Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

5 Tanda Penting Tentang Kesehatan Gigi & Mulut

Kajian Online Hamba الله
Kamis, 26 Desember 2014
Narasumber : Ustadzah Drg Ida Faika
Tema : Kesehatan Gigi
"5 Tanda Penting Tentang Kesehatan Gigi & Mulut"
Grup Nanda : M101
Notulen : Dewi & Tari
Editor : Ira Wahyudiyanti


Assalamu'alaikum, saya Drg Ida Faika.

Pada kesempatan hari ini akan berbagi sedikit tentang 5 tanda penting tentang kesehatan gigi dan mulut.
(1) Gigi putih/bersih
Menandakan bahwa tidak ada lapisan kotoran yang menempel di gigi.
(2) Gusi merah muda  Menandakan bahwa aliran darah yang cukup pada gusi anda.
(3) Lidah lembab. Lidah yang lembab tidak kering menandakan bahwa lidah dalam keadaan sehat.
(4) Gigi tidak berlubang. Gigi yang berlubang  menyebabkan terganggunya kegiatan pengunyahan. Selain itu lubang pada gigi juga menjadi tempat sembunyinya kuman.
(5) Dapat mengunyah dengan baik. Artinya dapat mengunyah di sisi kanan maupun kiri secara bergantian.
Apabila ada pertanyaan saya persilahkan.
***
Tanya:
***
1) Mb Yuli: Ibu Dokter..klo membersihkn karang gigi apa bisa mnyebabkn gigi mnjadi bolong?
Krn wkt itu sya prnh mbersihkn gigi trus jd bolong Dok..
2) Mb Yuli: Tambal gigi yg bagus itu yg sperti apa ya Dok, sehingga klo dpakai unt mengunyah ttp trasa normal? Sebab sya prnh dngar ktny ada tmbal gigi yg sperti ada akar buatanny yg dimskn ke gusi.
3) Mb Yuli: Rasa ngilu stelah gigi ditambal normalny smpai brapa lama Dok..sampai gigi bs dpakai lg unt mngunyah?
04) Mb Asih : Bagaimana cara merawat agar gigi putih bersih?
05) Mb Asih : Saya sering banget sariawan hampir tiap bulan & itu ga cm satu kdg ada bbrp sekaligus dimulut, brbagai obat udh di coba dr yg d kumur smpe tablet, kira2  obat apa yg paling tepat utk menangani sariawan yg kdg luka kcil mjd lebar n sgt menggangu?
06) Mb Asih : Bagaimana cara menghilangkan bau mulut . Jazakillah bunda
07) Dyita : Assalamu'alaikum.
Dok sy mau tanya kalau gusi bengkak cara mengobatinya gmna ya? terus dokter kenpa kalau orang sakt gigi biasanya telinganya juga ikutan sakit? Mohon penjelasannya.
08) Dona: Ibu dokter kalau sering banget sariawan d lidah itu penyebabnya apaan ya? Sariawan gede n lama banget lagi sembuhnya bikin susah mkan n bicara. Bagaimana caranya biar gk sariawan lagi?
09) Dona: Satu lagi dok klau salah satu gigi kita membusuk atau infeksi apakah bakal menular k gigi yg lain? Bagaimana cara mengobatinya n kalau kita satu gelas minum sma orang lain apakah bisa menular k orang itu cz ad yg blang ktanya bisa nular klau kita satu minum dngan tman yg giginya udh parah sakitnya
10) Alfi: Dok,apa perlu gigi bungsu dicabut krn posisi nya tidur?terima kasih
11) Riesa: Dokter, apa yg menyebabkan gigi tidak berwarna putih tetapi warnanya agak kusam?... Bgm supaya gigi tetap berwarna putih?
12) Dianilla: Dok.....di gigi sy yg berlubang tumbuh polip, kalo lg kumat suka bengkak dan berdarah. Itu harus dibersihkan ya??
13) Mia: Dok mia mau tanya, kmren itu mia pasang mantel gigi,trus krna 1 gigi yg bawah sdkit panjang kata dokter nya jdi diratain dikit,akibat nya skrang sring ngilu,cara mengobati atau mengatasi gmna ya dok??
***
Jawaban:
1 pembersihan karang gigi tidak membuat gigi jadi  berlubang, tapi membuat gigi berlubang yang tertutupi karang gigi jadi terlihat
2. Ya ada yg seperti iru namanya implant
3. Ada bahan tambalan yg menyebabkan linu, karena bahannya bersifat asam, tapi makin lama akan berkurang keasamannya. Biasanya hanya dalam waktu 1 atau 2 hari.
4. Gigi putih bersih bisa dirawat dengan menyikat gigi rutin dan kontrol ke drg.
5. Kalau rutin tiap bulan mungkin ada hubungannya dengan hormon, sebaiknya juga konsultasikan dengan dr umum
6. Bau mulut, bisa dihilangkan tergantung penyebabnya, kalau karena gigi berlubang, perlu ditambal atau dicabut, kalau karena karang gigi perlu dibersihkan. Kalau karena penyakit lain, mungkin perlu dikonsultasikan ke dr umum
7. Gusi bengkak bisa karena infeksi pd gigi berlubang atau pada gusi itu sendiri, kalau karena gigi berlubang, perlu dilakukan penambalan atau pencabutan. Kalau lokasi gigi yg sakit dekat dengan telinga rasa sakitnya bisa menjalar kesana
8. Sariawan bisa dihindari dengan banyak makan buah dan sayur, menghindari stress, istirahat cukup.
9. Gigi berlubang banyak mengandung kuman, kan bisa menyebar di dalam mulut. Sebaiknya memang tidak menggunakan satu gelas minum bersamasama
10. Perlu dicabut kalau dirasa mengganggu
11. Ada beberapa gigi yang memang tidak berwarna putih, penyebabnya bisa karena keturunan atau banyak makan obat ketika bayi/kecil
12. Ya mbak, kalau memungkinkan bisa ditambal, kalau tidak ya terpaksa dicabut
13. Sebaiknya kembali ke drg kemarin, insyaAllah beliau bisa memberi solusi. Afwan sy agak ragu menjawab karena sy ndak bisa lihat kondisinya
***
Tanya
(Mb Mia): Sykran dok, apa mia perlu kedokter buat periksa dok??tpi ngilu nya kadang dok
Respon:
Sebaiknya ke drg Mia
***
Tanya
(Tari)
Dok, mamak tari sakit gigi, tapi kan ga bole dicabut, giginya udah ga sakit lagi, tapi ternyata gusi nya masih bengkak. Nah, dok, bengkak gusi tsb karena apa yah? Gimana dok agar gusinya ndak bengkak lagi? Biar giginya bs dicabut pas ga kumat lagi, hehe
Jawab:
Tari, mungkin obat yg diberikan drg sudah habis yaa, sebaiknya kembali ke drg untuk diberi obat satu paket lagi, insyaAllah bengkaknya bisa sembuh.
***
Aasif Bunda Ida Sayang
***
Jazakillaahu khoiron katsir atas materi berharga dan semua jawaban nya utk kajian hari ini yah
***
Admin bantu tutup kajian ya bunda
°°°
Baiklah, bidadari#M101
Mari kita tutup dg lafadz hamdallah
***
Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dg lancar.
Syukron untuk Bunda Ida Terkasih yang sudah mau membagikan ilmunya untuk kita
Semoga ilmu yg kita dpatkan berkah dan bermanfaat. Aamiin
Dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis:
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaamha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamu'alaikum.َ