SARIAWAN

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, November 12, 2014

Kajian Online WA Hamba ﺍﻟﻠَّﻪِ SWT (Ayah 305)

Hari / Tanggal: Selasa,  11 November 2014
Narasumber:  drg Gilang
Admin:  Fuad Adi N
Tema : Kesehatan
Editor : Ana Trienta

Sariawan: Penyebab dan Perawatannya
Sariawan merupakan suatu lesi atau kelainan yang berbentuk ulser (borok) yang terdapat di dalam rongga mulut. Kelainan ulser ini ada berbagai jenis, namun yang paling sering dialami orang adalah jenis aphtous stomatitis atau canker sores. Apa penyebab sariawan? Apa gejala sariawan? Dan bagaimana perawatan sariawan?

Penyebab Sariawan
Lesi sariawan biasanya terdapat pada mukosa bibir, pipi, lidah, langit-langit lunak, dan dasar gusi. Penyebab dari sariawan masih belum jelas, namun banyak teori yang menyebutkan bahwa sariawan berhubungan dengan masalah kekebalan tubuh. Beberapa jenis penyakit, kurang asupan nutrisi (khususnya zat besi dan vitamin B12), alergi, trauma (misalnya tergigit), stres, dan perubahan hormonal (siklus menstruasi) juga dapat memicu timbulnya sariawan.

Gejala Sariawan
Sariawan dapat muncul dalam bentuk lesi yang berukuran yang kecil, besar, ataupun dalam jumlah yang banyak. Lesi sariawan juga dapat muncul berulang kali atau istilahnya disebut rekuren. Sebelum terbentuk lesi ulser, daerah yang meradang biasanya terasa perih seperti tertusuk ataupun terbakar. Setelah 2 atau 3 hari kemudian terbentuklah lesi ulser pada daerah yang meradang tersebut. Rasa sakit akibat sariawan yang berukuran kecil biasanya akan hilang antara 7 sampai 10 hari, dan lesi ini akan sembuh secara sempurna dalam waktu 1 sampai 2 minggu. Namun, apabila ukuran lesi sariawan cukup besar biasanya lesi membutuhkan waktu mulai dari beberapa minggu sampai beberapa bulan untuk sembuh.

Sariawan yang tidak sembuh dalam waktu 1 minggu sebaiknya segera dikonsultasikan dengan dokter gigi. Karena ada beberapa penyakit lain yang lebih berbahaya yang bentuk lesinya mirip dengan sariawan, termasuk penyakit berbahaya seperti kanker mulut.

Perawatan Sariawan
Perawatan sariawan lebih terfokus kepada pengurangan gejala rasa sakitnya. Berkumur dengan air hangat dan makan makanan yang lunak dapat mengurangi rasa tidak nyaman akibat sariawan. Beberapa obat yang dioleskan pada lesi juga bisa melindungi lesi dari iritasi, di antaranya obat-obatan orabase. Bila perlu, dokter gigi dapat meresepkan obat-obatan ini. Berkumur dengan obat kumur yang bersifat antimikroba juga dapat dilakukan untuk menghindarkan lesi dari infeksi, sehingga proses penyembuhannya pun akan lebih cepat. Untuk mempercepat masa penyembuhan sariawan Anda juga dapat mengkonsumsi vitamin C yang berperan dalam perbaikan jaringan.

Untuk sariawan yang berukuran cukup besar, biasanya lesi diobati dengan cara mengaplikasikan obat-obatan steroid. Obat-obatan ini dapat mempercepat proses penyembuhan dan mencegah lesi agar tidak bertambah besar.

TANYA JAWAB
Tanya:
Ustad Gilang, kalau obat kumur antimikroba dengan obat kumur yang biasa di pasaran beda ?
jawab:
semua obat kumur yang ada di pasaran anti mikroba akh, yang berbeda adalah kandungan zat aktif nya, ada yang mengandung alkohol, chlorhexidine, dsb

Tanya:
dok kenapa obat kumur itu pedih di mulut?
Jawab:
Obat kumur yang pedih di mulut biasanya yang mengandung alkohol akh.. memang alkohol memiliki sifat iritatif terhadap mukosa mulut.

Tanya:
Dok saya sering bengkak gusi, dan nemu jamu yang reaksinya tidur lelap kalo bangun bawaan nya ngantuk. Tapi gusi langsung sembuh. Kata istri takut ketergantungan, tapi daripada sakitnya ga nahan kalo bengkak minum lagi pake obat sampai yang mahal cataplam malah maag kambuh
Jawab:
Wah, kalau untuk jamu jamuan saya kurang paham. itu kandungannya apa akh? apakah sudah memiliki nomor badan pom nya? untuk bengkak gusi terapi nya bukan dengan cataflam akh, ada dua kemungkinan gusi nya bengkak:
  1. Infeksi akibat kuman yang masuk ke lubang gigi. terapi nya yang tepat adalah perawatan saluran akar gigi dan antibiotik bila perlu.
  2. Radang gusi. terapinya adalah dengan pembersihan plak dan karang gigi di dokter gigi.
Nah, ane gak bisa menentukan akh asep bengkak karena yang mana karena ane perlu melakukan pemeriksaan langsung. Untuk itu, ane sarankan akh untuk konsultasi langsung ke dokter gigi terdekat. Oh iya, untuk masalah dan penyakit di dalam rongga mulut, hampir tidak ada yang bisa sembuh total dengan obat. beda dengan sakit lain, misal sakit kepala, atau gejala flu yang mungkin bisa langsung sembuh dengan obat. Khusus untuk penyakit gigi dan mulut, hampir seluruh kasus memerlukan penanganan langsung oleh dokter gigi, tidak bisa kita obati sendiri. Salah satu contoh gigi berlubang. kalau giginya sakit, mungkin bisa sembuh sesaat dengan minum obat. tapi kalau gigi nya tidak ditambal, tentu cepat atau lambat akan sakit lagi.

Tanya:
Tanya lagi dok... Kerena ga kuat efek di perut kalo ke dokter gigi, sebab kalo di cabut harus ga sakit. Saya minum jamu itu binaan pertamina cilacap sampai gigi yg keropok tanggal  tinggal sisa sedikit Gigi depan juga sama bahkan dah ompong. Kalo dibiarkan habis sendiri ga apa apa kan dok?
Jawab:
kalau tidak kuat di perut, ada alternatif obat lain akh. Oh, kalau memang sudah tinggal sedikit giginya, kemungkinan penyebab gusi nya bengkak karena infeksi. dan kalo memang sudah tidak bisa ditambal, masih ada sisa akar nya yang tidak akan bisa hilang sendiri, dan sisa akar ini perlu dicabut. tidak bisa dibiarkan begitu saja akh.

Tanya:
Bagaimana dengan pasta Gigi yang punya sifat mengurangi rasa ngilu bila minum air dingin? Apakah ada efek samping dihari depan?
Jawab:
in sya Allah tidak ada efek samping akh tapi, kalau ingin terlepas dari ketergantungan dengan pasta gigi ini, bisa akh periksa gigi yang linu ke drg. bila memungkinkan, bagian gigi yang sensitif tersebut dapat ditambal. 

Bilamana tidak ada pertanyaan lagi maka kita bisa akhiri kajian malam ini

Dan mari kita tutup dengan doa kafaratul majelis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika.

Wassalamu'alaykum warahmatullah..

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT