ALLAH TUJUAN KAMI

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, December 23, 2014

Kajian Online WA Hamba الله Ta'ala 
(Ibnu 201, 202, 203)

Hari/ Tanggal : Selasa, 22 Desember 2014
Tema : Syahadat
Narasumber : Ust. Ridwan Ridho
Admin : Ridho, Ryan, Reza
Editor : Ana Trienta


Assalamu'alaikum
Syahadat adalah ikrar seorang untuk janji mengikuti apa yang telah Allah perintahkan dan juga mengikuti apa yang telah rasulullah saw lakukan (sunnah). Menjadikan sumber dasar dalam pengambilan keputusan adalah bagaimana agar hidup bisa sesuai dengan dua kriteria itu.
Dalam surat Binatang Ternak (Al-'An`ām):162 - Katakanlah: sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.
Ayat diatas menggambarkan bahwa tujuan hidup seorang islam hanyalah untuk Allah. Maka syahadatain itu bukanlah hanya sebuah retrorika atau hanya sekedar pengetahuan saja,namun ia memerlukan ruang untuk keterwujudannya yakni yg dinamakan amal. Untuk melaksanakan amal maka diperlukan sebuah pedoman yang jelas,perhatikan ayat berikut

(Al-'An`ām):153 -" dan bahwa (yang Kami perintahkan ini) adalah jalan-Ku yang lurus, maka ikutilah dia, dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu mencerai beraikan kamu dari jalan-Nya. Yang demikian itu diperintahkan Allah agar kamu bertakwa.
Apakah jalan itu? jalan itu bernama islam,dengan mengikuti jalan itu maka keselamatan selama perjalanan di dunia ini akan dirasakan plus pada saat di akhirat nanti mendapat surga. Untuk melaksanakannya agar benar maka diperlukan modelling, siapakah yang contoh yang sempurna untuk ditiru? jawabannya rasulullah saw

Aqidah yang baik hanya bisa dicapai dengan hati yang bersih. Bagaimana hal itu bisa muncul?sekiranya ada 3 hal yakni :

1.berharap pada rahmat Allah
2.takut pada adzab Allah 
3.kecintaan pada Allah

Lalu ketika menjalankan aktivitas tersebut, bagaimana caranya agar ia kemudian memiliki pemikiran islam yang benar dan memahami manhaj (konsep) yang benar bahwa islam itu bersifat comprehensive? Adalah dengan cara :

A. Mempelajari al quran,
B. Tadabbur alam
C. Mengingat kematian


Niat yang ikhlas dan konsep yang benar ini akan mendorong seorang mukmin untuk bergerak berdakwah di semua lini dengan semangat jihad membara agar islam kembali dipahami sebagai sebuah solusi dalam menjalani kehidupan.

TANYA JAWAB

Tanya:
Assalamualaikum mau nanya  maksud dari taddabur alam apa ya? Ana belum paham

Jawab:
'Alaikumussalam 
Akhi fillah,tadabbur alam itu mengambil hikmah dari ciptaan Allah dikaitkan dengan apa yang tertuang dalam Al Quran.


Tanya:
Masih muda kadang sering goyah ustadz. Banyak godaan dunia dalam menjalankan keimanan. Mungkin kalau boleh jujur kurang 0.5% saja dalam sehari hidup untuk Allah, selebihnya. Ntahlah sering melupakan-Nya.

Jawab:
Islam.adalah agama yang selalu mengajak umatnya untuk selalu sadar bahwa menentukan hasil akhir adalah Allah,permasalahan nya buka pada usia muda atau tua,tapi kematangan dalam.memaknai kehidupan


Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Moga ilmu yang kita dapatkan berkah dan bermanfaat. Amiin.

Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis:
 
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Wassalamu'alaikum..

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT