Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

HIPOTERMI (KEDINGINAN)

Kajian Online BBM & WA Hamba الله Ta'ala
(Nanda 115-116)

Hari / Tanggal : Selasa 02&09 Desember 2014
Narasumber: Ustadzah Tri Setyorini
Tema : Kesehatan
Notulen : Ana Trienta & Riski Ika Wati

Assalamu alaikum
Alhamdulillah hari ini kita bisa sharing lagi 

Musim hujan mulai tiba, udaranya segar ya bahkan cenderung dingin. Tapi hati-hati jadi kedinginan. Kali ini yuk kita cari tahu tentang kedinginan. Kedinginan disebut juga  "HIPOTERMI"

Apa itu hipotermi ?
Hipotermi adalah penurunan suhu tubuh dari normal . (suhu normal  36--37). Hipotermia adalah suatu kondisi dimana tubuh kehilangan suhu panasnya dengan cepat sehingga menyebabkan temperatur tubuh menurun drastis dan kondisi ini sangat berbahaya.

Penyebab tubuh kehilangan panasnya antara lain :
1. Suhu yang dingin
2. Angin yang dingin
3. Air yang dingin
4. Pakaian yang basah
5. Terlalu lama berada di air atau terlalu lama kontak dengan air terlalu lama
6. Terkena kondisi dingin yang lama dan tidak menggunakan pelindung dingin
7. Kurang fit
8. Kelelahan
9. Kurang tidur

Tanda-tanda hypotermia 
  1. Berbicara melantur
  2. Kulit menjadi sedikit berwarna abu-abu
  3. Detak jantung melemah
  4. Tekanan darah menurun dan terjadi kontraksi otot sebagai usaha tubuh untuk menghasilkan panas
  5. Pada penderita moderate, detak jantung dan respirasi melemah
  6. Pada penderita hipotermia parah, penderita tidak sadar diri, badan menjadi kaku, pupil mengalami dilatasi, hipotensi akut dan pernapasan sangat lambat hingga tidak kelihatan
Tahap-tahap kejadian hipotermia :
⚡ Suhu tubuh normal manusia 36,4 C– 37C, Saat dalam keadaan suhu 36-35 tubuh akan menggigil tetapi masih dapat dikendalikan. Gerak langkah mnjadi lamban koordinasi tubuh mulai terganggu. saat suhu tubuh 35 maka tubuh akan mulai menggigil dan tidak terkendali.

⚡Pada suhu 35C – 33C koordinasi tubuh mulai tidak beraturan, langkah kaki mulai tidak beraturan & cenderung berbicara melantur dan kasar.

⚡Saat memasuki suhu 33C badan akan smakin menggigil.Denyut nadi dan tekanan darah mulai menurun

⚡Saat suhu tubuh 32C-29C menggigil akan berhenti penderita cenderung kebingungan, bicara meracau, daya ingatan mulai lemah, gerakan tubuh menjadi kacau, pupil mata membesar.

⚡ Saat suhu tubuh 29C-28C otot akan menjadi kaku, denyut nadi mulai melemah & tidak teratur, tarikan nafas melemah

⚡Saat suhu tubuh 27 penderita akan pingsan, pupil mata sudah tidak merespon gerakan cahaya. Warna kulit mulai menjadi biru, tingkah laku penderita kacau, dan hampir kehilangan kesadaran, penderita sudah tidak mempunyai gerakan reflek, keadaan penderita akan seperti  orang yang sudah meninggal.

⚡Jika suhu tubuh sudah memasuki 26C kondisi penderita dalam fase koma, suhu tubuh menurun drastis, kondisi darurat

⚡ Jika suhu tubuh sampai di dibawah 26℃ adalah berhentinya sistem seluruh jaringan organ tubuh dan penderita meninggal.

Penanganan Hiportemia
➡. Jangan biarkan penderita hipotermia tertidur karena tidur atau kehilangan kesadaran karena dapat dengan cepat menghilangkan panas tubuh. Biarkan penderita mengigil karena mengigil adalah usaha tubuh untuk mempertahankan panas.
➡ Apabila penderita dalam keadaan basah, segera keringkan seperti ganti baju yang basah menjadi kering dan keringkan tubuh penderita.
➡ Baringkan penderita di atas alas yang hangat seperti menggunakan matras alumunium dan alas-alas tebal yang dapat menghindarkan penderita langsung kontak dengan tanah (bila sedang di alam)
. Berikan minuman hangat dan manis
➡ Tempatkan penderita di dalam tenda / bangunan pos yang terhindar dari hembusan angin(bila sedang camping) atau masukkan penderita ke dalam sleeping bag kering. Letakkan botol yang berisi air hangat ke dalam sleeping bag. Dan buat perapian
➡ Jika perlu lakukan sentuhan kulit skin to skin dengan orang yang sehat, karena panas tubuh orang yang sehat dapat membantu menghangatkan penderita hipotermia.
➡ Bila dalam kondisi sadar berikan makanan manis, karena makanan yang mengandung hidrat arang dapat dengan cepat menghasilkan kalori

Yang mau sharing, tafadhol

TANYA JAWAB
1. Dedes
Untuk di Indonesia sendiri apa bisa terjadi hipotermia bun? saya kira cuma di daerah kutub
Jawab
Kedinginan bisa dimana saja bila terpapar suhu dingin, misal waktu pendakian di gunung-gunung ini kasusnya lumayan sering .

2. Ana Trienta 
Waalaikumsalam, AC juga bisa jadi penyebabnya ya bund? Ana kalo kedinginan di AC bisa sakit ke kepala bund.. sebenernya ngaruh ga bund?
Jawab
Dari AC juga bisa apalagi kalo suasana di luar sudah dingin. Pada waktu kedinginan terjadi vasokontriksi untuk menghasilkan panas, pada proses ini seseorang bisa merasakan sakit kepala

3. Nurul Fitri Hilfa
Bunda Nurul mau tanya. Pada bayi baru lahir kan akan mengalami hipotermi jika tidak di tanggulangi dengan baik. Sebenarnya hipotermi bisa menyebabkan hipoglikemi gak bunda? Atau sebaliknya? Mana yang lebih dahulu bnda? :) syukron bnda
Jawab
Hipotermi bisa menyebabkan hipoglikemi. Pada hipotermi tubuh akan banyak memerlukan kalori untuk menghasilkan panas dan pada bayi seringkali cadangan kalori kurang sehingga terjadi hipoglikemi. Tanda hipoglikemi pada bayi salah satunya adalah penurunan suhu (hipotermi) , dan bayi terlihat lemas. Jadi tidak bisa dipastikan mana yang lebih dulu antara hipotermi & hipoglikemi, banyak penyebabnya. Mau dikupas kah penyebab bayi hipotermi ?

Tanggapan
Radiasi konveksi konduksi eveporasi kan bunda?
Hipotermi & hipoglikemi pada bayi bahaya bila tidak tertangani dengan baik, bisa sampai meninggal. Kalo ada bayi hipotermi kita ambil langkah untuk menaikkan suhunya dan juga cek gula darah bayi

Penanganan hipotermia pada bayi, yaitu :
1. Bayi yang mengalami hipotermia biasanya mudah sekali meninggal. Tindakan yang harus dilakukan adalah segera menghangatkan bayi di dalam inkubator atau melalui penyinaran lampu.
2. Cara lain yang sangat sederhana dan mudah dikerjakan oleh setiap orang adalah menghangatkan bayi melalui panas tubuh ibu. Bayi diletakkan telungkup di dada ibu agar terjadi kontak kulit langsung ibu dan bayi. Untuk menjaga agar bayi tetap hangat, tubuh ibu dan bayi harus berada dalam satu pakaian (merupakan teknologi tepat guna baru) disebut sebagai Metoda Kanguru. Sebaiknya ibu menggunakan pakaian longgar berkancing depan.
3. Bila tubuh bayi masih dingin, gunakan selimut atau kain hangat yang disetrika terlebih dahulu, yang digunakan untuk menutupi tubuh bayi dan ibu. Lakukanlah berulang kali sampai tubuh bayi hangat.
4. Biasanya bayi hipotermia menderita hipoglikemia, sehingga bayi harus diberi ASI sedikit-sedikit sesering mungkin. Bila bayi tidak menghisap, diberi infus glukosa 10% sebanyak 60-80 ml/kg per hari.
5. Menunda memandikan bayi baru lahir sampai suhu tubuh bayi stabil. Untuk mencegah terjadinya serangan dingin, ibu/keluarga dan penolong persalinan harus menunda memandikan bayi.

a. Pada bayi baru lahir sehat yaitu lahir cukup bulan, berat >2500 gram, langsung menangis kuat, maka memandikan bayi ditunda selama ± 24 jam setelah kelahiran. Pada saat memnadikan bayi, gunakanlah air hangat.
b. Pada bayi lahir dengan resiko (tidak temasuk kriteria diatas), keadaan umum bayi lemah atau bayi dengan berat lahir <2000 gram, sebaiknya bayi jangan dimandikan, ditunda beberapa hari sampai keadaan umum membaik yaitu bila suhu tubuh bayi stabil, bayi sudah lebih kuat dan dapat menghisap ASI dengan baik.

Sepuluh langkah proteksi termal untuk mencegah terjadinya hipotermia pada bayi baru lahir:

Langkah ke 1 : Ruang melahirkan yang hangat 
Selain bersih ruang bersalin tempat ibu melahirkan harus cukup hangat dengan suhu ruangan antara 25 oC-28 o C serta bebas dari aliran arus udara melalui jendela, pintu, ataupun dari kipas angin. Selain itu sarana resusitasi lengkap yang diperlukan untuk pertolongan BBL sudah disiapkan.

Langkah ke 2 : Pengeringan segera 
Segera setelah lahir, bayi dikeringkan kepala dan tubuhnya, dan segera mengganti kain yang basah dengan kain yang hangat dan kering. Kemudian diletakkan dipermukaan yang hangat seperti pada dada atau perut ibunya atau segera dibungkus dengan pakaian hangat.

Langkah ke 3 : Kontak kulit dengan kulit
Kontak kulit dengan kulit adalah cara yang sangat efektif untuk mencegah hilangnya panas pada BBL, baik pada bayi- bayi aterm maupun preterm. Dada atau perut ibu merupakan tempat yang sangat ideal bagi BBL untuk mendapatkan lingkungan suhu yang tepat.

Langkah ke 4 : Pemberian ASI
Pemberian ASI sesegera mungkin, sangat dianjurkan dalam jam-jam pertama kehidupan BBL. Pemberian ASI dini dan dalam jumlah yang mencukupi akan sangat menunjang kebutuhan nutrisi, serta akan berperan dalam proses termoregulasi pada BBL.

Langkah ke 5 : Tidak segera memandikan/ menimbang bayi
Memandikan bayi dapat dilakukan beberapa jam kemudian (paling tidak setelah 6 jam) yaitu setelah keadaan bayi stabil. Tindakan memandikan bayi segera setelah lahir akan menyebabkan terjadinya penurunan suhu tubuh bayi. Menimbang bayi juga dapat ditunda beberapa saat kemudian dan dianjurkan pada saat menimbang, timbangan yang digunakan diberi alas kain hangat.

Langkah ke 6 : Pakaian dan selimut bayi adekuat
Kurang lebih 25% kehilangan panas dapat terjadi melalui kepala bayi sehingga BBL perlu beberapa lapis pakaian serta selimut, dan diberi topi untuk mencegah kehilangan panas tersebut.

Langkah ke 7 : Rawat gabung
Bayi-bayi yang dilahirkan dirumah ataupun di rumah sakit, perlu dijadikan satu dalam tempat tidur yang sama dengan ibunya, selama 24 jam penuh dalam ruangan yang cukup hangat. Hal ini akan sangat menunjang pemberian ASI on demand, serta mengurangi resiko terjadinya infeksi nosokomial pada bayi-bayi yang lahir di rumah sakit.

Langkah ke 8 : Transpotasi hangat
Apabila bayi perlu segera dirujuk ke rumah sakit, atau ke bagian lain di lingkungan rumah sakit seperti di ruang rawat bayi atau di NICU, sangat penting untuk selalu menjaga kehangatan bayi selama dalam perjalanan.

Langkah ke 9 : Resusitasi hangat
Pada waktu melakukan resusitasi, perlu menjaga agar tubuh bayi tetap hangat. Hal ini sangat penting karena bayi-bayi yang mengalami asfiksia, tubuhnya tidak dapat menghasilkan panas yang cukup efesien sehingga mempunyai resiko tinggi menderita hipotermia.

Langkah ke 10 : Pelatihan dan sosialisasi rantai hangat
Semua pihak yang terlibat dalam proses kelahiran serta perawatan bayi (dokter, bidan, perawat, dan lain-lain), perlu dilatih dan diberikan pemahaman tentang prinsip-prinsip serta prosedur yang benar tentang rantai hangat. Keluarga dan anggota masyarakat yang mempunyai bayi di rumah, perlu diberikan pengetahuan dan kesadaran tentang pentingnya menjaga agar bayinya tetap hangat.

TAMBAHAN TANYA JAWAB NANDA 115-116
1. Bunda, fiet mau sharing ne, udah 3 bulan terdampar di Pulau Simeulue. Disini cuacanya ekstrim dari tempat fiet tinggal dulu (Aceh Barat). Lagi terik tiba-tiba mendung dan hujan lebat, terus ntar terik lagi gitu terus tiap hari. Sempe-sampe fiet susah banget adaptasinya. Terus udah 1 bulan lebih fiet kena batuk flue. Udah berobat dan bahkan kemaren sampe minum obat batu dari daun jambu. Tapi ga mempan juga. Kira-kira harus gimana bunda ya?Ga enak banget kalo lagi ngajar/di tempat umum itu "Batuk Flue'a" kambuh. Malu jadinya. Terus satu lagi bun, kemarin ahad, keponakan fiet paginya sehat-sehat aja. Dia asik belajar sambil dengar musik. Terus satu jam kemudian, tiba-tiba badannya mendadak pucat banget, Macam ga ada darah. Terus muntah-muntah dan sakit kepala juga. Pas dibawa ke dokter, kata'a gejala MAG. Tapi ngeri banget bund liatnya seluruh tubuh pucat.. apa yang dimakan/minum keluar semua & keringatnya ngalir deras, padahal cuaca lagi ga panas. Dan tubuhnya dingin banget.
Jawab
Dalam cuaca ekstrem, tubuh sering tidak siap menerima perubahan. Tapi bagi perkerja atau mereka yang mempunyai kegiatan, tentu harus tetap beraktivitas. Karena itu diperlukan daya tahan tubuh yang ekstra dalam menghadapi cuaca yang ekstrem daya tahan tubuh bisa didapat menggunakan dengan mengkonsumsi makanan yang bersih dan sehat, serta pengolahan yang tepat. Daya tahan tubuh yang fit bisa didapatkan. Caranya dengan pola makan makanan yang benar, tepat dan teratur. Makanan tepat yang dimaksud adalah buah-buahan dan sayuran. Buah mengandung vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh. Sedangkan sayuran terdapat serat yang dapat mempercepat metabolisme. Selain itu, buah dan sayuran mengandung antioksidan yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. serta minum air putih 8-10 gelas/hari & istirahat yang cukup

Penyebab Penyakit Maag :
Karena pola makan yang buruk, atau bahkan juga terdapat mikroorganisme atau bakteri yang merugikan, mengonsumsi obat-obatan tertentu, atau sebab-sebab lainnya seperti mengonsumsi alkohol, pola tidur yang tidak teratur dan stress. Penyakit maag juga bisa terjadi apabila si penderita telat makan, kemudian sewaktu makan si penderita maag makan
dengan porsi yang terlalu banyak. Pada maag asam lambung meningkat ini menyebabkan rasa nyeri dan muntah. rasa nyeri yang hebat menyebabkan penderita terlihat pucat & tubuhnya dingin.

Tanggapan
Nah fiet di istirahatnya kayaknya kurang deh bunda. Kalo malam jarang bisa tidur cepat, terus sebelum subuh udah bangun. Kalo pagi sampe sore udah ngajar.
Jawab
Coba di atur ulang mbak jam istirahat nya minimal 6 jam.

2. Ummi saya mau tanya, apakah tahap-tahap kejadian hypotermia itu sama dengan ketika sedang demam panas tinggi?
Jawab
Yang sama adalah menggigil. Menggigil adalah salah satu reaksi tubuh untuk menjaga suhu tubuh tetap normal. Pada waktu menggigil terjadi proses pembentukan panas salah satu wujudnya adalah vasokontriksi( mengecilnya pori-pori). Pada hipotermi sudah jelas tubuh menggigil untuk menghasilkan panas dan menjaga suhu tetep normal. Pada hipertermi/ demam, peningkatan suhu tubuh dipicu oleh zat pirogen yang menyebabkan pelepasan prostaglandin E2 (PGE2) yang pada gilirannya memicu respon balik sistemik keseluruh tubuh menyebabkan efek terciptanya panas guna menyesuaikan dengan tingkat suhu yang baru. Jadi pusat pengatur suhu yang letaknya di hipotalamus sesungguhnya seperti termostat. Jika titik pengatur dinaikkan, maka tubuh menaikkan suhu dengan cara memproduksi panas dan menahannya di dalam tubuh. Panas ditahan dalam tubuh dengan cara vasokonstriksi pembuluh darah. Jika dengan cara di atas suhu darah di dalam otak tidak cukup untuk menyesuaikan dengan pengaturan baru yang ada di hipotalamus, maka tubuh akan menggigil dalam rangka untuk memproduksi panas lebih banyak lagi. Ketika demam berhenti dan pusat pengaturan suhu di hipotalamus disetel lebih rendah, maka berlaku proses sebaliknya dimana pembuluh darah akan bervasodilatasi sehingga banyak dikeluarkan keringat. Panas badan selanjutnya dilepas bersama dengan penguapan keringat.

3. Menghangatkan tubuh dengan minum air hangat juga bisa ya ummi?
Jawab
Bisa mbak, kurang nutrisi juga bisa menyebabkan mudah merasa dingin. Pada waktu dingin tubuh kita akan produksi panas & itu membutuhkan kalori. Kalori bisa di dapat dari asupan kita. Tapi jangan berlebihan nanti naik BB kita

4. Bunda.. hipotermia apakah sakit yang khusus terjadi ketika kita di dataran tinggi atau pegunungan atau memang orang dengan ciri seperti yang bunda sebutkan dimanapun tempatnya bisa terkena hipotermia?
Jawab
Dimanapun bila terkena paparan dingin dan yang paling rentan adalah bayi & lansia

5. Kalo sorean itu kaki sering kerasa dingin kenapa ya bunda?
Jawab
Kalo kaki dingin waktu hawa dingin itu wajar saja, karena kaki adalah bagian paling rendah dari tubuh & mendapatkan suplay oksigen paling akhir. Yang perlu diwaspadai adalah bila kaki dingin terus menerus. Bisa jadi itu karena :
1. Aliran darah sekitarnya buruk.
2. Kebiasaan merokok.
3. Memiliki penyakit tekanan darah tinggi.
4. Memiliki penyakit jantung.
5. Kerusakan saraf akibat penyakit diabetes.
6. Hipotiroid.
7. Anemia.

Sebaiknya segera lakukan tindakan apabila kaki terasa dingin terus- menerus, kalau perlu pergi ke dokter untuk dicari penyebabnya utamanya dan pengobatannya

6. Ummi sebenernya ada ga sihh istilah alergi dingin? Soalnya kadang-kadang tiba-tiba kulit saya bentol besar-besar kaya digigit nyamuk tapi padahal tidak ada nyamuk ummi. Dan itu hanya terjadi saat udara terasa dingin di tubuh saya.
Jawab
Alergi dingin merupakan jenis alergi yang disebabkan oleh suhu dingin yang dirasakan oleh seseorang. Alergi dingin terjadi di dalam tubuh seseorang karena di dalam tubuh kita yang mendapat dan mengalami reaksi dari adanya perubahan suhu yang ekstrim, awalnya kita terbiasa berada di daerah yang bersuhu panas, lalu kita berpindah ke daerah yang memiliki suhu dingin. Dari perubahan suhu panas munuju ke dingin tersebut, jika kekebalan tubuh seseorang kurang bagus, maka alergi dapat timbul di dalam tubuh seseorang tersebut. Alergi dingin sebenarnya adalah reaksi imunitas tubuh, jadi alergi dingin bukanlah tergolong penyakit. Alergi dingin juga bisa disebabkan karena faktor keturunan. Alergi dingin tidak seperti alergi yang ditimbulkan pada makanan atau hewan dapat dihindari, karena seseorang juga tidak tahu kapan cuaca dan suhu tiba tiba berubah dingin ataupun panas.
◆ Alergi dingin memiliki gejala dan menimbulkan beberapa efek pada tubuh, yaitu sistem pernafasan dan kulit

◆ Pada sistem pernafasan yaitu hidung. Gejala awalnya, udara dingin menyerang daya tahan tubuh, yang menstimulasi produksi lendir di saluran pernapasan. Selaput lendir pada hidung akan bereaksi dengan memproduksi lendir untuk menghambat masuknya udara dingin ke dalam tubuh. Namun, pada sebagian orang, reaksi ini bisa terjadi berlebihan sehingga lendir yang diproduksi sangat banyak dan mengakibatkan pembengkakan selaput lendir sehingga menutup jalan pernafasan. Selanjutnya, udara dingin bisa menyerang jaringan di bagian hidung. Saluran di jaringan hidung pun melebar. Akibatnya, jaringan dalam hidung pun membengkak, yang membuat hidung tersumbat.

◆ Hawa yang sangat dingin juga dapat memicu reaksi asma.
◆ Reaksi lain yang timbul pada orang dengan alergi dingin yaitu muncul gatal gatal, bintik-
bintik merah pada kulit, kulit menebal, eksim, dan lain-lain. Dan timbul gatal gatal yang dinamakan urtikaria atau biasanya masyarakat Jawa sering mneyebutkan biduran. Biduran terjadi karena reaksi tubuh yang memproduksi zat histamin saat tubuh berada dalam kondisi cuaca ekstrim seperti udara yang sangat dingin. Nah, pada sebagian orang reaksi tubuh terhadap zat histamin yang terbentuk bisa menyebabkan biduran atau bentol-bentol kemerahan seperti bekas gigitan nyamuk di sekujur tubuh.upaya yang dapat dillakukan untuk mengatasinya, adalah:
  • Untuk mengurangi rasa gatal pada kulit , oleskan bedak dingin/lotion yang mengandung calamine dan anti histamin. 
  • Obat untuk mengatasi keadaan ini adalah obat golongan antihistamin. Pada keadaan akut, selain antihistamin, kadangkala juga diperlukan obat golongan steroid. Cara menghindari timbulnya gejala akibat alergi dingin adalah dengan menghindari kontak dengan udara atau air dingin.
  • Agar tidak mudah kambuh, kenakan pakaian tebal, yang mampu menangkal cuaca dingin. Sebaiknya, mandi dengan air hangat, terutama saat musim penghujan.
  • Istirahat yang cukup, agar daya tahan tubuh tidak mudah drop. 
  • Bila gejala menetap disertai sesak nafas segera hubungi dokter 
Saya ijin undur diri
Mohon maaf atas segala kekurangan. Moga bermanfaat

PENUTUP
Doa Kafaratul Majelis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaaha illa anta astaghfiruka wa'atubu ilaika 
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
(HR. Tirmidzi, Shahih).

Wassalaamu'alaikum warohmatulloh wabarokaatuh..