Ketik Materi yang anda cari !!

Home » , , » KAJIAN ISLAM - KEBAHAGIAAN HATI

KAJIAN ISLAM - KEBAHAGIAAN HATI

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, December 2, 2014



KAJIAN ONLINE HAMBA اَللّهَ UMI 1 dan 2


Hari    :  Senin,  1 Desember 2014
Tema  :  Kajian Islam
narasumber :  ustadz Kaspin
Admin :  bunda Meita
Pjh :  bunda Hesti
Editor : Selli Novita
=============================

assalamualaikum wr wbb.....

 "Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama islam; sesuai fitrah Allah disebabkan Dia telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan pada ciptaan Allah. Itulah agama yang lurus tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui, dengan kembali berobat kepada-Nya serta laksanakanlah shalat dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang mempersekutukan Allah."

QS. Ar-Rum ; 30 : 30 -31 Bahagia itu ketika hati ridho dg semua ketentuan Alloh swt...

Dalam suatu kisah disebutkan, seorang suami yang sedang marah terhadap istrinya berkata seraya mengancam, "Aku akan membuatmu tidak bahagia!"

Dengan tenang istrinya menjawab, "Engkau tidak akan mampu membuatku menderita sebagaimana engkau tidak dapat membuatku bahagia." Sang suami semakin marah, "Kenapa tidak bisa?" Sahut istrinya penuh keyakinan, "Aku mendapatkan kebahagiaan pada imanku. Iman ada dihatiku dan tidak seorangpun dapat menguasai hatiku selain Allah swt pelindungku.

Jadi jelas ya... letak kebahagiaan itu ada dalam isi hati..dan isi hati itu adalah iman. Iman inilah yang membuat kita bahagia. Jadi kalau sudah copot itu isi hati... maka manusia tidak akan bahagia... Naa...kalau ada iman... insya Allah itu akan mendatangkan keridhoan Allah swt kepada kita. Kenapa orang yang hidup dipenjara itu tidak betah dan bahagia disana? Padahal katanya makan minum tidur kerja dah lengkap... kemana mana bahkan dikawal pulisi.... Itu karena pemerintah tidak ridho kepada mereka....
Apalagi kalau Allah yang tidak ridho.... berabe urusan.... Maka dimanapun kapanpun dan bagaimanapun carilah senantiasa keridhoan Allah swt.

Dunia ini tempat ujian...susah senang adalah ujian.... sampai Allah memanggil kita pulang. Ketika susah kita berkata: "mengapah inih terjadih kepadahkuh, padahalh akuh sudah islamh sejak kecil... ngaji sejak kecil.. berbuatlh baiklah sejak kecil.. lalu mengapa.. oh mengapa... ya Allaaaah?!" Jika datang hal yang tidak menyenangkan, mengeluh.. Kalau senang? Mengapa kita tidak bertanya hal yang sama: "ya Allah mengapa ini terjadi padaku?"
Allah Maha Besar... maka besarkanlah Dia.... sehingga masalah itu jadi kecil toh? Masalah selanjutnya ketika ada masalah adalah kita kadang... nyari kambing hitam.... sehingga suudzon kepada Allah swt... bukan nya ambil cermin dan bersenandung : "Lekas-Lekas Ngaca".
Demikian share hari ini... semoga kebahagiaan senantiasa bersama bunda semua dalam mengarungi samudera kehidupan disisa umur kita... yaa namanya juga sisa... biasanya lebih sedikit toh?
Tetap semangat
=========================
Tanya jawab  Umi 1 
Pertanyaan dan Jawaban
1.      Tanya
ustadz... bagaimna caranya kita tau Allah meridhoi apa yang kita usahakan atau kerjakan?
Jawab:
Caranya sesuai dengan tuntunan Rosulullah saw... atau sesuai syariat....
InsyaAllah niatkan hanya karena Allah.. dan caranya sesuai dengan anjuran dan tuntunan Rosulullah saw.

2.      Tanya
ustadz tanya nih.... Bagamana menata hati agar bisa selalu ridho dengan ketentuan dan takdir Alloh swt? Eh.... aku ingat apa itu fear factor,  untuk meningkatkan daya tahan tubuh..., tul kan ustadz?
Jawab:
ya... menata hati diawali senantiasa husnudzon kepada Allah. Tapi untuk mencerdaskan sistem imun.

Tanya jawab  Umi 2
Pertanyaan dan Jawaban

1.      TANYA
Assalamualaikum pak ustad, salam kenal.. ana baru bergabung di ha ini.. Terkadang kita sebagai manusia biasa pernah merasakan kesedihan, dan tidak bahagia.. apakah itu bearti kita tidak ada iman pak ustad?
JAWAB:
Bunda yang baru.... bukan tak ada iman... tapi mungkin keimanannya naik turun.... karena itu perlu kita senantiasa mencharge iman kita dengan terus beribadah dan beramal shalih. Ikut majlis ilmu dan sebagainya.

2.      TANYA
Ustadz sebagai manusia kita sering menghadapi sesuatu masalah... kita tidak bisa langsung merasa tenang.... kadang-kadang gelisah dan gundah dulu setelah beberapa saat baru bisa tenang... itu bagaimana ustadz? Apa itu dikatagorikan iman yang masih lemah..
JAWAB:
itu hal yang wajar.... benturan diawal kadang mengejutkan.... tapi ummi bagus bisa tenang tidak terkejut terus... sebab ada tamu saya... suaminya dipenjara... setelah keluar penjarapun ia masih tetap  terkejut... lama sekali.... sampai wafat... semoga diterima amal ibadahnya.

3.      TANYA
Ustadz ada yang ingin saya tanyakan. Saya punya teman non muslim dan boleh dibilang akrab. Di gerejanya ibu ini punya program membantu pendidikan anak-anak yang tidak mampu di kota saya. Bantuannya berupa setiap jemaat gereja khusus, umumnya non kristen juga boleh ikut nabung tiap bulan selama 2 tahun tanpa di kasih bunga. Uang tersebut didepositokan dan bunga deposito tersebutlah yang digunakan untuk membantu pendidikan anak-anak kurang mampu. Tapi masalahnya anak-anak yang dibantu ini khusus untuk kalangan nasrani. Kira-kira kalau saya ikut tabungn tersebut boleh tidak ya? Karena si ibu ini ngajak saya ikutan nabung program tersebut.
JAWAB:
Sebaiknya tolak dengan baik bunda... bunga deposito riba... bantu nonis lagi... maaf jika kurang berkenan. Riba itu haram
 


Doa Kafaratul Majelis :

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك 

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika 

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”.   

                          ​السَّلاَمُ عَلَيْكُم وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه



Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Terbaru