Home » , » JANJI, SUMPAH KEPADA ALLAH

JANJI, SUMPAH KEPADA ALLAH

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Thursday, December 11, 2014

Kajian Online Hamba الله SWT

Rabu, 10 Desember 2014
Narasumber : Ustadzah Neneng
Rekapan Grup Nanda 117-118 (Arin)
Tema : Kajian Islam
Editor : Rini Ismayanti

JANJI, SUMPAH KEPADA ALLAH

Baiklah kita lanjut lagii yaa pada komitmen, janjii, sumpah kita kepada Allah swt yakni syahadat.
Apa apa saja hal yang bisa merusak membatalkan syahadat kita kepada Allah?
Allah swt berfirman, "padahal mereka tidak disuruh kecuali menyembah Allah swt dengan memurnikan ketaatan kepadaNya dalam menjalankan agama dengan lurus. dan supaya mereka mendirikan sholat.dan menuanaikan zakat dan yang demikian itulah agama yang lurus. " al bayyinah 5
Allah meminta kita makhluqNya yang paling sempurna rupa dan akalnya untuk komitmen. terhadap keyakinan bahwa Allah swt lah Maha Penguasa diri diri kita. tidak ada yang dapat mencelakakan ataupun menyelamatkan kita kecuali atas izinNya. atas kehendakNya dan atas caraNya. tidak ada yang mampu memberi rezeki atas diri kita jika bukan karena pemeliharaan Allah swt atas diri kita. tidak ada kehidupan jika bukan karena karunia Nya yang begitu besar kepada kita hingga kita mampu merasakan dunia ini. tidak ada. tidak ada satu Dzat Pun yang mampu memberi kita rasa aman, rasa tentram, rasa puas, rasa syukur, rasa bahagia kecuali Allah swt.
Setelah pengetahuan, petunjuk, dan kerelaan kita mengikuti petunjuk itu, maka Allah swt meminta komitmen kita, kesungguhan kita untuk mewujudkan kerelaan dalam hati kita itu menjadi bentuk amal nyata, perilaku, dan kebajikan.
Dalam surah al anfal Allah menyebut mereka manusia manusia yang komitmen thd janjinya kepada Allah swt sebagai orang mukmin yang haq. al anfal, 8: 2-4
Akan tetapi dalam prosesnya manusia begitu sulit untuk merelakan jiwa dan hatinya unt mengikuti arahan rabb dan rasulNya. apalagi berkomitmen menunjukkan kesungguhan hatinya thd janji nya kepada Allah swt. apalagi bersabarnya. Karenanya Allah swt akan menilai setiap amalan kita dengan pahala yang besar yakni surga yang luasnya seluas bumi dan langit.
Oleh karenanya kita perluu mengetahuii pintu pintu apa sajakah yang bisa menghancurkan janji kita kepada Allah swt, dan menjadikan amalan kita sia sia. apa apa yang selain Allah swt adalah thoguut. . thoghut adalah segala sesuatu selain Allah yang mampu memberikan pengaruh ketakutan ataupun pengharapan. apa sajakah  thoghut itu?
1. syaithon
2. hukum aturan yang bukan bersumber dari Allah swt
3. penguasa, hakim yang tidak memakai timbangan al quran dan sunnah nabi saw
4. sihir dan perdukunan dan masih banyak lagi. hal hal ini harus kita waspadai agar kita tidak menjadikan mereka harapan ataupun sumber ketenangan, sumber pengobatan, sumber ilmu, sumber penilaian. karena mereka tiada lain hanya akan membawa kita pada kesyirikan, dosaa besar yang tidak akan diampuni Allah swt. walau hanya sebesar biji dzarrah
contoh kesyirikan itu, diantaranya adalah meruqyah yang tidak sesuai al quran dan sunnah, berhubungan dengan jin, walau tidak tahu. meminta tolong kepada yang berhubungan dengan jin, meramal nasib, menghadiri majelis dukun, atau paranormal, atau orang pinter, memibta berkah pd kuburan, meminta tolong kepada org yang sudah meninggal, bersumpah selain atas nama Allah swt, merasa sial krn sesuatu. innalillahi
kesyirikan kemusyrikan akan membahayakan kita di dunia dan di akhirat. derita dalam kefanaan dan derita dalam keabadian. Orang orang yang melakukan kemusyrikan, menyekutukan Allah, maka
1. mereka telah melakukan sebenar benar kedhaliman yang besar, zhulmun azhim dalam surah luqman, 31:13
2. manusia yang menyekutukan Allah maka tidak akan diampuni dosanya, "sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa karena mempersekutukanNya. . .surah annisa:48" artinya sia sialah amalnya, sholatnya, zakatnya, kebaikannya, jika masih meninggalkan ke syirikan dalam hatinya.
3. "barangsiapa mempersekutukan Allah maka sungguh dia telah berbuat dosa yang besar. . akhir surah an nisaa ayat 48, makaa selain tidak memperoleh ampunan juga mereka akan memikul dosa yang besar. . . itsmun azhim

TANYA JAWAB

Tanya :
1. Soal thogut ya umm... kan kita di negara yang berlandaskan pancasila dan undang-undang nihh.. nah itu kira-kira gimana umm??Itu arti na thogut bukan.. kan hukum yang bersumber bukan dari Allah...
2. Umi mau nanya, apa syirik itu tetap tidak akan diampuni meski yang bersangkutan sudah bertaubat?
3. Umi, meminta tolong kepada dukun atau meminta berkah ke kuburan kan termasuk perbuatan syirik ya? tapi di tempat aku sepertinya sudah menjadi kebiasaan meminta tolong ke dukun or ziarah kubur ke tempat-tempat yang katanya "keramat/kuburan orang baik". Tapi sepertinya mereka tidak mengerti klo hal-hal tersebut menjerumus ke perbuatan syirik. Mungkin mereka pikir hal it bukan hal yang dilarang Allah. Mereka berpikir mereka tidak menyekutukan Allah karena mereka percaya kepada Allah, mereka sholat, puasa, tilawah dll. tapi terkdang klo ada msalah or sakit mereka suka pergi ke dukun yang merupakan salah satu ikhtiar menurut mereka. Klo seperti itu gmn umi?
4. Umi tau kayu kaoka/kokkah ga mi? yang katanya brasal darii pohon yang dipakai nabi nuh untuk mEmbuat bahteranya. Nah kayu itu katanya banyak khasiatnya, sehingga dibikin kalung, gelang, dsb. Katanya kalo dipake, si kayu itu akan memancarkan energi magnetik atau apa gitu lupa, yang bisa menyehatkan badan. Kalo ga salah mah ada pnjelasan ilmiahnya deh. Nah kalo pake gelang itu dengan tujuan biar sehat ke badan, termasuk syirik ga um?
5. Um sebenarnya hukum di negara islam yang bener itu gmna ?? Terus Indonesiaonesia ini kan mayoritas islam tapii kenapa ga dijuluki negara islam um?
6. Umi.,sebagian masyarakat di daerah sktaran tempat tinggal saya msh melestarikan tradisi leluhur. Contoh yaa umi.,terkadang mereka itu sakit dan menurut mereka itu para leluhur yang negur katanya umi karena cucu-cucunya ga pernah ngasih sesajen gitu umi. Sampai-sampai ada yang motong kambing. Yang ingin saya tanyakan umi., apakah kita termasuk syirik jika menghadiri acara seperti ini dan ikut makan, makanan yang d sajikan..??
7. Bedanya pemerintahan sama kekhalifahan apa yah um , terus masalah khilafah itu apa um yang dipermasalahkan??
8. Terus klo masalah ekonomii islam itu gmnaa umm?

Jawab:
1. Iya jika negara kita berhukum hanya pada pemerintah, tapi di Indonesiaonesia kan pemerintahan ga dipegang satu lembaga, malah berbagi kekuasaan dengan DPR dan MA, dan kita juga punya MUI. . alhamdulillah Indonesia masih mengakomodir kepentingan umat islam jadi loyalitas rakyat tak di benturkan antara pemerintah dengan Allah. jadi jika masih dari kal umat islam dan tidak zhalim bisa jadi tidak digol kepada thaghut. akan tetapi bisa jadii tuhan bagi mereka yang mengidolakan mati matian. jadi definisi thoghut itu sendiri bisa dilihat dari dua dimensi yaa..
2. Syirik tidak akan diampuni kecuali tobat dan meninggalkan kesyirikan itu, syaratnya ya tidak syirik lagi dalam lisan.  hati, pikiran, maupun amal.
3. Itulah bentuk dari kesyirikan yang nyata di depan kita akan tetapi syetan menyamarkannya dengan menampakkan itu sbg hal yang baik, wajar, fenomenal, jadilah menarik dan lumrah.  disisi lain jika tas dasar kebodohan atau krn tidak tahu ilmunya maka alasan ini pun sngat rentan dari pengadilan Allah swt, bukankah kita dikaruniai akal unt berfikir? apa yang membuat kita enggan belajar itulah yang akan dimintai pertanggungjawaban.
4. Tentang gelang atau tanaman obat atau yang bermanfaat boleh silahkan asal dengan dasar yang masuk akal bukan mistis apalagi klenik
5. Negara islam secara resmi yang terbaik adalah masa pemerintahan rasululloh saw, dengan pusatnya di madinah, lalu masa kekhalifahan sampai Ali ra lalu setelahnya timbangan langit diangkat. . . artinya keidealan ada pada masa masa nabi dan sahabat, menurun nilai nilai nya seiring berlalunya jaman.
ttg Indonesiaonesia, kita tahu sendiri walau paling banyak umat muslimnya tetapi islamnya juga kan krn kelahiran dari ibu bapak yang islam. . dan tidak menerapkan pokok pokok peradaban islami sebagaimana rasululloh saw menegkkan masyarakat madani madinah.
6. iyaa lahhhh kegiatan itu adalah syirik. kalau menghadirinya dengan tidak meyakininya tidak masalah selama kita punya niat lurus memenuhi hak tetangga misalnyaa
7. kekhilafahan, 1 pemimpinnya adalah khilafah yang paling utama, paling mulia, paling baik pemahamannya, amalnya dan akhlaqnya, 2 sistemnya berlandaskan kepada al quran dan as sunnah, 3 pendanaan dan segala sumnerdaya di kelola baitul maal, 5 sistem pemilihan pemimpinnya melalui pemilihan langsung oleh para ulama dan orang orang sholih pilihan, perpIndonesiaahan kepemimpinan juga tidak berdasar keturunan atau nasab, atau kplega tetap dari karakteristik karakteristik seorang mukmin yang sholih, 6 kekuasaannya dibatasi oleh prinsip dan hukum islam dlm al quran dan sunnah.
klo pemerintahan pada umumnya kan seperti demokrasi, siapa yang suanya paling banyak walau buruk akhlaq beragama nya juga bisa jadi pemimpin, urusan pendanaan lembaga lain selain lembaga zakat baitul maal, kekuasaannya berdasar hukum UU kesepakatan jadi jelas bedaa yaa.
hanya msalahanya khilafah ini belum ada bentuk formal negaranya yang ideal, apalagi skrg. Silahkan boleh di baca beberapa referensi tentang kekhilafahan seperti abul ala al maududy atau tentang daulah dan khilafah.
8. ekonomi islam berarti kegiatan ekonomi yang mempraktekkan kaidah kaidah hukum islam, ada azas keadilan, kejujuran dan memperjualbelikan barang halal dan thoyyib. silahkan juga bisa dibaca buku sistem ekonomi islam

Doa Kafaratul Majelis :
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك 
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika 
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”.                             
​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT