Ibadah

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Saturday, December 13, 2014

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT Ummi 23 dan 24

Jum'at,12Desember2014
Tema: Ibadah
Nara sumber:ust kaspinur
Notulen :Laela/fitri
Admin: Meisha/arini
Editor: Indah Permata sari

Assalamualaikum wrwb.
Ya...saya kenalan dulu...saya ini sebenarnya orang...dan sama seperti manusia yg lain...karena sama maka..saya diberi nama supaya beda...karena itu tidak ada manusia tanpa nama....jadi nama kamu siapa?
 Nama: Kaspin Nur
Kaspin itu singkatan dari kasep dan pintar...
Status menikah, amanah anak 5, tinggal dibumi bukan diangkasa...dikira kita alien...alamat rumah di Karawang Jawa Barat..pekerjaan dagang apa aja...juga siap membantu yg mau ruqyah dan bekam...demikian Sebagaimana kita ketahui hidup kita ini sementara ya?

Berapa tahun?
Ratusaan.

Pengennya...tapi umumnya kata Rosul umur umatku 60...dan sangat sedikit yg melebihinya.Dan tugas hidup kita adalah beramal ya...ibadah...

Dan amal inilah yg akan kita bawa kehadapan Allah swt...yg laen kaga dibawa...rumah, sawah, kebo, ayam, kebun, mobil, pesawat, kulkas, anak dan suami...kaga kita bawa.
Apalagi lagi kalau itu punya orang...ga boleh dibawa bawa toh?
 Penghuni-penghuni gua (Al-Kahf):110 - Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Tuhannya".
 Prinsipnya adalah

1. Niat
Niatnya harus ikhlas karena Allah.

"Sesungguhnya amal itu tergantung niatny"

2. Cara
Cara harus sesuai yg diperintahkan Rosulullah saw.

"Barang siapa yg mengerjakan suatu amalan tanpa aku perintahkan maka tertolak"

3. Tujuan
Tujuannya hanya untuk mencari ridho Allah saja.
Bukan tujuan yg lain

4. Jangan merasa sudah banyak.
Kalau merasa sudah banyak berarti masih sedikit. Teruslah ibadah.

5. Jangan ditunda tunda.
Jika punya niat beramal.maka segera lakukan.
Jangan menunda...karena sakit atau mati bisa datang kapan saja.
Ingat menyesal datang nya belakangan.

Demikian materi malam ini.
Semoga kita bisa istiqomah dalam beramal sholeh ya...aamiin.


Tanya jawab

Tamya:
Afwan sbelumnya, di kluarga saya tidak mengenal acara tahlilan tuk org yg sudah meninggal, tiap kali diundang ayah saya tidak bersedia hadir.Tapi sama yg ngundang pasti dikirimin berkat (makanan) tuh, naah.. pertanyaan saya, apa hukumnya memakan makanan tersebut?

Jawab:
Bunda Nurul yg baik...kalau di kasih...ya...silahkan dinikmati...kalau dibuang malah mubazir toh...kalau dikasihkan ke orang lain...malah jadi penghinaan...ucapkan terimakasih dan makanlah...dia bersedekah atas nama orang tuanya yg wafat itu. Gapapa ga tahlil juga...masing masing punya pendapat.

Tanya:
Ustdz gmn cara memelihara ikhlas? Apakah jika kita dtimpa suatu kemalangan kemudian kita menangis, apa itu termasuk tidak ikhlas?
Sebenarnya sdh ikhlas tp air mata gk bsa dtahan..

Jawab:
 rosulullah menangis ketika ibrahim putra beliau yg masih bayi wafat....sahabat heran...apakah baginda juga bersedih?... aku juga manusia sama seperti kalian dan aku juga merasakan kesedihan.

Jadi nangis sama ikhlas itu rada beda.

Jadi menangis bisa juga ikhlas...sedih bisa ikhlas...asal sedih dan nangis nya sebentar saja...jangan lama lama...apalagi bertahun tahun...

Tanya:
 ustdz u/niat mngerjkan ssuatu hal yg dnilai/ dicatat oleh Allah niat yg pertama  kta, ato niat yg selanjutny, terkdang namany manusia da z kurangny ingin ini ingin itu

Jawab:
Bunda Efa yg baik...ya..ikhlas...sewaktu akan...ketika...dan setelah beramal.
 Kalau ingin ini ingin itu banyak sekali bukan Bunda Efa tapi Nobita.

Tanya:
 jd u/niat selanjutny stelah niat pertama selama itu baik boleh y ustdz

Jawab:
 Iya...ikhlas bunda Efa.

Ketika ikhlas...maka ada balasan atau tidak ketika didunia...maka kita tetep beramal..

Tanya:
Tadz kasep... meni pinter, tanya donk.. bgm cr termudah mbuat kt bs ikhlas? Terkadang ttp sering muncul setitik rasa 'sombong'.. ni, aku sdh mlkkn kebaikan..

Jawab:
Ummu Entasnev; menghilangkan sombong ya...jangan sombong...pasti ga sombong. Kalau belum hilang sombongnya berarti masih sombong.
Heyyy...ingat ya...iblis dipecat dari surga karena apa?....kesombongan toh.

Tanya:
Ustad ...Bagaimana crnya kita bs Ikhlas dgn melupakan brng2 yg di tipu org .

Jawab:
Bunda Wahyuni yg sejahtera: caranya forgive and forget...maafkan dan lupakan...yakin Allah bakal ganti.

tanya:
Dan org itu berusaha merayu kita lg utk meminta pertolongan pada kita..tp kita ingat klu dulu dia pernah tipu kita.....

Jawab:
Bunda Wahyuni; kalau sudah demikian...kita berhak tidak percaya padanya...tapi tetap ibu punya pilihan.


Rekap tanya jawab grup 24

Tanya
 Stad... tanya dunk.bagaimana dgn maulid,boleh mpringatinya kah??

Jawab
 Umi Yosy...ada yg membolehkan...silahkan selama untuk syiar...bukan ulang tahun ya.

Tanya
Seep stad... utk syiar n cinta kita kpd Rosurulloh yaa.

Tanya
 Stad klo kita dah niat nih... Umpama gini... Besok klo dah gajian atau klo ada rizki saya mau infak atau mau bantu orang... Pokonya niatnya yg bagus bagus gitu.... Tp pas dah gajian... Ada rizki... Gak jadi beramal...(pelit ya)... Trus apakah dgn niat itu kita ttp dpt pahala... Dan yg kita niatkan td apakah termasuk janji ...klo janjo kan jadi hutang ya... Gmn tu stad...
Jawab
 Ya...demikian...namun memang kiranya perlu metode yg baik sehingga efeknya bisa terlihat dimasyarakat.

Jawab
 ya gitu deh...maka segerakan....kalau belum terucap bukan janji namanya...tapi memang Arin dah janji sama diri sendiri...maka tepatilah.

Tanya
Apa itu sdh trmsk Nazar ya stad..?

Tanya
Di lingkungan kita banyak sekali amalan yg tdk dicontohkan oleh rasul.apakah amalan itu tertolak jg stad.bgm sebaiknya sikap kita

Jawab
 bukan...nazar itu kalau dah diucap dan sungguh sungguh.

Jawab
 ya...harus dilihat dulu...satu persatu...ga bisa nggebyah uyah begituh. Pukul rata...atau menggeneralisir...

Tanya
 Poin ke 4 stad..
Jangan merasa sudah banyak...
Nah kadang kita manusia ada pikiran spt itu stad...
Trus gmn biar rasa dan pikiran tuh bersatu tdk spt itu...

Tanya
Oleh sebab itu baiknya bahasanya apa ya ustadz?
Memperingati atau perayaan maulid atau apa ustadz?


Jawab
 ya jangan begitu.

Jawab
 Irma: ya....itu sudah jadi tradisi di masyarakat kita. Masing masing ada pembenarannya. Sikap kita baik baik aja dg masyrakat.


 "Doaku malam ini : Bersihkan hatiku dari kebencian sehalus apa pun, pada siapa pun,Mampukan aku untuk melupakan segala perih hari kemarin" sambung si kakek

"Doaku pagi ini : Ya Allah Jauhkan aku dari sikap sombong, karena aku tak akan bisa berbuat apapun
kecuali atas kehendakMu" lanjut si nenek.

Tanya
 Stad...mo tanya nih...ttg Zuhut ....apakah zuhut itu bisa di artikan miskin atau seadanya gitu ....gmn stad.... Zuhut yg sebenarnya...
Jawab
 Zuhud...hampir sama pengertiannya dengan sederhana. Naa...jadi orang zuhud itu bukan orang miskin...tapi orang kaya yg sederhana...orang miskin ga bisa zuhud...orang miskin itu harus qonaah...ridho apa adanya.

Baiklah bunda kita tutup kajian hari ini dengan membaca istighfar
 Astaghfirullah....
Astaghfirullah....
Astaghfirullah...
Dan
Doa Kafaratul Majelis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

 Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika


“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Ketik Materi yang anda cari !!