Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

Hadits Riyadhusshalihin - Ikhlas


 الله Kajian Online Hamba
Kamis ,04 Desember 2014
Tema: Hadist
Narasumber: Ustd faris
Notulen:Laela/Titik
Admin grup: HA23 Meisha
Admin grup :HA24 Arini

 Asslamualaykum
Smga ibu-ibu semua dlm keadaan baik
Saya faris jihady, ini kajian perdana sy.
InsyaAllah kita akan mengkaji 1 hadits pertama dari kitab Riyadusshalihin,bgi yg punya silakan 
dibuka ya

Kajian Hadits Riyadhusshalihin;

Bab 1
Ikhlas, menghadirkan niat dalam seluruh amal dan perkataan, tampak atau tersembunyi.

Imam AnNawawi memulai bab ini dg membukanya dgn ayat2 AlQuran. Ini adalah metode yg beliau pakai dalam menyusun Riyadhussalihin, selalu membuka setiap bab dg ayat2 AlQuran. Dari sini dapat diambil pelajaran bahwa;
- selalu ada keselarasan antara wahyu Allah yg langsung dg yg tdak langsung, antara keduanya tak bisa dipisahkan. Tatkala seorang muslim ingin mendapatkan persepsi utuh ttg 1 persoalan dalam sudut pandang islam, maka metode inilah yg pertama kali dilakukan; menghimpun nash Quran & Sunnah yg trkait persoalan tsb

tiap tema dalam agama pasti memiliki ashl (pokok) dalam alquran, baik itu bersifat global atau mendetail. Sunnah berfungsi utk memperjelas yg global atau mempertegas yg terperinci.

Adapun ayat yg disebutkan sbgai pembuka bab ini ada 3 ayat;
1. AlBayyinah: 5
2. AlHajj: 37
3. Ali Imran: 29
Silakan dibuka mushaf terjemahnya. Namun intinya ada 2; pentingnya ikhlas niat dlm amal, dan letaknya adlah dlm hati

Kata Syekh Ibn Utsaimin,niat yang sempurna brdasar 3 ayat tadi, jika terpenuhi 3 hal:

Niat utk ibadah
Niat memperuntukkan ibadah ikhlas utk Allah
Niat bhawa ibadah tsb dilakukan dalam rangka menjalan perintah Allah

Misalkan kita mau shalat maka;
Pertama, niat utk shalat, dan jenis shalatnya
Kedua, niatkan shalat utk Allah bukan siapapaun selainnya
Ketiga, menghadirkan niat bhwa kita shalat dlm rangka menjalankan perintah Allah

Letak niat

Niat terletak dalam hati, tanpa perlu diucapkan dg lisan. Demikian pendapat yg tepat dari para ulama.

Hadits pertama berbunyi
 -  إنَّما الأعمالُ بالنِّيَّاتِ و إنَّما لكلِّ امرئٍ ما نوى ، فمَن كانت هجرتُه إلى اللهِ و رسولِه ، فهِجرتُه إلى اللهِ و رسولِه ، و مَن كانت هجرتُه إلى دنيا يُصيبُها ، أو امرأةٍ ينكِحُها ، فهجرتُه إلى ما هاجرَ إليهِ

Krg lebih artinya:
"Sesungguhnya tiap amal bergantung pada niatnya, dan tiap orang mendapatkan apa yg dia niatkan. Siapa yg berhijrah karena Allah & RasulNya, maka hijrahnya akan pasti menuju Allah & RasulNya. Siapa yg hijrah karena dunia yg dicari, atau wanita yg ingin dinikahi, maka dia pasti berhijrah menuju yg ia niatkan".

Hadits shahih ini sangat masyhur,diriwayatkan oleh Bukhari & Muslim dari sahabat Umar ibn Khattab.

Mari kita petik pelajaran dari hadits ini:
1. إنما الأعمال بالنيات، وإنما لكل امرئ ما نوی
"Sesungguhnya amal bergantung pada niat, dan tiap orang mendapat apa yg ia niatkan"

Ada 2 kalimat dalam potongan di atas. Yang pertama adalah sebab, yg kedua adalah akibat.

Dalam kalimat pertama, Rasul saw menegaskan bhwa stiap amal pasti disertai dg niat, tak mungkin tidak, kecuali jika org tsb tidak berakal. Karenanya niat adalah asas pondasi dari amal. Namun tentu saja, kualitas niat tiap orang berbeda2,tergantung apa dan utk apa yg ia niatkan.

Pada kalimat kedua, Rasul saw menjelaskan akibat. Bhwa tiap orang, akibat dari yg ia niatkan, akan mendapatkan sesuai yg ia niatkan.

Para ulama mengatakan, bahwa potongan hadits tsb merupakan timbangan batiniah utk mengukur sebuah amal, apakah ia layak diterima atau tidak.

Kemudian, setelahnya, Rasul saw mencontohkan penerapan kaidah timbangan tadi, dg mengatakan;

2. فمن كانت هجرته إلی الله ورسوله فهجرته إلی الله ورسوله، ومن كانت هجرته لدنيا يصيبها أو امرأة ينكحها فهجرته إلی ما هاجر إليه
"Siapa yg hijrah karena Allah & Rasulnya, maka ia akan menuju Allah & RasulNya, dan siapa hijrah karena dunia yg dicari, atau wanita yg ingin dinikahi, maka dia berhijrah menuju yg ia niatkan".
Pelajarannya adalah;
- hijrah adalah 1 perbuatan yg agung dalam islam, diperlukan keikhlasan yg kuat. Bgtupula dalam amalan2 lain. Bisa jadi ada orang yang sama2 hijrah, jerih payahnya sama, lelahnya sama. Namun di sisi Allah bisa sangat berbeda nilainya, antara langit & bumi.
Bgtupula amal2 yg lain, disinilah pentgnya niat.

- Rasul saw menyebutkan; orang pertama; " ...maka hijrahnya menuju Allah & rasulNya".
pada orang kedua "...maka hijrahnya menuju yg ia niatkan", tanpa menyebutkan objeknya.

Para ulama mengatakan, kenapa tidak disebut objeknya? Karena utk menunjukkan hinanya & rendahnya niat tsb, yg tdk mgkn bernilai apapun di sisi Allah.

Wallahu a'lam.

Sesi tanya jawab:

Pertanyaan:

1.Boleh gak kita beribadah berharap mendapat pahala?
Soalnya suka ada yg bilang gini, "ibadah mah ibadah aja jgn sebut2 pahala.. Urusan pahala itu urusan allah , yg penting kita sudah menjlnkan..

2. pertanyaan bun nur:
Tanya ustadz bagaimana agar kita selalu ikhlas dlm setiap perbuatan dan menghadapi cobaan

3. pertanyaan bun lia:
ustad  jika,,seseorg  mempunyai masa lalu  yg,,jauh  dr  ajaran Allah,,dan kini dia  berhijrah,,ke  jln  Allah,,
Apakh,,,msh  bisa di terima tobat  nya  ,yg bgt  besar???

4.pertanyaan bun lia:
Ada lagi ustad,,apkh jk kita  di sakiti seseorg jk kita ing ihklas,,lbh baik,,diam,,dan g perlu menjels kan,krn menghidar jk mlh,,salh paham??

Jawaban:

1. Bu laela: justru dianjurkan, utk itulah Allah & RasulNya sering menyebutkan ganjaran dg surga, atau jumlah bilangan2 tertentu.
Contoh: "lailatul qadar bernilai 1000bulan", "shalat sunnah subuh bernilai lbh dari dunia seisinya" dsb

2. Ikhlas yg jadi bahasan kita adalah, dlm definisi Islam; memurnikan niat & tujuan kita dalam ibadah, semata2 karena Allah tanpa tercampuri riya' (pamer,ingin diliat/dipuji) atau syirik (menyekutukan Allah dg selainNya).
Jadi kalo ikhlas dalam menerima cobaan, itu namanya bukan ikhlas, tapi ridha terhadap takdir.
Bgmana agar selalu ikhlas dalam amal kita? Sederhananya, pikirkan bhwa kelak semua gerakgerik kita diminta pertanggungjawaban oleh Allah, termasuk amal apapun tanpa terkecuali.

Kalo ridha terhadap takdir, intinya yakini bahwa sepahit apapun masalah/cobaan kita pasti dibalik itu ada kebaikan yg bnyak.

3. Masa lalu / dosa seberat apapun, pasti Allah ampuni selama ia berhijrah & bertaubat dg sungguh2.

4. Ini babnya bukan ikhlas bu, sbgmana dijelaskan di no 1. Tapi bersikap lapangdada dan bersabar. Lebih baik diam jika disakiti? Sabar bukan berarti diam, namun juga mengambil hak yang terampas dari diri kita, atau melawan kezaliman. Namun jika memilih utk berlapangdada memaafkan, tentu lebih baik,karena Allah menjanjikan pahala yg besar.

Wallahu a'lam


 Rekapan pertanyaan grup 24

1. Bgini Ustadz,,perbedaan antara Umroh dgn Haji itu apa ya???maaf bla diluar materi,,

2.Tanya ustd.:apabila sseorang khilangan barang atau dtimpa musibah,lalu dia b'kata 'sy sdh ikhlas',,apakah bs dblng sdh ikhlas klo sll dsebut2..trimakasih

3.Sai ?? Apa itu ustad

Jawab
1.Haji & umroh?
Umroh intinya cuma;
1. Niat & ihram
2. Tawaf
3. Sai
4. Cukur
Kalo haji lbh dari itu

2. @bu ruby; kalo org dapet musibah,lbh tpat disbut ridha trhadap takdir, bukan ikhlas


3.Sa'i berjalan antara safa & marwa 7x

 PERTANYAAN

1. Stad niat bisa membedakan antara ibadat dengan adat. Klo kita ngikutin kegiatan adat...maaf sedangkan itu bid'ah... tp niat nya hnya kpd allah ta'ala.. Itu gmn stad...apa mending tdk usah ngikut aja.... Ya namanya kita hidup di masyarakat... Kadang pasti ada omongan yg tdk enak..klo setiap ada kegiatan kok pasti tdk pernah hadir..ya kt hadir hanya seekali aja stad...

2. Satu lg ya Ustadz,,mumpung yg lain cm nyimak aja nich,,saya dengar dr teman,,klu cari Rezeqi di LN,,khususnya TKW,,hkumnya haram???gmn secara jlasnya Ustadz,,

3 Stad tanya lagi
Klo kitaa niat ibadah...dan ibadah itu lma lama di paksain.....apakah ttp kita dpt pahala stad....

4. kok TKW haram... benarkah?lha klo suami dosen tamu di china berarti termasuk TKI ya,haram juga kah?
sepertinya nggak deh bun.

5. segla sesuatu rezrki haram halalnya tergntung bgaimna menghasilknnya dn niatnya kali ya :( ...yg di indo yg korupsi tu yg haram   ..
klau haram.. coz q kerja  di LN

6. Stad nanya lagi
Klo kita ibadah pertama tama kita niat hanya karna allah untuk ibadah...tp kesini sini... Kita ibadah kok niatnya dobel...biar di bilang alim ato biar di bilang rajin. ..tu gmn stad

7. Ada seseorang dia menerima materi dri bukan suami nya ... dan anak dan suami nya pun ikut menikmati apa itu tetmasuk harta haram

8. ustadz untuk mengetahui hadits hadits shohih dan yg bukan bisa dilihat di link/website apa ya?saat ini di WA byk juga hoax yg berseliweran. takut jd salah satu penyebar hal yg tdk benar. mohon infonya.

JAWABAN

 Sebelum saya menjawab 1 per 1, saya dudukkan dulu definisi ikhlas di sini ya.

Ikhlas yg dimaksud dlm istilah syariat adalah memurnikan niat & tujuan kita dalam melaksanakan ibadah kepada Allah, tanpa tercampuri oleh perasaan riya' (ingin diliat/dipuji orang), & syirik (menyekutukan Allah).

Jadi bukan ikhlas dalam menghadapi cobaan atau musibah,itu bukan ikhlas tapi ridha terhadap takdir.

Sdgkan jawaban 1per1;
1.salah 1 fungsi niat adalah utk membedakan antara ibadah dg kebiasaan (adat), misalnya kita menahan lapar dari pagi smpe sore kalo tanpa niat, tdk bisa disebut ibadah puasa. Dia hanya perbuatan biasa yg bukan ibadah.
Bgmana dg bid'ah? Bid'ah umumnya terkait dg ibadah (bukan adat) yg tdk dicontohkan dari nabi saw. Kalo dia semata2 adat yg tdk ada unsur ibadahnya maka bukan bid'ah.
Bgmana dg bid'ah yg kemudian dibiasakan (shngga jadi adat?) Nah dsini memang harus berhati2, sbaiknya tdk diikuti terus menerus, sembari tetap memelihara sltrhm dg masyarakat.

2. Cari rezeki di LN haram? Rezeki di mana saja halal, asal caranya & zatnya halal.
Mgkn yg dmaksud adalah, ketika seorang wanita bekerja di LN tanpa adanya mahram, memang tdk dianjurkan,krena ada larangan, namun bukan berarti haram mutlak, selama ada jaminan keamanan & terjaganya kehormatan dirinya.

3. Ibadah memang awalnya mesti dipaksa bu , tetap berpahala, dan lama2 ntar jadi nikmat ga lg terpaksa.

4. Terjawab di no 2 ya

5. Terjawab di no 2 jg ya

6. Kalo niat ibadah biar dibilang alim ya ndak boleh, itu jadinya riya'. Makanya setiap saat kita perlu memperbaharui niat kita.

7. Selama materi zatnya & cara mendapatkannya halal, ya ndak masalah

8. Yg ini, sy cek dulu yg brbhasa indo ya, krena umumnya brbhasa arab.

Wallahu a'lam

Ptnyaan no 8, sy blum menemukan web dlm bhasa indo yg khusus membahas kesahihan atw kelemahan hadits. Namun silakan bisa baca di web konsultasi syariah, atau download buku hadis hadis bermasalah krya kh ali mustafa yakub, ada di internet gratis

Dg demikian, kajian ini ditutup ya, mhn maaf kalo ada kekurangan, trmksh atas sgala perhatiannya

Wassalamualaykum wrwb

 Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dg lancar. Moga ilmu yg kita dpatkan berkah dan bermanfaat. Amiin....

Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a 
kafaratul majelis:

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”


Wassalamu'alaikum...