Ketik Materi yang anda cari !!

Home » » Tafakkur Pada Ciptaan Allah

Tafakkur Pada Ciptaan Allah

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Saturday, November 29, 2014

Kajian Online WA Hamba  اللَّهِ SWT 25 UMI

Hari tanggal  : Jumat, 28 November 2014
Narasumber  : Ustadz Syahrawi
Judul Kajian : Tafakkur pada ciptaan Allah
Notulen         : Puji Maulani Lestari
Editor           : Indah Permata Sari




السلام عليكم ورحمة الله وبركاته 

Semoga karunia Allah selalu terlimpahkan pd kita semua, semoga juga Allah melembutkan hati kita semua, kiranya tetap istiqomah dalam balutan aqidah yg lurus hingga akhir hayat kelak. Sholawat dan salam semoga tetap tercurah pada junjungan alam Muhammad SAW. 

Materi kajian kita pada hari ini adalah:

Tafakkur pada ciptaan Allah

Dalam kitabNya, Allah berfirman: 

(أَوَلَمْ يَنْظُرُوا فِي مَلَكُوتِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَا خَلَقَ اللَّهُ مِنْ شَيْءٍ 

"Dan apakah mereka tidak memperhatikan kerajaan langit dan bumi dan segala sesuatu yang diciptakan Allah...." (QS 7 :  185)

Di ayat lain Allah berfirman: 

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَآيَاتٍ لِأُولِي الْأَلْبَابِ

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan. bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal,

الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْض....

(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi....

Orang-orang yg shalih selalu berfikir tentang berbagai hal dr ciptaan Allah seraya bertasbih, tahmid, takbir, dan menauhidkan الله.  Perpaduan fikir dan zikir dapat memperdalam ma'rifatullah di dalam hati utk lebih dekat denganNya. 

Al Qur'an menganjurkan tafakkur tentang berbagai tanda kekuasaannya. Dan salah satu tanda kekuasaanNya adalah manusia diciptakan dari nutfah (setetes mani) yaitu hal yg paling dekat dengan manusia. Di dalam diri kita terdapat keajaiban yg menunjukkan keagungan الله, dan waktu sepanjang umur tdk.cukup.utk mengungkapnya. 

وَفِي أَنْفُسِكُمْ ۚ أَفَلَا تُبْصِرُونَ

dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tidak memperhatikan?

Firman الله : 

قُتِلَ الْإِنْسَانُ مَا أَكْفَرَهُ

Binasalah manusia; alangkah amat sangat kekafirannya?

مِنْ أَيِّ شَيْءٍ خَلَقَهُ

Dari apakah Allah menciptakannya?

مِنْ نُطْفَةٍ خَلَقَهُ فَقَدَّرَهُ

Dari setetes mani, Allah menciptakannya lalu menentukannya.

ثُمَّ السَّبِيلَ يَسَّرَهُ

Kemudian Dia memudahkan jalannya.

ثُمَّ أَمَاتَهُ فَأَقْبَرَهُ

kemudian Dia mematikannya dan memasukkannya ke dalam kubur,

ثُمَّ إِذَا شَاءَ أَنْشَرَهُ

kemudian bila Dia menghendaki, Dia membangkitkannya kembali. (QS 80: 17-22)

Kemudian الله,  di ayat2 lainnya menyebutkan bgmna nutfah itu Dia jadikan segumpal darah, kemudian segumpal darah itu Dia jadikan segumpal daging, kemudian segumpal daging itu Dia jadikan tulang. (lihat Qs 23: 12-14). 

Disebutkannya nutfah berulang-ulang di dalam Al quran bukan bukan utk di dengar lafazhnya tanpa dipikirkan maknanya. 

Pernahkan kita berfikir bagaimana الله,  menciptkan.janin dari setetes mani dengan diberi makanan dan minuman hingga tumbuh, berkembang dan besar? 

Kemudian.bagaimana Dia membagi bagian2 nutfah yg sama dan serupa itu menjadi tulang, urat, sel, dan daging? Lalu bgmna Dia menyusun organ2 dalam seperti hati, perut, jantung, paru2, ginjal, rahim, dan pencernaan? Masing2 memiliki bentuk tersendiri dan ukuran tertentu utk fungsi tertentu.juga. 

Cermatilah tulang, organ yg amat keras dan kuat,  bgmana الله menciptakannya dr setetes nutfah yg lunak dan.lembut kemudian menjadikan nya sebgai penopang badan?

Lalu perhatikanlah penciptaan tulang kepala, bgmana الله,  menghimpun dan menyusunnya? Dia telah menyusunnya dr 55 tulang yg beraneka ragam bentuknya, sebagiannya dipadukan dgn.bagian.lainnya shg menjadi batok kepala. 

Demikian seterusnya....betapa maha dahsyatnya الله,  mempersaksikan.keajaiban penciptaannya dr setetes air.mani yg menjijikkan. Lalu bgmana ciptaanNya dlm kerajaan-kerajaan langit dan planet-planet dengan beragam.bentuk dan ukurannya? 

Seandainya jin dan manusia bersatu utk menciptakan setetes mani menjadi.pendengaran, penglihatan, akal, kemampuan, ilmu, ruh, tulang, urat nadi, saraf, kulit, rambut, apakah mereka.akan.sanggup? 

Setelah kita selesai bertafakkur mengenai diri.kita sendiri, maka bertafakkurlah mengenai bumi yg menjadi tempat tinggal, tentang sungai2, gunung2, tambang2nya, hingga kerajaan.langit. 

Mahasuci الله,  yg telah menciptakan semua isi.langit dan.bumi. Semoga bisa menjadi.objek renungan bagi orang2 yg memikirkan.ciptaan الله,  bukan memikirkan.Zat الله. Dengan.memikirkan.ciptaanNya, manusia bisa mengenal.Penciptanya, keagungan, kemuliaan, dan kekuasaanNya. 

والله أعلم
Berikut pertanyaan dan jawaban mengenai materi: 

Tanya: Bgmn cara kita bersyukur dan mengagumi atas Allah ust?cukupkah dg mengucap hamdalah dan tasbih takbir?

Jawab: 
Cara mengagumi ciptaanNya   tdk cukup dgn.ucapan hamdalah, tasbih dan takbir. Ucapan merupakan sanjungan kepada Allah betapa mahadahsyatnya ciptaanNya,  namun dlm kehidupan riil kita hrs mewujudkannya dalam amalan. Ibadah yg terbaik, suka berbagi dan membantu sesama adalah beberapa contoh rasa syukur kpd الله

Tanya: Mau tanya p ustad..bagaimana anak dari hasil hubungan zina apakah di bilang anak haram pak ustad ikut berdosa kah anak itu? 

Jawab :
Dalam Isam anak hasil.perzinahan pd.prinsipnya bukanlah salahnya krn.ia terlahir bukan krn.kehendaknya. Apakah ia berdosa,  yg berdosa adalah ayah dan.ibunya yg melakukan zina. Semoga Allah menghindarkan.kita dr hal yg seperti ini.
Tanya: Kalau saya membicarakan seseorang yg berbuat tak baik pada orang lain spy waspada terhadap pelaku tsb, sama dgn membuka aib gak?

Jawab: 
Membicarakankeburukan orang lain termasuk kategori ghibah. Islam melarang perbuatan ghibah, yg diumpamakan seperti memakan bangkai saudara sendiri. Namun, jika orang yg diperbincangkan adalah orang yg bisa mengancam jiwa,harta orang lain atau merugikan orang lain dgn.penipuan.misalnya, maka ada baiknya memberitahukan

Tanya: Ustadz mau tanya,bagaimana kita menghadapi orang yg menyakiti dan menghina kita.padahal masih sodara sendiri.kata2nya kadang menyakitkan hati.dan gak cuma 1 keluarga yg disakiti?

Jawab: 
Agama adalah nasehat. Salah satu cara menyampaikan kebaikan pada orang lain adalah nasehat. Untuk.menghadapi orang tersebut, sebaiknya dinasehati, dan diajak dialog dari hati ke hati, apalagi masih saudara. Banyak perselisihan dpt diselesaikan.jika dikomunikasikan dgn.baik, InsyaAllah

Tanya: Ustadz bagaimana kita menyikapi orang yg memfitnah kita....?

Jawab: 
Gak apa2. Orang beriman harus siap difitnah. Pahala orang tersebut akan mengalir ke kita. Semakin banyak dia menfitnah, semakin banyak pahala dia mengalir ke  kita. Tapi jangan lupa selalu berdoa kepada Allah agar orang yg menfitnah diberi petunjuk agar sadar dan bertaubah. Cara menyikapinya, tetap bersikap biasa saja, anggap saja seolah2 fitnah itu tidak ada. Bilang aja ke dia sakitnya tuh disini, sambil nunjuk kepala, krn pusing mikirin dia 

Tanya: Ustadz, kalau kita bersedekah, bolehkah kita mengharapkan balasan materi. Misal pengen punya modal utk usaha, lalu kita sedekah sekian, Dan berharap Allah akan memberikan balasan 10x lipat Dan uangnya utk modal. Bolehkah seperti itu?

Jawab: 
Bersedekah tidak boleh hitung2an krn hitungan Allah tiada terhingga. Dan nikmat Allah yg diberikan.kpd kita tiada terkira. Bersedekah krn Allah, ikhlas krnNya. Boleh jadi balasan rezeki Allah lebih besar dr apa yg kita harapakam sebelumnya. Tidak ada satu amalan baik pin yg tidak dibalas oleh-Nya. Yakinlah.

Tanya: ustad saya mau bertanya, bagaimana sikap kita thd ibu kandung yg selalu bersikap kasar dan berkata menyakitkan, ghibah, buruk sangka. walau sdh berusaha sabar dan menasehati tapi susah sekali..apakah dengan diam kita sbg anak akan berdosa?

Jawab: 
Kita tdk akan pernah ada tanpa ibu melahirkan kita. Kita tak akan pernah remaja, dewasa hingga sekarang tanpa kasih sayang dan belaian cintanya pada kita saat masih kecil. Berterima kasih lah padanya, cium pipinya, bisikkan ditelinganya bahwa sesungguhnya betapa kita mencintainya. Jangan lupa dlm setiap sholat lantunkan doa untuk nya, biarkan tetesan air mata mengalir saat bermunajat kpd Allah utk kebaikannya. Jangan pernah mengabaikan sedikit pun jerih payahnya pada kita. Ingatlah surga itu di bawah telapak kakinya. Sayangi dia, cukupkan.kebutuhannya, peluk ia jika ada kesempatan utk itu. Berbahagialah bagi siapa saja yg bisa membahagiakan.orangtuanya apalagi ibunya. 

Tanya: ustd. mohon nasehatnya. bagaimn apabila suami menuntut istrinya untk lbh byk menghandle pkerjaan rmh. sdgkn istri bkerja n ank2 msh kcl2. sehingga krjaan rmh byk d bnt olh suami. sdgkn istri sebisanya sj mngerjaknnya. istri mnt khodimat tp tdk d izinkn. gmn ustd...

Jawab: 
Rasulullah  mengajarkan bahwa suami yg baik adalah yg paling baik utk keluarganya. Tentu suami harus bisa memahami, dan tdk perlu sungkan utk melakukan pekerjaan rumah. Mengepel, menyapu, dst harus juga bisa ditangani suami. Utk kondisi seperti ini, tentu dibagun komunikasi yg baik antara suami dan istri,  shg ada kesepahaman antara keduanya. Dan perlu dipahami.bahwa istri dan anak adalah tanggung jawab sepenuhnya oleh suami. 

Tanya: Ust.bgmna dlm islam mslh harta yg diusahakan oleh istri,apakah boleh diambil oleh suami?

Jawab: 
Harta yg diperoleh oleh istri dr jerih payahnya adalah haknya 100%. Suami tdk boleh mengambil sedikit pun, sebab istri dan anak adalah tanggung jawab suami. Namun, istri  boleh memberikan hartanya pada suami jika memang utk kemaslahatan bersama.
Tanya: Ust,apakah benar pernyataan tntg keistimewaan hr jumat: apabila ada seorg muslim meninggal dihari jumat,dia dibebaskn dr azab kubur? Ust bisa dijellaskn sdikit tntg bgmn azab kubur dan nikmat kubur! Termaksh

Jawab: Keutamaan Hari Jumaat
.Hari Jumaat merupakan hari yang amat istimewa kaum Muslimin. Hari Jumaat mempunyai banyak
kelebihan dan keutamaan yang disediakan oleh Allah
SWT kepada hamba-hambaNya.

Berikut adalah keistimewaan dan keutamaan hari Jumaat:

1. Hari Paling Mulia
Hari Jumaat adalah hari yang paling utama dan merupakan penghulu segala hari. Terdapat beberapa
peristiwa yang terjadi pada hari Jumaat ini, diantaranya:

Allah SWT ciptakan Adam Alaihissallam Nabi Adam alaihissallam dimasukkan ke dalam syurga.
Nabi Adam alaihissallam diturunkan dari syurga menuju bumi. Allah mewafatkannya Nabi Adam Alaihissallam . Hari Jumaat juga merupakan hari akan berlakunya Qiamat.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu bahawa Rasulullah ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ bersabda: “Hari paling baik di mana matahari terbit pada hari itu adalah hari Jumaat. Pada hari itu Adam diciptakan, dan pada hari itu juga Adam dimasukkan ke dalam syurga, serta diturunkan dari syurga.
Pada hari itu juga kiamat akan terjadi dan pada hari tersebut terdapat suatu waktu dimana tidaklah seorang mukmin solat menghadap Allah mengharapkan kebaikan kecuali Allah akan mengabulkan permintannya.” (HR. Muslim)

Abu Hurairah Radhiyalahu ‘anhu meriwayatkan, bahwa Rasulullah ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ bersabda;

ﺧَﻴْﺮُ ﻳَﻮْﻡٍ ﻃَﻠَﻌَﺖْ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟﺸَّﻤْﺲُ ﻳَﻮْﻡُ ﺍﻟْﺠُﻤُﻌَﺔِ، ﻓِﻴْﻪِ ﺧُﻠِﻖَ ﺁﺩَﻡُ، ﻭَﻓِﻴْﻪِ
ﺃُﺩْﺧِﻞَ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔَ، ﻭَﻓِﻴْﻪِ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﻣِﻨْﻬَﺎ، ﻭَﻻَ ﺗَﻘَﻮْﻡُ ﺍﻟﺴَّﺎﻋَﺔُ ﺇِﻻَّ ﻓِﻲ ﻳَﻮْﻡِ
ﺍﻟْﺠُﻤُﻌَﺔ

“Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya adalah hari Jumaat; pada hari inilah Adam Alaihissalam diciptakan, pada hari ini (Adam Alaihissalam) dimasukkan ke dalam syurga, dan pada hari inilah juga Baginda dikeluarkan dari syurga. Dan tidaklah kiamat akan terjadi kecuali pada hari
ini.” (HR Muslim r.a.)
.
Dalam riwayat Aus bin Aus Radhiyallahu ‘anhu pula menyatakan:

ﺇِﻥَّ ﻣِﻦْ ﺃَﻓْﻀَﻞِ ﺃَﻳَّﺎﻣِﻜُﻢْ ﻳَﻮْﻡُ ﺍﻟْﺠُﻤُﻌَﺔِ، ﻓِﻴْﻪِ ﺧُﻠِﻖَ ﺁﺩَﻡُ، ﻭَﻓِﻴْﻪِ ﻗُﺒِﺾَ،
ﻭَﻓِﻴْﻪِ ﺍﻟﻨَّﻔْﺨَﺔُ، ﻭَﻓِﻴْﻪِ ﺍﻟﺼَّﻌِﻘَﺔُ …….

“Sesungguhnya seutama-utama hari kamu adalah hari Jumaat; pada hari ini Adam Alaihissalam diciptakan, pada hari ini juga ia dimatikan, pada hari ini ditiupkan sangkakala (tanda kiamat), dan pada hari ini juga hari kebangkitan.”

 Tentang siksa kubur: 

ﻋَﻦْ ﺃََﻧََﺲٍ ﻋَﻦِ ﺍﻟﻨَّﺒِﻰِّ ﻗَﺎﻝَ ‏« ﺍﻟْﻌَﺒْﺪُ ﺇِﺫَﺍ ﻭُﺿِﻊَ ﻓِﻰ ﻗَﺒْﺮِﻩِ ، ﻭَﺗُﻮُﻟِّﻰَ
ﻭَﺫَﻫَﺐَ ﺃَﺻْﺤَﺎﺑُﻪُ ﺣَﺘَّﻰ ﺇِﻧَّﻪُ ﻟَﻴَﺴْﻤَﻊُ ﻗَﺮْﻉَ ﻧِﻌَﺎﻟِﻬِﻢْ ، ﺃَﺗَﺎﻩُ ﻣَﻠَﻜَﺎﻥِ
ﻓَﺄَﻗْﻌَﺪَﺍﻩُ ﻓَﻴَﻘُﻮﻻَﻥِ ﻟَﻪُ : ﻣَﺎ ﻛُﻨْﺖَ ﺗَﻘُﻮﻝُ ﻓِﻰ ﻫَﺬَﺍ ﺍﻟﺮَّﺟُﻞِ
ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ؟ ﻓَﻴَﻘُﻮﻝُ ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻧَّﻪُ ﻋَﺒْﺪُ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻭَﺭَﺳُﻮﻟُﻪُ . ﻓَﻴُﻘَﺎﻝُ : ﺍﻧْﻈُﺮْ
ﺇِﻟَﻰ ﻣَﻘْﻌَﺪِﻙَ ﻣِﻦَ ﺍﻟﻨَّﺎﺭِ ، ﺃَﺑْﺪَﻟَﻚَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺑِﻪِ ﻣَﻘْﻌَﺪًﺍ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔِ. ﻗَﺎﻝَ
ﺍﻟﻨَّﺒِﻰُّ : ﻓَﻴَﺮَﺍﻫُﻤَﺎ ﺟَﻤِﻴﻌًﺎ. ﻭَﺃَﻣَّﺎ ﺍﻟْﻜَﺎﻓِﺮُ ﺃَﻭِ ﺍﻟْﻤُﻨَﺎﻓِﻖُ ﻓَﻴَﻘُﻮﻝُ : ﻻَ
ﺃَﺩْﺭِﻯ، ﻛُﻨْﺖُ ﺃَﻗُﻮﻝُ ﻣَﺎ ﻳَﻘُﻮﻝُ ﺍﻟﻨَّﺎﺱُ . ﻓَﻴُﻘَﺎﻝُ : ﻻَ ﺩَﺭَﻳْﺖَ ﻭَﻻَ
ﺗَﻠَﻴْﺖَ. ﺛُﻢَّ ﻳُﻀْﺮَﺏُ ﺑِﻤِﻄْﺮَﻗَﺔٍ ﻣِﻦْ ﺣَﺪِﻳﺪٍ ﺿَﺮْﺑَﺔً ﺑَﻴْﻦَ ﺃُﺫُﻧَﻴْﻪِ ،
ﻓَﻴَﺼِﻴﺢُ ﺻَﻴْﺤَﺔً ﻳَﺴْﻤَﻌُﻬَﺎ ﻣَﻦْ ﻳَﻠِﻴﻪِ ﺇِﻻَّ ﺍﻟﺜَّﻘَﻠَﻴْﻦِ .
“Dari Anas dari Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, beliau bersabda: “Seorang hamba apabila dipendam di kuburnya, dan orang-orang yang mengantarnya telah berpaling meninggalkannya, maka dia mendengar suara sandal mereka. Lalu datanglah dua malaikat kemudian menyuruhnya duduk seraya bertanya padanya: Apa yang kamu katakan tentang Muhammad? Dia
menjawab: Saya bersaksi bahwa dia adalah hamba Allah dan Rosul-Nya, maka dikatakan padanya: Lihatlah calon tempat mu di neraka telah diganti oleh Allah tempat di surga. Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda: Maka dia melihat keduanya. Adapun orang kafir atau munafiq maka dia menjawab: Saya tidak tahu, aku mengatakan apa yang diucapkan manusia. Lalu dikatakan padanya: “Kamu tidak tahu, kemudian dia dipukul dengan palu dari besi satu pukulan di antara dua telinganya, sehingga dia berteriak dengan teriakan yang bisa didengar oleh sekitarnya
kecuali jin dan manusia.” (HR. Bukhori 1273, 1308 dan Muslim 2870.)

Tanya : Ustad gimana caranya mengajak orang tua untuk beribadah solat sedang kan orang tua gak pernah solat kalo diajak solat malah ngajak bertengkar dilawan takutnya jd anak durhaka.

Jawab: 
Salah satu.pembeda muslim dan.kafir adalah sholat. Barangsiapa yg tdk sholat mk sesungguhnya ia telah keluar dr islam. Sebaiknya tetap sabar di dakwahi dan dinasehati. Iman tdk mengenal.hubungan kekeluargaan, perhatikan.kisah anak dan.istri nabi nuh yg durhaka pd Allah dan tdk mau beriman. Persoalan iman ada tanggung jawab masing2. Tapi tetap saja mendokan beliau, agar Allah mengetok pintu hatinya agar bisa melaksanakan perintaj Allah

Tanya: Ustad,ketika sang istri sdh ingin sekali berhijrah dr pakai jilbab yg biasa ke hijab syari,tdk lg mengenakan celana,tp suami kadang masih nyaranin pakai celana,pernah mencoba hijab syari di depan suami tp dibilang terlalu besar.sbg istri harus ttp menurut sama suamu ya ust?unt hal ini ndak boleh mengikuti kata hati kah?

Jawab: 
Dalam hubungan ketaatan ibadah, mk ketaatannya hanya pd Allah. Sebab tdk boleh taat pd makhluk jika utk bermaksyiat pada Allah. Jija istri ingin jilbab yg lebih sesuai aturan agama, tdk perlu izin suami. Krn semata2 utk lebih mendekat pada-Nya. Namun, utk kemaslahatan tetap harus dikomunikasikan pd suami.

Tanya : Ust dari hadis diatas berarti tdk benar pernyataan sbagian org tntg dibebaskan siksa kubur bagi muslim yg mnggal hr jumat,ya ust?

Jawab:  Beberapa sebab diringankannya siksa kubur :

a. Ribath siang & malam.
Dari Fadhalah bin Ubaid z, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda:
ﻛُﻞُّ ﻣَﻴِّﺖٍ ﻳُﺨْﺘَﻢُ ﻋَﻠَﻰ ﻋَﻤَﻠِﻪِ ﺇِﻟَّﺎ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﻣَﺎﺕَ ﻣُﺮَﺍﺑِﻄًﺎ ﻓِﻲ ﺳَﺒِﻴﻞِ
ﺍﻟﻠﻪِ ﻓَﺈِﻧَّﻪُ ﻳُﻨْﻤَﻰ ﻟَﻪُ ﻋَﻤَﻠُﻪُ ﺇِﻟَﻰ ﻳَﻮْﻡِ ﺍﻟْﻘِﻴَﺎﻣَﺔِ ﻭَﻳَﺄْﻣَﻦُ ﻣِﻦْ ﻓِﺘْﻨَﺔِ
ﺍﻟْﻘَﺒْﺮِ
“Setiap orang yang mati akan diakhiri/diputus amalannya, kecuali orang yang mati dlm keadaan ribath (berjaga di perbatasan wilayah kaum muslimin) di jalan Allah. Amalannya akan dikembangkan sampai datang hari kiamat & akan diselamatkan dari fitnah kubur.” (HR. At-Tirmidzi &Abu Dawud)

b. Mati syahid
Dari Ubadah bin Ash-Shamit z, dari Nabi n:
ﻟِﻠﺸَّﻬِﻴﺪِ ﻋِﻨْﺪَ ﺍﻟﻠﻪِ ﺳِﺖُّ ﺧِﺼَﺎﻝٍ : ﻳُﻐْﻔَﺮُ ﻟَﻪُ ﻓِﻲ ﺃَﻭَّﻝِ ﺩُﻓْﻌَﺔٍ ﻣِﻦْ
ﺩَﻣِﻪِ، ﻭَﻳُﺮَﻯ ﻣَﻘْﻌَﺪَﻩُ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔِ، ﻭَﻳُﺠَﺎﺭُ ﻣِﻦْ ﻋَﺬَﺍﺏِ ﺍﻟْﻘَﺒْﺮِ،
ﻭَﻳَﺄْﻣَﻦُ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻔَﺰَﻉِ ﺍﻟْﺄَﻛْﺒَﺮِ، ﻭَﻳُﺤَﻠَّﻰ ﺣُﻠَّﺔَ ﺍﻟْﺈِﻳﻤَﺎﻥِ ﻭَﻳُﺰَﻭَّﺝُ ﻣِﻦَ
ﺍﻟْﺤُﻮﺭِ ﺍﻟْﻌِﻴﻦِ، ﻭَﻳُﺸَﻔَّﻊُ ﻓِﻲ ﺳَﺒْﻌِﻴﻦَ ﺇِﻧْﺴَﺎﻧًﺎ ﻣِﻦْ ﺃَﻗَﺎﺭِﺑِﻪِ
“Orang yang mati syahid akan mendapatkan enam keutamaan di sisi Allah : diampuni dosa-dosanya dari awal tertumpahkan darahnya, akan melihat calon tempat tinggalnya di surga, akan diselamatkan dari azab kubur, diberi keamanan dari ketakutan yang sangat besar, diberi hiasan dgn hiasan iman, dinikahkan dgn bidadari, & akan diberi kemampuan utk memberi syafaat kepada 70 orang kerabatnya.” (HR. Ahmad, At-Tirmidzi, Ibnu Majah. Al- Albani berkata dlm Ahkamul Jana’iz bahwa sanadnya hasan)
c. Mati pada malam Jumat atau siang harinya.
Dari Abdullah bin ‘Amr bin Al-’Ash c, dari Nabi n, beliau bersabda:

ﻣَﺎ ﻣِﻦْ ﻣُﺴْﻠِﻢٍ ﻳـَﻤُﻮﺕُ ﻳَﻮْﻡَ ﺍﻟْـﺠُﻤُﻌَﺔِ ﺃَﻭْ ﻟَﻴْﻠَﺔَ ﺍﻟْﺠُﻤُﻌَﺔِ ﺇِﻟَّﺎ ﻭَﻗَﺎﻩُ
ﺍﻟﻠﻪُ ﻓِﺘْﻨَﺔَ ﺍﻟْﻘَﺒْﺮِ

“Tidaklah seorang muslim meninggal pada hari Jumat atau malamnya, kecuali Allah akan melindunginya dari fitnah kubur.” (HR. Ahmad & Al-Fasawi. Asy-Syaikh Al-Albani mengatakan dlm Ahkamul Jana’iz bahwa hadits ini dgn seluruh jalur-jalurnya hasan atau shahih)
d. Membaca surat Al-Mulk
Dari Ibnu Abbas c, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda:

ﻫِﻲَ ﺍﻟْﻤَﺎﻧِﻌَﺔُ ﻫِﻲَ ﺍﻟْﻤُﻨْﺠِﻴَﺔُ ﺗُﻨْﺠِﻴﻪِ ﻣِﻦْ ﻋَﺬَﺍﺏِ ﺍﻟْﻘَﺒْﺮِ

“Dia (surat Al-Mulk) adalah penghalang, dia adalah penyelamat yang akan menyelamatkan pembacanya dari azab kubur.” (HR. At-Tirmidzi, lihat Ash-Shahihah no. 1140)
[dinukil dari Ar-Ruh dgn sedikit perubahan]

Baiklah bunda kajian hari ini kita cukupkan sekian. Dan kita tutup dengan membaca istighfar 3x dan hamdallah. Serta dengan

Doa Kafaratul Majelis :

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك 

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika 

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”. 
                           
 ​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment