Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

AKHLAK DALAM MEMILIKI HARTA

Rekapan Kajian Online HA Nanda

Hari/tanggal : 24 Desember 2014
Narasumber : Ustad Ali Sakti
Tema : Ekonomi Islam
Grup : M102
Notulen : Ani dan Aldila
Editor : Ira Wahyudiyanti

Assalamu'alaikum wr wb
bismillah walhamdulillah

Allahumma shalli ala Muhammad wa ala alihi wa shahbihi wasallam
saya Ali Sakti, dosen pasca di UI dan Paramadina, status masih pegawai Bank Indonesia sbg peneliti

mari kita mengkaji sdh sejauh mana akhlak kita dalam memiliki harta.
tahukah kita berapa nilainya itu? 144 triliun itu setara dg 32 biji jembatan suramadu di surabaya

padahal ini baru nilai transaksi jasa pelacurannya, belum termasuk obat2an, hotel-cafe remang2 dan lain2

lihatlah kerusakan ekonomi hanya karena akhlak, jd jgn remehkan ajakan2 berakhlak baik para ust dan ustadzah

lihat sektor yg lain, transaksi narkotika menurut BNN mencapai 380 triliun, korupsi (maling uang rakyat) mencapai 1260 triliun, perjudian minimal 1500 triliun

di amerika saja, belanja rakyatnya untk mengatasi obesitas, belanja utk hobi, wisata, masing2nya (bukan totalnya) lbh besar dr pd belanja mereka utk orang dhuafa

di indo mulai jg spt itu, pdhal belanja pemerintah utk rakyat miskin hanya 64 triliun

bandingkan saja dg belanja hidung belang yg mencapai 144 triliun

zakat di indo pertahunnya msh kurang dr 5 triliun

nah fakta ini menyadarkan kita betapa pentingnya akhlak dlm memiliki harta

semakin dekatlah dg Allah agar kita semakin peka membedakan mana yg baik dan mana yg buruk. semakin tinggi pula standar keshalehan kita

terus berkumpullah dg org2 shaleh ato org yg berupaya mjadi shaleh shg Allah jaga kita dg tawsiyah sesama teman, tolong menolong diantara kita, dan dg malu utk bmaksiat yg dibenamkan Allah dihati kita, baik malu kpd Allah maupun malu pd sesama manusia.
mari kita cermati cerita hidup sahabat Nabi yg sgt bersahaja di bawah ini

salman alfarisi sehari2nya menggunakan 3 dirham, 1 dirham utk makan, 1 dirham utk infak, dan 1 dirham utk bisnis tikar

lalu tikar dijual sharga 3 dirham, bgtu dpt 3 dirham, prilalu belanjanya sama bgtu seterusnya

ketika salman diangkat jd gubernur d gaji 5000 dirham, dia infakkan semua gajinya tiap bulan, dia tetap belanja 3 dirham dg prilaku yg sama. subhanallah

Salman, memaksimalkan potensi amal shaleh yg ada pd hartanya, sementara kebanyakan kita msh fokus memaksimalkan kenikmatan harta utk diri sendiri.
tentu materi ini tdk mengajak menjadi miskin tetapi mengajak menjaga kesadaran utk terus berusaha agar harta yg kita punya, membantu mendekatkan diri pada Allah SWT atau lebih memuliakan pemiliknya ketimbang menghinakan mereka.

wallahu a'lam bisshawab..
***
Tanya Jawab:
Ad tmn sy, dy skrg d ma'had (afwan) dl.tinggal dsni (merauke) kuliah smbil krja, berusaha mandiri dll. Tp blm slsai kuliah dy pindah ke jawa. Klw sy lihat dr status" d sosmednya (sprti fb) seolah" kok baginya tu... yg pnting bisa makan, cukup. Gk ush tll mmburu ekonomi/ khidupan yg enak. Intinya bisa mkan. Kn katanya muslim yg kaya lbh d cintai dr pd muslim yg miskin, slma ia bsa mmnfaat hartanya dg baik & menggunakanx d jlan Allah. Biasa sy juga mnemui tipe" org sperti itu, sperti jama'ah tabliq (afwan jiddan) krn ad swdara sya juga bgitu, Mkanya sy tanya.... bgmna pandangan ustd. Kn klw kita kaya kita sedekah lbh mudah, bisa mmbantu swdara kita dll....
 thoyib, kaya dan miskin punya kemuliaannya masing, krn memang brapa besar rizki itu sdh ditetapkan oleh Allah SWT
Rasulullah pernah bsabda:

sungguh amat byk kebaikan yg dimiliki oleh org kaya

tp Beliau jg pernah bkata:

di akhirat nanti akan ada gol manusia yg ptama dan utama masuk syurga yaitu org miskin yg istiqomah

hadits inilah yg membuat barra bin malik bsumpah tdk mau keluar dr golongan itu, dia pernah mdapat 2 karung emas ghanimah pd perang khaibar, tp semuanya dia infakkan

nah dikeduanya ada kemuliaan, berpegang juga pd hadits lain;

harta terbaik itu ad harta yg ada ditangan org shaleh

jd berusahalah menjadi dan menjaga keshalehan, tetaplah bekerja keras mencari rizki, syukuri berapapun yg Allah berikan, dan berikan bgian harta pd mereka yg membutuhkan.
Nabi pernah jg bsabda, manusia yg tbaik ad manusia yg plg bmanfaat bg manusia lainnya

jd jika kaya maksimalkanlah kemanfaatan kekayaan itu agar kita mjadi manusia tbaik

tp jika kita tdk mau menjadi kaya, tetaplah bekerja keras, krn Nabi mencium tangan yg kasar krn tekun mcari nafkah, dan istiqomahlah

wallahu a'lam

 Syukron ustd. Ustd. Bner gk sih klw bank" yg katanya bank syari'ah tu blm.tntu smw syari'ah pmliknya blm tntu ikhwah. Sperti bank muamalat pmiliknya org luar (blm dpt info lngkapnya). Bgmna mmbedakan antara bank"yg bner" syari'ah luar dlm/ luarnya sja...
 setiap bank syariah ada dewan pengawas syariahnya (DPS), insya Allah terus dijaga

kalaupun memang ada kekurangan, tetap saja dia lbh baik drpd bank yg konvensional yg jelas menjalankan riba (dosa besar).
kalau bank syariah dimiliki non-muslim ato pihak luar, lihat dr kaca mata yg lain: dakwah sdh bhasil memaksa non-muslim memproduksi jasa keuangan sesuai hukum syariah 😊

kita terus bdoa agar segera ada pengusaha ato konglomerat muslim yg bminat buka bank syariah

 Hukum berhutang di bank itu bagaimana ya? Apakah bunga yg diwajibkan pd penghutang termasuk dlm riba.
 1. bertransaksi utang dg bank konvensional dilarang, bunga bank oleh lembaga fatwa nasional dan global sdh difatwakan sbg riba dan haram. solusinya bs pindah ke bank syariah, teknisnya silakan hub bank syariah tdekat

Hukum kredit barang itu bagaimana ustadz?

2. kredit barang pd dsrnya ad jual beli dg cicil, boleh dlm syariah. yg ptg harga jualnya disepakati. kalau kredit rumah ato tanah berbeda antara bank syariah dan bank konvensional, sbaiknya ke bank syariah

 Kami ini kan akhwat, tadz. In shaa allah akan jd ibu rumah tangga nantinya. Kami akan menjadi "akuntan" dlm rumah tangga. Nah, cara yg plg baik utk membagi dan memilah gaji pasangan kita itu bagaimana ya ustadz? Adakah patokan persentase utk tiap tiap kebutuhan?
 3. acuan dr byk ulama dahulukan yg wajib drpd yg sunnah, fokus hanya pd yg halal:

wajib
utamakan belanja utk kebutuhan bukan keinginan, byrkan zakatnya, menabung utk haji

sunnah
bantu famili yg membutuhkan, bantu tetangga tdekat yg membutuhkan

Ketika membangun rumah tangga baru, kebanyakan dr kita akan memulai semua dr nol. Setiap kita mendapatkan rezeki, lebih baik dialokasikan kemana ya tadz? Utk melengkapi perabotan rumah, kredit kendaraan atau investasi?
 lihat jwbn no diatas ya, bkaitan.
mgkin ini tdk lazim, tp saya sgt menganjurkan utk fokus dulu bhaji sbelum punya rumah ato kendaraan, setidaknya ada upaya

Berapa nominal ideal yang dikeluarkan utk kebutuhan bulanan bagi pasutri yg blm dikaruniai momongan?
 5. tdk ada angka acuan yg ideal, tp kita dianjurkan tdk bmewah-mewah tp jg tdk tlalu pelit, banyak tilawah agar kita lebih peka dan standar hidup sederhana kita makin bkualitas, byk baca kisah sahabat yg hidup sederhana

 Tad saya tanya, bedanya bank syariah asli sama nggak itu apa
 insya Allah tdk ada bank syariah asli ato palsu, smua bank syariah di awasi dewan syariah dan selalu diperiksa oleh otoritas jasa keuangan (OJK)

 sy tnya ya

1Ustadz.afwan bukankan antra Bank konfensional dgn Bank Syariah pnya payung yg sama,yakni BI? mngapa tdk di buat sj BI syariah misalnya?
2.yg kedua soal program KPR bank2 syariah,,,bukankah bank konvensional dn bank syariah itu sm sj?.jika dlm bank konvensional itu yg kita kenal dgn nm bunga.sdngkan bank syariah mnggunakan istilah yg berbeda namun pd hakekatnya sm.
 sekarang yg mengawasi bank syariah, bukan BI tp OJK, dan OJK hanya mengawasi, di dalamnya ada Dept Perbankan Syariah

 kan gini tad, setau saya kalo bni dan bca itu kan masih 1 manajemen sama bank konven. Kalo bank bri dan mandiri nggak 1 manajemen sama bank konvennya. Apa yg 1 manajemen sama konven itu masih sama cara kerjanya dg bank syariah yg nggak 1 manajemen bank konven...?
 dr foto skema diatas jelas berbeda, di syariah harga jual disepakati dulu, misalnya KPR 400 jt, harga jualnya 1 miliar, 400 jt + margin, lalu 1 miliar itu dicicil, di konven kita ga tau total uang yg kita belanjakan krn bunga yg diketahui cuma bunga 2 th di awal saja.

3. bni syariah dan bca syariah sudah pisah dri induknya (spin-off) jd sdh beda manajemen. tp kalaupun tdk pisah, ketentuan pbankan mharuskan ada pemisahan pengelolaan uang di bank syariah dg induknya, tdk boleh bcampur, kalo tdk OJK boleh memberikan sanksi atau bahkan menutup

Saya minta hadistnya tad tentang riba.
 4. dr hadits Nabi ttg riba, dirangkum dlm penjelasan2 ttg jenis Riba:

riba fadl, yaitu riba yg muncul dr ptukaran barang yg tdk sama jumlah ato kualitas, spt budaya tukar uang ktk mau lebaran

riba nasi'ah, riba yg muncul akibat utang piutang yg mensyaratkan pengembalian lebih besar, spt kredit di bank konven ato rentenir

riba jahiliyah, riba yg muncul dr utang piutang, yg mewajibkan byr lebih jk telat membayar, spt kartu kredit konvensional

 maksudnya di bank konven pake bunga flat ya tad..?
 Mbak Zennis, di konven ada bunga fixed biasanya 2-3 th diawal, ada bunga float sampai jatuh tempo

 tadz.. kan gini kami di proyek itu ada anggaran dana perbulannya..

kemudiann bendahara dri proyek dana itu melakukan perampingan kegiatan dan dana.. yg awalnya ada 12 kegiatan dengan dana anggaran masing2..
nah dri kegiatann itu ada dana konsumsi.. dan konsumsi ituu yg dikurangi tadz.. dri 25. 000 / orng menjadi15 000 /orng..

tpi kan dikali banyak sasaran tadz.. jadi pasti dana pengurangannya jadi Gede... Nahh.. kebetulan sya koordinator nya.. sya kaget tadz dikasi amplop dan jumlahnya agakk gede gitu...

dan alhasill sya tdk mengambilnya.. apakah dana seperti itu halal tadz??
 Mbak Lala, berarti itu dana perusahaan ya, sebaiknya tdk diambil, serahkan kembali ke perusahaan

 Kalo hukumya kartu kredit apa tad...??
Apa di syariah ada kartu kredit juga
 di syariah ada kartu kredit syariah kok. tp kalo boleh saran cukup saja dg kartu debet, krn Nabi menganjurkan menghindari utang. meski berutang tdk lah bdosa.

 🙋 tadz.. jadi tukar uang ketikaa mau lebaran ituu tidakk bolehh yah
 Mbak Lala boleh aja tukar uang, asal jumlahnya sama

 Tad ini ada temen saya, beliau karena masalah ekonomi, akhirnya beliau terpaksa utang ke rentenir. Saya sarankan unt hutang ke bank syariah tapi sama pihak bank udah di blacklist sama bank karena peenah nunggak cicilan rumah. Beliau udah menyadari kesalahannya gmn ya tad caranya agar utang di rentenir itu segera bisa lunas
 yg tjerat utang, jika membuat diri dan keluarganya susah memenuhi kebut pokoknya maka beliau bs masuk kategori gharimin yg bhak dpt pembagian zakat utk bebas dr utang.
tp jika belum, terus bekerja keras, bdoa pd Allah dan byk sedekah, kata Nabi barang siapa yg membelanjakan hartanya di jalan Allah maka Allah akan lipat gandakan hartanya.
Solusi org yg berhutang: kalau mjadi gharimin silakan hubungi lembaga2 zakat spt baznas, dompet dhuafa, rumah zakat ato PKPU, beliau punya hak

 Menurut ustadz bagaimana hukum asuransi dan BPJS?
 asuransi dlm islam dikenal dg Takaful (asuransi syariah) prinsip yg digunakan ad ta'awun, ato saling membantu.
BPJS, pd dasarnya ad fasilitas dr pemerintah utk menyediakan pelayanan kesehatan bg seluruh warganya, meski dijalankan dg cr spt asuransi tp tdk cukup makanya tetap menggunakan dana APBN. di Islam pelayanan kesehatan memang mjadi kewajiban negara, jd sejalan dg syariah.

 Boleh ustadz kita ikut asuransi?
 boleh, tp asuransi syariah ya, insya Allah ada Dewan Pengawas Syariah yg mjaga kepatuhan asuransi syariah, skrang ini sdh tdpt 46 perusahaan asuransi syariah

 ustd, teman sy punya utg k rentenir smp membengkak bunganya. akibat dr utng k rentenir itu dia jadi berutang kemana2 utk mntupi tgnya d rentenir tsb. trus jika seandainya kita meminjamkan uang koperasi atas nama kita bgmn itu ustd? sdgkan koperasi jg sistimnya kan riba (pengembalian dg bunga). dan teman sy itu sbnrnya sdh penhen keluar dr koperasi itu karna ingin membantu temn yg utang tsb jd dia menanguhkan smp bbrp bulan br rencananya dia akn keluar.
 Mbak Rahmah, kalo sdh spt itu sebaiknya tdk lg ditambah bebannya dg utang

diuruskan saja ke lembaga zakat utk segera dibebaskan,

jika mau bantu dr teman2nya sbaiknya akadnya zakat ato bs jg sedekah. Ya Allah, smg dimudahkan ya...

 Tad klo kita kerja di asuransi gmn hukumnya..??
 Mbak Zen, kalo kerja di asuransi konven, segera upaya pindah kerja ke asuransi syariah

krn tentu kita tdk ingin ada daging di dalam tubuh kita dr sumber yg haram. nanti ini jg yg menyebabkan kenapa doa blm diijabah oleh Allah

 Iya sih tad, saya kerja di asuransi konven, tapi saya udah di puncak tad. Ntr pindah merintis lagi.
 Mbak Zen, minta kemudahan dr Allah, smg dilancarkan, toh Allah jg yg beri rejeki, dan Allah jg yg beri ujian Mbak Zen ada di puncak, afwan

 Ternyata kasus hutang byk ya. Di sekitar sy jg byk ustadz.. tetangga sy smpe jual rumah.. hutangnya msh ratusan juta. Ada lg tetangga sy mau tutup hutang d jual aset, tp smpe dia ngga punya apa2..
Boleh ya ustadz minta ke badan zakat utk dibebaskan hutangnya?
 boleh Mbak Al, kan ghorimin tmasuk 8 asnaf yg bhak atas dana zakat

 Wlopun hutangnya ratusan juta ngga papa ustadz ke badan zakat? Siap ustadz
 betul Mbak Al, insya Allah ada jalan yg nanti diarahkan oleh lembaga zakat tsb

 Tad tapi gaji saya sekarang 50%. Saya kasihkan ke panti asuhan. Apa itu tetep salah tad...?
 kalau sumbernya dr tempat yg tdk baik maka lbh utama mencari sumber yg baik dulu drpd sedekah atau bahkan zakat. membersihkan harta dg sedekah ato zakat ad membersihkan harta dr milik org lain bukan bersih dr sumber riba ato judi

 Zakat dr penghasilan qt..2.5% boleh lbh kan ustadz? nah itu zakat penghasilan bs utk siapa sj ustadz? Selain anak yatim piatu?
 Mbak Al, zakat tetap 2,5%, jika mau lebih, bs dg akad sedekah ato infak, peruntukan zakat terikat pd hukum syariat yaitu 8 asnaf

fakir
miskin
ibnusabil
fisabilillah
amil
gharimin
budak yg dibebaskan
muallaf

yatim-piatu mgkn masuk fakir ato miskin kali ya

 Klo kita dpt bagi hasil d bank syariah baiknya untuk apa ya ustadz?
 silakan utk apa saja yg ptg halal, jika kebutuhan sdh tpenuhi, berikan pd mereka yg membutuhkan, bisa dg di sdkahkan, diinfakkan, hadiah, hibah, ato ditabung lg

 Ustadz, klo zakat yg 2,5% itu dibayarkan nya sekaligus
Misal dikumpulin dlu selama 3 bulan
Itu boleh tak ?
 boleh Mbak Ummi, krn asalnya zakat itu dibayarkan setelah harta tsb mengendap 1 th hijriah

zakat penghasilan mrpkn ijtihad kontemporer para Ulama, bs lihat di kitab zakat Ust Yusuf Qardawy

Bolehkah bagi hasi l dr bankdisedekahkan ke personal yg sedang terlilit hutang ustadz?
 sangat boleh mbak Al

itu mgkn maksudnya pendapatan bunga bank konven yg tdk dpt kita hindari, baiknya diberikan ke lembaga utk MCK, irigasi ato fasilitas publik lain, yg ptg bukan makanan yg dpt menjadi daging pd diri seseorang

Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dg lancar. Moga ilmu yg kita dpatkan berkah dan bermanfaat. Amiin....

Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis:
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamu'alaikum...

For more category please visit : www.kajianonline-hambaAllah.blogspot.comَ