Saksyiyyah Islamiyyah - Syarat Diterimanya Ibadah

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, November 12, 2014

Kajian Online WA Hamba اَللّه SWT Bunda 17 dan 18 Hari, tanggal : Selasa, 11 November 2014 Narasumber : Ustadz Doli Judul Kajian : Saksyiyyah Islamiyyah Admin : Iin-Betti
Editor : Indah Permata Sari


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه بسم الله الرحمن الرحيم الحمدلله والصلاة والسلام على رسول الله و على اله و صحبه و من اتبع الهدى، و بعد Alhamdulillah, bunda sekalian. hari ini kita akan membahas satu lagi bagian dari pokok pokok ajaran islam. yaitu tentang syarat diterimanya ibadah ibadah kita. Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam, sehingga Dia-lah yang patut diibadahi. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga, para sahabat dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik hinga akhir zaman. Agar ibadah diterima di sisi Allah, haruslah terpenuhi dua syarat, yaitu: 1. Ikhlas karena Allah. 2. Mengikuti tuntunan Nabi SAW (ittiba’). Jika salah satu syarat saja yang terpenuhi, ibadah tertolak. Dua syarat diterimanya amalan ditunjukkan dalam dua hadits. Hadits pertama dari ‘Umar bin Al Khottob, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda "Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niat. Dan setiap orang akan mendapatkan apa yang ia niatkan.Barangsiapa yang berhijrah karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya adalah pada Allah dan Rasul-Nya. Barangsiapa yang hijrah karena dunia yang ia cari-cari atau karena wanita yang ingin ia nikahi, maka hijrahnya berarti pada apa yang ia tuju" Hadits kedua dari Ummul Mukminin, ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah SAW bersabda "Barangsiapa membuat suatu perkara baru dalam agama kami ini yang tidak ada asalnya, maka perkara tersebut tertolak" Dalam riwayat Muslim disebutkan "Barangsiapa melakukan suatu amalan yang bukan ajaran kami, maka amalan tersebut tertolak" Kedua hadits ini shahih, kedua hadits ini dapat ditemukan dalam kitab hadits arbain an nawawiyah, kumpulan 40an hadits yang dihimpun oleh Imam Nawawi Rahimahullah, yang semuanya merupakan hadits hadits penting menjelaskan tentang pokok pokok ajaran islam. Apabila suatu amalan diniatkan bukan untuk mengharap wajah Allah, pelakunya tidak akan mendapatkan ganjaran. Begitu pula setiap amalan yang bukan ajaran Allah dan Rasul-Nya, maka amalan tersebut tertolak. Segala sesuatu yang diada-adakan dalam agama yang tidak ada izin dari Allah dan Rasul-Nya, maka perkara tersebut bukanlah agama sama sekali. #IKHLAS# Adalah mengerjakan suatu amalan karena tahu hal tersebut diperintah oleh Allah dan Rasul Nya Adalah mengerjakan suatu amalan karena mengharap pahala dari Allah SWT Adalah mengerjakan suatu amalan karena ingin dimasukan dalam syura Allah Adalah mengerjakan suatu amalan karena takut adzab Allah Adalah mengerjakan suatu amalan karena taat pada Allah dan RasulNya Adalah meninggalkan suatu amalan karena adanya larangan dari Allah dan RasulNya Adalah mengerjakan suatu amalan walau berat, walau susah, walau malas..karena tahu bahwa hal tersebut diperintahkan oleh Allah SWT Adalah tetap menutup aurat sempurna walau terasa berat, panas, ribet karena tahu bahwa itu adalah kewajiban dari Allah dan RasulNya Adalah tetap mengeluarkan uang puluhan juta rupiah buat berangkat haji walaupun mengumpulkannya sulit dan dirasa sayang, karena tahu betul Haji adalah kewajiban asasi setiap muslim Adalah segera bangun mandi besar, walau berat, dingin, malas, wudhu membangunkan semua anak laki laki di atas 7 tahun, menuntun mereka agar wudhu, sikat gigi, bersiap utk segera ke masjid jam 4 pagi utk berdiri bersama kaum mukminin berjamaah subuh, karena tahu bahwa itu adalah salah satu sunnah utama Nabi SAW Coba kita hayati (hidup bersama) ayat mulia ini : ﺍﻧْﻔِﺮُﻭﺍ ﺧِﻔَﺎﻓًﺎ ﻭَﺛِﻘَﺎﻻً ﻭَﺟَﺎﻫِﺪُﻭﺍ ﺑِﺄَﻣْﻮَﺍﻟِﻜُﻢْ ﻭَﺃَﻧْﻔُﺴِﻜُﻢْ ﻓِﻲ ﺳَﺒِﻴﻞِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ۚ ﺫَٰﻟِﻜُﻢْ ﺧَﻴْﺮٌ ﻟَﻜُﻢْ ﺇِﻥْ ﻛُﻨْﺘُﻢْ ﺗَﻌْﻠَﻤُﻮﻥَ Berangkatlah kamu baik dalam keadaan merasa ringan maupun berat, dan berjihadlah kamu dengan harta dan dirimu di jalan Allah. Yang demikian itu adalah lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui (At Taubah 41) Menurut Imam Mujahid maksud ringan ialah kaya dan maksud berat adalah miskin sedang al Hasan menafsirkan ringan dengan maksud muda dan berat sebagai tua. Zaid bin Ali dan al Hakam bin ‘Utbah bula memberi arti ringan ialah tidak banyak urusan yang merintangi dan berat adalah banyak urusan yang merintangi. Menurut Zaid bin Aslam , ringan ialah yang belum berkeluarga dan berat ialah yang telah banyak tanggungan keluarga. Menurut Ibnu Zaid pula, ringan ialah orang yang tidak mempunyai harta benda, berat ialah orang yang mempunyai banyak harta sehingga begitu payah dan susah untuk meninggalkannya. #MENGIKUTI TUNTUNAN NABI SAW# Pada kajian kali ini kita batasi dalam masalah dien yang berupa ibadah ritual. Maka ciri dari ibadah seperti ini adalah : 1. Memiliki waktu tertentu 2. Memiliki tempat tertentu 3. Memiliki kaifiyah atau tatacara, termasuk bacaan tertentu 4. Keutamaan tertentu Contoh : Berbagai macam Shalat (1,3, 4) Puasa (1,3, 4) Haji (1,2,3,4) Menyelenggarakan Jenazah (3, 4) Berbagai macam dzikir (3, 4 kadang 1) dll Dalam ibadah ritual seperti ini, kaidahnya adalah tidak boleh mengamalkannya kecuali ada contoh, perintah, atau pembiaran dari Nabi SAW. Ritual seperti ini dalam islam cukup ketat dibatasi, karena disini tidak diperkenankan berkreasi, menambah nambah atau mengurangi. Demikian kajian kali ini. Semoga bermanfaat. Wallahu 'alam. TANYA JAWAB MATERI Tanya Ustadz, bagaimana jika tanpa disadari kita sdh melakukan hal2 yg samasekali tidak ada tuntunan Rasulullah SAW? Sementara kita meyakini itu adalah sebuah ibadah yg benar2 ikhlas dilakukan. Apakah ibadah itu tertolak dan benar2 tdk mendapatkan pahala sama sekali? Jawab : Ummi Sari, saya tidak bisa menjawab karena harus spesifik, bentuk ibadah yang dimaksud bagaimana, share saja disini, gak apa apa.... ditunggu ya bunda... contohnya seperti berdo'a akhir tahun dan awal tahun (ketika akan memasuki 1 muharram), melakukan tahlilan, dimana semuanya itu dilakukan dg keyakinan bahwa itu adalah ibadah ▶ menentukan waktu ibadah, tempat ibadah, tatacara ibadah dan keutamaan ibadah harus memiliki dalil yg jelas. doa di awal akhir tahun boleh boleh saja, tapi tidak ada doa khusus (tatacara), tidak ada keutamaan khusus awal akhir tahun (waktu).... tahlilan, Yang menjadi masalah dalam acara tahlilan adalah : 1. penentuan hari ke 7, 40, 1000... ini butuh dalil 2. bacaan dzikir dan baca quran yang terlalu cepat, tidak sesuai adab dzikir dan tilawah Jika, ada keluarga saya meninggal. Maka saya akan undang keluarga besar di hari ahad pagi pertama setelah meninggal. acara akan saya isi dengan. 1. Tilawah 2. Mendoakan almarhum 3. Menjelaskan tentang warisan almarhum termasuk hutang jika ada 4. Menjelaskan tentang amal amal yg bisa bermanfaat bagi almarhum 5. Bersedekah berupa makan siang bagi almarhum.. Nah kalau tahlilan begini kan gak masalah ya? Bagaimana kalau kita diundang tahlilan, ya kalau saya ttap datang, dan berhubungan baik dengan warga, biasanya disuruh isi taujih...:-D Sedikit demi sedikit kita coba luruskan apa yang tidak benar... kalau tak bisa pada orangtuanya, ya mungkin anaknya... peluang dakwah jangan dibuang. kaidahnya, "jangan kita mau meniadakan mudharat dengan menimbulkan mudharat yang lebih besar" Tanya : Afwan ust..apakah ini termsk jihad duniawi..bila qt tggl drumah trnyt tdk mendukung baik dr segi agama/pend/lingk jg materi yg blm menemukan jln usaha..trus qt hijrah tempat k yg lbh kondusif bl dlihat dr segi agama n berharap kondusif jg dr segi materi/jln usaha..? Jawab : Ya, jelas. Bahkan para ulama ada yang menambahkan hijrah dari lingkungan buruk/kurang bagus ke lingkungan yang lebih kondusif sebagai salah satu syarat bertaubat. Tanya : ust mohon penjelasan mengenai tata cara doa dan zikir nabi setelah sholat fardhu, biar refresh lagi... Jawab : Dzikir setelah shalat fardhu adalah sunnah yang sangat ditekankan, jangan sampai ditinggal... tentu dzikir yg dicontohkan nabi saw lebih utama. Ada beberapa buku kecil dzikir yg bisa dimiliki oleh kita, silakan dibeli misalnya kitab dzikir hisnul muslim Syaikh Said Al qahtani atau al adzkar karya imam nawawi, bisa juga di fiqh sunnah, ada dijelaskan dzikir setelah shalat. http://www.konsultasisyariah.com/zikir-dan-doa-sesudah-shalat-fardhu/ Tanya Ustad, saya sdg berkunjung ke rmh. Melihat Al-Ma'tsurat, lalu dia menyeletuk bacaan orang PK*, saya kaget dikatakan tsbt. Krn saya bukan kader partai, saya hanya diam. Yang saya Ustad, Apakah bacaan dzikir dan doa yg tersusun dalam Al-Ma'tsurot merupakan ibadah dzikir yg ada tuntunannnya dari Rosulullah SAW?  Terima kasih Ustad. Jawab: Al Matsurat adalah dzikir yang memiliki riwayat dari nabi SAW, yang dikumpulkan oleh syaikh Hasan Al Banna, seorang alim dari Mesir. Agar lebih mantap, bunda bisa membeli kitab dzikir al matsurat yang disertai hadits hadits dan takhrijnya, sehingga kita mantap dan tahu hadits plus status haditsnya. ini saya sertakan gambar salah satu kitab yg dimaksud, takhrij hadits oleh Syaikh DR Abdullah Azzam, dan Syaikh Irsyadul Haq. sebagai kesimpulan syaikh DR Abdullah Azzam menuliskan : seluruhnya ada 127 hadits, 106 diantaranya shahih dan hasan, sisanya yaitu 21 hadits lagi dinilai dhaif, namun ternyata memiliki syawahid sehingga naik menjadi hasan lighairihi. buat perbandingan, bahwa dalam kitab al kalim ath thayyib karya ibnu taimiyah memuat 252 hadits, setelah ditakhrij oleh syaikh albani maka 48 diantaranya dhaif. wallahualam Tanya: KH. Ahmad Sanusi, kakek buyutnya didin hafiduddin, memukilkah yasin fashilah, musbahul falah dan shalat hajat.. apakah ini termasuk perkara bid'ah? krn spr diketshui ilmunya sangat luas dan kitab2 yg dibaca juga sangat banyak.. demikian pula dg kitab2 yh ditulisnya.. Jawab: Kami pernah rutin hadir dikajian ust didin hafidhudin, beliau pernah ditanya masalah yasin fadhilah, maka beliau mejawab "kita mah yasin yg biasa sajalah yg didalam alquran" kata beliau.  musbahul falah saya gak tau. shalat hajat adalah sunnah, ada dalilnya. kuat, Tanya: kalo baca alwaqiah, arrahman,almulk,yaasin gitu ada sunnahnya ga ust? Saya punya quran terbitan "kalim", disana ada quran messege service nya Disana tertulis yaasin dianjurkan dibaca di depan org menibggal..apakah ada sunnahnya spt itu ust? Jawab: Mengirim bacaan alquran pada mayyit  termasuk yg diperselisihkan oleh ulama. ada banyak hal yg disepakati oleh ulama bermanfaat bahi mayyit - sedekah/wakaf utk mayyit - doa utk mayyit - haji utk mayyit - qodho puasa bagi mayyit - membayarkan hutang si mayyit Membaca al quran secara umum memiliki banyak keutamaan. namun memang ada surat surat tertentu yang memeiliki keutamaan khusus... misalnya : 1. Al Mulk Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar, telah menceritakan pada kami Muhammad bin Ja’far, telah menceritakan kepada kami Syu’bah, dari Qotadah, dari ‘Abbas Al Jusyamiy, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Ada suatu surat dari al qur’an yang terdiri dari tiga puluh ayat dan dapat memberi syafa’at bagi yang membacanya, sampai dia diampuni, yaitu: “Tabaarakalladzii biyadihil mulku… (surat Al Mulk)” (HR. Tirmidzi no. 2891, Abu Daud no. 1400, Ibnu Majah no. 3786, dan Ahmad 2/299).Asy Syaukani rahimahullah mengatakan, “’Abbas Al Jusyamiy tidak diketahui mendengar hadits dari Abu Hurairah. Akan tetapi Ibnu Hibban menyebutkan perowi tersebut dalam Ats Tsiqqot. Hadits tersebut memiliki syahid (penguat) dari hadits yang shahih dari Anas, dikeluarkan oleh Ath Thobroni dalam Al Kabir dengan sanad yang shahih.” (Nailul Author 2/227)Penilaian hadits:Abu ‘Isa Muhammad bin ‘Isa At Tirmidzi dalam Al Jaami’ Ash Shohih Sunan At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits tersebut hasan.Abul ‘Abbas Ibnu Taimiyah dalam Majmu’ Al Fatawa (22/277) mengatakan bahwa hadits tersebut shahih.Muhammad bin ‘Ali Asy Syaukani dalam Nailul Author (2/227) mengatakan bahwa hadits tersebut memiliki penguat dengan sanad yang shahih.Syaikh Al Albani dalam Shahih Al Jaami’ (2091) mengatakan bahwa hadits tersebut hasan.Syaikh Musthofa Al ‘Adawi mengatakan bahwa hadits tersebut tidak shahih. Karena yang mentsiqohkan ‘Abbas Al Jusyamiy hanyalah Ibnu Hibban, tidak yang lainnya. Sedangkan Ibnu Hibban sudah terkenal sebagai orang yang mutasahil (bermudah-mudahan dalam mentsiqohkan). Namun ada beberapa atsar yang menguatkan hadits ini.  (Lihat At Tashil li Ta’wilit Tanzil Juz-u Tabarok, hal. 64) 2. Al Kahfi Utama dibaca pada hari jumat. Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6470) Itu contoh saja, ada lagi misalnya keutamaan ayat kursi, awal albaqarah dlsbnya... nah utk itu diperlukan dalil atau hadits yang diterima oleh ulama ulama hadits. wallahualam Ini tulisan tentang surat yasiin dari ustadz agus pranowo Lc, semoga mencerahkan. http://m.eramuslim.com/ustadz-menjawab/keutamaan-membaca-surat-yaasin.htm Tanya: Pak ust. gimana caranya qhodo untk mayit? Jawab: Bagi yang memiliki ayah atau ibu yang masih ada hutang puasa, maka silakan ahli warisnya, anaknya utk berpuasa dengan niat mengqodhokan almarhum Tanya: Ust. bukannya puasa yg tinggalkan oelh mayit bisa di bayr fidyah? Apa beda nya bayar fidyah dgn puasa qhodo buat mayit? Jawab: Dalam hadits ‘Aisyah disebutkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,مَنْ مَاتَ وَعَلَيْهِ صِيَامٌ صَامَ عَنْهُ وَلِيُّهُ “Barangsiapa yang mati dalam keadaan masih memiliki kewajiban puasa, maka ahli warisnya yang nanti akan mempuasakannya.” (HR. Bukhari no. 1952 dan Muslim no. 1147) Yang dimaksud “waliyyuhu” adalah ahli waris (Lihat Tawdhihul Ahkam, 3: 525) Kalau ada ahli warisnya, baik di qodho kan sesuai hadits shahih di atas Tanya : ust, maaf oot boleh ust ? Ust, jika dirumah kita, di lantai atas hanya terdapat tempat menjemur dan sebuah ruangan kecil yg digunakan sebagai gudang, bagaimana menjaga ruangan tsb agar tidak menjadi tempat syaitan ? Krn penghuni rumah, jarang naik ke atas kecuali pada saat menjemur pakaian saja,, Jazakallah Ustadz.. Jawab : Rumah secara keseluruhan agar dihuni malaikat rahmat dan tdk dimasuki setan, adalah 1. Tidak ada patung 2. Tak ada anjing 3. tak ada musik yg haram 4. Tak ada lukisan makhluk hidup Kemudian rumah jangan dibiarkan seperti kuburan, artinya: 1. Gunakan sebagai tempat shalat sunnah bagi laki laki, shalat bagi wanita 2. Tilawah rutin di rumah 3. Bacakan Al Baqarah di rumah 4. Digunakan tempat dzikir Kamar di atas ya harus rutin dibersihkan, Tanya : Assalammualaikum ustadz. Ana mau bertanya mengenai mengaji online ber group seperti odoj. Yg ana yakin ustadz tentu tau. Kebetulan ana juga member di salah satu group. Cuma ada yg agak mengganjal di hati karena ada yg mengingatkan bahwa mengaji dengan cara itu tidak sesuai dengan syari'at dan sunah Rasululllah. . Ada juga yg bilang odoj me mancing ria karena kita memberitahukan ibadah kita yg harus nya di sembunyikan ke orang lain . Jazakallah ustadz. Jawab : Tidak ada masalah dengan ODOJ, amal itu boleh ditampakan dan boleh disembunyikan, keduanya dipuji oleh Allah SWT. Ada tulisan menarik dari ustadz farid numan, silakan di pelajari agar kita ttap yakin dan semangat. http://www.dakwatuna.com/2014/01/17/44930/one-day-one-juz-odoj-katanya-riya-benarkah/ Tanya : assalamu'alaikum wrwb ustadz,,sy mau tanya soal najis..bila sy mencuci wajah yang bekas buat masak babi kadang airnya mencrat mengenai mulut lalu bgmn cari mensucikanya ustadz...dan tanpa diketahui kadang makan makanan yg ada minyak babinya lalu bgmn jg caranya membersihkanya ustadz...terimakasih. Jawab : Ummu Hanik pertanyaannya khusus banget nih. ada beberapa hal di atas ni #pertama hukum memasak babi bagi nonis Kalau lajnah daimah tidak membolehkannya, artinya kalaupun darurat maka harus berusaha sekuat tenaga agar segera bisa dapat pekerjaan tempat lain #kedua bagaimana membersihkan najis babi Cukup dicuci bersih sampai tak ada rasa, warna, bau Tanya : Ustadz. . Nambah pertanyaan. Dulu udah pernah di tanyain tapi gak kesampaian ( Mudah2an ustadz ingat ) Bagaimana hukum nya orang yg berdzikir dan berdoa setelah sholat berjamaah. Zikir dan doa nya di lafazkan kuat2 dan cepat bahkan afwan lafaz nya malah Terdengar ujung2 nya saja. Contoh : Subhanallah jadi sunallah.. atau allah nya aja yg masih jelas. Di iringi dengan gerakan kepala ke kiri ke kanan sambil mejamkan mata. Doa nya di sebutin imam dan makmum meng aminkan..?? Jawab : Dzikir bersuara keras di masjid sudah menjadi perbedaan pendapat dikalangan ulama. Sedangkan mereka yang membolehkan dzikir dengan suara yang keras terdengar, di antaranya ada yang merujukkan pendapatnya berdasarkan dalilnya pada hadits shahih yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim. Dari Ibnu Abbas, beliau berkata, “Sesungguhnya mengeraskan suara dikala berdzikir seusai orang-orang melaksanakan Shalat fardu pernah dilakukan pada masa Nabi SAW.”Selanjutnya Ibnu Abbas berkata,“Aku mengetahuinya dan mendengarnya apabila mereka telah selesai dari shalatnya dan hendak meninggalkan masjid.” (HR. Bukhari dan Muslim) Berdasarkan hadits ini, maka ada pendapat yang tidak menyalahkan berdzikir sehabis Shalat fardu dengan suara yang keras.Al-Imam Asy-Syafi'i berpandangan bahwa berdzikir dengan suara keras, hukumnya adalah sunat bila ada dasarnya untuk mengajarkan kepada para makmum. Hal ini diungkapkan oleh Imam Syihabuddin Al-Qasthalani sebagai berikut: Al-Imam Asy-Syafi'i rahimahullah sebagaimana telah diceritakan oleh Imam Nawawi rahimahullah, mempertangguhkan hadits ini, bahwasanya Nabi SAW dan para sahabatnya mengeraskan suaranya dalam berdzikir sehabis Shalat fardhu itu bersifat temporer, karena ada motif mengajarkan sifat dzikir, mereka tidak secara kontinyu mengeraskan suaranya. jadi masalah keras, atau sirr...berjamaah atau sendiri sendiri, ada pebedaan pendapat. Yang jelas dilarang adalah kalau dzikirnya terlalu cepat sehingga merusak lafadz dan makna, seperti yg di contohkan dalam pertanyaan. dzikir semestinya sambil direnungkan maknanya setelah disempurnakan lafadznya, apalagi jika dzikir dari ayat al quran, maka hukum tajwid terkena padanya. wallahualam oya ketinggalan, tidak ada gerakan gerakan khusus saat dzikir, seperti gerakan kepala kiri kanan, kalau itu dianggap keutamaan maka dia harus menyampaikan dalil. berdoa bersama dipimpin satu orang yang lain mengaminkan seperti saat doa diakhir khutbah jumat, boleh boleh saja. Tanya : Ustadz. Bagaimana dengan foto2 yg di tempel di dinding? Apakah termasuk salah satu benda yg membuat malaikat rahmat tidak masuk ke rumah kita. Jawab : Foto dari kamera tak apa. Kecuali foto foto yg jelas diharamkan, seperti foto sembahan agama lain. tokoh kufur dlsbnya di india mereka biasa memasang foto patung sembahan.. Tanya : Assalammualaikum ustaz. Ana mau nanya bagaimana caranya menerapkan ikhlas di dalam diri ketika melakukan pekerjaan,ditimpa musibah dan mendapat masalah besar dalam hidup. Jazakallah ustaz.. Jawab : Ketika melakukan pekerjaan, ya niatkan utk memenuhi kebutuhan keluarga, niatkan agar bisa membayar zakat, agar bisa infaq, agar tidak meminta minta.. membantu suami.. ikhlas dalam segala hal kehidupan adalah kita pasrah, tawakal, serahkan kepada Allah, terutama hal hal yg diluar kekuasaan kita. sabar dan qanaah dengan takdir Allah SWT. contoh mudah, kita sudah berangkat pagi sekali, menyiapkan bahan presentasi sudah sepekan, harus sampai kantor jam 8 pagi, semua usaha sudah dilakukan. namun ternyata ada kecelakaan di tol, macet mampet. ya sudah kasih kabar sama bos, lalu ikhlaskan saja...itu diluar kendali kita... orang ikhlas tidak mudah putus asa dan stress, bingung, apalagi olehnsuatu hal yg diluarvkendali kita. kerjakan apa yg kita bisa, optimal, doa...selesai. Tanya : Ustadz.....punten, nyambung pertanyaan ummi nida : kalau celengan anak-anak bentuknya binatang (ayam, harimau) yang besar, terbuat dari tanah liat, apakah itu termasuk patung.... Jawab : Saya sendiri gak suka dengan barang tiga dimensi berbentuk makhluk hidup, termasuk dari tanah liat. kecuali mainan anak anak, karena dia akan dipermainkan, diinjak, dirusak... sama sekali jauh dari kesan akan dihormati dst... Tanya : Assalamu'alaikum ustadz, bagaimana menyikapi perbedaan mahzab dan kondisi yg bagaimana kita harus menggunakan mahzab syafi'i, maliki, hambali, hanafi..bagaimana jika suatu ibadah kita lakukan tanpa mengetahui niatnya trmasuk mahzab yg mana. Apa hukumnya kita harus tau bhwa setiap urusan ibadah diniatkan dr slh satu mahzab? Jawab : mereka imam mazhab adalah para mujtahid yang diakui oleh umat, sampai sekarang. Kita tak ada apa apanya dibanding mereka. Mereka adalah menara menara ilmu dan ketaqwaan. Niat mah tetap karena Allah taala, tatacara boleh mengikut salah satu mazhab. wallahualam Tanya : Ust..bolehkah qt menangis krn kehidupan yg dialami sndr..? Qt sdh ikhlas akan kehendak-Nya..hgg terkdg beban itu trs berat n akhirnya qt menangis tak sanggup bercerita,krn hny qt yg tau apa yg ada dlm hati qt..? Jawab : Kalau kita melakukan kesalahan, ya tinggal istighfar saja dengan sungguh sungguh, lalu memoerbaiki diri dengan banyak melakukan amal amal sholih yang sesuai sunnah... Tanya : ustadz nambah prtanyaan, dzikir dan doa sebaiknya dilakukan pas selepas sholat fardhu atau boleh setelah selesai sholat rawatib. Kadang sering x liat, byk yg stlh shlt fardhu lgsg berdiri utk sholat rawatib, br kmydian dzikir n doa Jawab : Dzikir secara umum boleh dilakukan kapan saja tidak terikat waktu. Namun khusus setelah shalat fardhu ada dzikir dzikir khususnya, ini adalah sunnah yang ditekankan. sebaiknya rutinkan dzikir setelah shalat fardhu. dengan dzikir dzikir yang matsur dari Nabi SAW Tanya : Ustad ,gmn caranya mengungkapkan apabila setiap pertemuan ibu2 dharma wanita selalu membaca sholawat nariyah 3x,pdhl ga ada dalil yg menguatkan? Saya hy istri staf biasa dg ilmu agama yg masih dangkal,jd mau kasih masukan bahwa sholawat nariyah bkn sunah rosul,jd gmn gt...... syukron Jawab : Tetaplah rajin mengikuti kajian keislaman yang baik, pelajari betul pokok pokok ajaran islam. Tetap aktif di kajian di dharma wanita, usahakan banyak berperan, sampai ada waktunya insya Allah diberi amanah utk misalnya mencari ustadz, nah bisa memasukan ustadz ustadz yg memilik kafaah syari yg mumpuni. Atau peluang peluang lainnya. Kalau tdk bisa dakwah keseluruhan, coba fardhiyah cari saja teman teman yg sekufu, atau dibawah... kita bisa oengaruhi pelan pelan, tanpa bersikap frontal. sedikit sedikit insya Allah akan ada jalannya. Tanya : Ust..bolehkah bila aq berdo'a begini.."Ya Allah..janganlah Kau mati kan aq sblm kutunaikan kewajibanku atas anak2ku..matikan aq dgn khuznul khotimah..syahid djalan-Mu.."..? Jawab : Doanya lebih baik begini, Ya Allah terimalah semua amalanku, ampuni semua dosa dan kekuranganku, karuniakanlah syahid padaku, jadikan anak anaku orang selalu menegakkan shalat, jadikan mereka anak anak yang sholih... Tanya : Ustadz mhn bertanya diluar tema.. ketika seorang ayah meninggal dunia.. bnyk meninggalkan piutang (dari bbrp)..naaun si ayah tdk pernaa meninggalkan catatan pitang,, cm disebutkan jumlahnya,, semasa bliau sudah sakit2an.. waktu itu,, yg berhutang selalu kasih jwbn blm ada uang tuk bayar, wajib kah bagi ahli waris untuk meminta pelunasan kpd yg berhutang, kl yg berhutang malah mengabaikan.. apakah ada manfaat bagi si ayah? Jawab : Ya berhak ahli waris menagih, pada yang berhutang. Jika seluruh ahli waris sepakat, maka boleh mengikhlaskan hutangnya dan bersedekah utk almarhum. Wallahualam DOA KAFAROTUL MAJLIS اَسْتَغْفِرُ اللهِ الْعَظِيْمِ ..... اَسْتَغْفِرُ اللهِ الْعَظِيْمِ .... اَسْتَغْفِرُ اللهِ الْعَظِيْمِ .... سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika “Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT