KEPUTIHAN pada WANITA

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, December 23, 2014

Kajian Online WA/TG Hamba اَللّه SWT Bunda 31
Hari, tanggal :  SELASA, 23 desember 2014
Narasumber :   Bunda Ratih
Judul Kajian :   KEPUTIHAN pada WANITA
Admin.   :  Umi Eva
Notulen :  Dewi Nur A

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
بسم الله الرحمن الرحيم
الحمدلله والصلاة والسلام على رسول الله و على اله و صحبه و من اتبع الهدى، و بعد
Materi ttg keputihan/flour albus(nama medisnya)
Keputihan atau  merupakn sekresi vaginal pada wanita. Keputihan pada dasarnya dapat digolongkan menjadi dua golongan yaitu keputihan normal (fisiologis) dan keputihan abnormal (patologis). keputihan fisiologis adalah keputihan yang biasanya terjadi setiap bulannya, biasanya muncul menjelang menstruasi atau sesudah menstruasi ataupun masa subur. Keputihan patologis dapat disebabkan oleh infeksi biasanya disertai dengan rasa gatal di dalam vagina dan di sekitar bibir vagina bagian luar. Yang sering menimbulkan keputihan ini antara lain bakteri, virus, jamur atau jugaparasit. Infeksi ini dapat menjalar dan menimbulkan peradangan ke saluran kencing, sehingga menimbulkan rasa pedih saat si penderita buang air kecil.
Leukorea berasal dari:
1. Vulva.
2. Vagina
3. Servik
4. Korpus uteri.
5. Tuba.
Keputihan normal (fisiologis), sebenarnya tidak berwarna putih dan tidak cocok disebut keputihan, banyak dipengaruhi oleh sistem hormonal, sehingga banyak sedikitnya sekret/cairan vagina sangat bergantung pada siklus bulanan dan stress yang juga dapat mempengaruhi siklus bulanan itu sendiri.
Cairan sekresi berwarna bening, tidak lengket dan encer.Tidak mengeluarkan bau yang menyengat.Gejala ini merupakan proses normal sebelum atau sesudah haid dan tanda masa subur pada wanita tertentu.Pada bayi perempuan yang baru lahir, dalam waktu satu hingga sepuluh hari, dari vaginanya dapat keluar cairan akibat pengaruh hormon yang dihasilkan olehplasenta atau uri.Gadis muda kadang-kadang juga mengalami keputihan sesaat sebelum masa pubertas, biasanya gejala ini akan hilang dengan sendirinya.Biasanya keputihan yang normal tidak disertai dengan rasa gatal. Keputihan juga dapat dialami oleh wanita yang terlalu lelah atau yang daya tahan tubuhnya lemah. Sebagian besar cairan tersebut berasal dari leher rahim, walaupun ada yang berasal dari vagina yang terinfeksi, atau alat kelamin luar.Pada wanita hamil keputihan lebih sering timbul, karena pada ssat wanita hamil, maka kekebaln tubuhnya akan menurun.Pada waktu menopause dimana keseimbangan hormonalnya terganggu.Pada orang tua dimana kekebalan tubuhnya sudah menurun dapat pula timbul Keputihan
Keputihan abnormal (patologis)
Keluarnya cairan berwarna putih pekat, putih kekuningan, putih kehijauan atau putih kelabu dari saluran vagina. Cairan ini dapat encer atau kental, lengket dan kadang-kadang berbusa.cairan ini mengeluarkan bau yang menyengat.Pada penderita tertentu, terdapat rasa gatal yang menyertainya serta dapat mengakibatkan iritasi pada vagina.Merupakan salah satu ciri-ciri penyakit infeksi vagina yang berbahaya seperti HIV, Herpes, Candyloma.
Penyebab keputihan secara umum adalah:
1. Ketidakseimbangan hormon
2. Gejala suatu penyakit tertentu
3. Rusaknya keseimbangan biologis dan keasaman (ph) lingkungan vagina.
4. Sering memakai tissue saat membasuh bagian kewanitaan, sehabis buang air kecil maupun buang air besar
5. Memakai pakaian dalam yang ketat dari bahan sintetis (bukan katun), sehingga berkeringat dan memudahkan timbulnya jamur
6. Tidak mengganti panty liner
7. Membilas vagina dari arah yang salah, yaitu dari arah anus ke arah depan vagina
8. Sering bertukar celana dalam/handuk dengan orang lain
9. Kurang menjaga kebersihan vagina
10. Tidak segera mengganti pembalut saat menstruasi
11. Sering membasuh vagina, yang harus dibsuh adalah vulva (bagian yang menggembung) dan bukan vaginanya
12. Tidak mejalani pola hidup sehat (makan tidak teratur, tidak pernah olah raga, tidur kurang)
13. Sering mandi berendam dengan air hangat dan panas.
14. Jamur yang menyebabkan keputihan lebih mungkin tumbuh di kondisi hangat.
15. Sering berganti pasangan dalam berhubungan sexKadar gula darah tinggi
Sedangkan dengan memperhatikan cairan yang keluar, kadang-kadang dapat diketahui penyebab keputihan.
Infeksi kencing nanah, misalnya, menghasilkan cairan kental, bernanah dan berwarna kuning kehijauan.Keputihan yang disertai bau busuk dapat disebabkan oleh kankerKeputihan akibat jamur Candida albicans, Keputihan jenis ini memiliki ciri-ciri warna putih seperti susu,cairan kental,  bau tak sedap dan sangat gatal, terkadang dapat menimbulkan radang pada vagina sehingga kelihatan kemerahan.Keputihan akibat bakteri Vaginosis atau Gardnerella, Keputihan jenis ini memiliki ciri-ciri warna abu-abu, tidak terlalu kental,  cairan berbuih, mengeluarkan bau yang amis, dan gatal yang mengganggu.Keputihan akibat parasit Trichomonas vaginalis, Keputihan jenis ini memiliki ciri-ciri warna kehijauan atau kuning,  cairan berbuih dan bau amis, tidak menimbulkan gatal, tetapi saat ditekan, vagina akan terasa sakit. keputihan ini dapat ditularkan melalu hubungan seks yang tidak sehat, perlengkapan kamar mandi atau kloset.Keputihan akibat virus, Keputihan jenis ini dapat diakibatkan oleh virus, HIV, Herpes atau Candyloma. keputihan yang diakibatkan oleh jenis ini dapat memicu kanker rahim, pada keputihan herpes biasanya disertai tanda-tanda herpes seperti luka yang melepuh, sedangkan pada keputihan candyloma disertai tanda-tanda candyloma berupa kutil-kutil yang tumbuh di vagina atau rahim. Penyakit herpes atau candyloma terkadang tidak terdeteksi secara dini, karena umumnya tanda-tandanya tidak mudah terlihat, karena muncul di dalam vagina.
Pengobatan
Seringkali keputihan sulit diobati, karena penyebab keputihan bermacam-macam dan bisa terinfeksi beberapa sekaligus yang pada umumnya adalah jamur, bakteri dan Pseudomonas sp. Oleh karena itu cara paling tepat adalah dengan melakukan Kultur dengan pengambilan sekret keputihan di Laboratorium Klinik, walaupun agak mahal dan memerlukan beberapa hari untuk mengetahui hasilnya, karena kuman-kuman tersebut harus dibiakkan terlebih dahulu, tetapi keuntungannya adalah dapat diketahuinya antibiotik yang tepat untuk mengobatinya, terutama untuk E.coli, Klebsiela sp dan Pseudomonas sp yang sering resiten terhadap beberapa jenis antibiotik tertentu. Perlu dicatat bahwa resistensi ini dapat berubah-ubah sejalan dengan waktu dan dapat berbeda resistensinya pada orang yang berlainan.
Kadang-kadang Keputihan dapat juga bersamaan dengan Infeksi saluran kemih, karena itu perlu dibedakan apakah hanya Keputihan saja atau keduanya. Jika sulit buang air kecil (BAK) atau terasa anyang-anyangan atau merasa ada air seni yang tertinggal atau merasa tidak tuntas BAKnya, maka ini adalah tanda kemungkinan terjadinya Infeksi saluran kemih. Jika juga disertai dengan adanya Keputihan, maka dapat langsung ke Dokter Spesialis Urologi (Dr XXX SpU) dan jika hanya Keputihan saja dapat ke Dokter Spesialis Kandungan (Dr YYY SpOG), ke Dokter Spesialis Penyakit Dalam (Dr ZZZ SpPD) atau ke Dokter Umum saja dengan membawa hasil Kultur, karena tanpa hasil Kultur, Dokter spesialis sekalipun akan mengobati penyakit dengan menebak-nebak ataupun akhirnya juga disuruh Kultur atau tidak tuntas pengobatannya, jadi hanya satu jenis infeksi saja yang disembuhkan, karena tidak ada antibiotik yang dapat mengobati semua jenis penyakit, termasuk yang broad spectrumsekalipun, apalagi adanya Resistensi. Kultur pada Laboratorium Klinik Bebas (bukan Laboratoriumnya Rumah Sakit) tidak memerlukan Surat Pengantar Dokter dan Laboratorium Klinik Bebas yang besar memiliki dokternya sendiri dan gratis untuk konsultasi, tidak dapat memberikan resep, tetapi dapat memberikan rujukan untuk Kultur dan yang lainnya.
Demikian kajian untk hari ini,semoga bermanfaat
Rekap pertanyaan :
1⃣. Ema
Ibu mertua saya sering mengeluhkan setiap bulan itu dibagian sekitar vagina sering mengalami gatal padahal beliau tidak keputihan dan beliau pun sudah menpouse,awalnya saya berpikir mungkin dari keringat tapi itu selalu terjadi gatal itu setiap bulannya seperti org haid.apa ya penyebab dari gatal itu?Dan yang saya tau beliau memakai kapas dicelana dalam agar noda seperti keputihan itu tidak langsung menempel ke celana,apa mungkin kapas itu pun mempengaruhi gatal tersebut?
Note:Ooo ya bunda kapas yang digunakan itu kapas untuk kecentikan soalnya saya yang suka beliau suruh untuk membelinya.Terima kasih bunda.
 jawab
Penyebab gatal pada daerah miss v bisa jdi krna kurang dijaga kebersihannya shg mnjdikan jamur atau bakteri(buat macam2bakteri silahkan dibaca dipenjelasan diatas ya,sdh ada penjelasannya)
Dan sran sya dijaga kebersihannya miss v..jgn pake kapas,yg ada malah menumbuhkan bakteri...bakteri atau jamur sng hidup dilembab...penjelasan penyebab dan penanggulanngannya sdh diatas bunda😊


2⃣. Tanti
1. Boleh tidak anak pr masih 5 thn pake pembersih wanita? Karna saya periksa celana dlmnya bau spt keputihan
2. Bahaya ngga ya membersihkan vagina bayi dgn tissue basah sehari2?
Jazakillah atas jawabannya bunda.
jawab
1. Jika keputihan masih normal tdk perlu diobati bun...jgnkan anak usia 5 tahun,byi yg baru lahir usia 1 hri sja bs keputihan...dan qt para nakes membiarkan jika kputihan tsb msh dlam batas normal,keputihan normal n abnormal ada juga penjelasannya diatas
2. Gpp bun...asal pake tisue basah khusus bayi,jika ragu mending pake kain halus dibasuh dg air hangat,lalu keringkat dg kain halus pula/tisue kering


3⃣ ummu Karima
🙋 tanya bunda... Ya,,              bismillah.... Smenjak hamil smpai kmudian mlahirkan sy slalu kputihan.ktika hamil agak kental brwarna putih kekuningan nah kl stelah mlahirkan warnanya jd brubah putih bening.. Sprti itu knpa ya?? Apa ada hubungannya dngn kb IUD sy bun?. Lalu bgaimn ktika akn mlaksanakan sholat? Dwajibkan ganti clana dlm jugakah? Syukron bunda.. 😊
jawab
. Klo saat hamil gpp bun,krna pengaruh hormon slma hamil...jika berwna agak kuning ditingkatkan kebersihannya ya bun,penyebabnya knpa bs sprti itu dibaca dibab penyebab keputihan dan pengobatannya jg ada dibab pengobatan bun...
Klo mau shalat tdk pake celana dlam rasanya gmn ya???😁😁😁
Jika akan shalat gnti celana dalam sja bun


4⃣ Umi Eva
Sy punya ponakan, perempuan usia 9 tahun kelas 4 SD bongsor dan gemuk/ndut, (ayah ibunya jg bongsor di keluarga) ponakan ini msh ngompol bila tidur malam.di celana dalam (krn ndut barangkali) jika stlh cd dicuci ada bekas kekuningan spt klo kita keputihan tdk langsung dicuci kan mbekas y bund. Apakah ini normal?
jawab
Ya bun klo tdk lsg dicuci akan membekas dan berubah wrna mnjdi kuning...dan melihat normalnya itu bukan saat clana dlam sdg dicuci bun,tpi sblm dicuci clna dlm tsb...la saat sblm dicuci itu brwrna apa??


5⃣ Mira
1.  Sebrpa sering qt mengganti pembalut ketika haid?
2.  Knp ya klo lg haid di vagina suka trasa gatal?
3.  Apakah aman/perlu menggunkan cairan pembersih vagina yg dijual jual bebas?krn bwt sy kadang membantu ketika vagina terasa gatal?
jawab
A. Sbrpa sering tergntung dri masing2wanita,jika sdh terasa tdk nyaman sgra ganti pembalut
B. Ya bun itu adlh akibat kurang kebersihan..apalgi saat haid yg keluar darah kotor n memakai pembalut,jdi lebih ditingkatkan lgi kebersihannya ya bun,ada penjelasannya dipengobatan
C. Disarankan ditingkatkan dlu kebersihannya bun,sering2ganti clna dlama,cara ceboknya jg yg bener,dll
Jika tdk bs pake godokan daun sirih ya bun..klo terpksa harus pake pembersih vagina saya srankan lactacyd wrna pink tu bun.


6⃣ Hanik
🙋bund tanya y... klo saat kehamilan pertama pernah kena candyloma apakan utk kehamilan selanjutnya bisa terkena lagi??
jawab
Candylomanya dmn bun???
Candylomanya diluar bund... awalnya keputihan putih pekat trus diobati dgn obat yg dimasukkan lewat vagina trus ada bintil kyk jerawat awal begitu ditarik lama2 tumbuh spt jenger ayam lalu dioperasi bund...
Buat condiloma itu bisa kambuh jika kondsi saat sblm trjdi condiloma itu trjdi lgi bun
Jdi dijaga2kndsinya apa penyebab trjdinya condiloma shg hal itu tdk trjdi lgi bun


7⃣ Eraresianti
Bunda sy mau tanya......sy mengalami keputihan..... terkadang itu berwarna bening.....tetapi terkadang berwarna putih kekuningan agak lengket tetapi tidak berbau dan gatal.... apakah ini termasuk abnormal?
jawab
Candylomanya diluar bund... awalnya keputihan putih pekat trus diobati dgn obat yg dimasukkan lewat vagina trus ada bintil kyk jerawat awal begitu ditarik lama2 tumbuh spt jenger ayam lalu dioperasi bund...


8⃣ Maharani
🙋 saya mau tanya
Setelah melahirkan putra kedua, tgl 20 mei lalu saya mengalami masa nifas selama 40 hari,,
Setelah seminggu bersih tetapi kok saya masih sering keluar cairan putih bening dan encer dari vagina sy,,
Yg mau saya tanyakan
 Apakah itu msh termasuk masa nifas ataukah keputihan ?
Terima kasih sebelumnya
jawab
8. Keputihan bun


9⃣ Ghinna
Jazakillahi sharing materinya.. Saya mau nanya, Kenapa sering memakai tissue saat membasuh bagian kewanitaan sehabis BAK & BAB dpt mnjd penyebab keputihan scra umum? Bukankah itu malah baik ya untuk supaya daerah kewanitaan tdk trlalu lembab?
jawab
Jgn terlalu sering memakai tisue basah bun,krna itu jg ada kadar alkoholnya wlau dikt,jdi pake air lalu tisu kering...atau jika dlam kndisi bener2terpaksa gpp pake tisue basah bun
Oh itu mksdny tisu kering ya bun?
Bunda Ratih kalau memakai cairan sabun resik V , lactacid khusus vagina??
Ya bun....saat dikamar mndi umum disiram dlu lalu posisi berdiri ya saat kencing,itu salah satu menjaga kebersihan daerah miss v
Rata2dokter SPOG dsni menyarankan lactacyd vagina btol berwna pink.


9. Rumi
Ustadzah...ana sdh pernh mngalami keputihn dg bermacam model, dr yg bening, pekat spt santn pecah, kekuningan, mnggumpal, jg ppernh mngalami infeksi saluran kemih, dr situ sy mnjlni perawatan, pap smear, alhamdulillah sembuh..cm skrg ni kepputihan sy biasa, putih tp setiap hr ada..apkh itu jg msh berbahaya..oh ya ana juga pernh keguguran 2x krn virus cmv apakh itu jg ada kaitanny dg kputihan sy..jazakillah khoir ats pnjlsanny..
jawab
CMV (Cytomegalovirus) merupakan keluarga virus herpes.Cytomegalovirus berkaitan dengan virus yang menyebabkan cacar air, herpes simpleks dan mononukleosis. Setelah Anda terinfeksi CMV, virus ini tetap tinggal di dalam tubuh Anda tetapi tidak selalu aktif. CMV adalah virus yang memiliki sifat oportunistik, karena baru akan menjadi aktif ketika kekebalan tubuh seseorang menurun. CMV berisiko pada orang dengan sistem kekebalan rendah, seperti penderita HIV/AIDS, pasien kemoterapi, bayi baru lahir, dan pasien transplantasi organ.
CMV dapat menular melalui paparan cairan tubuh, termasuk darah, urin, air liur, air susu ibu, air mata, air mani dan cairan vagina. Penularan virus ini dibawa oleh manusia dan tidak berkaitan dengan makanan, air maupun hewan.
Kebanyakan orang tidak mengetahui dirinya terserang CMV karena jarang menunjukkan gejala yang jelas. Pada orang dewasa sehat, CMV biasanya tidak menghasilkan gejala infeksi. Bila ada gejala, mungkin muncul sebagai pembengkakan ringan kelenjar getah bening, demam, dan kelelahan. Gejala terserang infeksiCytomegalovirus pada orang dengan kekebalan tubuh rendah, antara lain: penurunan daya penglihatan dan kebutaan, pneumonia, diare, luka atau pendarahan lambung, hepatitis, peradangan otak, kejang, bahkan koma. Saat reaktivasi, virus ini bisa menyerang ke organ tubuh lainnya. Saat reaktivasi, CMV dapat menyebabkan infeksi pada organ tubuh penderita, misalnya pneumonitis (paru), retinitis (retina), nefritis (ginjal), hepatitis (hati), myocarditis (jantung), gastritis (lambung), colitis (usus), dan encephalitis (otak).
Seperti infeksi virus herpes lainnya, CMV tidak dapat disembuhkan. Obat antivirus diberikan untuk memperlambat reproduksi virus, tetapi tidak bisa menghancurkannya. Saat ini, para peneliti sedang mempelajari obat baru dan vaksin untuk mengobati dan mencegah infeksi CMV.
Jdi virus cmv bukan krna keputihan,tpi krna virus lain
 Bnar ustadzah...jd gmn crny spy kekebalan tubuh sy ttp terjaga ya ..krn dg aktivitas sy yg sibuk, kmngkinan virus itu akn mnyerang tbuh sy, bgt kah ustadzah..
Vaksin n hidup yg sehat


11 friska
🙋 tanya bun,,,. Saya warnanya putih seperti santan pecah tp g bau,,,. Itu msh normal g ya?
Terima kasih😀
jawab
Masih normal bun... yg abnormal jika berwrna kyk susu basi


12⃣ghina
Bun apakah benar buah nanas bisa berpengaruh ke keputihan?
jawab
Nanas mengandung banyak sekali serat alami dan baik untuk melancarkan pencernaan manusia. Pencernaan yang lancar ini dapat membantu dalam melancarkan buang air besar ataupun juga diare. Vitamin C yang terkandung juga dapat membantu sembelit. Selain itu enzim protease yang terkandung pada nanas mampu mencerna protein dalam tubuh.
Buah nanas memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga sangat cocok bagi penderita flu ataupun demam untuk mengkonsumsi buah yang satu ini. Nanas mampu membantu melancarkan hambatan yang ada pada tenggorokan sehingga flu seperti batuk dapat cepat sembuh. Vitamin C yang terkandung juga dapat membantu memerangi virus yang menyebabkan flu.
Kesehatan pada gigi tentu harus terus dijaga, salah satunya dengan buah nanas yang kandungan vitamin C nya mampu membantu pencegahan plak pada gigi yang dapat menimbukan nyeri pada gusi gigi. Tentu juga harus diimbangi dengan perawatan kesehatan gigi lainnya seperti rajin menggosok gigi dan perawatan khusus lainnya . Baca  Juga: 
Nanas mampu mengobati masalah pada peradangan kulit seperti kulit yang mengelupas atau bersisik. Caranya cukup mudah yaitu hanya perlu menggunakan nanas yang telah diparut. Lalu tempelkan hasil parutan tersebut ke bagian kulit yang bermasalah. Tempelkan pada malam hari hingga pagi hari baru dapat dibersihkan dengan air bersih.
Selain dapat mengatasi permasalahan seperti pada peradangan kulit. Nanas juga dapat digunakan untuk menghaluskan kulit. Karena, kandungan air yang ada pada buah nanas dapat mengangkat sel kulit mati.
Kembung sendiri disebabkan oleh gas yang berlebihan pada suatu saluran pencernaan lambung dan usus. Buah nanas dapat mengatasi atau meredakan kembung pada perut dengan cukup mengkonsumsi jus buah nanas sebelum makan.
Para ahli dan pakar telah merekomendasikan untuk mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung enzim bromelain dan kalium untuk mengatasi asam urat. Kandungan tersebut bersifat diuretik yang mampu membantu mengatasi masalah asam urat. Tentu tidak mengonsumsi nanas terlalu matang,  karena dapat mengakibatkan kadar asam urat naik.
Kandungan senyawa Cystine dapat membantu menyuburkan dan menunda penuaan pada rambut. Senyawa cystine pada buah nanas ini dapat membantu dalam proses pembentukan kulit dan juga rambut. Dengan adanya senyawa cystine ini pula dapat memperlambat proses penuaan. Info selengkapnya baca di Cara alami mengatasi rambut rontok
Vitamin C yang terkandung sangat baik untuk mengatasi dan meredakan radang pada tenggorokkan. Saat ini memang banyak sekali cara untuk meredakan radang tenggorokan. Tapi tidak dengan cara dan bahan yang alami seperti dengan buah nanas ini. Cobalah konsumsi buah nanas dalam bentuk yang sudah diolah seperti jus.
Nanas mengandung kandungan asam amino yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Asam amino memang sudah terkenal ampuh untuk mengatasi rasa lelah atau lain sebagainya. Untuk itu rajin mengonsumsi buah nanas ini setiap hari akan dapat membantu tubuh lebih sehat dan bugar.
Buah Nanas mengandung kaya akan kalium yang sangat bermanfaat untuk penderita darah tinggi. Kandungan serat yang ada didalamnya pun sangat membantu untuk mencegah lemak terserap di dalam saluran pencernaan. Sangat cocok untuk dikonsumsi setiap hari untuk dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.
Buah nanas sangat cocok untuk menu program diet untuk menurunkan berat badan ideal. Kandungan enzim yang terdapat pada nanas ini mampu menyerap lemak pada pencernaan sehingga akan terbuang bersamaan dengan feses. Enzim tersebut bernama Proteiolitik. Selain itu, vitamin c juga dapat membantu dalam proses pembakaran lemak agar tidak menumpuk didalam tubuh.
Nanas juga dapat berperan sebagai perawatan untuk rambut. Salah satunya ialah mengatasi ketombe yang menggangu. Cara mengatasinya sangat mudah, hanya perlu menambahkan air perasan nanas yang telah ditambah dengan jeruk nipis yang bisa langusng diaplikasikan di kulit kepala yang berketombe.
Buah nanas sangat cocok untuk pria yang belum diberikan keturunan. Nanas dapat membantu meningkatkan kualitas sperma. Untuk itu, konsumsi nanas secara rutin dapat mengatasi permasalahan keturunan.
 Tdk ada istilah nanas menyebabkan keputihan...penyebab keputihan tdi sdh sya jelaskan diatas ya bunda ghina
Subhanallah semoga bermanfaat ya bunda
13.retno utami
Tanda2 ISK itu apa ya bun? Trs penyebabnya apa? Apakah mempengaruhi proses pembuahan jika terkena ISK (infeksi saluran kencing)
Penanganannya apa?
jawab
 Infeksi saluran kemih (ISK) adalah infeksi bakteri yang mengenai bagian dari saluran kemih. Ketika mengenai saluran kemih bawah dinamai sistitis (infeksi kandung kemih) sederhana, dan ketika mengenai saluran kemih atas dinamai pielonefritis(infeksi ginjal). Gejala dari saluran kemih bawah meliputi buang air kecil terasa sakit dan sering buang air kecil atau desakan untuk buang air kecil (atau keduanya), sementara gejala pielonefritis meliputidemam dan nyeri panggul di samping gejala ISK bawah. Pada orang lanjut usia dan anak kecil, gejalanya bisa jadi samar atau tidak spesifik. Kuman tersering penyebab kedua tipe tersebut adalahEscherichia coli, tetapi bakteri lain,virus, maupun jamur dapat menjadi penyebab meskipun jarang.
Infeksi saluran kemih lebih sering terjadi pada perempuan dibandingkan laki-laki, dengan separuh perempuan mengalami setidaknya satu kali infeksi selama hidupnya. Kekambuhan juga sering terjadi. Faktor risikonya antara anatomi perempuan, hubungan seksual, dan riwayat keluarga. Pielonefritis, bila terjadi, biasanya ditemukan setelah infeksi kandung kemih namun juga dapat diakibatkan oleh infeksi yang ditularkan melalui darah. Diagnosis pada perempuan muda yang sehat dapat didasarkan pada gejalanya saja. Pada orang dengan gejala yang samar, diagnosis mungkin sulit karena bakteri mungkin ditemukan tanpa menyebabkan infeksi. Pada kasus yang kompleks atau apabila pengobatan gagal,kultur urin mungkin dapat bermanfaat. Pada orang yang sering mengalami infeksi, antibiotik dosis rendah dapat dikonsumsi sebagai langkah pencegahan.
Dalam kasus yang tidak kompleks, infeksi saluran kemih mudah diobati dengan antibiotik jangka pendek, walaupunresistensi terhadap banyak antibiotik yang digunakan untuk mengobati kondisi ini cenderung meningkat. Dalam kasus yang kompleks, antibiotik dalam jangka waktu lebih panjang atau intravena mungkin diperlukan, dan bila gejala belum membaik dalam dua atau tiga hari, diperlukan pemeriksaan diagnostik lebih lanjut. Pada perempuan, infeksi saluran kemih adalah infeksi bakteri yang paling sering ditemukan, yaitu 10% mengalami infeksi saluran kemih setiap tahun.
: Infeksi saluran kemih bawah disebut juga infeksi kandung kemih. Gejala yang paling sering ditemukan adalah rasa terbakar ketika buang air kecil dan harus sering buang air kecil (atau desakan untuk buang air kecil) tanpa duh tubuh vagina dan rasa nyeri yang berat.[1] Gejala ini mungkin bervariasi dari ringan hingga berat[2] dan pada perempuan sehat berlangsung selama rata-rata enam hari.[3] Nyeri di atastulang kemaluan atau punggung bawahjuga mungkin muncul. Orang yang mengalami infeksi saluran kemih atas, atau pielonefritis, mungkin mengalami nyeri panggul, demam, atau mual danmundah di samping gejala klasik infeksi saluran kemih bawah.[2] Terkadang urin dapat tampak berdarah[4] atau mengandung piuria (nanah di urin) yang dapat terlihat.[5]
Pada anak
Pada anak, gejala infeksi saluran kemih (ISK) mungkin hanya demam. Karena gejala yang kurang jelas, ketika perempuan berusia kurang dari dua tahun atau laki-laki di kurang dari satu tahun yang belum disunat mengalami demam, sebagian besar organisasi kedokteran menyarankan agar dilakukan kultur urin. Bayi mungkin sulit makan, muntah, lebih banyak tidur, atau tampak kuning. Pada anak yang lebih besar, dapat timbul gejala baru inkontinensia (hilangnya kontrol kandung kemih).[6]
Pada orang lanjut usia
Gejala saluran kemih seringkali tidak tampak pada orang lanjut usia.[7]Gejalanya mungkin samar dan hanya tampak sebagai inkontinensia, perubahan keadaan mental, atau kelelahan.[2]Sementara itu sebagian orang datang ke penyedia pelayanan kesehatan dengan gejala awal sepsis, yakni adanya infeksi dalam darah.[4] Diagnosis bisa sulit karena nyatanya banyak orang lanjut usia yang sudah memiliki inkontinesia atau demensia sebelumnya[7]
E. coli adalah penyebab dari 80–85% infeksi saluran kemih, dan Staphylococcus saprophyticus menjadi penyebab pada 5–10%.[1] Meskipun jarang, infeksi virus ataujamur dapat menyebabkan penyakit ini.[8]Bakteri penyebab lainnya meliputi:Klebsiella, ProteusPseudomonas, Enterococcus danEnterobacter. Hal ini tidak umum ditemukan dan biasanya berkaitan dengan abnormalitas saluran kemih atau pemasangan kateter urin.[4] Infeksi saluran kemih yang disebabkan olehStaphylococcus aureus biasanya terjadi sekunder akibat infeksi yang ditularkan melalui darah.[2] Untuk pertama kali terkena infeksi saluran kemih yang hanya ditandai dengan gejala klinis, maka tidak diperlukan kultur urine dan dianggap bakterinya adalah E. Coli, tetapi jika sudah terkena beberapa kali dan tidak sembuh juga, maka perlu dilakukan kultur urine, karena seseorang dalam hidupnya apalagi jika sampai berusia lanjut dapat terkena 5 atau lebih jenis bakteri termasuk bakteri Staphylococcus saprophyticus yang relatif jarang dan penderita tidak pernah memakai kateter urine padahal resistensi antibiotiknya berbeda-beda untuk tiap-tiap bakteri. Mencoba-coba antibiotik pada orang lanjut usia atau yang kondisinya lemah bukan tindakan yang bijaksana, karena antibiotik pada prinsipnya membunuh baktri-bakteri termasuk bakteri baik sekalipun yang dibutuhkan tubuh. Kultur urine tidak murah, bahkan bisa saja obat antibiotiknya lebih murah, apalagi kalau itu obat generik, misalnya Chloramphenicol, ataupun obat brand generic yang sebenarnya adalah obat generik yang diberi merek, misalnya Co Amoxyclav.
Jenis kelamin
Pada perempuan muda yang aktif secara seksual, aktivitas seksual adalah penyebab dari 75–90% infeksi kandung kemih, dengan risiko infeksi berkaitan dengan frekuensi hubungan seksual. [1]Istilah "sistitis bulan madu" dipergunakan untuk fenomena ISK yang sering terjadi pada awal pernikahan. Pada perempuanpasca-menopause, aktivitas seksual tidak mempengaruhi risiko mengalami ISK.Penggunaan spermisida, terlepas dari frekuensi seksual, menambah risiko ISK.[1]
Perempuan lebih rentan terkena ISK daripada laki-laki, karena pada perempuanuretra jauh lebih pendek dan lebih dekat dengan anus.[9] Karena tingkat estrogen perempuan menurun seiring menopause, risikonya terkena infeksi saluran kemih meningkat karena hilangnya [[flora vagina] ] yang melindungi.[9]
Kateter urin
Kateterisasi urin meningkatkan risiko infeksi saluran kemih. Risiko bakteriuria(bakteri dalam urin) adalah antara tiga sampai enam persen per hari dan antibiotik profilaksis (pencegah) tidak efektif dalam mengurangi infeksi yang bergejala.[9] Risiko infeksi terkait bisa dikurangi dengan hanya memasang kateter bila diperlukan, dengan menggunakan teknik aseptik saat memasukkan, dan mempertahankan aliran kateter lancar dan tertutup dari lingkungan sekitarnya.[10][11][12]
Lainnya
Kecenderungan infeksi kandung kemih mungkin bawaan dalam keluarga. Faktor risiko lainnya meliputi diabetes,[1] belum disunat, dan mengalami prostat besar.[2]Faktor penyulit cenderung samar antara lain abnormalitas anatomi, fungsional, atau metabolik yang mendasari. ISK yang kompleks lebih sulit diobati dan biasanya membutuhkan evaluasi, pengobatan dan tindak lanjut yang agresif.[13] Pada anak, ISK dikaitkan dengan refluks vesikoureteral (pergerakan abnormal urindari kandung kemih menuju ureter atauginjal) dan konstipasi.[6]
Orang dengan cedera sumsum tulang belakang memiliki risiko infeksi saluran kemih yang lebih tinggi, sebagian karena penggunaan kateter dalam waktu lama, dan sebagian lagi karena gangguan fungsipengosongan kandung kemih.[14] Ini adalah penyebab infeksi paling umum dalam populasi ini, dan juga merupakan penyebab paling umum dari rawat inap.[14]Selain itu, penggunaan jus cranberry atau suplemen cranberry tampaknya tidak efektif dalam pencegahan dan pengobatan di populasi ini.[15]
 Bakteri yang mengakibatkan infeksi saluran kemih biasanya masuk ke dalam kandung kemih lewat uretra. Akan tetapi, infeksi juga mungkin terjadi lewat darah atau limfe. Diyakini bahwa bakteri biasanya ditularkan ke uretra dari usus, dan perempuan memiliki risiko lebih tinggi karena anatominya. Setelah memasuki kandung kemih, E. Coli dapat menempel ke dinding kandung kemih dan membentukbiofilm yang kebal terhadap respon kekebalan tubuh.[4]
Sya tutup dlu kajiannya
Maaf jika ada kekurangan dan trima ksih atas partisipasinya
Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dg lancar. Moga ilmu yg kita dpatkan berkah dan bermanfaat. Amiin....
Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis:

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Wassalamu'alaikum...
jazakillah khoir buat bunda" yang hadir pada hari ini,

Mohon maaf bila adA kekurangan dari sy selaku admin kita tutup kajian siang ini dg hamdallah, istighfar 3x,               

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT