Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

ALERGI

Kajian Online Hamba الله SWT

Rabu, 3 Desember 2014
Narasumber : dr Ella
Rekapan Grup Nanda 119-120 (Indah)
Tema: Kesehatan
Editor : Rika Arisandi / Rini Ismayanti

ALERGI

Alergi adalah kepekaan tubuh terhadap zat zat allergen ( pemicu alergi ), yang reaksinya berbeda beda bagi setiap individu. Banyak hal yang dapat menimbulkan reaksi alergi dari tubuh. Diantaranya adalah karena makanan, debu, serbuk bunga, bahan kimia, bulu hewan, tungau, stress psikologis sampai udara dingin di lingkungan sekitar dapat menimbulkan gejala alergi. Gejala yang ditimbulkan setelah bahan tersebut memasuki atau terpapar tubuh antara lain bengkak dan gatal pada bibir atau mukosa mulut, bentol dikulit, gatal, pilek, bersin, pusing, mual, muntah, sesak nafas (asma) yang berat sampai pada reaksi kulit alergi menyeluruh yang sangat berat.

Secara sederhana penyakit alergi dapat diartikan suatu reaksi sistem imunitas tubuh manusia terhadap benda-benda yang pada umumnya tidak menimbulkan bahaya bagi orang lain.

Beberapa contoh penyakit alergi:
1. Asma Bronkial, ditandai dengan sesak napas
2. Rhinitis alergi ditandai dengan pilek, hidung berair, bisa tersumbat, hidung gatal, mata gatal
3. Urtikaria, ditandai berupa gatal kemerahan pada kulit, bentol, kadang disebut kaligata
4. Alergi obat, gejala bervariasi mulai dari ringan sampai berat, kulit kemerahan, gatal, bentol, kulit melepuh, sesak napas, sampai penurunan tekanan darah mendadak.
5. Alergi saluran cerna, ditandai dengan mual, muntah, diare

Pengobatan
Untuk meringankan gejala alergi, dokter biasanya akan mengombinasikan penanganan melalui farmakoterapi.  Obat yang umumnya diberikan :
1. Antihistamin: untuk mengurangi reaksi alergi dengan memblokir efek histamin yang dikeluarkan sel-sel yang meradang.
2. Antiperadangan : untuk mengurangi tingkat radang dengan mencegah pelepasan zat kimia, termasuk histamin.
3. Leukotriene receptor antagonist :  obat untuk menghambat reseptor tempat leukotriene -zat kimia penyebab radang- menempel sebelum menyebabkan radang agar mencegah reaksi 'kebal'.
   
Bagi penderita alergi berat dan tidak dapat diatasi dengan obat, dokter akan memberikan terapi imun (imunoterapi). Terapi yang juga dikenal dengan istilah desensitisasi ini dilakukan dengan menyuntikkan alergen secara bertahap. Perlahan-lahan dosis alergen ditingkatkan agar kepekaan terhadap alergen berkurang dan tingkat alergen spesifik menjadi lebih rendah. Terapi ini manjur untuk mengobati beberapa jenis alergi saja. Jika lingkungan dalam keadaan baik (bebas polusi, sanitasi terjaga), imunoterapi dapat bereaksi lebih cepat.

Pencegahan
1. Bersihkan rumah dari debu secara teratur.
2. Cuci seprai seminggu sekali dengan air bersuhu tinggi (di atas 60 derajat Celcius) untuk membasmi tungau.
3. Pilih kasur jenis busa, bukan dari kapuk.
4. Hindari penggunaan benda-benda yang gampang menyerap debu di rumah seperti karpet dan kain beludru, karena di situ juga tungau bersemayam.
5. Mengatur sirkulasi udara dengan baik, misalnya dengan membuka semua jendela rumah setiap pagi.
6.  Catat dan hindari makanan & obat yang memicu alergi

TANYA JAWAB

Q : Di kulit tangan saya sering muncul bentol-bentol yang berisi cairan, agak cukup banyak dan gatal. Biasanya saya pencet-pencet sampe cairannya keluar. Cairannya air dok, bukan nanah. Kalau mengupas pepaya, nanas, atau jeruk rasanya perih.
A : Bentol-bentol  berair tapi tidak gatal belum tentu alergi, bisa jadi dermatitis atau radang kulit karena iritasi, tungau atau yang lain. Jika memang sering muncul bisa diperiksakan kedokter kulit, jadi bisa dilihat lebih jelas. Kalau pedih, hindari terkena cairan atau bahan yang iritatif, karena bisa melukai kulit.

Q : Saya sering juga dok di daerah hidung ada lendir yang mengganjal, coba dikeluarkan tapi tidak bisa, biasanya jadi susah nafas. Biasanya saya tarik nafas dalam-dalam dan lendir itu kayak lewat area mulut ke kerongkongan. Kalau pas sholat subuh, hampir tiap hari saya mesti meler. Bukan lendir dok, tapi cair  ini gejala apakah ? sinusitis bukan dok ?
Q : Saya ada alergi dingin dan debu, menimbulkan sesak didada dok, saya hanya menghindari pemicunya, berenang dan pernah terapi, nafas saya pendek hasil dari fisioterapi, dan agak kesulitan kalau pas tilawah qur'an pasti putus- putus berhenti untuk  ambil nafas, ada tipsnya dok ?
A : Rhinitis alergi biasanya juga bisa ditandai dengan bersin lebih dari 5x di pagi hari (setelah terkena dingin), hidung berair, hidung & mata gatal. Lama kelamaan memang akan menyebabkan penebalan mukosa hidung sehingga terasa tersumbat, sistem drainase hidung terganggu, jadi sekresi cairan hidung akan masuk ke tenggorokan.
Jika sumbatan berlangsung lama, bisa menyebabkan sinusitis (ditandai dengan sakit kepala atau nyeri disekitar pipi bawah mata, atau nyeri saat sujud). Sepertinya sekarang belum sampe sinusitis. Tapi sebaiknya segera diobati.

Q : Dok kalau saya di lengan tangan kayak ada jerawat kecil-kecil warna merah dan banyak, kalau di pencet itu isinya putih kayak nasi itu (kayak putih isi komedo), tapi tidak gatal sama sekali, sebenernya kalau aku biarkan nantinya hilang sendiri, cuma kadang-kadang aku_yang pengen pencet-pencet  gitu..kira-kira itu alergi atau kelainan atau apa dok ?
A : Itu bukan alergi, mirip dengan jerawat, jadi ada sumbatan pada saluran kelenjar lemak akibat debu atau sisa kulit mati, sehingga lama kelamaan muncul timbunan lemak seperti jerawat. Bisa dicegah dengan rutin membersihkan kulit supaya tidak ada timbunan debu atau kulit mati.


Q : Dok. Saya kalau cuaca panas leher bagian belakang suka merah-merah, gatal apalagi terkena rambut jadi perih. Terus pernah juga kulitnya sampe mengelupas seperti kena panas/melepuh. Apa itu alergi juga Dok.
A : Itu bisa juga dikategorikan sebagai alergi dermatitis iritan. Biasanya karena keringat atau bahan kimia yang ada di pakaian, kemudian basah oleh keringat & terkena kulit (apa mba pakai pewangi pakaian atau sabun cuci tertentu ? Jika iya biasanya juga terjadi di lipatan lengan baju). Hindari berkeringat terlalu banyak, atau gunakan pakaian yang menyerap keringat, atau selalu siapkan sapu tangan atau handuk untuk menyeka keringat.
Q : Sejak itu memang tidak pakai pewangi lagi Dok. Apa bisa jadi sabun cuci nya yang tidak cocok ke kulit leher ya Dok ? Apa ke-sensitifan setiap bagian tubuh kita berbeda Dok ?
A : Coba diingat, sejak kapan mulai sering muncul gatalnya. Apakah memang ada merk sabun yang berubah. Untuk alergi sendiri beda-beda, ada yang lebih sensitif di kulit, ada yang di saluran napas, di saluran cerna dan lain-lain.
Q : Tidak terlalu memperhatikan juga Dok. Yang diperhatikan cuma kalo musim panas tiba kulit belakang leher mengelupas, kena rambut perih hehe. Jazakillah Dok
A : Bawa sapu tangan aja, & rambut dikuncir ke atas biar tidak iritasi.. kalau benar-benar mengganggu, diperiksakan ke dokter ya mbak..

Q : Dok... saya kok mencoba anting-anting  yang unik-unik dari perak.. besi dan lain-lain suka gatel ya dok... tapi kalau pakai emas asli dia tidak kenapa-kenapa. itu alergi apa ya dok.. saya pernah bertanya sama temen.. katanya itu alergi miskin dok.. jadi kulit sama yang imitasi... hehehe... pertanyaannya beneran ya dok.. cuma bagian bawah nya cuma untuk becandaan aja ya dok..
A : Itu bisa jadi alergi terhadap logam atau besi mba. Biasanya orang nya juga alergi kalau pakai jam tangan yang rantai besi. Emas lebih hipoalergic dibanding logam lain, jadi tidak muncul alergi.

Q : Untuk mengurangi alergi-alergi tersebut ada tipsnya tidak Dok ?
A : Tips untuk mengurangi alergi yang diatas tadi. hindari penyebab. Kalau sudah terlanjur muncul gejala, segera hindari penyebab dan beri obat antihistamin atau antiradang.

Q : Dok. Satu lagi ya.. pernah baca di rubrik kesehatan katanya kalau kita alergi makanan.. cara mengatasinya dengan memakan sering-sering yang menyebabkan alergi itu ya. Misal.. alergi udang.. kita makan udang sering-sering biar sehat. Saya mau mencoba buktikan  tapi sayang nya saya pemakan segalanya... tidak ada alergi nya..
A : Itu yang namanya desensitisasi, jadi tubuh sengaja dipaparkan dengan alergen dalam jumlah kecil sedikit-sedikit, kemudian bertahap dalam beberapa hari ditingkatkan kadarnya sampai batas maksimal alergi muncul (biasanya proses ini berlangsung beberapa bulan sampai tahunan). Sehingga diharapkan nanti muncul antibodi (IgG) yang dapat mengantisipasi alergen tadi sebelum berikatan dgn antibodi pencetus alergi (IgE). Tapi biasanya ini dilakukan dibawah pgawasan dokter/ahli kesehatan, agar jika ada reaksi alergi muncul bisa segera ditanggulangi.. Alhamdulillah dikaruniai Allah bisa jadi pemakan segala.

Q : Dok.. kalau minum obat malah menimbulkan alergi itu gimana ya dok? Ada anak temen.. sakit demam biasa.. dikasih obat sama dokter. Eh habis itu jadi alergi kulitnya bintik-bintik  merah gatel-gatel.
A : Alergi juga bisa disebabkan oleh bahan obat tertentu, yang paling umum alergi terhadap penisilin, tapi sering juga alergi terhadap paracetamol, antalgin, biasanya berkisar di antibiotik & anti nyeri. Karena itu, sebelum meresepkan obat, biasanya dokter tanya ada alergi obat tidak.

Q : Dok untuk menghilangkan bekas sakit herpes apa ya...punya saya masih belum hilang ini ?
A : Bekasnya sudah berapa lama mba ? Kalau sudah jadi jaringan parut/keloid, agak susah memang. Biasanya kalau ke dokter kulit diberikan obat oles atau suntikan kortikosteroid.. tapi itu harus dilihat & diterapi langsung oleh dokter. InsyaAllah kalau ada kesempatan lagi kita bahas tentang herpes ya mbak..
Q : Herpes saya bulan agustus dok...dan masih ada bekasnya sampai sekarang.
A : Coba konsultasikan ke dokter spesialis kulit untuk dilihat seberapa berat masalahnya, dan menentukan terapi apa yang sesuai. Agak susah untuk kembali ke warna kulit asal, tapi bekas jaringan parutnya bisa sedikit disamarkan.

Q : Saya kalau ke dokter yang bukan dokter langganan saya pasti ditanya apa saya  alergi?  Pasti disuntik ditangan dan ditunggu beberapa saat pasti muncul bentol besar, duh..dok ini juga masuk alergi obat ya ? Jadi harus hati-hati minum obat
A : Itu namanya skin test, jadi untuk pasien yang lupa atau ragu-ragu ada alergi obat atau tidak, bisa dilakukan skin test dengan menyuntikkan sedikit obat yang sudah diencerkan untuk melihat reaksinya. Jika dalam 15-30 menit bekas suntikan jadi membengkak/bentol dengan diameter lebih dari 10 mm, dianggap bahwa pasien itu alergi terhadap obat tersebut. Jadi bisa diganti dengan obat lain

Q : Tapi kata dokter kulit keloid dokter, bekas suntik cacar saya kan ada 2 di pangkal lengan. Jadinya ada bullet-bulet  kecil gitu aneh aja saat diliat kadang gatal juga apa obatnya yah dok? dulu pernah ke dokter kulit habis resepnya bleom juga mengecil lagi.
A : Memang agak lama prosesnya kalau obat oles dibanding suntikan. Tapi memang tidak bisa kembali rata seperti semula, cuma menyamarkan. Klo tidak terlalu mengganggu biasanya dibiarkan saja mbak

Q : Kedua orang tua saya memiliki alergi, saya dan adik terkecil terkena efeknya, jadi kami konsul ke dokter disarankan menghindari pemicunya atau mengurangi pemicunya, nah apa benar ketika suatu hari nanti bila kita mencari pendamping hidup harus periksa tentang alergi ? Untuk meminimalisir alergi kepada keturunan ?
A : Risiko alergi mungkin memang meningkat bila ada orang tua yang alergi. Risiko semakin meningkat bila kedua orang tua ada riwayat alergi. Tapi manifestasi alerginya bisa berbeda. Misal pada orang tua alergi debu, anak bisa jadi alergi makanan atau yang lain. Keputusan untuk memeriksakan calon pasangan dikembalikan ke individu masing-masing, apakah jadi hal yang krusial atau tidak. Tapi jika memang pasangan sama-sama ada riwayat alergi, harus waspada dengan kondisi anaknya. kedokter kulit, jadi bisa dilihat lebih jelas. Kalau pedih, hindari terkena cairan atau bahan yang iritatif, karena bisa melukai kulit.

Q : Tungau itu apa bund?
A : Tungau itu hewan kecil seperti kutu. Sering ada di kasur, karpet, dll. Klo menggigit manusia, sering timbul gatal

Q: Saya mudah banget gatal dan kemerahan apalagi kalau sampai rumah malam, udah gatal dan perih
A: Bisa jadi itu miliaria, seperti keringat malam. Bukan termasuk alergi. Bisa dicegah dengan memakai pakaian yang menyerap keringat atau segera mandi jika berkeringat

Q:  Badan saya mudah bentol, misalkan keringetan bentol, atau ada bekas lipatan baju di badan jadi gatal trus bentol. Kalo udah ada 1 bentol jadi menyebar keseluruh badan. Dan biasa terjadi malam hari
Kalo siang hari jarang. Dan kalopun bentol beberapa jam kemudian bentolnya hilang. Gimana ya ngatasinnya?
A: Bentolnya besar-besar mirip kaligata? Jika iya, bisa jadi memang alergi. Kalau pakaian biasanya berhubungan dengan sabun cuci atau pengharum pakaian yang digunakan, coba ganti sabun cuci atau pengharum pakaian dengan merk lain.

Q: Hampir setiap pagi saya flu, kalo udah flu telinga hidung tenggorokan saya gatal . Bersin ga berenti-berenti, kepala pun jadi pusing. Apa itu alergi juga ? Terimakasih
A: Itu rhinitis alergi, ditandai dengan bersin pagi hari lebih dari 5x, hidung meler, hidung dan mata gatal. Sebaiknya hindari AC atau udara dingin, pagi-pagi kalau di kamar mandi pakai air hangat. Jika memang susah dihindari, periksakan ke dokter THT untuk diterapi lebih lanjut

Q : Beberapa kali saya pernah keluar bentol-bentol dan gatal. Itu saya alami di dini hari, gatal-gatal keseluruh tubuh, gejalanya karena apa ya dok? Kalo di ingat-ingat, saya pulang malam hari pada waktu itu sedang begadang sampai pagi, apa karena kurang istirahat?  Atau karena stress dengan pekerjaan?
A: Alergi bisa dipicu juga oleh stress. Untuk kasus ini mugkin perlu diamati juga apakah bentol-bentolnya muncul SETIAP dini hari, muncul SETIAP stres/begadang/kurang istirahat, atau setelah makan makanan an tertentu. Jika memang iya, berarti memang alergi. Untuk memastikan kita alergi atau tidak, bisa dilakukan tes provokasi yaitu pemeriksaan bahan-bahan alergen yang disuntik atau digoreskan ke kulit

Q: Jika anggota badan kita di gigit semut atau nyamuk trus mengalami gatal-gatal, kalau gatal itu memang relatif, tapi yang paling aneh gatal nya itu gak seperti gatel biasa malah menimbul kan luka bahkan beraer,trus kalu di gigit nyamuk, yang kena gigit cuma satu kali tapi gatal nya ke seluruh badan... APAKAH itu masuk dalam koridor alergi juga?  Syukran atas jawaban nya.
A: Sedikit membingungkan kalo karena gigitan serangga. Karena mereka memang mengeluarkn zat atau toksin yang bisa menimbulkan gatal. Tapi jika memang gatalnya ke seluruh tubuh, bisa jadi memang alergi. Bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut

Q: Aku kalau lagi kehujanan dimotor pas nyampe rumah badan pada merah-merah. Apa alergi air hujan? Padahal dulunya main hujanan
A: Jarang terjadi alergi karena air hujan, mungkin karena udara dinginnya. Oh iya, alergi sifatnya menumpuk,  jadi jika dulu sewaktu kecil tidak alergi, setelah terpapar berkali-kali dengan alergen, dewasa baru timbul alerginya. Karena ketika kecil saat terkena zat yg menyebabkan alergi gejala alergi mungkin belum timbul, tapi antibodi tubuh tetap terbentuk dan terakumulasi. Sampai nanti saat dewasa, ketika tubuh terpapar zat penyebab alergi, baru muncul gejala alerginya

Q: Dok, kalo aku suka alergi dingin tapiawalnya tuh kecil hanya sekitaran tangan lalu kalo di garuk malah nyebar keseluruh badan dan bikin badan jadi bengkak. Itu termasuk jenis apa dok?? Penanganan awal bagaimana agar ga nyebar?
A:  Itu yang mgkin terjadi akumulasi antibodi alerginya. Jadi makin dewasa makin tampak gejalanya. Pencegahan awal hindari alergen. Jika sudah terlanjur terkena, minum antihistamin untuk mencegah gejala menjadi lebih berat. Jika memang sudah sangat mengganggu, bawa ke dokter ahli immunologi untuk diterapi.

Q: Hindari alergen? Alergen itu apa dok? Aku pernah dikasih obat penghilang gatel sama sodara  (lupa nama obatnya) dan efeknya pinggang aku sakit dok.
A: Alergen = zat atau bahan penyebab alergi. Hm.. boleh tau obat apa? Saya kurang tahu obat alergi yang menyebabkan sakit pinggang

Q: Dok,  jari tangan saya sensitif sama sabun cuci piring, dan deterjen baju apalagi kalo cuci ikan ayam dan sebagainya, langsung gatal dan muncul bentol-bentol kecil merah gitu. Padahal saya ga pernah makan pake tangan selalu pake sendok karena suka perih. Saya pernah ke dokter tapi gak mempan. Kakak saya pernah begini tapi hilangnya pas udah nikah.. hehe gimana dok?
A: Itu termasuk alergi kulit berupa dermatitis iritan. Gejala yang hilang bisa jadi karena ada desensitisasi spontan. Salah satu terapi bisa dengan desensitisasi. Jadi pasien sengaja dipaparkan dengan alergen dalam dosis kecil, kemudian lama kelamaan ditingkatkan. Diharapkan akan terbentuk antibodi IgG yang jika alergen datang, akan diikat oleh IgG bukan IgE (antibodi pencetus alergi). Sehingga tidak timbul gejala alergi

Q: Dokter, saya punya ruam di belakang lutut. Namun bukan ciri2 varies, dan tidak sakit. Hanya sering merasa penat-penat, tampaknya seperti memar warna merah agak ungu dan itu tidak hanya di daerah sana tapi beberapa titik bagian pinggang kebawah.. Itu tanda apa ya Dok?
A:  Itu bisa jadi pelebaran pembuluh darah kecil/kapiler pembuluh darah. Jika memang mengganggu bisa diperiksakan ke dokter untuk diperiksa lebih detail

Q: Dada sebelah kanan saya sering nyeri dok. Akhir-akhir ini pusing terus ga hilang-hilang udah sekitar 3-4 harian disertai badan yang hangat ga turun-turun. Perut juga perih
A: Nyeri dada kanan bisa terkait kulit, otot, atau syaraf. Perlu dilihat kapan muncul atau hilangnya.
Gejala yang lain, bisa jadi maag, apa mba sering terlambat makan, terlambat tidur/kurang istirahat atau sedang ada banyak pekerjaan?

Q: Dokter jari tangan saya sering gatal-gatal kalau lagi iris bawang terutama bawang merah, bentol-bentol merah dan gatal-gatal gitu dokter, apakah disebut alergi, bagaimana cara mengatasinya?
A: Jika memang berulang terus dan hanya terjadi saat mengiris bawang, bisa ajdi memang alergi. Pencegahan pakai sarung tangan saat mengiris. Atau setelah mengiris, segera cuci tangan dan oleskan salep antialergi (misal hidrokortison)

Q: Jadi kalo kasus saya, atasi dengan salep gitu gak bisa ya? Apa harus dengan terapi saat muncul alerginya?
A: Bisa dengan hidrokortison salep. Tapi kalo berulang terus, apalagi kalo bintik merah nya infeksi, jadi seperti bernanah, perlu diberi antibiotik juga.

Q: Dok, sejak setahun belakangan saya rutin mengkonsumsi cetirizine 2 hari sekali. Awalnya muncul gatal-gatal, terus bengkak yang banyak banget dan nggak hilang-hilang sampai seminggu. Akhirnya saya minum obat itu karena bapak saya juga mengalami hal yang sama. Ternyata sampai sekarang masih belum bisa lepas dari obatnya. Lalu apakah cetirizine aman dok? Saya ragu mau ke klinik kulit karena mahal, jadi masih nunggu uangnya
A:  Penggunaan obat yang terus menerus tentu juga ada efek sampingnya. Sebaiknya hindari pencetus gatal dan bengkaknya, jadi hanya mengkonsumsi obat jika gejala muncul saja (bukan utk pencegahan). Jika memang tidak bisa, memang harus dikonsultasikan ke dokter biasanya akan diberi kombinasi obat dengan kortikosteroid untuk mengontrol gejala

Q: Saya sepertinya ada alergi seafood, tapi tidak semua. Saya bingung juga kalau bandeng sama udang tidak masalah kalau produk olahannya (yang saya nggak tau itu ikan apa) saya langsung gatel-gatel. kalau ringan cuma di lidah. kalau berat setubuh. bagaimana cata tahunya yang saya alergi itu sebenarnya apa dok?
A: Bisa dilakukan tes alergi atau tes provokasi, biasanya ada di klinik dokter ahli alergi immunologi atau di laboratorium besar ( kalodi lab biasanya lebih mahal), nanti kulit kita akan dipaparkan dengan beberapa bahan alergen untuk kemudian diamati reaksinya dan diketahui kita alergi terhadap zat apa

Q: Temen saya titip pertanyaan dokter, bintik-bintik hitam nya sering ada pada ayam disebut apa, bagaimana cara mobilitasnya tiba tiba aja bisa sampai ke kulit dan menghisap darah manusia? Jika sedang digigit sebaiknya tindakan seperti apa yang harus dilakukan? sebulan yang lalu anak temen saya digigit di kulit kepalanya, sakit banget katanya. Terima kasih dokter
A: Bintik hitam seperti apa? Tapi mungkin sejenis parasit atau kutu ya. Secara umum, Jika tergigit serangga bisa ditetesi dengan air atau air tembakau atau air garam supaya terlepas. Nyeri bisa diberikan obat penghilang nyeri

Q: Obat penghilang nyeri yang aman untuk anak apa ya dok?

A: Bisa paracetamol atau ibuprofen. Itu masih aman untuk anak-anak

Semoga Bermanfaat

Mari kita tutup kajian ini dengan do'a kafaratul majlis
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asayahadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika.
Wassalamu'alaykum warahmatullah..
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”