Home » » Kebutuhan Manusia Terhadap Rasul

Kebutuhan Manusia Terhadap Rasul

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, December 24, 2014

Kajian Online WA Hamba  اللَّهِ SWT

Selasa, 23 Desember  2014
Nara Sumber : Ustadz Kaspin
Judul: Kebutuhan manusia tethadap Rasul
Rekapan Grup HA19 dan HA20
oleh: Umi dan Rahmi

Assalamualaikum...semoga bunda semua sehat senantiasa....

Baik kita mulay ya...yaitu "Kebutuhan Manusia Terhadap Rosul"
ya...manusia secara keseluruhan butuh kepada rosul...karena

1...fitrahnya manusia begitu

Allah telah menciptakan manusia di atas fitrahnya. Hal ini termaktub dalam kitab suci-Nya dan disabdakan oleh Rasul-Nya.

“..[tetaplah atas] fitrah Allahyang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu.” (ar-Ruum: 30)

“Sesungguhnya setiap anak dilahirkan dengan fitrah. Kedua orang tuanyalah yang menjadikannya Yahudi, Nasrani atau majusi.” (HR Muslim)

Maksudnya adalah bahwa Allah menciptakan manusia dalam kondisi fitrah dengan sifat-sifat dan karakteristik dasar yang asli. Secara fitri manusia telah memiliki kesadaran tentang adanya Rabb yang telah menciptakan dirinya dan alam semesta hanya kita daptkan pada wahyu karena keberadaan manusia sebelum lahir ke dunia adalah masalah ghaib. Padahal hanya Allah lah yang mengetahui keghaiban.

 Al-Qur’an menginformasikan bahwa Allah telah mengambil sumpah adak-anak Adam saat mereka masih berada di “tulang sulbi ayah” mereka.

“Bukankah Aku ini Tuhanmu?” Mereka menjawab: “Benar [Engkau Tuhan kami], kami menjadi saksi.” (al-A’raaf: 172)


Hal yang demikian ini Allah lakukan agar kelak nanti di hari kemudian mereka tidak memungkiri. Sampai saat ini tidak ada manusia yang mengklaim telah menciptakan dirinya sendiri dan alam semesta. Sebenarnya semua manusia mengakui bahwa Tuhannya yang telah menciptakan alam raya ini. Bahkan termasuk kaum atheis pun tidak dapat membuktikan bahwa alam ini terjadi tanpa Pencipta pertama yang telah menciptakan sebab-sebab dan mengatur akibat-akibat.

2...kecenderungan beribadah kepada Tuhan

Karena manusia mengakui kebenaran al-Khaliq maka secara fitrah manusia juga memiliki kecenderungan untuk menyembah Allah swt. sebagai wujud syukur atas nikmat hidup, rizky, dan pemeliharaan yang telah diterimanya.

 Penyembahan manusia pada sesuatu yang tidak pernah menciptakannya merupangan penyimpangan atas fitrah tersebut. Penyimpangan ini terjadi karena pengaruh eksternal berupa godaan setan yang selalu berusaha menyesatkan manusia sehingga ia menyembah hal-hal yang ditakuti, yang besar, yang aneh, yang luar biasa, bahkan ada pula manusia menyembah dirinya sendiri.

3...menginginkan kehidupan yang teratur

Secara fitri manusia juga menginginkan kehidupan yang teratur, selaras dan harmonis.

 Manusia pasti tidak menginginkan kerusakan, kesemrawutan, dan kekacauan. Manusia ingin hidup tenang, dan damai dalam naungan kasih sayang dan cinta kasih. Manusia tidak ingin hidup dengan kondisi jiwa terancam. Namun setan selalu berusaha menimbulkan kekacauan dan keributan di antara manusia sehingga mereka pun bermusuhan dan baku bunuh,

"Sesungguhnya setan itu dakah musuh bagimu. Maka, anggaplah ia musuh (mu),karena sesungguhnya setan-setan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala."
(QS al-Faathir [35]: 6)

Imam Jalaludin as-Suyuthi di dalam tafsirnya mengutip sebuah riwayat dari Qatadah bahwa setan itu adalah musuh paling berbahaya. Setiap Muslim harus menganggap dan memperlakukan setan-setan itu sebagai musuh yang wajib diperangi, baik setan itu dari golongan jin maupun manusia. Apabila tidak, mereka akan dilemparkan ke dalam neraka Sa'ir bersama dengan setan yang telah menyesatkannya.


Fitrah yang suci itu apabila terawat dengan baik dan mendapatkan bimbingan yang benar maka akan melahirkan kebaikan bagi diri manusia dan alam semesta. Namun adakalanya setan menculik mereka sehingga mereka pun berbuat kemusyrikan , menghalalkan hal-hal yang Allah haramkan, dan mengharamkan hal-hal yang Allah halalkan.

 Untuk merawat fitrah, melawan nafsu, dan memerangi setan itu manusia membutuhkan petunjuk dan bimbingan Allah. Akan tetapi Allah Yang Maha Ghaib tidak dapat ditemuinya secara langsung bahkan ia sendiri tak kuasa untuk berhadapan langsung dengan-Nya. Karena itulah Allah mengutus para utusan berupa malaikat dan manusia pilihan untuk memberi petunjuk dan bimbingan kepada manusia bagaimana mengenal penciptanya dan bagaimana menjalani kehidupan ini dengan baik. Karena itu, para Rasul diberi wahyu sebagai pedoman hidup yang terjamin kebenara
nnya. Dengan pengenalan dan pedoman hidup yang terjamin kebenarannya itu manusia dibimbing untuk melakukan ibadah yang benar.

demikian share materi pagi ini....semoga tidak ada tanya jawab...kita diskusi aja...kasihan yg ditanya jika ga bisa jawab


Rekapan Tanya-Jawab HA 19

1. Erlina ODOJ: afwan uztad atw uztadzah ya...
Ana mau bertnya ng mau diskusi
#1.Bedanya jin dan syetan apaan y uzt /dzah
Dlm surah al jin dikata kan jin ada yg kafir dan ada yg muslim..
#2. Banyak yg ngaku cinta rasul. Tpi yg rasul ng ajarkan malah dikerjakan. Bagaimna cara nya agar kecntaan kita kpada rasul makin bertmbah
Syukron jawabnyya pak uztad

Jawab: Ust. Kaspin: Bu Erlina yg baik.
#1Jin dan setan itu beda.
Manusia dan setan itu beda.
Jin dan manusia adalah makhluk ciptaan Allah.
Jin dan manusia yg tidak beriman kpd Allah disebut setan. Setan itu kata sifat bukan makhluk.
Iblis itu bangsa jin....iblis adalah setan karena tidak nurut kepada Allah.

#2. Baca sejarah rosul ataw sirah nabawiyah...banyak sholawat...dan punya azzam untuk haji atau umroh

2. Tanya: Umi  Ustad kalau menurut saya dukun itu musuh yg nyata dimuka bumi...karena pembantunya syetan...manusia itu hidupnya hancur karena berharap sama manusia melalui dukun...ingin kaya...dapat jodoh...dan lain2...padahal kalau liat adegan ditv dukun kan diperankan dengan rumah yg sangat miskin tp mau bertanya sama manusia seperti itu....padahal kalau manusia itu sendiri tau kalau meminta sama  Alloh itu jauh lebih baik....Alloh  Maha Kaya ko mau minta apapun pasti dikasih...dengan beribadah istiqomah dan tidak untuk mempersekutukanNya...pasti Alloh sayang sama kita...kenapa ga ada undang2 perdukunan yah ustad dimuka bumi ini...supaya ga ada dukun dimana2.

Jawab: Bu Umi ; perlu juga sih...biar ada payung hukum...meski itu payung ga jelas juga kayak gimana.

3. Tary ODOJ: Ustadz saya ini sedang sedih kecewa karena di khianati teman baik yg jd teman bisnis, ana hanya mendiamkanya, sekarang di tambah bingung karena anaknya temen ana masuk rs, ana gak ingin neng0kin, tp ana pengen jadi umat Rosulullah yg baik, harus gimana ya ustadz, s0pan gak kalau di titipin tetangga,

Jawab: Bunda Tari: kesenangan dan kesedihan adalah tamu yg berbeda di rumah yg sama....dan setiap tamu yg hadir perlu mendapat senyuman dari tuan rumah.
Datanglah...maafkanlah...dan lupakan...forgive and forget...insyaAllah bunda Tari akan merasakan lega...dan damai sepanjang hari.

Persahabatan dan pertemanan sebisa mungkin jgn hancur karena duit....berilah waktu untuknya...bicarakan dg baik...maafkan diri sendiri lalu nyanyikanlah lagu nia daniaty:"lekas-lekas ngaca"

4. Ummu Hafsah ODOJ: Apakah sesuatu yg haram bisa diubah menjadi makruh ? Bahkan mubah?
Contohnya, mengirim santet pada seorang penipu yg sudah membawa lari uang ratusan juta (kmrn ditanya hal spt ini,sy sdh jawab bhw kebaikan tdk boleh dicampurkn dgn kbatilan)tp sy tdk membrinya landasan hukum.tdk boleh bekerjasama dgn jin.
Jd mohon dbrikan dasar hukum yg lbh kuat ustadz.krn orang tsb malah nanya balik lalu syariatnya bgm?apa ada amalan doa agr orang tsb kapok dsb.shg sy anjurkan untuk sholat hajat,shodaqoh dan jk mmg trpaksa ya diikhlaskn.atau nanti minta saja prtanggungjawabannya di akhirat.krn seorang syahid pun tdk bisa mngelak dr masalah hutang sampe diikhlaskn hutang2n

Jawab: Bunda Wiji yg baik...bunda sudah menjawab benar...
Kita ga boleh dendam (3;134)
Memaafkan ciri orang bertaqwa.
Kita ga boleh minta bantuan jin (aljin ;6)

Biarlah Allah yg berikan balasan...kita doakan yg baik baik aja....hidup ini sebentar...tapi perubahan bisa terjadi kapanpun Sekehendak Allah swt...
Ya...kita ga punya hak apapun untuk merubah seseorang...apalagi sedang marah begitu....masing masing kita diuji...ada yg duit gede...ada yg duit kecil...dibawa lari...ditipu...dan itu adalah ujian hidup. Bersabar dan bersyukur adalah pilihan terbaik. Marah marah ga menyelesaikan masalah.
Kadang kita manusia ini dalam bersikap ada orang orang yg seperti cerita anak kecil dari Rusia.

Diceritakan bahwa seorang anak kecil menagis terisak dipinggir jalan..tersedu dg nafas yg tersengal...
Seorang Polisi merasa kasihan padanya...kemudian mendekati dan bertanya:
"wahai anak, kenafah engkau menangis
Sianak menjawab:"aku kehilangan uangku 100 Rubel"
"Ooo...berhentilah menangis nak, ini paman kasih 200 rubel sbg ganti uangmu itu" kata polisi sambil ngasih duit.
Apa yg terjadi....sianak ambil duit itu dan tangisannya tambah kenceng...
Polisi bingung:"kenapa?"
"Coba kalau uangku ga hilang...aku sekarang punya 300rubel".

Demikian...banyak nikmat yg Allah berikan...dan mungkin sbg pengganti yg hilang itu...tapi fikiran dan hati kita masih dimasa lalu.
Memang bicara tidak mudah...saya juga mengalaminya....teman dekat...tapi...memaafkan lebih baik...kita baru jutaan...orang lain milyaran...dan jadi pelajaran kedepan...memang pahit...tapi akan berbuah manis insya Allah.

5. Tary ODOJ: Ng0m0ngin makanan gimana dengan bacang ya, ana sering di kasih manajer yg 0rang cina tp natalan, ktnya sich daging ayam

Jawab: Tary dan iis...makanan dari nonis boleh kita makan kalau yakin halal. Kalau ga yakin....misalnya tuh orang suka banget daging b1 atau b2...khawatir lemak lemaknya tercecer pada makanan yg lain...atau peralatan masaknya tercemar minyak minyam itu....sebaiknya tidak dimakan...kecuali Anda memang benar benar kelaparan.

6. Siti Rosadah: Pak Ustadz, Hukumnya Rum apa? soalnya klu makan kue Sus ada rum nya.

Jawab: Bu Erlina dan Siti: ada rum yg halal....karena itu untuk aroma aja biasanya...tapi rum yg asli biasanya kue kue luar negri atau roti buatan kayak holland gitu katanya ga ada label halalnya karena asli beralkohol.

7. Ummu Hafsah ODOJ: Sy brtahun2 memulai tp yg plng susah justru ibu bpk sendiri.Stiap natalan slalu brperan aktif di rumah sodara yg nasrani.pdhl ortu sdh bbrp kali umroh, kami anak2nya beayai tp trnyata blm signifikan hasilnya ustadz
Besok akhir bulan brngkat umroh lg tp pas natalan tetap saja dtng.masangin lampu natal,masakin,dsb.alasannya haji2 aja pada dtng.pdhl kami anak2nya smua gk ada yg mau trlibat.dulu maksain kami dan baru brhenti maksa stlh kami mnikah dan msng2 jauh dr rumah

Jawab; Bunda Wiji tetaplah berbuat baik. Doakan mereka senantiasa.


TANYA JAWAB HA20

1. Tanya: Ustadz, maaf mau tanya, td disebutkan setan adalah musuh yg paling berbahaya bg manusia, bgm cara kita mengenali setan yg berwujud jin dan setan yg berwujud manusia?

Jawab: minimal kita kudu tau tipu dayanya...karena memang kita ga bisa melihat setan jin....
Lihat alfalaq dan annas ya bunda...
Kalau setan manusia adalah manusia yg benci islam, munafik, kafir dan nonis. Itu termasuk setan.
Surat an-nas:
Setan adalah yg membisikan kejahatan dlm hati manusia bisa jin bisa manusia

2. Tanya: Ustadz.. bagaimana dg org2 dipedalaman itu ustd.? Yg ga pernah tau islam.. yg ga pernah tau alquran..  bagaimana mrk dimata Allah ustadz?

Jawab: Bunda Titis, mereka tugas kita berdakwah jika kita bisa. jika sampe wafatnya tidak terkena dakwah Islam...maka nasib mereka di akhirat itu terserah Allah...yg kita fikirin adalah nasib kita yg udah kenal Islam, Allah dan Rosul toh?

3. Tanya: skarang banyk crita kl genderuwo suka nyamar jadi suami kita dan brusaha menggaulinya si istri... Ini gmn ust supaya tdk trjebak sama genderuwo... Jadi mrinding

Jawab: Jangan suka percaya gosip dan curiga...ga bagus buat fikiran kita...

4. Tanya: mf kluar tema. Bolehkah kita sholat dgn trgesa2 krn nyuri waktu bt sholat.
Maklum ngikut orang uztad... Jd waktuny nyuri2 takut ketahuan

Jawab:  Bunda Alan yg baik...waktu milik Allah...ga perlu dicuri...gunakan saja 5 sampe 10 menit toh...jadi sholatnya biasa aja.
Semoga Bunda Allan Allah berikan yg lebih baik lagi dlm hal waktu...dan keberkahan hidup.

5. Tanya: ustadz, di mana tempat2 yg di sukai syetan

Jawab: ditempat kotor dan busuk....tempat sampah dan wc..kebun dan hutan...danau dan laut...padang pasir dan tempat lembab dan sunyi sepi tanpa manusia...rumah yg tidak dibacakan alquran.

6. Tanya: biasanya syetan paling banyak ada di mana ustazd... karena saya takut kalau lewat makam heee...

Jawab: makam kan ga ada orang....tapi saya ga tau yg banyak dimana...saya ga satu genk sama mereka...mungkin ditempat dugem kali ya?
Kalau lewat makam jangan takut...orang nanti kita juga jadi penghuninya...baca dzikir aja.

7. Ustadz ... adakah amalan khusus saat kita masuk rumah dari bepergian jauh ... biar g' di ikuti syetan/jin.....

Jawab: minimal baca bismillah

8. Tanya: uztd ini kan ada amal zahriyah dan ada juga dosa zahriyah bs dijelaskan dosa zahriyah itu seperti apa. Apakah karn syetan juga
Jawab: sebelum beramal atau berdosa...opsi ada dikita...jadi setan cuman bisikin doang...kita yang milih...jadi...pilihlah pilihan yg terbaik...bukan tirai 1 atau tirai 2...amal itu surga...dosa itu neraka.

9. Tanya: Bagaimana caranya mengajak mertua yg notabene pemikiran kolot banget,mklm mungkin di kampung dulunya nggk prnah belajar agama.jd g prnah sholat puasa apalgi baca qur'an....dan punya pemikiran yg penting baik sm org itu udah cukup.bagaimana caranya sy menyadarkannya ustadz....secara sy jg masih fakir ilmu masih bnyk belajar....jazakalloh

Jawab: memang kepada ortu sebisa mungkin kita terus dukung kebaikan kebaikan pemikirannya...dan perbanyak kontribusi jika ada....perhatian dan kasih sayang amat penting buat mereka...bicara yg baik.

10. Tanya: Ustadz, Di tmpatku lagi rame ada tuyul katanya.. ada bbrapa org yg uang nya hilang trus..
Betul ngg sih si tuyul emng tukang nyopet?
Klo bener cara nangkap nya gmn stadz??

Jawab: Bu Deu; jangan terlalu dipercaya...keep calm...ga usah latah....emang ada jin yg suka mencuri...tapi bukan duit...di zaman Rosul ada jin yg mencuri kurma zakat. Kalau tuyul ini kan belum jelas. Kalau dia bisa nyuri duit...berarti dia juga bisa jajan ya?
Tuyul itu jangan ditakutin...kenafah? Karena belum pernah ketemu toh?...lah kata gosip sih gundul nan ingusan...itu baru katanya...siapa tau pas ketemu ibu...ternyata tuyul itu mirip Andy Lau?...

11. Tanya: Ustadz setan kan tinggalnya di rumah2 kosong...seandainya kita mo pindah rumah yg sudah lama kosong, apakah harus di bacakan do'a dulu agar setan itu pergi misalnya selametan..

Jawab: Bunda Teni: cukup bacakan surat albaqoroh...ketika akan pindah rumah...mengundang tetangga juga boleh...biar jadi kenal.

12. Tanya: Uztd adakah amalan spesial bt meredakan rasa marah.../ buat hati seseorang luluh

Jawab: hati itu urusan Allah...bukan urusan kita...doakan aja.
Kalau meredakan marah memang harus mengendalikan fikiran dan memperbesar rasa syukur.

13. Tanya: ustd ada tetangg nih hamil 7bln tp tiba2 bayi dlm kandunganny hilang perut jd kempis pdhl blm mlahirkan.. Ini kerja,anny syetan apa dr Allah
Jawab:  bayi hilang bisa jadi kerjaan jin...saya pernah ketemu dg pasien spt itu...suami istri coba lah di ruqyah.

14. Tanya: Tetangga sy aneh lagi ustadz.. hamil 2 minggu doang lgs keluar bayi perempuan tp makannya buanyak . Sebelumnya mimpi ketemu wanita cantik katanya.. kebesaran Allah kah itu ust? Untung udah punya suami..hehehe..

Jawab: kadang secara medis ada wanita yg hamil ga kelihatan buncit atau bahkan masih haid.
Allah Maha Kuasa.

15. Tanya: Keponakan sya umur 2thn sering nangis sampai jerit2... di gendong , d diemin jg g diem2...trus akhirnya di ajak pulang kerumah sya ( kbtulN rumh nya b'hdpan)baru bisa diam.
Katanya orang pintar ada makhluh halus yg menalut2i keponakn sya td ...
Apakah hal sprt itu benar ustadz... dan adkah amalan khusus buat anak kecil biar g di ganggu makhluk2 halus.

Jawab: Bu Nana: coba bacakan alfatihah 7x tiupkan ke air...buat minum anak itu.
Sering diusap atau pijat bayi...usahakan tidak gerah dan gatal...buat bayi merasa nyaman.
Amalannya: bacakan ayatkursi pada tapak tangan ayah...usapkan ke bayi sari kepala sampe kaki.

16. Tanya: Tujuan rukiah it apa uzt...
Apakah yg dirukish ampek kesurupan tandanya ada jinnya.

Jawab: Bunda Allan yg baik...kalau ada gangguan jin memang kadang ada yg sampe kesurupan....kalau ga ada mah biasa aja.

17. Tanya: Pak ustad, saya pernh mmbaca sedikit kisah nabi yohanes jika saya cocokkan dg kisah nabi yahya Alihissalam, ada kemiripan, apakah berarti nabi yohanes itu nabi yahya Alaihissalam?

Kedua : di kisah surah yassin, apakah itu kisah nabi yassin untuk romawi?

Ketiga : bagaimana ttg umat sebelom nabi muhammad yg belom mengimani nabi muhammad dan Al quran, tp mengimani agama tauhid, terimakasih pak ustad, klo ada sekalian dalilnya ntar bisa saya catet, hehe, terimakasih?

Jawab:
1. Nabi nabi itu memang bisa jadi nabi yg sama...beda nama karena bahasa....yahya=yohanes...abraham=ibrahim solomon=sulaiman yitzak=ishak yesmael=ismail, noah, moses, yosef dsbnya.

2. Bukan. Itu kisah utusan nabi Isa (wallahu'alam)  banyak versi.

3. Kalau mereka beriman kpd Allah...insyaAllah masuk surga.
Dalil cari sendiri.

18. cara meruqyah diri sendiri itu gimana ustadz?surat apa aja yg harus di baca

Jawab:  dapet..dengerin mp3 ruqyah aja...silahkan unduh di www.tvquran.com

19. Tanya: Bagaimana cara agar doa yang kita panjatkan bisa "berkualitas "ustadz?

Jawab: Rasakan bahwa ita butuh banget kepada Allah...rasakan nikmat yg udah didapat...banyakin istighfar...berdoa dg hati yg suci.

20. Tanya: .rukyah itu utk pengobatan apa sj ya ustadz?

Jawab: untuk penyakit lahir batin.

21. Tanya: Tanya lagi ustadz...jika berdzikir dengan bilangan tertentu apakah sudah sesuai dg syariat islam?

Jawab: kalau ada hadits yg menganjurkan boleh...jika tidak...maka sebaiknya tidak dilakukan. Misal baca yasin 40x...ga ada haditsnya...
Iya ...ga boleh...jika ga ada perintahnya...apalagi diyakini untuk hal hal tertentu...
Kalau baca al ikhlas 3x sebelum tidur...ada perintahnya.

22. Tanya: Ustad doa qunut itu wajib dbca tidak untk sholat subuh.

Jawab: tidak.

Saya pamit...
Mohon maaf jika ada yg kurang berkenan...maka perkenankanlah.

Kepada yg muda saya mohon maaf lahir duluan.

Kepada yg sepuh mohon maaf lahir belakangan.

Kepada semua mohon maaf lahir bathin ya


Doa penutup majlis

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaaha illa anta astaghfiruka wa'atubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.” 
(HR. Tirmidzi, Shahih). 


Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT