Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

HIKMAH SENIN

Kajian Online Telegram Hamba الله Ta'ala

Hari / Tanggal : Senin 22 Desember 2014
Narasumber : Ustadzah Rully
Notulen : Ana Trienta

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَسْتَهْدِيْهِ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.

Segala puji bagi Allah, kita memuji-Nya dan meminta pertolongan, pengampunan, dan petunjuk-Nya. Kita berlindung kepada Allah dari kejahatan diri kita dan keburukan amal  kita. Barang siapa mendapat dari petunjuk Allah maka tidak akan ada yang menyesatkannya, dan barang siapa yang sesat maka tidak ada pemberi petunjuknya baginya. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya. Ya Allah, semoga doa dan keselamatan tercurah pada Muhammad dan keluarganya, dan sahabat dan siapa saja yang mendapat petunjuk hingga hari kiamat.
“ Hai jiwa yang terguncang, engkau tidak bisa mengembalikan apa yang sudah lepas dari tangan. Namun ringankanlah rasa kecewamu" 
“Tidakkah kamu mengetahui bahwa sesungguhnya kapal itu berlayar di laut dgn nikmat ALLAH, supaya diperlihatkanNYA  kepadamu sebagian dari tanda-tanda kekuasaanNYA. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi semua orang yang sangat sabar lagi banyak bersyukur'' (QS Luqman:31)
SABAR  adalah kekayaan dari kekayaan yang baik. ALLAH tidaklah memberikan kecuali kepada hamba-hambaNYA yang mulia disisiNYA. (Hasan Basri)

SABAR itu ibarat kepala bagi jasad,jika kepala diputus tidak ada gunanya jasad tersebut. Sesungguhnya tidak ada iman bagi seseorang yg tidak memiliki kesabaran. KESABARAN adalah penolong dan bekal hidup sesudah mati. KESABARAN adalah perisai seorang mukmin dan benteng ketaqwaan yang sangat kokoh dari serangan musuh dan tipu daya. Orang-orang yang sabar dalam musibah dan beramal sholeh adalah orang-orang yang dianugerahi kesempurnaan dalam ilmu dan kekuatan amal.
SENIN yang menyejukkan....
SENIN yang penuh pelangi kesabaran...
“Setiap amalan akan diketahui pahalanya,kecuali kesabaran, karena pahala kesabaran itu tanpa batas. " Sesungguhnya orang-orang yang bersabar yg dicukupkan palanya tanpa batas '' (QS Az Zumar : 10)
Sabar itu indah dan melembutkan hati...maka bersabarlah atas semua ketetapan ALLAH karena sesungguhnya janji ALLAH itu benar. Semoga ALLAH memudahkan kita menjadi orang sabar. Aamiin
Barakallahu fiikum,-

Silahkan ada yang mau di diskusikan

TANYA JAWAB

1. Assalamu'alaikum
"sesungguhnya tidak ada iman bagi seseorang yang tidak memiliki kesabaran" kalo ga sabar berarti imannya dipertanyakan dong? begitukah?
Jawab
Maksudnya adalah level keimanan seseorang itu di liat dari level kesabarannya. Hanya ada segelintir orang yang punya kesabaran dan ketabahan luar biasa dan mereka di sebut Ulu al-Azmi ( Arab ﺃﻭﻟﻮﺍﻟﻌﺰﻡ) adalah sebuah gelar kenabian istimewa yang diberikan kepada para rasul yang memiliki kedudukan khusus karena ketabahan dan kesabaran yang luar biasa dalam menyebarkan ajaran tauhid . Dari 25 nabi yang wajib diketahui dalam agama Islam, terdapat 5 nabi yang mendapatkan gelar Ulul Azmi, yaitu Nuh , Ibrahim , Musa , Isa dan Muhammad. Gelar Ulul Azmi dijelaskan dalam Al Quran pada Surah Al-Ahqaf ayat 35 dan Surah Asy-Syura ayat 13.

2. Tadz..adakah kaitannya sabar dengan yang lain? terkadang kita faham dan mengerti kita harus sabar harus husnudzon sama Allah ridho akan ketetapan Allah tapi pas ujian datang masih merasa "kecewa.. ngg adil"  apa yang harus di perbaiki tadz?
Jawab
Yang musti di perbaiki yaa keikhlasannya banyak puasa sunah yaa...buat melatih kesabaran

3. Nanya juga yaa ustdz.
Berarti dengan kata lain sabar itu menahan diri ya ustadz? Hm.. Sabar  yang bagaimana yang dimaksud ustadz yang dapat menyelesaikan masalah? Khususnya tuk diri sendri ustadz. Sabar dimulut. Tapi hati ngedumel. Hehe.. Masuk sabar gak ya?
Jawab
Sabar dalam sikap adalah cerminan hati. Gesture nya orang yang ngedumel di hati terlihat dari wajah dan tingkah lakunya....pasti itu. Apalagi dari mata. Sabar dalam kemiskinan itu pasti banyak yang mampu Tapi sabar ketika kaya pasti banyak yang terpeleset. Apa apa maunya di beli. Kalo bisa pulau Bali pun di beli...hehehe...mimpi. Yang paling sulit buat para jomblowati adalah penantian arjuna Sholeh yang datang minta ke BoNyok

4. Ustad gimana caranya memperathankan rasa sabar jika di sekeliling kita selalu membuat kecewa? Bagaimana memupuk rasa sabar itu sendiri..ust rully?
Jawab
Banyakin Tilawah atau istighfar dan rajin-rajin dech puasa senin kamis. Tetap sabar laaah....banyakin istighfar minimal 100 kali...dan wudhu trus shalat sunah wudhu

5. Bagaimana memupuk rasa sabar itu sendiri..ust rully?
Jawab
Banyak bunda....dengan learning by doing....
Contohnya yaah dengan mendidik lima orang anak ibu itu....

6. Kalo peruqyah ngasih tau siapa yang ngirim jinnya.. itu tanda ruqyah syar'iyah bukan?
Jawab
Peruqyah yang sesuai syari'ah tetap tidak bisa melihat jin dalam bentuk apapun. Kalo dulu ane kerja bareng di klinik bareng tadz Kaspin di klinik Ruqyah Healing Centre. Tiap ada pasien yg menandakan ada jin di dalam tubuhnya...kita tak pernah ajak bicara jinnya walaupun yg di rasuki bicara  meracau. Yang ada malah mulutnya di tutup agar tak bicara. Karna seorang Jin Muslim yang baik itu perbandingannya adalah seperti seorang manusia muslim yg Fasik (gemar berbuat disa). Jadi tiap perkataan mereka adalah Dusta, Dusta dan Dusta. Bila sang peruqyah ini bisa melihat bentuk jinnya. Maka sudah bisa di pastikan dia bekerja sama dengan jin. Setiap manusia selalu di berikan jin pendamping atau Qorin.. Makanya ada seorang yg mendatangi dukun terus dukun nya bilang bla bla bla tentang seseorang yg datang kepadanya ato dia bisa menyebutkan nama ibu kita misalnya....ini di sebabkan karna sang dukun tlah bekerja sama dgn jin qorinnya....dan jin qorin sang dukun komunikasi dgn Qorin kita....sehingga bisa tahu keseharian kita dan orang2 di sekitar kita....istilah dukunnya 'PENERAWANGAN'
Maka nabi pernah bersabda...

ﻋَﻦْ ﻋِﻤْﺮَﺍﻥَ ﺑْﻦِ ﺣُﺼَﻴْﻦٍ ﺭﺽ ﻗَﺎﻝَ: ﻗَﺎﻝَﺭَﺳُﻮْﻝُ ﺍﻟﻠﻪِ ﺹ: ﻟَﻴْﺲَ ﻣِﻨَّﺎ ﻣَﻦْ ﺗَﻄَﻴَّﺮَ، ﺍَﻭْﺗُﻄُﻴِّﺮَ ﻟَﻪُ، ﺍَﻭْ ﺗَﻜَﻬَّﻦَ، ﺍَﻭْ ﺗُﻜُﻬِّﻦَ ﻟَﻪُ، ﺍَﻭْ ﺳَﺤَﺮَ، ﺍَﻭُﺳُﺤِّﺮَ ﻟَﻪُ، ﻭَ ﻣَﻦْ ﺍَﺗَﻰ ﻛَﺎﻫِﻨًﺎ ﻓَﺼَﺪَّﻗَﻪُ ﺑِﻤَﺎﻳَﻘُﻮْﻝُ ﻓَﻘَﺪْ ﻛَﻔَﺮَ ﺑِﻤَﺎ ﺍُﻧْﺰِﻝَ ﻋَﻠَﻰ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﺹ.ﺍﻟﺒﺰﺍﺭ ﺑﺈﺳﻨﺎﺩ ﺟﻴﺪ

Dari 'Imran bin Hushain RA, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda : "Tidak termasuk golongan kami orang yang percaya tanda-tanda kesialan atau datang bertanya kepada orang yang mempercayai tanda-tanda kesialan, atau orang yang melakukan pedukunan atau orang yang datang berdukun, atau orang yang melakukan sihir atau orang yang datang meminta tolong kepada tukang sihir. Barangsiapa yang datang kepada dukun dan membenarkan apa yang dikatakan dukun itu, maka sungguh ia telah kufur pada apa yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW" . [HR. Al-Bazzar dengan sanad Jayyid].

Dan Nabi pun bersabda

ﻋَﻦْ ﺻَﻔِﻴَّﺔَ ﻋَﻦْ ﺑَﻌْﺾِ ﺍَﺯْﻭَﺍﺝِ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ ﺹ ﻋَﻦِﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ ﺹ ﻗَﺎﻝَ: ﻣَﻦْ ﺍَﺗَﻰ ﻋَﺮَّﺍﻓًﺎ ﻓَﺴَﺄَﻟَﻪُ ﻋَﻦْﺷَﻰْﺀٍ ﻓَﺼَﺪَّﻗَﻪُ ﻟَﻢْ ﺗُﻘْﺒَﻞْ ﻟَﻪُ ﺻَﻼَﺓُ ﺍَﺭْﺑَﻌِﻴْﻦَﻟَﻴْﻠَﺔً . ﻣﺴﻠﻢ

Dari Shafiyah dari sebagian isteri Nabi SAW dari Nabi SAW, beliau bersabda, "Barangsiapa yang datang kepada tukang ramal, lalu menanyakan sesuatu kepadanya, maka tidak diterima shalatnya selama empat puluh malam" . [HR. Muslim]
Na'udzubillah min dzalik...

7. Kalo ada wanita yang berobat herbal mesti diurut tapi yang urut pria. Hukumnya apa?
Jawab
Boleh dengan syarat
1. Harus dengan Mahromnya
2. Tidak Mengurut daerah sensitif
3. Sang Pria harus pake sarung tangan Karet ato sarung tangan Kain
4. Bila tidak ada Terapis akhwat....

Doa Kafaratul Majelis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك



“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”