Home » , , » Alergi yang disebabkan larva kupu-kupu (ulat bulu)

Alergi yang disebabkan larva kupu-kupu (ulat bulu)

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Thursday, December 11, 2014

Rekap Kajian Online

Hari/tgl : Kamis, 11-12-2014
Narasumber : Dr Anisya/Icha
Kajian : Kesehatan
Grup : HA 105-106
Notulen : Tiwi-Ririn
Editor : Ira Wahyudiyanti

Assalamualaikum ukhty2 shalihahh ❤


Gimana kabarnya hari ini? ☺

Wa'alaikumusalam.. Wr.. Wb.. Mba2

Baikk.. bismillah.. kita mulai yaa..

Siaaaaap, in syaa allah

ﺑِﺴﻢِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺍﻟﺮَّﺣﻤٰﻦِ ﺍﻟﺮَّﺣﻴﻢ

ﺭَﺏِّ ﺯِﺩْﻧِﻲ ﻋِﻠْﻤًﺎ ﻭَﺍﺭْﺯُﻗْﻨِﻲْ ﻓَﻬْﻤًﺎ

ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺇِﻧِّﻲ ﺃَﺳْﺄَﻟُﻚَ ﻋِﻠْﻤًﺎ ﻧَﺎﻓِﻌًﺎ , ﻭَ ﺭِﺯْﻗًﺎ ﻃَﻴَّﺒًﺎ , ﻭَ ﻋَﻤَﻼً ﻣُﺘَﻘَﺒَّﻼ

ﺁﻣﻴﻦ ﻳﺎ ﺭَﺏَّ ﺍﻟْﻌَﺎﻟَﻤِﻴْﻦَ


Alergi yang disebabkan larva kupu-kupu (ulat bulu)

Kupu-kupu adalah serangga yang termasuk ordo
LEPIDOPTERA yang mempunyai sepasang sayap dan bersisik
tebal.

Stadium dewasa mempunyai bentuk mulut untuk
menghisap ( shoponing )
sedangkan stadium larva, mempunyai bentuk mulut untuk menggigit.

Bagaimana ulat bulu melukai kulit?
Terdapat 2 macam ulat bulu:
1. Beracun (toksin)
2. Tidak beracun
Pada ulat bulu yang beracun untuk perlindungan mereka dari predator, Allah mengkaruniakan dengan sel kelenjar racun yang terdapat di sepanjang tubuhnya.
Sel-sel ini dapat mengeluarkan zat racun yang akan disalurkan melalui rongga-rongga kecil dalam bulu-bulu ulat itu.
Ketika terkena kulit, bulu akan patah dan keluarlah racun yang menyebabkan rasa gatal dan bentol-bentol merah.
 Ulat bulu yang tidak beracun dapat juga menyebabkan rasa gatal terutama pada mereka yang alergi terhadap bulu.
 Kadang kadang bulu tersebut dapat terlepas dan tersebar oleh angin, sehingga menyebabkan wabah bagi manusia.

 Gejalanya seperti apa?
Kelainan ini disebut erusisme (kelainan yg d sebabkan oleh ulat bulu)
✅ diawali dengan rasa nyeri, gatal dan panas di kulit
✅ muncul biduran
✅ apabila reaksi cukup berat bentol-bentol kecil ini akan menjadi bruntus-bruntus kecil dan dapat seperti eksim.
✅ pada kondisi normal biduran akan hilang dalam 24 jam
✅ biasanya bentol akan terjadi di daerah kulit yang terbuka seperti tangan, kaki, dan wajah
✅ bisa juga menyebabkan efek lebih parah bagi yang mempunyai riwayat alergi, seperti pernapasan terganggu, sesak napas, reaksi anafilaksis, tekanan darah menurun.

Beberapa spesies kupu-kupu yang larvanya mengandung bulu beracun adalah : Megalopyge opercularis ( di Amerika ), Anaphe infracta ( di Eropa), dan parasa hilarata ( di Asia ).

 Bagaimana Pencegahannya?
1. Hindari kontak langsung dengan ulat bulu
2. Menutup makanan dan minuman
3. Membersihkan lingkungan
4. Menggiatkan cuci tangan denga sabun
5. Menggunakan pakaian dan pelindung seperti masker apabila ke luar rumah

 Tindakan pertama terkena ulat bulu?
✅ Singkirkan ulat dengan hati-hati (jangan dengan tangan kosong, dapat gunakan alat seperti kayu dll)
 ✅Pada kulit yang terkena jangan di garuk
✅ Segera rendam dengan air/mandi pada kulit yang terkena
✅ Dapat gunakan larutan yodium (garam)
✅ Gunakan isolasi untuk menghilangkan bulu dari ulat bulu pada daerah yang terkena. Alternatif lain untuk menghilangkan dengan pembersih cat kuku atau peel untuk wajah. Kemudian perlahan cuci dengan sabun dan air.
✅Baju yang terkontaminasi harus dilepas dan dicuci
✅ Pendinginan (dengan es) pada daerak sekitar dapat digunakan untuk menurunkan rasa nyeri.
✅ Apabila terkena mata sebaiknya lakukan irigasi dengan air bersih.
✅ Jika kulit meradang, gunakan krim atau pelembab yang tidak berbau dan berwarna
✅ Apabila terdapat keluhan yang berat atau dalam beberapa hari tidak hilang gatalnya, sebaiknya d konsultasi kan ke dokter lebih lanjut.


1. eMedicine Speciality, Emergency Medicine, Enviromental-Caterpillar Envenomation.
2. Journal of the American Academy of Dermatology, Caterpillar and moths

D lirik2 dl yaa.. tafadholy kl ada yg mau sharing dan bertanya.. ☺

Wa'alaikumsalam dok...

Ayooo ukhtie sp yg mau bertanya


Ustadzah bener ga klw gatel'' kena ulet bulu di olesin pake kunyit, apa cuma mitos?

Kl berdasar literatur nda pakai kunyit.. hehe.. lebih baik d bersihkan dg selotip, air garam atau mandi ☺

Klo misal gatel2 karena udara/suasana baru gimana,itu bunda?
 Klo kulit saya suka sensi, tiap menempati ruangan baru pasti gatel2, pokoknya kaki gag mulus,
Gatel gag bisa di tahan jg di garuk trus timbul luka dah

Itu krn alergi.. bs krn udaranya atau debu.. kl untuk alergi memang sering kambuh2an.. baiknya gunakan kaos kaki atau sebisa mgkn menutup anggota tubuh saat mau berada d lingkungan tsb.. dan apabila sudah gatal boleh kok dnpakai bedak dingin atau bedak gatal..

Gag mempan klo bedak gatal bund, sempet stress karena gatelnya, jd kmren di kasih temen klo ada salep cina. Alhamdulillah sembuh, tapi yah itu kambuh2an ntr muncul lagi

Biduran itu apa

Biduran tuh semacam gatal kaya di gigit semut, ? Nyamuk tapi buletnya lebih gedhe2,,

Biasanya 1 tbuh kena semua, termasuk muka + kepala,

Aku pernah ngrasain 2-3 hri bru sembuh

Oo bgitu..orang sunda biasa nyebutnya kaligata

Mungkin beda daerah beda nama, hihihi

Iya... kalo udah kaligata gitu harus diasepin pake tikar pandan yg dibakar..
Resep orang tua jaman dahulu kala

Dibiarin ajaahh..

Djakarta giduan malah...
Nyembuhinnya juga diasepin pake tiker bakar

Sayang donkk tiker dibakar...

Iyaaahh resep jaman dulu katanya

Biduran=kaligata samaa..

Kalo langsung dimandiin bukannya bikin makin nyebar yaa?
Ulet bulu yg ada d pohon jambu..yg warna kuning itu..bikin gatel2...
Waktu kecil suka langsung biduran...tp pas udh dewasa gini..walopun gak sengaja deket sm uletnya.. jarang biduran...usia ngaruh yaa? Atau daya tahan tubuh?

Gak semua ulet bulu yg bikin gatel kan ya? Hhe

Kl d garuk justru menyebar, kl mandi insyaallah bulu2 yg tertinggal bs bersih sehingga nda nyebar.. iyaa.. kl sudah dewasa pertahanan tubuh jadi lebih baik

Apabila sudah tidak ada pertanyaan..saya izin undur diri dl yaa ukhty2 shalihah..
Afwan apabila terdapat kesalahan dlm pemilihan kata atau ada yg krg berkenan..
Jazakunnallahu khairan untuk semua bunda shalihah, juga untuk yg berkenan ikut partisipasi dan berbagi..
Semoga sharing ilmu yg sedikit ini, bs bermanfaat untuk kita semuanya..
Allahumma Aamiin
ﻭَﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺍﻟﺴَّﻼَﻡُ ﻭَﺭَﺣْﻤَﺔُ ﺍﻟﻠﻪِ ﻭَﺑَﺮَﻛَﺎﺕُ ﻩ


آمين يَا رَبَّ الْعَالَمِــــــــــيْنَ

وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sukron ilmu nya umi

آمين يَا رَبَّ الْعَالَمِــــــــــيْن

وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
Syukron atas ilmu'y dok...

Kt tutup kajian'y ya ukhtie.....

Doa Kafaratul Majelis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

 Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamu'alaykum wr wb.

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Ketik Materi yang anda cari !!