Home » , , , » 3 KOREKSI DALAM SURAT AL-KAHFI

3 KOREKSI DALAM SURAT AL-KAHFI

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Friday, December 12, 2014

Kajian Online Telegram Hamba الله Ta'ala

Hari / Tanggal : Kamis, 11 Desember 2014
Narasumber  :.Ustad Kaspin
Notulen : Nduk is

Editor : Ana Trienta

Kita share materi 3 Koreksi dalam surat al kahfi.

Sunah rosul di hari jumat adalah baca alkahfi
"Barangsiapa membaca surat alkahfi pada hari jumat akan menyinarinya cahaya diantara dua jumat" (H.R. Hakim)
Ada tiga tema utama yg amat sangat penting banget sekali untuk kita fahami bersama.

1. KOREKSI ATAS AQIDAH
Surat alkahfi diawali dan diakhiri dengan menyoroti persoalan aqidah. Dan inilah bedanya Islam dan nonis yakni pada konsep aqidahnya. Surat ini dimulai dengan memuji Allah yang menurunkan alkitab (alquran) yang lurus, tanpa kebengkokan, tanpa basa basi, berisi peringatan akan siksa yg pedih bagi yg ingkar dan kabar gembira serta balasan yang menyenangkan bagi yang mau beriman dan beramal shaleh. Lihat surat alkahfi ayat 1-5 dan 110.
Penghuni-penghuni gua (Al-Kahf):25 - Dan mereka tinggal dalam gua mereka tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun (lagi).
Penghuni-penghuni gua (Al-Kahf):36 - dan aku tidak mengira hari kiamat itu akan datang, dan jika sekiranya aku kembalikan kepada Tuhanku, pasti aku akan mendapat tempat kembali yang lebih baik dari pada kebun-kebun itu".
Penghuni-penghuni gua (Al-Kahf):29 - Dan katakanlah: "Kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu; maka barangsiapa yang ingin (beriman) hendaklah ia beriman, dan barangsiapa yang ingin (kafir) biarlah ia kafir". Sesungguhnya Kami telah sediakan bagi orang orang zalim itu neraka, yang gejolaknya mengepung mereka. Dan jika mereka meminta minum, niscaya mereka akan diberi minum dengan air seperti besi yang mendidih yang menghanguskan muka. Itulah minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek.
Penghuni-penghuni gua (Al-Kahf):7 - Sesungguhnya Kami telah menjadikan apa yang di bumi sebagai perhiasan baginya, agar Kami menguji mereka siapakah di antara mereka yang terbaik perbuatannya.

2. KOREKSI ATAS METODE BERFIKIR.

Setelah memiliki aqidah yang lurus manusia juga harus berfikir yang benar sehingga menghasilkan konsep amaliyah yang benar. Segala sesuatu yang dikatakan harus dengan landasan yang jelas dan benar, bukan berdasar anggapan anggapan yang tidak berdasar apalagi sekedar ikut ikutan. Lihat ayat 25-26 dan 36.

3. KOREKSI ATAS NORMA NORMA
Dalam menjalani kehidupan ini manusia khususnya muslim jangan terjebak pada tolok ukur yang bersifat duniawi. Dulu saya pernah membaca buku mengenai tafsir surat alkahfi ini. Judulnya pertarungan iman dan materialisme masih adakah yang jual? bagus banget bahasan dan pembahasaannya.

Oleh karena itu seorang muslim tidak boleh terpedaya oleh kehidupan dunia. Hal ini terus dilatih dengan sholat  5 waktu setiap hari, setiap pekan dengan sholat jumat, setiap tahun dengan shoum Romadhon, dan sekali seumur hidup dengan ibadah haji.sehin Sga dia benar benar siap mendengarkan khutbah Jumat.
Hari Jum’at (Al-Jumu`ah):9 - Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.
Penghuni-penghuni gua (Al-Kahf):28 - Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan dunia ini; dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas.
Oleh sebab itu Nabi Muhammad saw tidak terpengaruh oleh iming iming dunia yang ditawarkan orang kafir. Terkait keinginan pembesar Quraish yang mau masuk Islam jika mau mengusir sahabat yang martabat dunianya rendah sepert Bilal, Suhaib, Ammar, Khabbab dan Ibnu Mas'ud atau ada majelis tersendiri untuk mereka
Penghuni-penghuni gua (Al-Kahf):26 - Katakanlah: "Allah lebih mengetahui berapa lamanya mereka tinggal (di gua); kepunyaan-Nya-lah semua yang tersembunyi di langit dan di bumi. Alangkah terang penglihatan-Nya dan alangkah tajam pendengaran-Nya; tak ada seorang pelindungpun bagi mereka selain dari pada-Nya; dan Dia tidak mengambil seorangpun menjadi sekutu-Nya dalam menetapkan keputusan".
Penghuni-penghuni gua (Al-Kahf):8 - Dan sesungguhnya Kami benar-benar akan menjadikan (pula) apa yang di atasnya menjadi tanah rata lagi tandus.
Dalam konteks ibadah jumat seorang muslim harus meninggalkan semua urusan guna menunaikannya dan tidak terlmbat datang ke masjid

ﻣَﻦْ َﻗَﺮَﺃَ ﺳُﻮْﺭَﺓَ ﺍﻟْﻜَﻬْﻒِ ﻟَﻴْﻠَﺔَ ﺍﻟْﺠُﻤْﻌَﺔِ ﺃَﺿَﺎﺀَ ﻟَﻪُ ﻣِﻦَ ﺍﻟﻨُّﻮْﺭِ ﻓِﻴْﻤَﺎ ﺑَﻴْﻨَﻪُ ﻭَﺑَﻴْﻦَ ﺍﻟْﺒَﻴْﺖِ ﺍﻟْﻌَﺘِﻴْﻖِ

"Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya antara dirinya hingga baitul Atiq." (HR. Al-Hakim dan Al-Baihaqi, dishahihkan Al-Albani)

ﻣَﻦْ ﺣَﻔِﻆَ ﻋَﺸْﺮَ ﺁﻳَﺎﺕٍ ﻣِﻦْ ﺃَﻭَّﻝِ ﺳُﻮﺭَﺓِ ﺍﻟْﻜَﻬْﻒِ ﻋُﺼِﻢَ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺪَّﺟَّﺎﻝِ

“Barangsiapa hafal sepuluh ayat dari permulaan surat al-Kahfi, maka ia dilindungi dari Dajjal.” (HR. Muslim)

ﻣَﻦْ ﻗَﺮَﺃَ ﻋَﺸْﺮَ ﺁﻳَﺎﺕٍ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻜَﻬْﻒِ ﻟَﻢْ ﻳَﺨَﻒِ ﺍﻟﺪَّﺟَّﺎﻝَ

“Barangsiapa membaca sepuluh ayat dari permulaan surat al-Kahfi, maka ia dilindungi dari Dajjal.” (HR. Darimi)

Itu hadits hadits mengenai keutamaan baca alkahfi di hari jumat atau malam jumat, malam jumat dulu kemudian hari jumat ya.

ﻣَ ﻦْ ﻗَﺮَﺃَ ﺳُﻮْﺭَﺓَ ﺍﻟْﻜَﻬْﻒِ ﻓِﻲ ﻳَﻮْﻡِ ﺍﻟْﺠُﻤْﻌَﺔِ ﺳَﻄَﻊَ ﻟَﻪُ ﻧُﻮْﺭٌ ﻣِﻦْ ﺗَﺤْﺖِ ﻗَﺪَﻣِﻪِ ﺇِﻟَﻰ ﻋَﻨَﺎﻥِ ﺍﻟﺴَّﻤَﺎﺀَ ﻳُﻀِﻲْﺀُ ﻟَﻪُ ﻳَﻮْﻡَ ﺍﻟْﻘِﻴَﺎﻣَﺔِ ﻭَﻏُﻔِﺮَ ﻟَﻪُ ﻣَﺎ ﺑَﻴْﻦَﺍﻟْﺠُﻤْﻌَﺘَﻴْﻦِ

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.” (Hadits riwayat Ibnu Umar dalam at-Targhib wa al- Tarhib)

Surat ini juga berhubungan erat dengan akhir zaman. Wallahu'alam.
Demikian share pagi ini semoga kita bisa mengambil pelajaran, terutama butiran debu ini.

PENUTUP
Doa Kafaratul Majelis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaaha illa anta astaghfiruka wa'atubu ilaika 

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
(HR. Tirmidzi, Shahih).

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Ketik Materi yang anda cari !!