Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

DAMPAK NEGATIF PERBUATAN ZINA

Kajian Online Telegram Akhwat Hamba اَللّٰه Ta'ala

Hari / Tanggal : Jum'at, 26 Desember 2014
Narasumber : Ustadz Dodi Kristiono
Tema : Kajian Islam
Notulen : Ana Trienta

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Udah merapaaattt yaaa
Kita coba bahas masalah zina yaaa
Silahkan dibaca materinya

بسم الله الرحمن الرحيم

KITA LIHAT YUK APA SAJA DAMPAK NEGATIF PERBUATAN ZINA

Zina merupakan perbuatan yang sangat buruk dan tercela. اللّهُ  Azza wa jalla berfirman :

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا ۖ إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا

Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk. [al-Isrâ’/17: 32]

Dalam ayat lain, اللّهُ  Azza wa jallaberfirman :

وَالَّذِينَ لَا يَدْعُونَ مَعَ اللَّهِ إِلَٰهًا آخَرَ وَلَا يَقْتُلُونَ النَّفْسَ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ إِلَّا بِالْحَقِّ وَلَا يَزْنُونَ ۚ وَمَنْ يَفْعَلْ ذَٰلِكَ يَلْقَ أَثَامًا يُضَاعَفْ لَهُ الْعَذَابُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَيَخْلُدْ فِيهِ مُهَانًا

Dan orang-orang yang tidak menyembah ilah yang lain beserta اللّهُ  dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan اللّهُ  (membunuhnya) kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina, barangsiapa yang melakukan demikian itu, niscaya dia mendapat (pembalasan) dosa (nya), (yakni) akan dilipatgandakan azab untuknya pada hari kiamat dan dia akan kekal dalam azab itu, dalam keadaan terhina, [al-Furqân/ 25:68-69]

Dalam ayat ini, اللّهُ  Azza wa jalla menyebutkan perbuatan zina setelah perbuatan syirik dan setelah pembunuhan terhadap jiwa yang diharamkan اللّهُ  Azza wa jalla. Ini menunjukkan betapa perbuatan zina itu sangatlah buruk. Dalam ayat lain, اللّهُ  Azza wa jalla menyebutkan sanksi bagi pelaku perbuatan nista ini. اللّهُ  Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

الزَّانِيَةُ وَالزَّانِي فَاجْلِدُوا كُلَّ وَاحِدٍ مِنْهُمَا مِائَةَ جَلْدَةٍ ۖ وَلَا تَأْخُذْكُمْ بِهِمَا رَأْفَةٌ فِي دِينِ اللَّهِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ۖ وَلْيَشْهَدْ عَذَابَهُمَا طَائِفَةٌ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ

"Perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina, maka deralah tiap-tiap seorang dari keduanya seratus kali dera, dan janganlah belas kasihan kamu kepada keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama اللّهُ , jika kamu beriman kepada Allah, dan hari akherat, dan hendaklah (pelaksanaan) hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan dari orang-orang yang beriman." [an-Nûr/24:2]

Para ulama mengatakan : "ini sanksi bagi perempuan dan lelaki yang berzina apabila keduanya belum menikah. Sedangkan bila telah bersuami atau pernah menikah maka keduanya dirajam (dilempari) dengan batu hingga mati. Dalam hadits yang shahih dinyatakan

لَا يَزْنِي الزَّانِي حِينَ يَزْنِي وَهُوَ مُؤْمِنٌ

"Orang yang berzina itu tidak beriman saat dia melakukan perbuatan zina" [HR al-Bukhâri dan Muslim]

Dalam hadits lain dinyatakan:

مَنْ زَنَا أَوْ شَرِبَ الْخَمْرَ نَزَعَ اللهُ مِنْهُ اْلإِيْمَانَ كَمَا يَخْلَعُ اْلإِنْسَانُ اْلقَمْيصَ مِنْ رَأْسِهِ

"Siapa yang berzina atau minum khamr maka اللّهُ  mencabut keimanan dari orang itu sebagaimana seorang manusia melepas bajunya dari arah kepalanya." [HR al-Hâkim dari hadits Abu Hurairah Radhiyallahu anhu dan as-Suyûthi memberi symbol sahih]

Zina yang terburuk adalah menzinahi ibunya sendiri, putrinya, saudari atau mahramnya yang lain. Dalam hadits dinyatakan:

مَنْ وَقَعَ عَلَى ذَاتِ مَحْرَمٍ فَاقْتُلُوْهُ

Siapa yang menzinahi mahramnya maka bunuhlah! [HR al-Hâkim dan beliau shahihkan]

Zina berisi seluruh kejelekan diantaranya:
  1. Zina mengurangi agama seseorang
  2. Zina menghilangkan sifat wara’
  3. Zina merusak kehormatan dan harga diri
  4. Zina mengurangi sifat cemburu
  5. Pezina mendapatkan murka اللّهُ  Azza wa jalla.
  6. Zina menghitamkan wajah dan menjadikannya gelap
  7. Zina menggelapkan hati dan menghilang cahayanya
  8. Zina mengakibatkan kefakiran yang terus menerus.
  9. Zina menghilangkan kesucian pelakunya dan menjatuh nilainya dihadapan Rabbnya dan dihadapan manusia.
  10. Zina mencopot sifat dan julukan terpuji seperti ‘iffah, baik, adil, amanah dari pelakunya serta menyematkan sifat cela seperti fajir, pengkhianat, fasiq dan pezina.
  11. Pezina menyeburkan diri pada adzab di sebuah tungku api neraka yang bagian atasnya sempit dan bawahnya luas. Sebuah tempat yang pernah disaksikan Nabi ﷺ  untuk menyiksa para pezina. [HR al-Bukhâri dalam shahihnya dari sahabat Samurah bin Jundab Radhiyallahu anhu].
  12. Zina menghilangkan nama baik dan menggantinya dengan al khabîts, sebuah gelar yang sematkan buat para pezina
  13. Dimana اللّهُ  Subhanahu wa Ta’ala memberikan kegelisahan hati buat para pezina
  14. Zina menghilangkan kewibawaan. Wibawanya akan di cabut dari hati keluarga, teman-temannya dan yang lain
  15. Manusia memandangnya sebagai pengkhianat. Tidak ada seorangpun yang bisa mempercayainya mengurusi anak dan istrinya
  16. Dimana اللّهُ  Azza wa jalla memberikan rasa sumpek dan susah dihati pezina
  17. Pezina telah menghilangkan kesempatan dirinya untuk mendapatkan kenikmatan bersama bidadari di tempat tinggal indah di syurga
  18. Perbuatan zina mendorong pelakunya berani durhaka kepada kedua orang tua, memutus kekerabatan, bisnis haram, menzhalimi orang lain dan menelantarkan istri dan keluarga
  19. Perbuatan zina dikelilingi oleh perbuatan maksiat lainnya. Jadi perbuatan nista ini tidak akan terealisasi kecuali dengan didahului, dibarengi dan diiringi beragam maksiat lainnya. Perbuatan keji menyebabkan keburukan dunia dan akherat
  20. Pelaku zina wajib diberi sanksi; pezina yang belum menikah didera seratus kali dan diasingkan selama setahun dari daerahnya sedangkan pelaku yang pernah menikah atau masih berkeluarga dirajam (dilempari) batu sampai mati
  21. Zina merusak nasab
  22. Zina menghancurkan kehormatan dan harga diri orang
  23. Zina menyebabkan tersebarnya waba penyakit berbahaya, tha’un (lepra) dan tersebarnya penyakit kelamin yang umumnya sulit diobati, minimal penyakit syphilis
  24. Perbuatan zina membuka peluang bagi keluarganya untuk terjerumus dalam perbuatan serupa. Dalam pepatah dikatakan : كَمَا تَدِيْنُ تُدَانُ "Engkau akan dibalas sesuai dengan perbuatanmu"
  25. Zina menyebab balasan amalan shalihnya hilang sehingga ia bangkrut pada hari kiamat.
  26. Dihari kiamat pelaku zina akan dihadapkan pada orang yang istrinya dizinai untuk diambil pahala kebaikannya sesuka sang suami sehingga tidak tersisa kebaikan sedikitpun
  27. Anggota tubuh seperti tangan, kaki, kulit, telinga, mata dan lisan akan memberikan persaksian yang menyakitkan. اللّهُ  Azza wa jalla berfirman :
يَوْمَ تَشْهَدُ عَلَيْهِمْ أَلْسِنَتُهُمْ وَأَيْدِيهِمْ وَأَرْجُلُهُمْ بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Pada hari (ketika) lidah, tangan dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan. [an-Nûr/ 24:24].

Itulah diantara sekian banyak efek negatif dari perbuatan zina. Semua ini memberikan gambaran betapa buruk dampak perbuatan nista ini dan alangkah rendah moralitas pelakunya. Efek negatif perbuatan tak senonoh ini tidak hanya akan dirasakan oleh si pelaku tapi juga oleh sang anak yang tidak tahu-menahu. semoga اللّهُ  Azza wa jalla melindungi kami dan seluruh kaum muslimin dari perbuatan keji ini.

(Diterjemahkan dari kutaib Khatarul Jarîmah al khuluqiyah, karya Syaikh Abdullah bin Jârullah bin Ibrâhîm al jârullâh)

TANYA JAWAB

1. Jika anak  hasil  zina  kan  tidak  bisa nazab ayah nya, di saat pernikahan apakah  kalo yang sudah terlajur melakukan pernikahan harus di ulang kembli?
Jawab 
Benaaarrrrr Bundaa

2. Pak sekarangkan lagi maraknya zina yang di lakukan kaum muda seperti ciuman nah gimana pak jika ada pasangan yang melakukan zina ciuman tetpi sang perempuan tidak rela jika dia dia cium apa itu si cewe tetap dilakukan zina pak? terus satu lagi katanya jika ada pasangan yang melakukan zina tapi dua duanya sama-sama suka katanya tdak berdosa karena dari kedua belah pihak sama-sama bahagia apa benar pak? afwan pertanyaannya agaknyimpang dikit hehehe
Jawab 

  • Cewe tersebut sudah kena hukum berkhalwat atau berdua duaan dengan yang bukan mahromnya. Maka kemunginan kemungkinan ciuman mendadak pasti ada, dan ini termasuk mendekati zina kecil yang akan mengarah ke zina besar.
  • Mau suka sama suka, mau rela sama rela, mau enak sama enak, mau dan mau, selama belum dibungkus yang dihalalkan oleh syariat, maka tetap saja hukumnya terlarang dan dosa besar
3. Dengan  zina  ini jika kita bertaubat  apakah  bisa terampuni  dosa  kita  pak? Karena  kita  tidak mendapat hukum seperti  zaman Rosul  di lempar batu sampai mati,,
Jawab
In sha اللّهُ tobatnya diterima dan berbaik sangka kepada اللّهُ Ta'ala ya Bunda. Indonesia memang belum bisa diperlakukan hukum rajam, karena bukan system pemerintahan yang berlandaskan syariat.

4. Pak apakah 27 akibat itu bisa terjadi pula pada seseorang yang mendekati zinah"pacaran model akhir zaman ini"?
Jawab
Bisa saja Bunda... Zina besar itu terjadi pasti melewati zina zina kecil terlebih dahulu

5. Pak memang  jika  telah  berzina kita  akan  dapat hukuman  dunia yang termasuk di atas yang di sebutkan. Tapi  jika kita  sudah bertaubat tetapi kesulitan apakah itu  karena taubat  kita belum di terima. Contoh: masih belum di percya  punya keturunan, rezeky seret, selalu ada hutang, keluarga  ga rukun. Apakah  itu semua karena kita belum di terima  taubat nya  pak?
Jawab
Masalah Taubat kan domainnya اللّهُ semata, mungkin saja Taubat diterima, tetapi masih ada efek samping yang terjadi akibat dosa dosa kita sebelumnya

6. Saya pernah baca anak perempuan yang lahir dan ibu nya hamil duluan sebelum menikah nanti jika anak menikah ayahnya tidak berhak menjadi wali, bener ya pak?
Jawab
Betul Bunda... Nasabnya soalnya lari ke Ibunya. Bukan ke Bapak Biologisnya. Dan ini putus hubungan hukum syariat kedepan depannya

7. Nah gimana jika kita menemani teman yang sedang pacaran dan mereka melakukan zina seperti pegangan tangan apa yang nemenin juga ikut dosa pak?
Jawab
Kata Nenek apa...? Jangan berdua duan yaaa, nanti ada orang ketiganya yaitu SETAN.
Kalau kita nemenin, kan kita orang ketiga. Artinya kita....?

8. Tad mo tanya apabila di lingkungan kita ada yang melakukan zina apakah berimbas ke tetangga yang lain?
Jawab
Jika kita tahu dan membiarkan itu terjadi secara terus menerus ya Bunda. Makanya kita harus waspada kepada lingkungan disekitar kita

9. Ustad tolak ukur seseorang mendekati zina bagaimana? Misal kadang kan kita smsan sama ikhwan untuk membahas sesuatu pada sms itu kan kadang ada haha hehe nya...itu sudah mendekati zina stad?
Jawab
Alat ukur diatas adalah HATI dan yang paling detail adalah bergetarnya kemaluan kita (maaaf 🙏)

10. Pak  kalo di  kampung susah  kalo ada yang zina. Kita sebagai  tetangga  harus  bagaimana  pak?
Jawab
Nasehati, Nasehati dan Nasehati. Jangan coba coba ditonton ya Bunda Lia. Jika kita sudah nasehati, maka gugurlah kewajiban kita sebagai muslim. Dan untuk menjaga lingkungan kita, sebaiknya dilaporkan ke RT atau RW setempat.

11. Pak ustad jika pasangan berzina lantas si perempuan sampai berbadan 2 kemudian 2 bulan kemudian mereka menikah bagaimana status sang anak dan apa saja hak-hak anak?
Jawab
Anaknya nasabnya ke Ibunya, bukan ke Bapaknya. Dan hak hak anak putus dari Bapaknya walaupun Bapaknya sudah menikahi Ibunya

12. Bukankah wanita hamil haram dinikahi walaupun dengan lelaki yang menghamilinya? Lalu status pernikahannya itu sah atau tidak?
Jawab
Memang ada 2 pendapat dalam hal ini Bunda, ada yang membolehkan dan ada yang tidak membolehkan menikah disaat berbadan dua. Saya lebih dominan mengikuti yang tidak boleh menikah selama masih dalam keadaan hamil. Artinya jika dia menikah maka tidak sah pernikahannnya, dan terkena hukum zina selama ybs masih Jima'. Jika tidak diulang, maka akan lahir anak kedua dan seterusnya dan seterusnya, maka ini akan mengakibatkan dosa ini seperti MLM. Karena anaknya tidak sah, waktu mau menikahkan anaknya yang jadi wali Bapaknya (bukankah tidak sah Bapaknya), akhirnya terjadi pernikahan, berarti nikahnya tidak sah donk. Kelak anak yang dihasilkan juga tidak sah donk...? Akhirnya ini semakin menggulung seterusnya sampai melebar jauh seperpti konsep penjualan di MLM
والله أعلم بالصواب

13. Tad tentang yang tadi yang tetangga berzina pernah denger masalah 40 pintu tidak di rahmati pa gimana gitu? lupa maksudnya gimana ya stad?
Jawab
Tepatnya bukan membawa sial bagi ke 40 rumah disekitarnya, tapi orang-orang di sekelilingnya turut berdosa jika mengetahui dan membiarkan perilaku maksiat tersebut. Hukuman zina tidak hanya menimpa pelakunya saja, tetapi juga berimbas kepada masyarakat sekitarnya, karena murka اللّهُ  akan turun kepada kaum atau masyarakat yang membiarkan perzinaan hingga mereka semua binasa. Dimana sabda Rasulullah ﷺ  
“Jika zina dan riba telah merebak di suatu kaum, maka sungguh mereka telah membiarkan diri mereka ditimpa azab اللّهُ ". (HR. Al-Hakim).
“Ummatku senantiasa ada dalam kebaikan selama tidak terdapat anak zina, namun jika terdapat anak zina, maka اللّهُ ﷻ  akan menimpakan azab kepada mereka.” (H.R Ahmad).
14. Kalo hasil zina anak laki-laki katanya tidak boleh menjadi imam sholat apa iya ustad?
Jawab
Boleh kok... Cuma dia tidak terima hak waris dari ayah biologisnya.

15. Pak kalo menasihati akhwat yang curhat kalo dia pecandu gimana?
Jawab
Masalah Zina ini bisa menyerang siapa saja yaaa. Bisa kita semua, asatidz, kyai bahkan ulama sekalipun. Jadi memang kita tidak boleh takabur dalam hal ini seakan akan mampu menghadapinya. Bukankah itu suatu kenikmatan yang اللّهُ janjikan di dunia dan akhirat....? Asalkan di dunia itu sesuai dengan syariatnya. Memang seperti itulah zina, bagi yang sudah merasakan, bohong kalau tidak menjadi candu bagi dirinya, mau lagi, mau lagi, mau lagi dan lagi. Untuk menghidari itu semua, maka :
1. Beribadah kepada اللّهُ
2. Perbanyak amalan sunnah
3. Bergaulah dengan orang-orang soleh atau solehah
4. Sibukkan diri dengan hal yang positif
5. Jangan ada waktu luang yang terlalu lama.
6. Puasalah or
7. Menikahlah

16. Pak  jaman sekarang itu tau-tau sudah melahirkan, di kampung saya bahkan  ada salah satu keluatga  saya orang  tuanya saja  tidak tau kalo anak nya hamil. Di kira sakit perut tiba-tiba melahirkan di kamar mandi. Kita sebagai tetangganya apa  juga  termasuk yang di katakan menyaksikan zina  pak?
Jawab
Nda juga sih Bunda... Itu menyaksikan efek dari zina, jika kita mampu maka nasehatilah dengan cara kita sendiri.

Tanggapan
Gitu  ya  pak, saya  pas pulang juga sempat bingung  gimana mau bersikap karena  semua tetangga bertandang seperti ingin tau  tentang bayi itu. Saya  di rumah  mau  ikutan  ga enak takut nya, malah  di bilang mengejek. Tapi setelah bayi umur 3 minggu saya  juga ikutan nengok bayi itu

17. Keluar dari tema  pak, Afwan. Bagaimana membaca bacaan surat  di dalam sholat  itu yang benar, pelan atau di dalam hati?
Jawab
Bunda Lia, Orang yang melakukan shalat wajib sendirian, disyariatkan memelankan bacaan, meskipun shalat yang dilakukan adalah shalat maghrib atau isya. Jadi dipelankan saja ya Bunda, minimal terdengat oleh kuping kita sendiri.

18. Bayi yang lahir dari perzinahan itu statusnya gimana pa? Gak ada istilah anak haram kan dalam islam? Kalo gak dapat hak waris dari ayah biologisnya kasihan dong kan sebenarnya orang tuanya yang berbuat zina?
Jawab
Iyeeee. Tak adeee status dari anak haram dalam Islam. Cuma nasabnya saja putus. Itu kalau dari satu sisi orang tuanya yang kaya. Kalau dari sisi lain, misalnya anaknya yang kaya atau soleh, maka ayah biologisnya tidak dapat manfaat apa apa dari anak tersebut Bunda. Berikut kategori zina kecil Bunda,
Dari Abu Hurairah r.a., dari Nabi ﷺ  bersabda : “Nasib anak Adam mengenai zina telah ditetapkan. Tidak mustahil dia pernah melakukannya. Dua mata, zinanya memandang. Dua telinga, zinanya mendengar. Lidah, zinanya berkata. Tangan zinanya memegang. Kaki, zinanya melangkah. Hati, zinanya ingin dan rindu, sedangkan faraj (kemaluan) hanya mengikuti dan tidak mengikuti.” (Hadis Shahih Muslim No. 2282)
Jika kita melihat dari Hadis Shahih Muslim tersebut, sudah jelas-jelas bahwa Pacaran itu termasuk Zina.
Zina Mata = Memandang
Zina Telinga = Mendengar
Zina Lidah = Berkata
Zina Tangan = Memegang
Zina Kaki = Melangkah
Zina Hati = Ingin dan Rindu
Memang ini semua masuk dalam kategori Zina kecil. Tapi ini semua menjadi pintu untuk melakukan Zina besar , seperti dijelaskan pada akhir hadis yang berbunyi “…sedangkan faraj (kemaluan) hanya mengikuti dan tidak mengikuti.”
Kenapa? Karena tidaklah mungkin orang akan berzina besar, jika zina kecil ini tidak dilakukan terlebih dahulu. Jadi meskipun zina kecil, hal ini juga tetap haram hukumnya

19. Saya ajak  jalan sama teman-teman sebelum ke teman-teman saya tawarkan  untuk  makan dulu di tempt saya teman  bilang nanti  saja  pulangnya, nah  pas jalan " teman " ngajak masuk restoran. Karena saya sudah kenyang saya ga pengen ikut tapi mereka bilang ikut saja, nah  saat  pesan  menupun saya  bilang  saya ga pesan terserah kalian pesan apa karena memang saya kenyang. Teman -teman pesan banyak makanan dan minuman bahkan minuman sudah di pesan ga di minum  karena ga suka dan  pesan lagi. Nah  pas bayar gak tau nya makan  itu habis brapa dibagi kami yang masuk restoran tadi yah  saya  kaget walaw tetap  saya  bayar. Tapi jujur  saya  sedikit  ga ihklas memang bagi  saya  sedikit mahal  dan  saya ga bisa menikmati dengan enak karena  saya kenyang. Tapi saya  berfikir, ga ihklas itu dosa saya mengatakan hati saya dan  Akhirnya  saya  bisa  lega,dan bisa ihklas. Apakah  saya  termasuk  orang yang berdosa  karena ga ikhlas itu pak? Masih bergunakah penyesalan  saya  karena  takut ga ikhlas itu, pak?
Jawab
Ini namanya dizhalimi. Wong nda pesen apa apa tapi suruh bayar, kalau nda ridho ya wajar kok Bunda

20. Nah bagaimana biar ngga turun temurun jika sudah terlanjur?
Jawab
Ya segeralah menikah ulang yaaa. Dan memang dampak zina ini yang diserang adalah dampak sosialnya. Bayangkan seorang ayah tidak menjadi wali pada saat pernikahan anaknya, padahal ayahnya sehat walafiat. Kalau diwalikan jadi tidak sah. Jika tidak diwalikan ketauan status anaknya hasil zina. Sekali lagi.... DAMPAK SOSIAL ini hebaattt bangeettt

21. Ada adik kakak. Adik nya sudah pacaran selama 6 tahunan sedangkan kakak nya bertahan untuk tidak pacaran. Karena sudah terlalu lama kakaknya minta pada orang tuanya bahwa adik nya boleh menikah terlebih dulu untuk menghindari zina. Tapi orang tuanya terus memaksa harus kakak nya dulu. Kakaknya telah berusaha meminta bantuan guru ngaji dan teman-temannya untuk bisa bersegera menikah namun masih belum juga berhasil. Setelah tahu sengeri ini efek zina, apakah ortunya berdosa, apakah kakak dan adik itu berdosa? Apa yang sebaiknya d lakukan stad?
Jawab
Kasih pengerian ke orang tuanya, bahwa menikah ini bukan urut kacang, yang mana siap dan ada jodoh maka segerakan menikah. Masalah urut kacang itu cuma adat saja. Jika orang tua sudah tahu tapi tidak melakukan, maka efeknya bisa kena ke orang tuanya tersebut.

22. Pak apa iya jika kakak kita berzina maka adiknya kena?
Jawab
Lah... Emang adiknya ngapain? Jadi wasiiit? Ya nda donk, dosa tanggung masing masing
Kecuali Kakaknya berzina dirumah dan adiknya tau, tapi adiknya tidak menegur atau menasehati kakaknya dan melarang melakukan yang tidak sepantasnya dirumah

23. Wah biya  pak  gimana itu hukum  nya? di sini sering  saya  naik metro (kereta) jejer dengan orang peluk cium,
Jawab
Kedipan pertama boleh... Kedipan selanjutanya jangan yaaa.
Mentang mentang kedipan pertama boleh, matanya jangan diganjel pake korek api yaaa. Awasss loohh...

24. Kalo mau ngersain nikah dulu ya pak.. nah kalo jodohnya belum dateng ngapain pak?
Jawab
Dicari Teh Mae... Jangan berdoa teruuss. Kudu usahe kiteee
Zina Hati  →  Membayangkan seseorang yang kita puja, jika lewat depan rumahnya saja sudah deg deg plas, jika kecium aromanya, sudah sembriwing, pokoke yang bikin hati senang dan berbunga bunga.
Boleh nda ini...? Boleh dan sunatullah... Tapi yang jadi masalah adalah, please... Pengontrolan diri jika merasakan hal demikian.

25. Kalo anak dari zina, walau orang tuanya sudah menikah, ayah tidak mendapat faedah ketika anak tersebut menjadi anak soleh, kalau untuk dosa bagaimana stad? misal anak tersebut menjadi tidak baik gitu?
Jawab
Iyaaa. Berlaku sebaliknya
Manusia memang rentan terkena penyakit hati...
Makanya banyak sekali dibahas terhadap penyakit hati ini.
Bahkan orang yang mampu menguasai segumpal daging yang ada ditubuh manusia, berarti dia baik secara keselurhan tubuhnya. Jadi gimana dong? Setelah ada perasaan perasaan itu di hati, maka segeralah untuk istighfar yaaa. Cinta, Cemburu, Kasih Sayang dan teman temannya, ada yang haram dan ada yang dihalalkan. Jadi boleh boleh saja kalau begitu selama sesuai dengan syariat yaaaa

26. Pak saat ini saya selalu di ajak curhat  seorang teman  yang lagi ribut sama suami nya. Saya bingung  pak  takut salah  ngasih saran. Bagaimana  ya  pak?
Jawab
Naaahh... Nasehati saja, aib rumah tangga itu harus ditutup rapat rapat, jangan diumbar ketika bukan untuk mencari solusi yaaa

Tanggapan
Dia  mau cari solusi pak, hanya  karena  sayanya yang takut hanya  saya  suruh dia buntuk minta maaf ke suami yang telah dia usir itu, saya  ga berani ngasih saran
Jawab
Iyaaa. Sarankan saja yang baik baik yaaa. Karena penyesuain suami istri itu bukan setahun atau dua tahun. Tapi seumur hidup termasuk berhati--hati kalau curhat lebih baik ke sesama perempuan jangan lintas gender supaya lebih menjaga hati. Ini pintu masuk bagi laki-laki untuk menggoda wanita, dengan alasan sedang ada masalah dengan pasangannya. Atau sebaliknya.... Laki laki menunggu wanita yang akan cerita atau curhat, karena serangan nanti bisa dilancarkan dengan rayuan gombal. Sudah pernah kan bahas gombal disini...?

Cukup yaaaa
Sudah banyak masukan juga dari member member disini
Saling menguatkan jadinya

Doa Kafaratul Majelis :

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Semoga Bermanfaat