Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

Kehamilan Ektopik

Kajian Online WA Hamba  اللَّهِ SWT 25 UMI


Hari tanggal : Selasa, 23 Desember 2014
Narasumber : dr. Apri
Judul Kajian : Kehamilan Ektopik
No. Grup : 25
Nama Notulen : Puji Maulani Lestari
Bismillah...
Assalaamu'alykum warohmatullaahi wabarokaatuh..
Apa kabar semangat mengkajinya umi ? Ayo jangan patah semangat untuk mengkaji, karena menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim. Berikut materinya:

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ ،َأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.، أَمَّا بَعْدُ

Selamat siang bunda sholihah, apakabarnya hari ini? Mudah2an slalu dalam lindungan serta nikmat iman dan islam ya bundaa..bunda, anak adalah anugrah terindah yg Allah karuniakan untuk hambanya..sebagaimana dalam suatu hadist dikatakan:
بسم الله الرحمن الرحيم
عَنْ مَعْقِلِ بْنِ يَسَارٍ المزني رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِىِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ: إِنِّي أَصَبْتُ امْرَأَةً ذَاتَ حَسَبٍ وَجَمَالٍ وَإِنَّهَا لاَ تَلِدُ، أَفَأَتَزَوَّجُهَا؟ قَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: « لاَ ». ثُمَّ أَتَاهُ الثَّانِيَةَ فَنَهَاهُ، ثُمَّ أَتَاهُ الثَّالِثَةَ فَقَالَ: « تَزَوَّجُوا الْوَدُودَ الْوَلُودَ، فَإِنِّى مُكَاثِرٌ بِكُمُ الأُمَمَ »، وفي رواية: « إِنِّى مُكَاثِرٌ الأَنْبِيَاءَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ » رواه أبو داود والنسائي والحاكم وغيرهم
Dari Ma’qil bin Yasar al-Muzani radhiallahu ‘anhu dia berkata: Seorang lelaki pernah datang (menemui) Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan berkata: Sesungguhnya aku mendapatkan seorang perempuan yang memiliki kecantikan dan (berasal dari) keturunan yang terhormat, akan tetapi dia tidak bisa punya anak (mandul), apakah aku (boleh) menikahinya? Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Tidak (boleh)”, kemudian lelaki itu datang (dan bertanya lagi) untuk kedua kalinya, maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kembali melarangnya, kemudian lelaki itu datang (dan bertanya lagi) untuk ketiga kalinya, maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Nikahilah perempuan yang penyayang dan subur (banyak anak), karena sesungguhnya aku akan membanggakan (banyaknya jumlah kalian) dihadapan umat-umat lain – dalam riwayat lain: para Nabi ‘alaihimussalam – (pada hari kiamat nanti)”
Hadits ini menunjukkan dianjurkannya memperbanyak keturunan, yang ini termasuk tujuan utama pernikahan, dan dianjurkannya menikahi perempuan yang subur untuk tujuan tersebut[3]. Cukuplah hadits ini sebagai keutamaan bagi orang yang memperbanyak keturunannya dengan cara yang halal, karena dengan itu berarti dia berusaha untuk mewujudkan sesuatu yang diinginkan dan dibanggakan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Beberapa faidah penting yang dapat kita petik dari hadits ini:
- Yang dimaksud dengan keturunan dalam hadits ini adalah keturunan yang shaleh dan diberkahi oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala, sebagaimana dalam doa Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa sallam untuk kebaikan shahabat beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam yang mulia, Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu. Anas radhiallahu ‘anhu berkata: Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun berdoa (meminta kepada Allah) segala kebaikan untukku, dan doa kebaikan untukku yang terakhir beliau ucapkan: “Ya Allah, perbanyaklah harta dan keturunannya, serta berkahilah apa yang Engkau berikan kepadanya”. Anas berkata: Demi Allah, sungguh aku memiliki harta yang sangat banyak, dan sungguh anak dan cucuku saat ini (berjumlah) lebih dari seratus orang.
- Banyak anak bukan berarti banyak masalah, karena agama Islam tidak hanya menganjurkan memperbanyak keturunan, tapi juga menekankan kewajiban untuk mendidik keturunan dengan pendidikan yang bersumber dari petunjuk Allah ‘Azza wa Jalla dan Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
{يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَاراً وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ}
“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu” (QS at-Tahriim:6).
- Bagi seorang perempuan yang masih gadis, kesuburannya diketahui dengan melihat keadaan keluarga (ibu dan saudara perempuan) atau kerabatnya.
- Hadits ini dan hadits-hadits lain yang semakna dengannya merupakan argumentasi yang menunjukkan tercela perbuatan membatasi keturunan tanpa alasan yang dibenarkan dalam syariat, sebagaimana keterangan para ulama Ahlus sunnah, seperti syaikh Bin Baz, Shaleh al-Fauzan, Muhammad bin Shaleh al-’Utsaimin dan lain-lain.
Bunda sholihah, banyak sekali masalah2 dalam kehamilan, kali ini saya akan sedikit mengulas mengenai Kehamilan Ektopik..
Tafadol bunda2 sholihah disimak
Kehamilan Ektopik (Kehamilan diluar kandungan)


Apa itu Kehamilan Ektopik?
Kehamilan yang normal dimulai pada saat sel telur yang telah dibuahi menempel pada dinding rahim ibu. Pada kehamilan ektopik sel telur ini tidak melekat pada rahim, namum pada bagian tubuh lain, seperti pada saluran telur (yang sering terjadi), leher rahim, dalam rongga perut atau indung telur (ovarium). Kehamilan ektopik biasanya tidak bisa berlangsung secara normal, jika tidak segera ditangani dapat membahayakan ibu karena pertumbuhan sel telur akan merusak struktur jaringan tempatnya melekat, sehingga dapat timbul perdarahan yang masif dan mengancam nyawa ibu.
Faktor resiko penyebab Kehamilan Ektopik
Penyebab kehamilan ektopik sampai sekarang masih merupakan misteri dan dapat terjadi pada semua wanita. Namun ada beberapa faktor resiko yang perlu diketahui dan menyebabkan beberapa wanita lebih beresiko mengalami kehamilan ektopik:
Kehamilan diatas 35 tahun.Pernah mengalami kehamilan ektopik sebelumnya.Ada riwayat melakukan pembedahan di daerah tuba falopi, karena jaringan parut yang timbul pasca bedah dapat menghambat masuk nya sel telur ke rahim.Ada riwayat penyakit menular seksual (PMS).Penggunaan obat-obat fertilitas.Pengunaan alat kontasepsi dalam Rahim (AKDR) yang baik dapat mencegah kehamilan , namun jika terjadi kehamilan dapat timbul di luar Rahim.Kelainan kongenital yang menyebabkan struktur tuba falopi yang berbentuk tidak seperti normal.
Apa gejala-gejala kehamilan ektopik?
Gejala-gejala yang patut diwaspadai adalah:
perdarahan vagina.menstruasi yang terganggu.nyeri yang tajam atau difus pada bagian abdomen.nyeri pada satu bagian badan.hipotensi (tekanan darah di bawah normal).perasaan penekanan pada rektum.dapat juga bermanifestasi seperti kehamilan normal yaitu gejala mual, muntah, nyeri pinggang.
Bagaimana kehamilan ektopik didiagnosa?
Diagnosis pada kehamilan ektopik dapat dilakukan dengan pemeriksaan palpasi pada rongga pelvis dan mengukur kadar hormon kehamilan hCG (human chorionic gonadotopin) untuk memastikan kehamilan. Namun standar baku untuk menegakkan diagnosis adalah dengan melakukan ultrasonografi (USG).
Apa yang harus dilakukan bila kehamilan dinyatakan sebagai kehamilan ektopik?
Penatalaksanaan pada pasien dengan kondisi kehamilan ektopik harus dilakukan sedini mungkin karena dapat mengancam nyawa ibu. Karena biasanya kehamilan tidak dapat berlangsung sampai kelahiran, maka umumnya akan diberikan terapi farmakologis untuk memberhentikan kehamilan. Apabila telah terjadi ruptur uteri/robekan rahim, operasi harus dilakukan segera.
Karena banyak komplikasi yang dapat timbul dari kehamilan ektopik hingga menimbulkan kematian, waspadalah dan segeralah temui dokter Anda jika terjadi perdarahan abnormal dari vagina atau abdomen terasa sangat nyeri.
Apakah kehamilan ektopik bisa dicegah?
Seperti disebutkan diatas, penyebab kehamilan ektopik hingga ini belum diketahui pasti. Untuk itu sangat sulit untuk dicegah. Namun ada beberapa langkah-langkah yang bisa dilakukan:
Stop merokok.Hindari berhubungan dengan banyak pasangan yang akan menyebabkan timbulnya penyakit menular seksual.Hindari kehamilan pada usia lanjut.Konsultasikan kehamilan dengan dokter bila ada riwayat kehamilan ektopik sebelumnya.

Pertanyaan dan Jawaban mengenai materi:
Tanya: Bun, kalau suntik ovulasi itu seperti apa ya?
Jawab: suntik ovulasi atau induksi ovulasi adalah Terapi kesuburan, salah satunya dengan stimulasi ovulasi, dilakukan pada keadaan di mana ovulasi tidak terjadi. Terapi ini menggunakan tabletklomifen sitrat, penghambat aromatase atau injeksi preparat gonadotropin. Tujuannya, mempercepat proses pematangan atau ovulasi sel telur dan menurunkan ambang produksi sel telur sehingga tubuh bisa memroduksi bukan hanya 1, tapi 2-3 sel telur yang normal. Dengan demikian, peluang untuk dapat dibuahi oleh sel sperma menjadi lebih besar.
Tanya: umi apri kalau minum asam folat gapapa kan yah?  ada efek sampingnm berbahaya gak? kemaren beli di apotik
Jawab: Engga p2 bund,sebenarnya asam folat itu kandungannya larut dalam air. Asam folat  adalah sejenis vitamin B, yang penting dalam pembentukan sel-sel baru dan perawatan sel. Khususnya dalam kehamilan, karena pada masa itu terjadi pertumbuhan sel-sel baru dengan sangat pesat.
 
Asam folat perlu diberikan mulai empat bulan sebelum kehamilan. Ini didasarkan pada kenyataan bahwa banyak wanita tidak tahu pasti kapan dirinya akan hamil.
Manfaatnya dalam Kehamilan
Asam folat sangat penting terutama pada masa-masa awal kehamilan, karena pada masa itu sistem saraf bayi sedang terbentuk. Asam folat akan mencegah terjadinya cacat bawaan seperti cacat tabung syaraf (Neural Tube Defects), spina bifida, anenchepaly.
Kekurangan konsumsi asam folat bisa berdampak lahirnya bayi-bayi cacat yang sudah terbentuk sejak dua sampai empat minggu kehamilan. Cacat ini sudah muncul bahkan sebelum si ibu menyadari dirinya hamil.
Sangat dianjurkan bagi wanita hamil untuk mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang, kaya asam folat, dan jika perlu minum pil suplemen asam folat secara teratur, bahkan semenjak sebelum hamil dalam masa persiapan kehamilannya.
Konsumsi Asam Folat
Departemen Kesehatan AS, US Department of Health and Human Services, merekomendasikan asupan asam folat sebesar 400 mikrogram per hari bagi semua wanita. Sementara itu, bagi wanita hamil, kebutuhannya semakin tinggi lagi. Ibu yang pernah melahirkan bayi cacat harus mengonsumsi asam folat minimal 1-4 miligram per hari atau 10 kali dosis normal.
Berdasarkan standar internasional, ibu hamil membutuhkan sekitar 600 mikrogram asam Folat per hari atau 50 persen lebih banyak dibandingkan wanita yang tidak hamil. Namun 80 persen asam Folat hilang selama proses pemasakan.
Folat tergolong vitamin B yang larut dalam air dan cepat rusak bila terpapar panas. Jadi, untuk mengonsumsinya, dianjurkan tak memasak lebih lama atau menyeduhnya dengan air panas. Ketika mengonsumsi asam folat sebaiknya disertai dengan asupan vitamin C, B12, atau B6 untuk mengoptimalkan penyerapannya dalam tubuh[2].
Kelebihan asam folat tidak menimbulkan efek samping karena zat ini larut dalam air.
Tanya: Bu dokter.. kebetulan sy sdg program hamil.. klo mau beli pil asam folat emg ada dijual di apotek y.. klo ada apa namanya dok..
Jawab: Ada bund, banyak macamnya..
Ada folaxin, ada folamil dan masih banyak merek2 lain bund,,
Tanya: bu dokter, apakh suntik ovulasi itu bagian dari program bayi tabung atau inseminasi?
Jawab: Inseminasi dengan bayi tabung berbeda ya bund..
INSEMINASI
Mendapatkan buah hati merupakan hal yang diidamkan oleh hampir semua pasangan. Namun tak semua orang yang sudah menikah mendapatkan buah hati dengan mudah. Banyak yang harus melalui berbagai proses dan metode medis sebagai usaha untuk menghadirkan sang buah hati. Salah satu caranya dengan proses inseminasi yang kerap dipilih oleh banyak pasangan.
Inseminasi adalah salah satu teknik untuk membantu proses reproduksi dengan cara menyemprotkan sperma yang telah dipreparasi (diproses) ke dalam rahim menggunakan kateter dengan tujuan membantu sperma menuju telur yang telah matang (ovulasi) sehingga terjadi pembuahan.
Berbeda dengan bayi tabung, proses pembuahan pada teknik inseminasi terjadi di saluran telur. Biasanya teknik ini ditujukan untuk membantu problem infertilitas seperti jumlah sperma yang sedikit atau bentuk rahim yang susah dijangkau oleh sperma dalam perjalanannya menuju telur.
PROSEDUR
Untuk mendapatkan sperma, pria (suami) dapat bermasturbasi ke dalam penampung khusus yang steril, dan diserahkan tidak lebih dari 1 jam dari waktu pengeluaran. Hal ini dapat dilakukan di rumah pasangan atau di rumah sakit.
Inseminasi dijadwalkan di sekitar waktu ovulasi, karena salah satu faktor keberhasilan inseminasi adalah bila dilakukan sedekat mungkin dengan waktu ovulasi. Waktu ovulasi diperkirakan berdasarkan alat deteksi ovulasi kartuSBB, atau dengan injeksi HCG (Human Chorionic Gonadothropine) untuk maturasi akhir dan pemecahan folikel (kantung sel telur). Inseminasi biasanya dilakukan sekali atau dua kali sebulan tergantung dari siklus menstruasi.
Prosedur inseminasi cukup sederhana dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Wanita berbaring pada meja periksa dan dokter akan memasukkan speculum ke dalam vagina. Semen yang telah diproses (‘dicuci’) di laboratorium akan dimasukkan ke dalam rongga uterus dengan menggunakan kateter lembut plastic steril.  Bila wanita mengalami ovulasi yang tidak teratur, dokter akan meresepkan obat-obat untuk merangsang (induksi) ovulasi.  Inseminasi biasanya dilakukan dengan bersama-sama dengan induksi ovulasi untuk meningkatkan kemungkinan fertilisasi.
Pelayanan ini telah tersedia di RS Medistra, beberapa Dokter ahli seperti Dr. Gede Widi Mariada, SpOG menangani kasus-kasus ini yang berkaitan dengan infertilitas di RS Medistra. Konsultasikan segera masalah anda deng
Suntik ovulasi bagian dari inseminasi bund
Tanya: bu dokter..makanan apa saja yg mengandung asam folat tinggi?
makasih bu dok...
Jawab: Jeruk,pisang, sayuran hijau, brokoli, tomat, apel merah, wortel
Tanya: Mau tanya juga ni.teman saya selama 7 thn menikah blm dikaruniai anak.3 x keguguran,kata doktr sudah dicek aman,hanya prlu istirahat.ini dia mau program hamil lg dgn dibantu obat herbal.bisa gak dibarengi jg dgn mgknsumsi asam folat?
Jawab: Bisa bunda, bagus malah, dibatasi 4jam ya antara minum herbal dan asam folat berbentuk obat
Baiklah bunda kajian hari ini kita cukupkan sekian. Dan kita tutup dengan membaca istighfar 3x dan hamdallah.
Serta dengan
Doa Kafaratul Majelis :
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika 

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”.                              

​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ