Ketik Materi yang anda cari !!

THE POWER OF LOVE

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, November 25, 2014

Kajian Online WA Hamba الله SWT 
(Link Nanda)

Hari / Tanggal : Senin, 24 November 2014
Narasumber : Ustadz Umar Hidayat & Ustadzah Rochma Yulika
Materi : Kajian Islam
Notulen : Ana Trienta

Assalamu'alaikum wr wb....
keif hal ukhty shalihah cantik nan rupawan
Semoga selalu dalam penjagaan Allah dan terlindungi dari keburukan

Cinta itu Kekuatan
oleh: Rochma Yulika dan Umar Hidayat

Belajarlah mencintai karena kan menginspirasi
Bicara cinta satu kata berjuta makna Satu kata berjuta rasa. Saking abstraknya banyak orang yang sulit memahami maknanya. Tapi tak perlu panjang lebar bicara tentang makna cinta. Ada yang lebih urgent dari itu yakni cinta mampu melahirkan kekuatan yang dahsyat, bisa jadi energi bahkan bisa melejitkan potensi, bahkan cinta itu menginspirasi. Banyak karya bermunculan semua karena dahsyatnya energi yang bernama cinta.

Coba kita renungkan...
Seorang ayah yang sangat mencintai keluarganya akan bekerja keras bagaimana mendapatkan rizki untuk hadirkan kebahagiaan keluarganya. Dengan cinta kualitas diri jadi teroptimalisasi, bahkan dengan cinta pula kita bisa raih banyak prestasi. Cinta seorang ibu kepada anaknya. Pengorbanan, perjuangan, dan segala apa dipunya kan diberikan untuk anaknya. Bahkan lelah pun tak lagi dirasa.

Dari dua contoh kita bisa ambil benang merahnya bahwa sejatinya cinta itu memberi, mengasihi, memperjuangkan bahkan rela berkorban. Bohong jika mengaku cinta tapi hanya bisa meminta tanpa berusaha memberi.

Dan sudahkah kita cinta kepada Allah, Rasulullah dan dakwah ilallah. Sudahkah kita rela mengabdi, rela berkorban, bahkan berjuang karena cinta kita kepada Allah, Rasulullah dan dakwah ilallah? Mari kita sejenak menilik hati kita, seperti apa posisi cinta untuk Allah, Rasulullah dan dakwah ilallah dalam diri kita??

Mau tahu seperti apa dahsyatnya cinta.....!!!!!?????
Seperti apa Cinta
Seperti api menyala-nyala kau hanya mampu menari disekitarnya 
Kau tak kuat melawannya dan seketika semua jadi abu semua jadi tiada 
Seperti itulah cinta 

Seperti angin membadai... Itulah cinta. 
Kau tak mampu melihatnya namun kau mampu merasakannya 

Seperti banjir yang  menderas kau tak kuasa mencegahnya 
Kau hanya bisa ternganga kala ia meluapi sungai-sungai 
Menyeret benda angkuh yang bertahan di hadapannya

Bagai angin yang membadai 
Yang memporak-porandakan semua yang ada di muka bumi 

Bagai api yang membara 
Yang mampu membakar benda-benda di sekitarnya 
Setelah itu ia kembali tenang 

Seperti seekor harimau kenyang yang terlelap tenang 
Inilah cinta yang memiliki makna paling santun namun mempunyai kekuatan besar.

Mengabdi kepada Allah, meneladani Rasulullah dan istiqamah dakwah ilallah. Itulah energi luar biasa dalam kehidupan ini. Sesiapa yang mampu mengelola cinta di tempat yang semestinya akan mampu menjadi pribadi-pribadi yang tak biasa.

Dengan Cinta bisa melejitkan potensi
Dalam sebuah rumah tangga sepatunya dengan cinta bisa saling menguatkan, memotivasi hingga ada potensi-potensi yang belum ter upgrade bisa dimunculkan di permukaan.

Adakah mengenal Uns binti Abdul karim. Dia adalah istri Ibnu Hajar Al asqalani. Seorang ulama besar yang dengan cintanya senantiasa mendampingi istrinya hingga bisa menjadi wanita yang luar biasa. Uns dengan ketekunan suaminya bisa menjadi ahli hadits yang disegani. Dan kita? Atau kelak keluarga kita nanti? Berharaplah menjadi pasangan yang bisa saling mensupport hingga kesuksesan suami tak lepas dari dukungan istri begitu sebaliknya. Di balik laki-laki yang luar biasa ada di belakangnya wanita-wanita luar biasa. Dibalik wanita yang luar biasa pastilah di belakangnya ada sang suami yang selalu mendukungnya dengan penuh cinta 

Dan.. abi pun pernah mengirim sebuah tulisan yang menggelorakan semangatku....
"Ketangguhan petarung ada di gelanggang. Pelaut ulung selalu gembira menyambut ombak dan badai. Sopir yang jagoan selalu menikmati medan yang penuh tantangan. Muslimah yang tak pernah lelah untuk berdakwah itulah kekasihku yang selama ini ku kenal."
Begitulah jiwa-jiwa yang mencinta karena Allah...

Dengan meningkatkan kualitas diri
Membina keluarga bahagia tetap menjadi bagian yang tak  terpinggirkan meskipun dalam suasana yang tak karuan karena bahagia itu ada disini di dalam hati. Satu sama lain saling bersinergi dan bisa menempatkan peran masing-masing.

Menemukan pasangan, keinginan membangun rumah tangga bukan sekedar untuk bersenang-senang, bukan juga untuk sekedar melepas lelah sekalipun. Tapi ada yang lebih tinggi dan mulia dari itu yakni melangkah bersama menuju ridla Ilahi. Banyak ilmu yang belum kita ketahui banyak ilmu yang butuh untuk dipelajari dan hadirnya sang kekasih bisa jadi tempat berbagi, berdiskusi dan mengajari

Romantis itu..
Oleh: Rochma Yulika

Romantis itu kala banyak kaki melangkah menuju taman yang indah tapi kami memilih melangkah di jalan dakwah
Romantis itu kala banyak kekasih memberikan sekuntum bunga tapi kami lebih memilih memanjatkan sebait doa
Romantis itu kala pasangan kekasih saling memotivasi di jalan kebenaran bukan saling melemahkan lantaran bujuk rayu setan.
Romantis itu kala pasangan kekasih rela untuk sering berpisah lantaran amanah berharap rehat bersama di dalam Jannah
Romantis itu kala sepasang kekasih yang rela hidup di jalan dakwah hingga raih syahidah
Romantis itu ketika usia makin renta hati tetap berbunga-bunga

Dengan cinta hidup lebih terarah....
bujangan.. hemmmm.... 
Semoga Allah menggenapkan hidup kalian dengan bertemunya pasangan-pasangan yang mampu mengajak dalam kebaikan. Menikah memang harapan semua bujang tapi tekadang tak mampu menjaga kebersamaan hingga akhirnya yang ada hanya kesendirian.

Menikah berhaarap hidup lebih terarah. Berharap bahagia kan kan jadi takdir terindah berharap kesendirian kan berakhir sudah. Kebersamaan pasangan membuat jiwa tertentramkan Allah mengisyaratkan dalam ayatNya....
"Dan diantara tanda-tanda kekuasaan Nya iaalah Dia menciptakan untukmu istri-istrimu dari jenismu sendiri, supaya engkau cenderung dan merasa tentram kepadanya, dan dijadikan Nya di antaramu rasa kasih sayang. Sesungguhnya pada yang demikian terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir,"
Bicara cinta dalam ranah keluarga berarti mengajak keluarga menuju arah perbaikan. Allah mendatangkan agama untuk merubah manusia biasa menjadi luar biasa. Dengan cinta kita akan mengawali hidup dengan membangun diri, membangun masyarakat dan membangun peradaban.  Cinta bisa mengakirkan energi bila tepat mengelolanya jangan salah menempatkan cinta...

Cinta itu ibarat air yang menyejukkan
cinta itu ibarat air sebagai pelapas dahaga
cinta itu ibarat air yang selalu mengalir hadirkan berjuta kemanfaatan...

bila diibaratkan air maka cinta itulah sumber kehidupan...

Yang jelas jangan sampai cinta bertepuk puk....puk.... sebelah tangan...

Cinta bertepuk sebelah tangan
Kisah seorang ikhwah yang amat mencintai istrinya. Namun istrinya tak mencintainya. Ia mengharapkan lelaki lain yang lebih darinya. Wanita itu telah pandai Bahasa Arab sementara suaminya hanya memahami Bahasa Indonesia. Wanita itu telah lama mengaji sementara suaminya sibuk membanting tulang mencari nafkah untuk membahagiakan kekasihnya. Wanita itu telah banyak menghafal al-Qur'an sementara suaminya tak banyak bisa menghafal. Mungkin kini suaminya sudah tak berharga di matanya. Mungkin kini cintanya telah pudar di hatinya karena tak sesuai harapannya. Demikianlah kisah cinta yang bertepuk sebelah karena istrinya tertipu oleh kepintarannya. Ilmu tak membuatnya semakin sayang pada suaminya. Ilmu tak membuatnya semakin berbakti kepada suaminya. Ilmu membuatnya angkuh. Tak ada lagi cinta dihatiku, kilahnya. .

Saudariku. .
Engkau boleh lebih berilmu dari suamimu. Tapi mungkin suamimu lebih takut kepada Allah darimu. Engkau boleh punya banyak kelebihan di atas suamimu. Tapi, suamimu mungkin lebih dicintai oleh Robbmu karena ketawadhu'annya. Al Hasan Al Bashri rohimahullaah berkata: "Ilmu itu bukanlah dengan banyak menghafal riwayat, namun ilmu adalah yang menimbulkan rasa takut kepada Allah." Dimanakah hadits yang telah engkau hafal, "Suamimu adalah Surgamu atau Nerakamu.."
Ya Robb. .
Berilah kami ilmu yang bermanfaat...
Ditulis oleh Ustadz Badrusalam, Lc حفظه الله تعالى

Dengan cinta ibadah lebih besemangat...
Selayaknya pasangan yang shalih adanya cinta saling mendorong untuk lebih dekat kepada sang Maha pecinta bila yang satu melemah yang lain kan menguatkan. Bila yang satu lalai yang lain kan mengingatkan. Semua bernilai ibadah becanda saja bisa jadi ibadah.

Cinta itu bunga; bunga yang tumbuh mekar dalam taman hati kita.
Taman itu adalah kebenaran. Apa yang dengan kuat menumbuhkan, mengembangkan, dan memekarkan bunga-bunga adalah air dan matahari. Air dan matahari adalah kebaikan. Air memberinya kesejukan dan ketenangan, tapi matahari memberinya gelora kehidupan. Cinta, dengan begitu, merupakan dinamika yang bergulir secara sadar di atas latar wadah perasaan kita Maka begitulah seharusnya anda mencintai; menyejukkan, menenangkan, namun juga menggelorakan. Dan semua makna itu terangkum dalam kata ini: menghidupkan. Anda mungkin dekat dengan peristiwa ini; bagaimana istri anda melahirkan seorang bayi, lalu merawatnya, dan menumbuhkannya, mengembangkannya serta menjaganya. Ia dengan tulus berusaha memberinya kehidupan.

Bila ingin mencintai dengan kuat, maka harus mampu memperhatikan dengan baik, menerimanya apa adanya dengan tulus, lalu berusaha mengembangkannya semaksimal mungkin, kemudian merawatnya..menjaganya dengan sabar. Itulah rangkaian kerja besar para pecinta; pengenalan, penerimaan, pengembangan dan perawatan.

Saya kira cukup dulu jika ada tambahan monggo abi...
Bila cape ada yang mijitin
Bila ketiduran ada yang bangunin
Bila lapar ada yang masakin
Bila nyopir ada yang dampingkan
Bila hujan, bawa payung sendiri.......
Soale wis beda tempat...

Indahnya Cinta dalam keluarga
Oleh: Rochma Yulika

Indahnya cinta bila mampu raih Samara
Indahnya hidup bila hati bagai bunga yang tak lagi kuncup
Indahnya dunia bila pasangan saling mendukung untuk mengabdi pada Nya

Rumah tangga bukan sekedar bisa berbagi bahagia
namun mampu berbagi keluh kesah dan air mata

Rumah tangga kadang tak luput dari prahara
Namun bila menetapkan iman di dalam dada yakinlah semua kan kembali semula

Menjadikan iman dan taqwa sebagai pedoman
Menjadikan Rasul dan ulama sebagai panutan
Menjadikan Al Quran sebagai sumber kebahagiaan

Perjuangan meraihnya kadang harus disela derai air mata
Tak mengapa... Semua tak kan sia-sia
Allah kan menolong hamba-hamba yang mencinta karena Nya
-----------------------------
Siang datang bukan untuk mengejar malam, malam tiba bukan untuk mengejar siang. Siang dan malam datang silih berganti dan takkan pernah kembali lagi. Menanti adalah hal yang paling membosankan, apalagi jika menanti sesuatu yang tidak pasti. Sementara waktu berjalan terus dan usia semakin bertambah, namun satu pertanyaan yang selalu mengganggu “Kapan aku menikah ??“.

Resah dan gelisah kian menghantui hari-harinya. Manakala usia telah melewati kepala tiga, sementara jodoh tak kunjung datang. Apalagi jika melihat disekitarnya, semua teman-teman seusianya, bahkan yang lebih muda darinya telah naik ke pelaminan atau sudah memiliki keturunan. Baginya, ini suatu kenyataan yang menyakitkan sekaligus membingungkan. Menyakitkan tatkala masyarakat memberinya gelar sebagai “bujang lapuk” atau”perawan tua” , “tidak laku“. Membingungkan tatkala tidak ada yang mau peduli dan ambil pusing dengan masalah yang tengah dihadapinya


CINTAILAH sang MAHA PECINTA 
Oleh Rochma Yulika

RENUNGAN tentang CINTA 
> Apa itu CINTA? Apakah telapak tanganmu berkeringat, jantungmu berdetak cepat, dan suaramu tercekat saat berada di dekatnya? Itu bukan CINTA itu SUKA 

> Apakah kamu tak bisa melepaskan pandangan atau genggaman darinya? Itu bukan CINTA itu NAFSU 

> Apakah kamu menginginkan dia saat dia sedang tidak ada? Itu bukan CINTA tapi itu KESEPIAN 

> Apakah kamu ada di sana karena itulah yang diinginkannya? Itu bukan CINTA, itu KESETIAAN 

> Apakah kamu menerima pengakuan cintanya karena kamu tak ingin menyakitinya? Itu bukan CINTA, itu KASIHAN 

> Apakah kamu ada di sana karena dia memelukmu atau menggenggam tanganmu? Itu bukan CINTA itu KETERGANTUNGAN 

> Apakah kamu ingin memilikinya karena tatapan matanya membuat hatimu berdegup kencang? Itu bukan CINTA itu TERGILA-GILA 

> Apakah kamu memafkan kesalahannya karena kamu peduli padanya? Itu bukan CINTA itu PERSAHABATAN 

> Apakah kamu mengatakan padanya setiap hari bahwa dialah satu-satunya orang yang kamu pikirkan? Itu bukan CINTA, itu DUSTA 

> Apakah kamu ingin memberikan semua benda kesayanganmu untuknya? Itu bukan CINTA itu kedermawanan 

> Apakah hatimu sedih dan sakit saat dia terluka, dan sebisa mungkin ingin mengobati lukanya? Itu barulah CINTA 

> Apakah kamu tertarik pada orang lain, tapi tetap setia mendampinginya tanpa pernah menyesal? Barulah itu CINTA 

> Apakah kamu menerima segala kesalahan dan kekurangannya karena itulah bagian dari dirinya? Barulah itu CINTA 

> Apakah kamu menangis saat dia sedih meskipun dia kuat? Itulah CINTA 

> Apakah kamu memaafkan dan bersedia tetap bersamanya saat dia menyakiti? Itu baru CINTA 

> Apakah kamu akan tetap setia apapun yang terjadi, baik saat gembira maupun sengsara? Barulah itu CINTA 

> Apakah kamu bersedia memberikan hatimu, hidupmu dan matimu untuk NYA itu baru CINTA. CINTAILAH SANG MAHA PECINTA

TANYA JAWAB


Pertanyaan 101
1. Apa usaha kita supaya lebih dekat dan cinta kepada llah dan rasul nya? Gimana cara menghilangkan cinta kepada pria yang belum halal??
2. Bagaimana cara untuk menumbuhkan cinta yang didasarkan karena cinta-Nya?  Bagaimana menjaga agar cinta itu tetap berada dalam bingkai Cinta karena-Nya saja?
Jawab
> Mujahadah- jauhi maksiat- dekat dengan orang shalih dan lingkungan yang baik- menyegerakan ketaaatan-kurangi yang mubah
> Lupakan- cari kesibukan yang positif


Pertanyaan 103
1. Komitmen itu sebenarnya bagian dari cinta bukan ya ustadz/ustadzah? Atau komitmen dan cinta adalah dual  yang berbeda?
Jawab
Kita cinta kepada Allah berarti kita berkomitmen menjalankan aturannya.. jadi ya sama

2. Calon pengantin baru kan biasanya masih malu, canggung dan dipenuhi dengan pikiran yang kadang berlebihan. Cara agar hati tenang itu bagaimana ya?
Jawab
hehe gimana ya aku dulu juga nikmati rasa itu saja kelak kan jadi ceritar asa itu akan hilang dengan sendirinya


Pertanyaan 104
1. Ummi pada saat proses taarufan boleh tidak kita saling telfonan atau sms, apakah itu tidak termasuk zina  suara dll dan kalo termasuk zina apakah kita mengakhiri saja ta'arufannya atau bgmana ummi? jazakillah ummi
Jawab
Sebenarnya tidak saklek seperti itu kadang butuh kehati-hatian yang ekstra. Wah kalo sudah saling mau, sudah taaruf ok lanjutkan.. kalo distop khawatir bermasalah bisa bahaya


Pertanyaan HA 105-106
1. Bagaimana kesiapan ketika ingin menikah, agar kelak keluarga kita terjaga kesakinahannya?
Jawab
Kriteria Memilih pasangan hidup. 
a. Wajah atau Fisiknya
b. Hartanya
c. Keturunannya
d. Agama
Dan sebaik-baik pilihan karena agamanya. Bekal yang harus dimiliki untuk menuju fase pernikahan
a. Ilmu
b. Kemampuan memenuhi tanggungjawab
c. Kesiapan psikis
d. Kesiapan ruhiyah
e. Kesiapa menerima segala konsekuensi dari pernikahan
f. Mengenal pasangan dengan menggunakan perantara
g. Kesiapan memberi nafkah
"Maukah aku tunjukkan perbendaharaan yang terbaik untuk disimpan seseorang?  Ialah istri shalihah, apabila dilihatnya, maka sungguh menyenangkan, apabila diperintah pasti menaati dan apabila ditinggal pergi maka ia dapat menjaga dirinya dan harta suaminya" (HR. Abu Dawud, Al Hakim dishahihkan dan disetujui Adz Dzahabi)
2. Bagaimana cara istikharah yang benar agar Allah berkenan memberi kita petunjuk dan pilihan yang tepat
Jawab
Sholat 2 rakaat karena Allah kapan saja lebih utama kalaupun pas QL jangan ada kecenderungan dulu

3. Bagaimana cara meyakinkan keluarga bila ada seseorang duda yang baik agamanya ingin menikahi seorang akhwat? Kira-kira resiko apa saja yang akan dihadapi sang akhwat jika menikah dengan duda ?
Jawab
Saya ada saudara akhwat menikah dengan duda tidak ada masalah komunikasi itu jadi faktor utama dalam hal apa pun

Pertanyaan 107
1. Kalau memang semua manusia di ciptakan ada jodohnya, mengapa ada yang namanya "perawan tua" (maaf) terus kalau jodohna ga di dunia katanya jodohnya di akhirat, nah kalau jodohnya terpisah surga/neraka gimana? Gak ketemu-ketemu dong dengan jodohnya.
Jawab
Menerima ayat dari Allah butuh keimanan, banyak ulama menyampaikan bahwa hidup ini ada 2 kemungkinan. Hal yang mengenakkan dan mengecewakan semua itu harus disikapi dengan sabar dan syukur. Jodoh itu diikhtiari, ada orang yang sudah tua belum menikah perlu dilihat bisa jadi ada sejarah yang kita tidak tau. maaf mungkin pernah menolak seseorang yang baik sehingga Allah ingin memberi pelajaran kepadanya secara langsung. atau kurangnya doa orang tersebut atau kurangnya usaha untuk usaha ini tak sendiri butuh peran orang tua, saudara, teman dll. Konsep jodoh itu tidak mesti selalu sama dan konsepnya bukan surga neraka sesimple itu, banyak hal yang gaib yang tidak kita tau. Jika baik dan belum menikah lantas masuk surga.. Allah akan menyediakan jodoh di surga. Mari kita belajar memahami.. mengerti hal yang gaib dengan iman.

Pertanyaan 108
1. Umi dan Abi bagaimana caranya memupuk cinta di dalam hati sebelum kita bertemu dengan kekasih kita? supaya kita yakin kita telah ada yang menunggu ☺
Jawab
Mendekatlah pada Allah, rasakan dahsyatnya mencintai Allah jika sempat ada lintasan hati jangan sampe setan menang dari kita. sibukkan diri pd kebaaikan

2. Ummi & Abi, Bagaimana kita menyikapi rasa cinta kepada calon imam kita? benar tidak jika ada muslimah yang berusaha untuk tidak menumbuhkan cinta kepada calonnya dulu?
Jawab
Berusaha... benar... kita jaga kesuciannya agar tak salah menempatkannya agar sesuai syariatnya

Pertanyaan 109
1. Karena belum ada pasangan, nanya Cinta kepada Allah aja kalo gitu..hhe
Bun, nita mau tanya faktor apa yang bisa cinta kita menjadi lebih kuat kepada sang Maha Cinta? Kita cinta pada Allah belum tentu kita dicintai, hal apa yang bisa kita rasakan ketika Allah juga cinta pada kita
Jawab
Allah itu selalu cinta pada kita indikasi bahwa cinta itu selalu memberi Allah memberikan apa saja pada kita.

KEBAIKAN TERBESAR seorang HAMBA adalah MEMBERIKAN KEKUATAN CINTANYA hanya untuk Allah semata, yaitu MENCINTAI Allah dengan SEGENAP HATI, JIWA, dan RAGANYA, untuk MENGESAKAN Sang Kekasih dan MENGESAKAN CINTANYA ... hingga TAK TERSISA CINTA "sedikit" pun di HATINYA "selain" kepada-Nya. Jika hati ini tidak diisi cinta kepada Allah swt, pastilah ia akan diisi cinta kepada selain Allah. (Ibnu Qayim Al-Jauziyah)

#Sebesar cintamu pada Allah, sebesar itu pula cinta orang lain kepadamu. Sebesar ketakutanmu akan murka Allah, sebesar itu pula keseganan orang lain terhadapmu. Sebesar kesibukanmu pada Allah, sebesar itu pula orang lain sibuk untukmu. ''kutipan Al Mughirah''#

Pertanyaan 110
1. Kalo menjemput jodoh dengan jalan kontak jodoh, diperbolehkan ga dalam Islam?
Jawab
Kontak jodoh syari ya boleh saja

Pertanyaan 111
1. Bagaimana kita tahu dan mantap bahwa dia jodoh kita, sedangkan istikharah belum nemu jawabannya
Jawab
Kalo mantap ga perlu istikharah yang perlu itu yang ga mantap

Pertanyaan 112
1. Zaman sekarang ini, kebanyakan pilah-pilih para ikhwannya. Memang sih, agama itu nomer satu namun ketertarikan juga penting katanya. Lalu bagaimana mnyikapinya?
Jawab
Itu kenyataan yang ada memang era digital hal itu sulit untuk dipungkiri lantas sikap kita jalani apa yang jadi keyakinan, jika kita turuti aturan Allah niscaya kemuliaan yang kita raih bila akhirat yang kita utamakan maka dunia kan mengikuti

2. Bagaimana menurut ummi tentang maraknya perceraian di kalangan ikhwah?
Jawab
Prihatin butuh pendampingan khusus bagi keluarga-keluarga bermasalah

Pertanyaan 113
1. Bagaimana cara kita menjaga rasa percaya dan rasa cinta kita terhadap keluarga, jika kadang keluarga kita itu seperti tak menganggap kita? Ini cerita temen yang kerja di hongkong, kemarin dia cerita masalah keluarganya, bukannya mau membicarakan orang lain ya ini cuma sebagai bukti nyata bahwa katanya keluarganya itu melakukan sesuatu tanpa berdiskusi dengan dia padahal semuanya dari dia jadi dia merasa seperti tidak di anggap dan perjuanganya selama ini seperti tak di hargai sama sekali, nah yang seperti itu, apakah salah jika akhirnya dia mempunyai fikiran bahwa keluarganya tidak mencintainya,,
Jawab
Jarak jauh memang banyak fitnah terlebih di luar negeri sebenarnya jika iman tersimpan niscaya tak ada masalah yang tak terselesaikan. Coba buka komunikasi jangan sekedar prasangka yang belum benar adanya dan jika benar minta bantuan orang terdekat untuk bantu jadi fasilitator

2. Umi saya mau tanya... Hampir mirip sama mba wati, gimana menjaga hati agar rasa kecewa yang dulu pernah ada tidak muncul kembali disaat bertemu sama orang tua (maaf mungkin sedikit cerita tentang rasa kecewa tersebut) saya anak broken home dari tahun 2011 sampai sekarang saya anak pertama tapi tidak tau menau tentang persoalan masalah di dalam keluarga posisi saya sedang merantau di bandung pas itu ketika pulang tiba-tiba kondisi keluarga sudah beda orang tua sudah tinggal di dua tempat yang jadi pertanyaan kenapa saya anak pertama tapi ga tau menau tentang persoalan ini dan kecewanya lagi saya merasa bersalah sama adik-adik saya karena saya tidak bisa mempertahankan keutuhan rumah tangga keluarga kami sampai saat ini rasa kecewa itu selalu menghantui saya rasa bersalah itu selalu terbayang ketika saya bersama adik-adik saya.. mohon untuk solusinya, terima kasih
Jawab
Penyesalan dan kesedihan yang tiada tara dalam menyikapi segala masalah hidup sesungguhnya adalah tipu daya syaitan yang ingin menggoyahkan keimanan manusia. Sederet angan ke belakang dan memanjangkan angan akan membawa manusia pada kekafiran. Kita harus meyakini segala sesuatu yang telah berlalu adalah bagian takdir dari sang Pencipta. Berlapang dada menerima apa yang seharusnya ia terima adalah kewajiban yang tidak bisa ditawar lagi. Kegalauan hati kita tak kan mampu merubah keadaan, kepedihan jiwa kita tak kan bisa memutar masa yang sudah berjalan, dan tangis ratap kita tak kan pernah merubah angan menjadi kenyataan. Yang lalu biarlah berlalu. Kita takkan pernah bisa menghidupkan kembali yang sudah mati, menjilat ludah yang telah kita keluarkan. Sesungguhnya orang-orang yang berakal hanya menjadikan masa lalu sebagai pelajaran yang sangat berharga untuk tapak langkahnya ke depan. Dan masa yang sudah berlalu kini telah habis.
Memang, suatu tindakan yang kurang bijaksana kala tabir masa lalu kita singkap kembali. Masa lalu adalah bagian dari episode kehidupan kita. Kehadiran bayang-bayang masa lalu akan menjadikan kita menyia-nyiakan segala hal yang telah kita rajut di masa kini.


Ia akan membelenggumu dalam ratapan yang takkan segera berlalu. Lihat terus ke depan karena ia bagian dari rencana yang telah kita rancang. Masa depan tidak hanya ada dalam angan-angan namun masa depan akan ada dalam genggaman. Dalam Quran surat Muhammad:25 dikatakan, sesungguhnya orang-orang yang kembali ke belakang (kepada kekafiran) sesudah petunjuk itu jelas bagi mereka, syaitan telah menjadikan mereka mudah (berbuat dosa) dan memanjangkan angan-angan mereka.

Pertanyaan 115
1. Minta saran  berumah tangga yang sesuai dengan dengan sunah rasullulah, dan apa kiat-kiatnya mempertahankan rumah tangga di kala badai menerjang?
Jawab
Dikala badai menerjang selagi berpegang erat untuk menghadapi bersama, bukan selagi menyalahkan/ lempar batu sembunyi tangan. Dulu katanya gunung akan ku daki lautan kan ku sebrangi. I.A. dibalik samudra dan badai da ombak yang menyampaikan pada pantai kebahagiaan. Sabar dan syukur pengendali kita. Jangan saling membenci dan mengumbar aib. Semoga dimudahkan Allah.

2. Mau tanya,  bagaimana kita bisa tau kalo kita cinta benar-benar dengan cinta yang berlandaskan hawa nafsu saja? cinta kepada lawan jenis (bagi yang belum menikah). Membedakan cinta karena fisik, harta, dll nya. Masi blum bisa membedakannya. Yang mana cinta emank benar-benar dari hati kecil dan hanya syahwat semata. Mohon penjelasannya. Makasi
Jawab
Cinta lantaran nafsu itu membutakan. Ibarat. Gula jawa rasa coklat. Buta lantaran tidak bisa membedakan benar salah. Dilarang / di perintah. Syar'i atau saru-ah. Dunia ini milik berdua, sehingga bebas berbuat apa saja. Cinta karena Allah tidak melanggar perintahNya. Bahkan makin mendekatkan padaNya.

Pertanyaan 116
1. Aku mau tanya ustadzah, kata orang suatu saat pasti ada rasa bosan dengan pasangan kita dan akan ada masa dimana kita akan mengalami puber kedua. Lalu diatas kan sepertinya cinta yang hanya ada suami dan istri, tanpa ada orang ketiga, bagaimana cara kita menghadapi suami yang berkeinginan berpoligami?
Jawab
> Ga ada teori yang teruji validitasnya tentang puber ke 2. semua kembali pada karakter masing-masing orang.
> Jika tidak setuju sampekan alasan karena agama mengatur masalah itu

2. Kalo seseorang menikah karena dijodohkan apa itu namanya jodoh apa akan timbul rasa cinta & sayang dengan tulus padahal belum pernah kenal satu sama lain?
Jawab
Apa ada jaminan cinta itu sifatnya tetap dia bisa berubah dan cinta itu sebagai sarana belajar kita.  Apa lagi ada yang cari sendiri ada jamninan langggeng cintanya, cinta perlu dijaga dipelihara diupgrade supaya bersemi terus 

Pertanyaan 117
1. Ana mau tanya, Ustadzah, gimana caranya membangun chemistry sama pasangan kita, yang misalkan sebelumnya ga kenal sama sekali? Gimana cara membuat kita sama-sama merasa nyaman? Makasih ustzh
Jawab
Saling mengenal sebelumnya juga tidak menjamin adanya chemistry.
Kamu adalah pakaian bagi suamimu. Suamimu adalah pakaian bagimu. Saling menjadi Guru dan murid, saling meneladani, saling memanjakan, saling mengasuh, saling bertukar cerita, saling memahami dan memahamkan. BUKAN SALING: Menyalahkan, marah menghina, mengungkit masa lalu, tidak perduli, menambah beban. Allah mempertemukan dua hati dalam ikatan dienNya di atas cinta; lantaran latar kita berbeda; nasab, daerah, asuhan, dll. Jadilah keluarga sekolah yang terus saling belajar dan mentauladankan menuju keluarga masjid yang mendekatkan padaNya. Bukankah Allah mempertemukan dua hati kita di hati ini dengan ikatan dien di atas cinta. Karena memang kita berbeda; asal daerah, karakter, nasab, cara asuh, dll.

Pertanyaan 119
1. Ketika kondisi orang tua jauh dari nilai-nila islam, bagaimanapun buruknya sikap dan sifat orang tua kita sebagai anak harus terus menjaga cinta kita kepada beliau, adakah tipsnya untuk terus selalu menumbuhkan rasa cinta itu kepada beliau? Saya anak tunggal dan tinggal jauh dari orang tua sekarang itu orang tua lagi sakit dan saya sebagai anak tidak bisa merawat beliau cuma bisa mendoakan beliau karena jarak yang jauh tersebut, apakah seperti (tidak merawat saat sakit) itu berarti saya ga cinta sama orang tua?
Jawab
Rasa khawatir itu sdh wujud rasa cinta... palagi sdh mendoakan


2. Tidak baik ya ustadzah kalo kita selalu terbelenggu dengan cinta kepada lawan jenis hingga sampe berlebihan dan akhirnya ga happy ending? Bagaimana menyikapi ini?
Jawab
Hati-hati jangan tertipu wasapadai istidraj, sesuatu nampaknya sebuah kenikmatan namun kita jadi terlena dengan kenikmatan dan terperosok

Pertanyaan 120
1. Umi, saya mau bertanya, bagaimana caranya supaya kita yakin bahwa iya memang jodoh kita, setelah kita sudah melakukan shalat istikharah, tapi hati ini masih ragu, sedang iya pun belum berani melamar, masih proses taaruf. Bagaimana mi?
Jawab
Kalo ikhwan asli habis taaruf beres khtbah

2. Ada Ustadz (atau Ustadzah?) yang pernah menyampaikan kalau salah 1 ciri kita siap menikah adalah kita siap menerima siapapun yang Allah pilihkan untuk menjadi pasangan kita. Pertanyaannya, apakah itu benar?
Jawab
Ada benarnya tapi tidak mutlak

3. Pertanyaan kedua, bagaimana pandangan Abi Umar dan Umi Rochma mengenai "pernikahan antar harakah"...? Afwan was jazakumullah khair
Jawab
Berhati-hati lah kadang selaraskan visi misi agak berat

4. Ustadzah, saya bertanya tapi diluar materi.. sering mendengar yang baik akan mendapatkan yang baik dan sebaliknya.. apakah memang iya selalu begitu? lalu bagaimana dengan raja firaun dan asiyah ?
Jawab
APAKAH BENAR LELAKI YANG BAIK MENDAPATKAN WANITA YANG BAIK?
Ada yang bilang kalo wanita baik-baik bakalan dapet jodoh baik-baik. Wanita-wanita yang tidak baik untuk laki-laki yang tidak baik, dan laki-laki yang tidak baik adalah untuk wanita yang tidak baik pula. Wanita yang .baik untuk lelaki yang baik dan lelaki yang baik untuk wanita yang baik. (Qs. An Nur:26)
Padahal : Ayat ini diturunkan untuk menunjukkan kesucian ‘Aisyah r.a. dan Shafwan bin al-Mu’attal r.a. dari segala tuduhan yang ditujukan kepada mereka. Pernah suatu ketika dalam suatu perjalanan kembali dari ekspedisi penaklukan Bani Musthaliq, ‘Aisyah terpisah tanpa sengaja dari rombongan karena mencari kalungnya yang hilang dan kemudian diantarkan pulang oleh Shafwan yang juga tertinggal dari rombongan karena ada suatu keperluan.
Kemudian ‘Aisyah naik ke untanya dan dikawal oleh Shafwan menyusul rombongan Rasullullah SAW dan para shahabat, akan tetapi rombongan tidak tersusul dan akhirnya mereka sampai di Madinah. Peristiwa ini akhirnya menjadi fitnah dikalangan umat muslim kala itu karena terhasut oleh isu dari golongan Yahudi dan munafik jika telah terjadi apa-apa antara ‘Aisyah dan Shafwan. Masalah menjadi sangat pelik karena sempat terjadi perpecahan diantara kaum muslimin yang pro dan kontra atas isu tersebut.
Sikap Nabi juga berubah terhadap ‘Aisyah, beliau menyuruh ‘Aisyah untuk segera bertaubat. Sementara ‘Aisyah tidak mau bertaubat karena tidak pernah melakukan dosa yang dituduhkan kepadanya, ia hanya menangis dan berdoa kepada Allah agar menunjukkan yang sebenarnya terjadi. Kemudian Allah menurunkan ayat ini yang juga satu paket annur 11-26. dan Ayat ini bukanlah merupakan janji Allah kepada manusia yang baik akan ditakdirkan dengan pasangan yang baik.
Sebaliknya ayat ini merupakan peringatan agar umat islam memilih manusia yang baik untuk dijadikan pasangan hidup. karena kenyataannya banyak orang yang baik mendapatkan pasangan hidup yang tidak baik, dan begitu pula sebaliknya. Hingga akhirnya, yang pada saat ini baik ketika mendapatkan pasangan yang tidak baik, keimanannya akan berkurang jika tidak sanggup menahan godaan yang sedang mendera, namun keimanan seorang yang baik tersebut bisa bertambah jika ALLAH mengkehendakinya. bahkan pasangan yang tidak baik tersebut akhrinya bisa menjadi orang yang baik, alhamdulilah itu semua terjadi hanya atas kehendak ALLAH Subhanahu Wa Ta’ala..
contoh yang bisa kita teladani : Nabi Nuh dan istrinya yang kafir, Nabi Luth dengan istrinya yang kafir, dan fir’aun kafir dengan Asiyah Binti Mazahim, (istri fir’aun) seorang muslimah. Referensi: Tafsir Al Azhar ,Ibnu Katsir

Pertanyaan 121
1. Ustadz, minta tips menumbuhkan kecintaan pada Allah dalam setiap aktivitas?
Jawab
Mempebanyak dzikrullah - menambah ibadah nafilah /sunnah

2. Bagaimana cara kita menghilangkan cinta kekuatan pada beberapa orang tua & menumbuhkan 'the power of love pada mreka? Karena banyak orang tua sekarang hanya menuntut agar anak bisa menjadi ini & itu tapi tidak menggunakan 'the power of love' tersebut?
Jawab
Saya coba memahami maksud pertanyaannya semoga betul. Sebagai orang tua harus belajar bagaimana orang tua yang baik dan bijak- banyak baca buku- bagaimana menjadi orang tua yang sepantasnya. Menjadi orang tua yang penuh cinta akan melahirkan generasi yang bisa mencintai orang tua yang terpenting mau doa untuk kita

3. Ustadz bukankah kecintaan pada Allah harus lebih besar kepada orang tua misal ustadz kita mau merantau untuk menghafal quran tapi orang tua kita gak rela kita pergi itu gimana ustaz? bukankah ridha orang tua itu ridhanya Allah? kita plih yang mana? Satu lagi ustadz, seandainya orang tua kita sedang sakit tetap di waktu bersamaan kita juga punya agenda dakwah yang gak bisa ditinggal itu kita plih yang mana ustaz? merawat orang tua atau mengikuti agenda dakwah?
Jawab
> Ga bisa diukur seperti itu perbandingannya niat mau hafal qur'an karena cinta kepada Allah. dan ketaatan kita kepada orang tua karena Allah juga wujud cinta kepada Allah
> Mengurus orang tua kita, mau ngisi kajian ada yang kecelakaan harus ditolong palagi orang tua

Pertanyaan 122
1. Aamiinn cinta itu fitrah setiap orang mengalaminya umi bagaimana menangkal cinta yang tak seharusnya? Contoh cinta pada seseorang yang bukan halal bagi kita.. syukron
Jawab
Kita jaga ketaqwaan kita kepada Allah menjaga amaliyah bermujahadah untuk taqarub ilallah

Pertanyaan 123
1. Assalamualaykum, saya ingin bertanya saya pernah mendengar "zina hati".  Yang dimaksud dengan zina hati itu bagaimana ? Lalu apabila seorang mencintai lawan jenis dan mereka sama-sama tahu dan saling membalas rasa suka dan cinta dituangkan dalam bentuk perhatian lewat sms terkadang bertemu, saling memikirkan satu sama lain, tapi mereka tidak saling bersentuhan.. apakah itu sudah disebut zina hati?
Jawab
Iya itu zina hati... hati-hati perangkap setan

2. Umi mau tanya ada hadist atau dalil naqlinya gaa ketika kita mendahului kakak perempuan menikah?
Jawab
Tidak ada dalil...jodoh Allah yang atur

Pertanyaan 124
1. Bagaimana cara mengarahkan cinta biar gak kebujuk godaan setan?
Jawab
Dengan menjaga ketaqwaan kepada Allah, amaliyah yang berkesinambungan dan berada dalam keiatiqamahan

2. Assalamualaikum ustad dan ustadzah, Bagaimana mengolah cinta kita kepada allah agar selalu terjaga ?
Jawab
Butuh mujahadah untuk menjaga konsistensi cinta kita kepada Allah selalu muraqabah/mendekat dengan memperbnyak ibadah.

Pertanyaan 125
1. Assalamu'alaikum ustadzah. Saya lili mau tanya: apakah cinta itu sebuah fitrah yang datang dan perginya bukan atas kuasa kita? Melainkan kuasa Allah? lalu, apakah cinta itu salah? ketika kita punya rasa cinta terhadap seseorang yang sudah menjadi haknya orang lain (menikah)? Meski darinya lah kita lebih mengenal Tuhan kita?
Jawab
Allah yang mengaruniakan cinta pastilah tak kan salah menempatkannya bisa menjadi salah itu bukan Allah yang mengantarkan. Ingat seperti apa setan kan membujuk rayu kita hingga datang petaka. Mencintai orang yang sudah jadi milik orang lain jelas salah karena tak ada aturan yang syar'i yang menuntun apalagi membenarkannya. Mengenal Allah tak selalu dengan cara seperti itu....perlu diketahui niat apa yang terselubung dalam hati mereka kita tidak tahu. Berhati-hati dan waspada dengan bujuk rayu setan yang menyesatkan

2. Assalamu'alaikum...Ustazdah saya jumra juga mau tanya, gimana caranya mencintai karena Allah, sehingga cinta itu mampu menghapus kebencian dan menggantinya dengan kasih sayang? Sukran ustadzah.
Jawab
Indahnya Cinta Karena Allah
Oleh:Rochma Yulika

Kekuatan CINTA....
Mampu merubah kebencian menjadi kasih sayang
Mampu merubah permusuhan menjadi perdamaian
Mampu merubah duka menjadi suka
Mampu merubah derita menjadi bahagia

Cinta tak mengajarkan kita lemah namun cintalah yang mengajarkan kita semakin terarah
Cinta tak mengajar kita untuk menghinakan diri namun cintalah yang mengajarkan kita tentang budi pekerti

Mari semai indahnya cinta ukhuwah di forum ini
Saling mengenal, memahami dan menyayangi

Menjadi cahaya walau tak tersentuh, tapi selalu menerangi..
Menjadi angin walau tak berwujud, tapi selalu memberikan kesejukan..
Menjadi sahabat walau tak bersama, tapi selalu memberi kehangatan dan doa..
"Tidaklah seorang muslim berdoa untuk sahabatnya yang tidak ada dihdapannya, kecuali ada malaikat yang ditugaskan untuk berkata; "Aamiin..dan juga bagimu seperti apa yang kau doakan" (HR.Muslim)
Maka jagalah CINTA kepada sahabat kita karena Nya
Kelak akan dapat kebaikan pada akhirnya.
Cintailah sesama muslim. Rasulullah SAW bersabda : "Tidak sempurna iman seseorang diantaramu hingga mencintai saudaranya seperti ia mencintai dirinya sendiri."(Bukhari - Muslim)  
Dan jika ada yang mengucapkan uhibukum fillah. Jawabnya. Ahabbakallaahulladzi ahbabtanii lahu.. Semoga Allah mencintaimu, dzat yang menyebabkan engkau mencintaiku. Jawaban yang dituntunkan rosulullah jika ada yang menyatakan uhibbukum fillaah  (HR. Abau daud, nasa'I, ibn hibban)
Pertanyaan 126
1. Bisa dijelaskan bagaimana proses ta'aruf yang sesuai kaidah?
Jawab
Proses ta'aruf : 
a. mengajukan proposal kepada ustadzah, murabiyah, orang tua, saudara dll 
b. proses awal melalui perantara atau data awal
c. tahap selanjutnya bertemu didampingi oleh saudara, ustadzah
d. tanya jawab tentang konsep pernikahan
e. tanya jawab tentang visi misi
f. pertemuan kedua memantapkan maju atau mundur
g. jika ok, khitba
h. akad nikah

2. Kalo kita kenalan melalui media sosial bagaimana? Boleh kah?
Jawab
Hati-hati karena banyak cerita yang membuat miris dan bisa2 wanita lah yang kan jadi korban



PENUTUP :
Doa Kafaratul Majelis :


سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك 

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaaha illa anta astaghfiruka wa'atubu ilaika 
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.” 
(HR. Tirmidzi, Shahih).

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment