang makruf atau menceraikan dengan cara yang baik" (Al Baqarah : 229)
Talak ketiga, hanya boleh dirujuk jika dia menikah dengan lelaki lain. Tertera dalam Al Baqarah : 230
"Jika suami mentalak Istrinya, maka tidak halal baginya setelah itu kecuali istrinya menikahi pria lain" (al Baqarah : 230)
7. Kalo pas talak 1 atau 2, terus balik ama istri lagi perlu ada syaratnya nggak ustadz?
Jawab:

Si Suami harus meminta pada Istri dengan cara yang makruf dan disaksikan oleh 2 orang saksi..

8. Pak apa benar menikah dengan orang itu butuh cinta? Kalo d paksa nikah itu ceritanye gimana?
Jawab:
Kagak ada paksaan dalam Islam. Jika si Akhwat menolak maka nikahnya kagak Sah.

"Seorang gadis mendatangi Rasulullah, dia berkata bahwa ayahnya menikahkannya sedang ia tidak menyukainya. Maka Rasulullah memberikan pilihan kepadanya (diterima atau ditolak)" (HR Abu Dawud, Hadits Ini Shahih)
Dalam Undang-undang perkawinan Indonesia, nikah yang dipaksa bisa dibatalkan. Dan Yang memaksa bisa dikenai Pidana sesuai KUHP pasal 335.

9. Ustad mau nanya, ada seorang lelaki yang menikahi seorang wanita, kemudian setelah beberapa tahun si wanita meninggal dunia, kemudian si lelaki menikahi saudara dari wanita tersebut. Apa hal itu dibolehkan ustdz?
Jawab:
Kalo indonesia bilangnya Ganti Tikar ya. Karena mahramnya mereka itu karena si laki-laki menikahi saudaranya. Setelah istrinya meninggal maka beliau otomatis bukan mahramnya lagi. Karena asbab mahramnya sudah tidak ada (meninggal). Maka dia boleh menikahi adiknya.


10. cara yang makruf itu maksudnya gimana ya ustadz? nggak mudeng mia
Jawab:

Cara makruf itu meminta dengan baik baik. Misalnya:
Abang : Dek, abang minta maaf ye, abang nyeseel banget nyakitin adek. Kite rujuk lagi ye.
Adek menjawab: Iye bang, aye juga minta maaf, rujuknya aye terime. Sama-sama kita jaga rumah tangga ini ye.
Abang: iye dek..

11. Jadi cuma gitu aja ya ustadz? kalo gitu mah malu didepan saksi?
Jawab:
Kosekuensi menikah itu begitu. Agar tidak ada yang kabur. Semua jelas terang benderang.

12. Ustadz lalu kalo dari ta'aruf aja si ikhwan sudah mudah ngambek, ga jelas ya meski dia orang yang baik ilmu agamanya kalo sifatnya seperti itu apa pantas di jadikan imam dalam keluarga ustadz?
Jawab:
Rasulullah bersabda : "Jika datang kepadamu orang yang engkau sukai agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah dia. Jika tidak, akan muncul banyak bahaya dan kerusakan" (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)
Agama membuat suami tidak akan berbuat dzalim, dia berpegang teguh pada firman Allah:
"Pergaulilah mereka dengan cara yang baik" (an nisaa' : 19). 
Dan sabda rasulullah: 
"Orang yang terbaik diantara kamu adalah orang yang terbaik terhadap keluarganya. Aku adalah orang terbaik diantara kamu terhadap keluargaku" (HR. Ath tabrani dan ibnu majah)
Alasan untuk tidak menolak pemuda sholeh melamarmu adalah :
a.  Dia akan memperlakukanmu sesuai ajaran Allah
b.  Dia akan memegang teguh ajaran Allah, dan tidak menjerumuskanmu dalam dosa
c.   Dia akan memperlakukanmu dengan Rasa takut pada Allah
d.  Dia mengetahui bahwa tutur kata yang lembut dan baik akan dibalas pahala oleh Allah
e.  Dia akan meneladani Rasulullah dan mempergaulimu

Menikah itu juga butuh kedewasaan dan pemahaman agama. Kalo sekedar tahu tanpa aplikasi berarti belum berakhlak baik namanya.

13. Pak, gimana cara menumbuhkan rasa cinta yang bener pasangan kita. Banyaknya kan cinte buta pak?
Jawab
Niatnya diluruskan dulu. Niatkan karena meraih ridho Allah. Karena jika menikah karena selain itu bakalan gampang kecewa. Wanita pasca melahirkan bakalan hilang cantiknya 40%. Jika menikah karena cantiknya maka setelah melahirkan enggak bakalan dicinta lagi.  Jadi tumbuhkan cinta itu seiring niat yang bener karena Allah.

14. Jadi ustadz, kalo saya hanya menyukai agamanya tapi saya tidak menyukai akhlaknya saya boleh menolaknya?
Jawab
Boleh. Coba lihat hadits diatas.
"Jika datang kepadamu orang yang engkau sukai agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah dia. Jika tidak, akan muncul banyak bahaya dan kerusakan" (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)
15. Ustadz jika ada ikhwan baik agama dan akhlaknya mau menikahi kita tapi kita menolaknya dengan alasan kita mengharapkan orang lain tapi agamanya agak kurang baik dari ikhwan yang mau menikahi kita gimana ya? Walaupun ada rasa simpati gitu sama ikhwan yang mau menikahi kita itu apa yang harus di lakukan ya ustadz? Apa tetap dengan istikharah? Tapi tadi ada hadistnya kalau nolak yang baik agama dan akhlaknya gak baik juga
Jawab:
Kasus ini harus istikharah nanda. Bisa jadi seseorang ilmu agamanya sedikit tapi dia lebih takut pada Allah.

16. Bagaimana kalau beda harakah ?
Jawab:
Islamiy ghairu jamiah. Dahulukan islam. Baru jamaah..

17. Ustadz bolehkah menyebutkan nama seseorang dalam sholat istikharah
Jawab:
Boleh. Isi titik-titik berikut dengan namanya.
“Ya Allah, aku mohon yang terbaik dariMu berdasarkan ilmuMu, memohon anugrahMu yang sangat besar karena engkaulah yang berkuasa sedang aku tidak memiliki daya dan upaya apa-apa dan engkau yang mengetahui yang ghaib. Ya Allah jika dalam pernikahanku dengan ........ Terkandung kebaikan bagi diriku dan agamaku, kehidupan duniawiku, dan kehidupan ukhrawiku, maka buatlah aku mampu melangsungkannya, permudahlah jalannya dan berkahilah aku dalam hal itu. Namun jika engkau dalam pernikahanku dengan ........ Terkandung keburukan bagi agamaku, kehidupan dunia dan akhiratku, maka jauhkanlah hal itu dariku. Buatlah aku mampu melakukan kebaikan yang membuat engkau ridha padaku".
18. Ustadz, kalo ada 2 ikhwan: 1) baik ilmu agamanya bahkan seorang hafidz ustadz, masyaAllah, tapi subhanallah akhlaknya kurang baik, tapi si ikhwan ini sudah jelas perasaannya sama saya. 2) ilmu agamanya baik juga, akhlaknya baik tapi belum jelas sama perasaan dia ke saya ustadz , karna tidak pernah ada keakraban khusus. Lalu salahkah saya jika mempertahankan ikhwan yang ke 2 ustadz? Walaupun dia belum jelas perasaanya? Maaf maaf maaf banyak curhatnya 


Jawab

Jangan menunggu harapan palsu nanda. Kalo suka maka ungkapkan melalui ustadzahnya biar jelas. Minta agar dibimbing ustadzahnya. Mengharap seseorang yang belum jelas itu bukan tindakan bijaksana. Afwan.

19. Kalau ada ikhwan yang baik melamar, tapi orang tua tidak boleh, gimana ustadz?
Jawab:

Coba tanyakan baik-baik alasan orang tuanya. Karena orang tua biasanya pertimhangannya lebih matang. Jika memang alasan mereka tidak sesuai pendapat nanda. Maka kasih argument yang bisa meyakinkannya.


20. Pak, bagaimana cara membuka hati pada lawan jenis. Akibat kita trauma atas hubungan cintee?
Jawab:
Tuh kan, kalo jatuh cinte sebelum waktunya bisa jadi trauma. Makanya cintanya setelah halal aja. Kalau mau membuka hati, itu mah gampang, yakini kalau Allah itu sayang dengan kita, makanya Allah jauhkan dari Maksiat dengan yang lama.

Dan pahamilah bahwa hati itu harus ada pasangannya, dan menikah itu adalah Ibadah terbaik. Niatkan membuka hati dalam Rangka mencari Pahala dari Allah.

21. Ustadz kan jodoh sudah diatur oleh Allah kalo kita usaha berdoa dan tawakal sama Allah Kalo menjaga diri menjaga pandangan. Mungkinkah ikhwan datang dengan tiba-tiba?
Jawab
Mungkin aja, kayak istri ana. Enggak ada angin enggak ada hujan. Tiba-tiba beliau dihubungi usatdzahnya bahwa ada ikhwan mau ta'aruf. Kalau Allah bilang jadi, maka jadilah ia.

Tanggapan
Kalau yang gak punya ustadzah? Jadi jomblowan sejat?
Jawab
Yee, enggak ada ustadzah kan ada ayah, abang paman dll yang paham agama. Makanya ikut pengajian rutin, selain dapat ilmunya, ustadzahnya bisa bantu carikan calon suami. Hehe..

    
22. Ana ada 3 kandidat calon suami yang 1 mempunyai niat baik untuk segera menikahi ana tapi ana ga ada rasa. yang ke 2 kami sama-sama mempunyai rasa tapi ana bingung lelaki tersebut ga ada kepastian kapan mau mengkhitbah, yang ke 3 ana mempunyai rasa namun ana belum tau apa lelaki tersebut juga punya rasa yang sama sedangkan ana malu untuk mengungkapkan rasa terlebih dahulu. In shaa Allah ke 3 kandidat tersebut punya pemahaman tentang  agama. Ana sudah istikharahkan ke 3nya dan entah itu jawaban ato bukan karena ana masih bingung untuk memahaminya
Jawab:
Ibarat mau perang. Ketiga ikhwan tersebut harus berdiri sejajar dulu. Kondisi diatas mereka masih dalam posisi yang berbeda. Yang pertama sudah ada niat namun anty belum ada rasa. Cari tahu detail kehidupannya karena mungkin dia punya banyak hal yang anty suka. Yang kedua. Kasih deadline, jika memang enggak bisa memenuhi, maka putuskan segera. Yang ketiga, ungkapkan ke bliau tanyakan apakah beliau bersedia jadi suami anty atau tidak. Jika sudah dilaksanakan semua. Maka status mereka semua sudah jelas. Tinggal anty yang memutuskan lewat istikharah. Artinya perjelas semua statusnya, jangan ada samar-samar. Pakai logika jangan bawa perasaan.

Tanggapan
Untuk yang kedua ana sudah memutuskan ustadz tapi ana selalu dapat perilaku yang baik esok harinya setiap kali ana sholat istikharah malam hari sebelumnya begitu juga yang 1 esoknya ana malah selalu ada saja ksalahpahaman. Sedangkan yang ke 3 ana belum cukup ada kberanian untuk menanyai hal tersebut. Ana hanya bisa mencintainya dalam diam?
Jawab
Kondisi anty ini sebenarnya enggak boleh. Karena mencintai ikhwan tanpa hubungan halal itu sama dengan zina hati. coba kembali lagi ke awal, luruskan niat karena Allah. Bersihkan hati dari cinta ke ketiga ikhwan tersebut. Baru istikharahlah..

23. Ustadz sayang ama cinta itu beda nya apa sih?
Jawab: 
Bedanya, sayang tidak mematikan Rasionalitas, sedangkan cinta bisa mematikan rasional. Makanya jangan pernah mencintai kalau belum halal.

24. Ustadz. kalau ada hafidz wa hafidzah, tapi pacaran juga, gimana cara nasehatinnya supaya nikah aja jangan pacaran?
Jawab
Inilah yang disebut Ilmu agama tinggi belum tentu akhlaknya baik. Untuk orang seperti ini harus dicari orang yang mereka segani untuk menasihati.

Tanggapan
Mungkin itu yg menurut mereka di bilang *pacaran islami*. Di buka pake basmalah, ditutup dengan hamdalah. Kalo smsn pake bahasa arob. *mmprihatinkan.
Jawab :

Pacaran Islami itu adalah Pacaran setelah menikah.

25. Ust.. Jika ada ikhwan yang ingin mengajukan lamaran tahun yang di sebutkan ikhwan itu, bagaimana sikap kita yah apakah kita mengharapkan ikhwan itu?
Jawab:

Ini namanya PHP. Ikhwan begini jangan dipegang kata-katanya. Kecuali di bilang suka lalu datang ke orang tua, itu baru bener dan bisa diharap. Nanti kalo di tungguin, datang yang lebih baik anty merasa punya hutang janji.

26. Fatimah dan Ali juga sama-sama mencintai dalam diam kan tadz? Itu yg sering ana dengar.
Jawab:
Bukan mencintai. Tapi menyukai atau simpati. Karena ketika Umar dan Abu bakar melamar fatimah beliau tidak protes kepada Rasulullah. Logikanya masih berdasarkan Syariat.

27. Ohh, yahh, ngmong-ngomong ikhwan genit, bagaimana cara mengantisipasinya? 
Jawab: 

Jadi akhwat militan. Ikhwan genit takut sama akhwat militan.

Tanggapan
Militan itu apa ustadz?
Jawab 
Militan. Bersifat militer. Komitmen menolak yang tidak sesuai ajaran islam dengan tegas.

28. Jujur saya sangat trauma dengan laki-laki, so apa yang harus saya perbuat untuk saat ini pak?
Jawab
Biar enggak trauma. Segera menikah kalo sudah nikah pasti akan terobati.

29. Ustad ana pernah ikut dauroh militansi, tapi kok materinya kebanyakan tentang kristenisasi nya? Apa kah itu ada hubungannya dengan militansi?
Jawab:
Militansi itu adalah kuat mempertahankan syariat dan Aqidah. Membahas kritenisasi itu berarti mempertahankan Aqidah, mungkin saat itu topiknya ke bidang kristenisasi tersebut. Militansi terhadap syariah itu adalah mempertahankan terjalannya syariah, baik dari gangguan di luar ummat muslim atau dari ummat muslim itu sendiri.

30. Ustadz kalo masih sering komunikasi via wa atau bbm dengan ikhwan yang dulu kita pernah ada rasa, tapi sekarang udah gak ada rasa lagi ustadz, terus yang diobrolin juga hal-hal biasa aja ustadz. Itu gimana baiknya ustadz? 
Jawab: 

itu termasuk kholwat nanda, dihindari hal seperti itu. Silaturahim boleh, namun secukupnya saja

31. Si ikhwan tadi mau berkunjung ke kota tempat ana sekarang (jogja), kebetulan ikhwannya lagi di jakarta, nah gimana itu ustadz, karena yang dikenalnya dsini cuma ana, otomatis ana diminta  nemanin si ikhwan jalan-jalan disini, walaupun ana sudah merencanakan alternatif nanti mau ngajak teman yang akhwat. Bagusnya gimana ustadz? Syukron sebelumnya ustadz
Jawab
Sebaiknya carikan yang ikhwan untuk mendampingi. Kalaupun misalkan ada anty, sebaiknya carikan beliau ikhwan yang bisa anty percayai untuk menemani. Kalau dia percaya anty mustinya dia yang percaya pada ikhwan yang anty pilihkan untuk menemani.

32. Ustad kalo semisal datang ke kajian agama bareng teman ikhwan itu gimana?
Jawab
Boleh, tapi jangan boncengan, jaga hijab dan jangan ikhtilath.

NANDA 102
1. Ustadz apakah nikah kudu pake cinta? Katanya kalo ada lelaki sholeh yang baik diterima aja, tapi kitanya ga suka?
Jawab:
Iye Nikah itu kudu pakai Cinta, kalau enggak cinta, boleh ditolak. Namun alasannya harus benar dan sebelumnya mencari tahu tentang lelaki tersebut dengan benar benar.
"Seorang gadis mendatangi Rasulullah, dia berkata bahwa ayahnya menikahkannya sedang ia tidak menyukainya. Maka Rasulullah memberikan pilihan kepadanya (diterima atau ditolak) (HR Abu Dawud, Hadits Ini Shahih) 
2. Semisal kita sudah beberapa kali ada yang mau melamar tapi kita masih kurang sreg juga itu gmna Ustadz? Orang tua bilang karma dll nanti malah ga ada yang nglamar karena suka pilih-pilih, umurnya udah mau expired, dll 
Jawab 
Umur kok pakai expired. Macam kerupuk aja ya. Makanya sebelum menolak cari tahu dulu benar-benar tentang lelaki tersebut. Mana tahu di sisi lain banyak kelebihan beliau yang disukai. Sembari terus ikhtiar agar jodohnya didekatkan.. 

3. Ustadz boleh ngga si kita berdoa "ya Allah kalo boleh, si A jadiin jodoh aku dong..." ? Jawab 
Doanya jangan begitu. Tapi : “Ya Allah jika dia baik untuk agamaku, duniaku dan ukhrawiku, maka dekatkanlah dia. Jika tidak maka jauhkanlah dia.” 

4. Oiya ustadz, berdasarkan pertanyaannya mba dewi yang umur expired, kadang orang tua pun bilang begitu terus gimana cara kita menyampaikan kepada orang tua "tenang bu, jodoh ngga kemana 
Jawab 
Orang tau pasti khawatir jika anaknya telat menikah. Dan itu wajar. Kita harus meyakinkan beliau dengan menunjukkan bahwa kita berusaha. Biar mereka gak galau. Menikah memang harus keduanya saling suka. Ikhwan juga punya rasa sama dengan akhwat yaitu ingin mendapat yang terbaik menurut mereka. Jadi harus siap menolak atau ditolak. 

5. Afwan ustad, pernah ada beberapa ikhwan yang datang ke rumah tapi aku memutuskan tidak lanjut dengan pertimbangan salah satu agamanya, nah kitanya kalo menolak ikhwan sholeh kita salah ya, apa d antara mereka termasuk ikhwan yang sholeh ya sehingga belum dapat jodoh sampe sekarang? & kriteria sholeh yang ga boleh kita tolak seperti apa tad? Jawab 
Menolak ikhwan sholeh itu bukan penyebab jodoh belum ketemu nanda, mungkin karena memang belum saatnya bertemu. Wanita dilarang menolak ikhwan yang ia Baik  Agama dan Akhlaknya. Karena akan muncul fitnah yang besar di muka bumi. Jadi ikhwan yang sholeh itu memang tidak semestinya ditolak kecuali alasan yang dibenarkan, misalkan dia punya penyakit, 

6. Kalo referensinya ga jelas boleh kita tolak ga tad,padahal dia jauh-jauh dari luar pulau?Jawab 
Menikah itu harus benar-benar tahu asal usulnya, itulah fungsinya ta'aruf. Kenali dulu dengan baik, bisa jadi kita melihat satu hal yang tidak disukai padahal tersembunyi banyak hal yang sangat kita sukai. 

7. Afwan Ustadz mau tanya, bgaimana cara menilai diri, apakah sudah siap menikah atau belum? Adakah kriterianya? Terima kasih 
Jawab 
Yang tahu kita siap menikah itu adalah diri sendiri,tanya hati paling dalam pasti akan ditemukan jawabannya. Namun terkadang jika kita tidak siap tapi menemukan ikhwan yang dewasa pikirannya, dia akan mengajari untuk siap.. 

8. Menambahi mba ani tadz. Bagaimana membedakan benar-benar siap menikah atau hanya cuma ingin menikah? 
Jawab 
Ingin menikah itu sumbernya biasanya karena ekstenal. Misalkan karena teman sudah menikah, atau mesara kesepian karena jauh dari orang tua, atau karena takut ikhwan incaran diambil orang. Sedang yang siap menikah itu, dia sudah benar-benar berusaha menyiapkan hati dan mentalnya. Bukan karena bisikan orang tapi karena dari hatinya sudah mantap. 

9. Dan bagaimana membuat yang tadinya ingin jadi benar-benar siap menikah? 
 Jawab 
Jika ingin benar-benar siap. Maka pelajari ilmunya dari kajian-kajian dan buku-buku. Selain siap secara ilmu harus disiapkan secara fisik dan keterampilan mejadi ibu, seperti memasak, melayani dan menyayangi suami, mengurus anak, menghormati mertua dll. 

10. Ustad ada cerita temen akhwat dia ga boleh nikah sama murrobinya dengan alasan ikhwannya ga sekufu, sekufu maksudnya gimana tad? Padahal sama-sama ikhwan liqo
Jawab 
Harus tanya MRnya, apa alasan beliau. Pasti dia punyapertimbangan khusus atau mungkin sudah ada calon lebih baik yang beliau sediakan. Jangan sampai su'udzon pada Murobbi.

11. Ustadz satu pertanyaan nyusul. Semisal tidak berpacaran tapi hati dan pikiran masih kebayang-bayang terus dengan seorang ikhwan. Apakah itu termasuk maksiat hati juga ya Ustadz? Sama-sama berdosa dengan orang yang berpacaran juga dong Ustadz? Terus gimana mengatasinya? 
Jawab 
Kalau hanya teringat dan tidak dibiarkan berlama-lama itu masih dibolehkan. Begitu ingat langsung alihkan pikiran ke hal lain yang positif. Untuk mengatasinya bisa baca di blog saya.. 
http://rudyfillahelkaro.blogspot.com/2014/10/salahkah-jika-aku-jatuh-cinta.html?m=1 Beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk melepaskan hati dari jeratannya: 
Menikah 
Menikah adalah alternatif terbaik yang bisa dilakukan jika sudah memadai dari segi ilmu, usia dan kemampuan. Rasul pernah bersabda: 
“Aku tidak melihat sesuatu yang lebih baik bagi dua orang yang saling mencintai seperti menikah.” [Riwayat Ibnu Majah]. 
Pilihan ini adalah pilihan yang  terbaik dari semua pilihan yang ada. 

Menghentikannya sebelum menjadi bencana. 
 “Dan janganlah kamu mendekati zina. (al isra 32)" 
Timbulnya rasa cinta akan mengawali beberapa fase yang akan terus berlanjut. Oleh karena itu, seseorang harus memupus bisikan hati, pikiran, mimpi kosong, angan-angan selangit demi menutup celah bagi keburukan yang besar. Caranya adalah dengan menyibukkan hati dengan pikiran yang tinggi, harapan yang besar dan aktivitas yang agung seperti pekerjaan dakwah. Jika terus dibiarkan rasa cinta itu akan terus menguat dan pada akhirnya berujung pada hilangnya kesejukan hati dalam beribadah. 

Intropeksi 
Tanyakan hati kenapa kita harus jatuh cinta. Kemudian lihat kelemahan yang ada pada diri kita seperti usia yang masih muda, pengetahuan yang masih minim, penghasilan yang belum ada, kuliah yang masih panjang. Dan sadarilah bahwa terlalu dini jika harus terlibat dengan ungkapan-ungkapan cinta padahal si dia tidak akan bisa didapatkan untuk saat sekarang. 

Cari kesibukan yang banyak. 
Suatu hal yang besar akan nampak kecil jika  dihadapkan dengan hal yang lebih besar lagi. Jika rasa cinta dapat diimbangi dengan kesibukan yang positif maka akan lebih baik daripada sibuk dengan memikirkan ganjalan yang ada pada hati. Membuka mata dengan hal-hal yang baru akan menjadi obat terbaik untuk melupakan perasan yang bersarang dihati. 

Mohon maaf atas segala kekurangan di 5 pertemuan kita. Yang kurang mohon dimaklumi karena keterbatasan ilmu, yang benar itu dari Allah. 

Kita akhiri kajian hari ini dengan lafadz Hamdallah dan do'a kifaratul majelis.

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك


Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika.
Mohon maaf atas semua kekurangan, khilaf dan salah.
Wassalamu'alaykum warahmatullah.



Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment