Ketik Materi yang anda cari !!

KESEHATAN GIGI DAN MULUT

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Friday, December 12, 2014

KAJIAN ONLINE HAMBA ALLAH SWT

Kamis, 11 DESEMBER 2014
NARA SUMBER : DOKTER NURANI HAYATI
TEMA : KESEHATAN ( gigi )
Group: 107/108
Notulen: Susi & Fiet

@@ MATERI @@

السلام عليكم ورحمة الله و بركاته

بسم الله الرحمن الرحيم

ان الحمد لله نحمده ونستعينه ونستهديه ونستغفره، ونعوذ بالله من شرور أنفسنا ومن سيئات أعمالنا، من يهده الله فهو المهتد ومن يضلل فلن تجد له وليا مرشدا..

ﻭ ﺃﺷﻬﺪ ﺃﻻ ﺇﻟﻪ ﺇﻻ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺣﺪﻩ ﻻ ﺷﺮﻳﻚ ﻟﻪ ؛ ﻟﻪ ﺍﻟﻤﻠﻚ ﻭ ﻟﻪ ﺍﻟﺤﻤﺪ ، ﻳﺤﻴﻰ ﻭ ﻳﻤﻴﺖ ﻭ ﻫﻮ ﻋﻠﻰ ﻛﻞ ﺷﺊ ﻗﺪﻳﺮ ﻭ ﺇﻟﻴﻪ ﺍﻟﻤﺮﺟﻊ ﻭ ﺍﻟﻤﺼﻴﺮ ..

ﻭﺃﺷﻬﺪ ﺃﻥ ﻣﺤﻤﺪﺍ ﻋﺒﺪﻩ ﻭ ﺭﺳﻮﻟﻪ ، ﺑﻠﻎ ﺍﻟﺮﺳﺎﻟﺔ ﻭ ﺃﺩﻯ ﺍﻷﻣﺎﻧﺔ ، ﻭ ﻧﺼﺢ ﺍﻷﻣﺔ ﻭ ﻛﺸﻒ ﺍﻟﻐﻤﺔ ، ﻭ ﺟﺎﻫﺪ ﻓﻲ ﺳﺒﻴﻞ ﺭﺑﻪ ﺣﺘﻰ ﺃﺗﺎﻩ ﺍﻟﻴﻘﻴﻦ ..

أما بعد...
Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh
Bismillahirrahmanirrahim

Nanda2 sekalian yang dirahmati Allah, kali ini saya akan membahas mengenai masalah kesehatan gigi dan mulut, khususnya bagaimana menjaga agar gigi dan mulut kita senantiasa sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit infeksi.

Sebagaimana diketahui Rasulullah saw pun merupakan hamba Allah yang sgt memperhatikan kebersihan dan kesehatan giginya. Hal ini digambarkan dlm hadist : "Apabila Nabi SAW bangun dari tidurnya, beliau selalu bersiwak (membersihkan giginya) dengan menggunakan siwak" (H.R Bukhari Muslim)

Sesungguhnya Allah SWT menyukai kebersihan dan keindahan. Rasulullah SAW bersabda : "sesungguhnya Allah SWT itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yg menyukai kebersihan, Dia Maha Mulia yg menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yg menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu" (H.R Tirmidzi)

Dari paparan diatas terlihat jelas bahwa Islam sangat menganjurkan untuk menjaga kesehatan termasuk didalamnya gigi dan mulut kita. Islam merupakan agama jasmani dan ruhani. Ibadah tidak dapat berjalan dengan baik dan khusyuk apabila gigi sedang terasa sakit. Khusyuk tidak akan didapat apabila terdapat sisa makanan atau aroma yang tidak sedap keluar dri mulut kita. Tidak akan nikmat pula bersilaturrahim apabila mulut dalam keadaan bau akibat gigi berlubang.

Berikut adalah cara2 merawat gigi dan mulut yang baik :

1. Pastikan menyikat gigi secara baik dan benar minimal dua kali sehari, waktu yg dianjurkan adalah setelah sarapan pagi dan sebelum tidur. Cara2 sikat gigi yang baik dan benar adalah :
    a. Pasta gigi diletakkan dengan cara ditekankan sampai masuk di antara bulu2 sikat, bukan diletakkan diatas bulu sikat seperti di iklan. Ini mencegah terbuangnya pasta gigi shg dapat digunakan semuanya scr optimal. Ingat ya, Allah tidak menyukai hambanya yang sering membuang2 sesuatu / mubazir.
    b. Menyikat gigi dengan arah vertikal bukan horizontal, sejajar dengan arah tumbuhnya gigi. Jadi apabila gigi rahang atas baiknya disikat ke arah bawah, dan sebaliknya. Penyikatan secara horizontal (kekanan dan ke kiri) akan menyebabkan turunnya gusi, dan permukaan gigi di dekat gusi akan terkikis oleh sikat.
   c. Pastikan semua permukaan gigi telah tersikat dengan baik, mencakup permukaan atas gigi yang digunakan untuk mengunyah, permukaan bagian dalam gigi yang bersinggungan dengan lidah atau langit2 mulut, dan permukaan yang berdekatan dengan pipi atau bibir bagian dalam mulut kita..
   d. Apabila memiliki susunan gigi yang berjejal sehingga tidak memungkinkan sikat gigi membersihkan seluruh permukaan gigi, gunakan dental floss atau benang gigi untuk celah antara masing2 gigi.
   e. Sikat juga permukaan lidah kita dengan tongue scrapper atau dpt juga menggunakan sikat gigi biasa agar permukaan lidah juga terhindar dari kuman2 penyebab bau mulut, karena lidah kita mengandung papila2 yang dpt menjadi tempat bersembunyi yg baik bagi bakteri.

2. Penggunaan obat kumur atau cairan penyegar mulut tidak terlalu dianjurkan karena penggunaan yg terlalu sering dpt menyebabkan kekeringan pada rongga mulut, shg dapat mengiritasi jaringan di dlm rongga mulut. penyikatan gigi yg baik dan benar sudah cukup untuk menjadikan gigi kita sehat.

3. Kunjungi dokter gigi setiap 6bln 1x untuk memastikan gigi-geligi kita tetap terjaga dan bersih dari karang gigi dan untuk memastikan tidak ada lubang yang dapat berakibat sebagai retensi makanan yg dapat merusak gigi. Karena mencegah akan lebih baik dari mengobati

4. Konsumsi makan-makanan yang tinggi serat juga mengandung kalsium yg tinggi dan hindari makanan2 yang lengket dan mengandung gula tinggi. Makanan yang kaya akan serat akan turut berperan dalam membersihkan gigi2 kita ketika pengunyahan, sdgkan makanan yg lengket dan kaya akan gula akan sulit untuk dibersihkan oleh air liur dan lidah kita shg dpt merusak gigi.

Sekian kajian kesehatan gigi dan mulut untuk hari ini, mudah2an dapat membantu bunda2 sekalian dalam memperdalam ilmu kesehatan dan dpt diterapkan dlm kehidupan sehari-hari. Saya akan dengan senang hati menjawab prtanyaan nanda2 sekalian, mohon maaf apabila agak lama krna masih smbil beraktivitas.
Wassalamualaikum wr wb.
drg. Nurani Hayati

~~ TANYA JAWAB ~~

Tanya :
Oiya nyambung deh nanya lagi  gigi geraham  bungsu itu ada batas usia kah dok tumbuhnya? Apa setiap org beda2? Kok temen ay usiax sdh 31 tp ga ad numbuh gihi geraham bungsunya??

Jawab :
ya nanda, tidak semua orang memiliki benih gigi bungsu, dan tidak semua pula yang memiliki benih nantinya akan tumbuh. Seringkali gigi bungsu tertanam melintang di dalam tulang sehingga gigi tidak dapat terdorong keluar.

Tanya:
Umi saat umur 23 th saya cabut gigi.. Lha ko beberapa bulan tumbuh gigi bru lg disekitar BAM (gigi yg paling belakang)..

saat penumbuhan gigi trsebut sakit sekali... Katay klw umur di atas 17/18 th sudh tidak tumbuh gigi lg tp ko saya tumbuh y um..

Jawab :
ya nanda, ini dinamakan gigi geraham ketiga atau biasa disebut gigi bungsu. 

Gigi bungsu merupakan gigi yang tumbuh pd usia 17tahun s/d 30 thn. Karena waktu tumbuhnya yg paling terakhir, sering kali ia tidak mendapatkan lagi posisi yang cukup untuk tumbuh dengan sempurna kecuali pada orang2 dengan rahang yang besar dimana ia masih memiliki tempat yang cukup untuk gigi bungsu.
Gigi bungsu yg tidak memilik ruang yg cukup akan terus mencari cara untuk tumbuh dngan mendesak ke segala arah, ini menyebabkan rasa sakit yang hebat biasanya dan pasien merasasgt terganggu, tidak dpt makan dan tidur. Dikarenakan hal ini, maka seringkali gigi bungsu menjadi harus dicabut nanda..

Tanya :
Bun, temenku kok bs gusinya bernanah?..
Awalx mmg lubang kecil sih trus sakit paa mau d tambal d bor, ternyata ada saraf kejepit, ga lama eh ada abses d gusi,,

Jawab:
gusi bernanah diakiabatkan karena adanya infeksi yang berawal pada gigi, walaupun awal lubangnya terlihat kecil dari luar bukan berarti tidak berpotensi untuk menjadi infeksi lebih lanjut. Lubang gigi yang telah mencapai ruang syaraf gigi dapat menyebabkan bakteri masuk ke saluran akar dan apabila dayatahan tubuh kita turun dapat berakumulasi,berkembang biak sehingga merangsang sel2 darah putih kita yang bertugas melawan infeksi berproduksi menjadi lebih banyak lagi. Inilah yang kita sebut pus/nanah.. oleh karena itu, jangan tunggu lubang gigi kita menjadi besar baru ke dokter gigi ya nanda.. sebaiknya kontrol rutin ke dokter gigi untuk dibersihkan dan mencegah gigi berlubang dan bernanah

Tanya :
Saya jg bund gusiny kdg ada kyk jerawt gtu saking gemes tk tusuk pke jrum berdarh dech..
Adakh solusiny umy

Jawab :
yang nanda lihat seperti jerawat itu sebenarnya adalah jalan keluar nanah, sebaiknya segera ke dokter gigi untuk dilakukan tindakan dan jangan ditusuk sendiri karena dikhawatirkan memperparah infeksinya nanda. Apabila sisa gigi masih memungkinkan untuk dilakukan penambalan, maka sebaiknya gigi dipertahankan dengan cara dilakukan perawatan saluran akar (perawatan syaraf gigi) dan setelahnya baru dilakukan penambalan. Apabila dibiarkan, infeksi dan nanah tersebut akan kembali datang berulang dan gigi lama kelamaan akan habis shg harus dilakukan pencabutan.

Tanya :
Kemarin saya ke dokter gigi ,, cabut 2 gigi kiri ,, trs dokter nyya bilang ,sebenarnya gk sekitar ada 3 gigi yg luarnya msh bagus ,,tpii sebenarnya sdh gk kuat lagi/bergoyang . Trs itu bagaimana umii ,,masak mau dicabut?? Gak sakit juga

Jawab:
kegoyangan gigi disebabkan salah satunya karena melemahnya struktur tulang pendukung gigi akibat karang gigi yang telah masuk ke dalam gusi dan merusak tulang. apabila kegoyangan gigi belum terlalu parah (maksimal hanya goyang sekitar 0,5mm ke depan dan kebelakang tanpa ada kegoyangan kesamping/ memutar) masih bisa dipertahankan dengan penggunaan kawat splinting yang memfiksasi gigi sampai tulang pendukungnya kembali sehat dan bisa menyangga gigi dgn baik. Tetapi apabila kegoyanganya sudah besar maka solusi satu2nya memang dicabut nanda. Untuk mencegah kegoyangan gigi sebaiknya gigi dibersihkan karang giginya secara rutin setiap 6bulan sekali ya nanda..

Tanya :
Wa'alaikumsalam umi Aku jg mau nanya waktu itu ade aku sempet numbuh gigi di gusi'y mi tp bukan gingsul tp kata'y gak sakit itu penyebab'y apa ya mi??
Aku suka bngt es krim malah mba

Jawab :
gigi yang tumbuh diluar lengkung rahang yang normal dalam dunia kedokteran disebut gigi dengan posisi ektopik. Atau bahasa awamnya gingsul. Apabila tidak ada keluham tidak apapa, asalkan gigi dapat tersikat dan dibersihkan dengan baik. Gigi ektopik memang biasanya tidak menimbulkan keluhan, tetapi yang sering ditemui adalah gigi menjadi sulit dibersihkan dengan baik karena posisinya yang berjejal dengan gigi tetangganya, sehingga gigi menjadi mudah berlubang.
Cabang ilmu kedokteran gigi yang merapihkan gigi geligi yang tumbuh diluar lengkung rahang atau gingsul dinamakan orthodonsia, dokter gigi spesialis yang merapihkan gigi geligi dan memperbaiki struktur tukang dan susunannya dinamakan dokter gigi spesialis orthodontik.

Tanya:
Bunda, gusi fiet sering bgt berdarah..
Trus jg srg bengkak. Kira2 knpa dan apa yg harus dilakukan?

Jawab :
Sebab2 gusi dapat menjadi bengkak dan berdarah dapat dikarenakan adanya penumpukan karang gigi sehingga gusi menjadi bengkak, teriritasi dan mudah berdarah, atau juga dapat dikarenakan adanya infeksi polip yang sudah lanjut pada gigi sehingga gigi menjadi senisitif dan mudah berdarah. Sebaiknya nanda segera memeriksakan diri ke dokter gigi agar segeea mendapatkan penanganan dzn infeksi tidak berlanjut. Jangan lupa juga tetap menjaga daya tahan tubuh dan kebersihan gigi dan mulut dengan cara2 yg sudah dipaparkan tadi ya

Tanya:
apakah benar krna sering mengkonsumsi obat2 dr dokter membuat gigi rapuh?

Jawab:
benar nanda, tetapi tidak semua obat hanya obat2an tertentu saja yang memiliki efek samping pd gigi, contohnya golongan tetrasiklin, atau obat2an anti kejang juga dapat berefek samping pd gusi.

Tanya:
Bunda, kesehatan gigi ada g pengaruh dgn ksehatan2 lain, semisal mata, dll?

Trus resiko apa yg paling parah dari kesehatan gigi dan mulut?

Jawab:
semua infeksi yang terjadi pd tubuh kita apabila sudah mencapai tahap lebih lanjut / sudah parah, akan salingbertautan dan memilik efek samping ke hampir semua bagian tubuh.
Misalnya, infeksi pada akar gigi2 rahang atas dapat menyebar melalui rongga sinus, lalu pipi, dan selanjutnya akan mempengaruhi daerah di sekitar mata. Infeksi lebih lanjut juga dapat menyebabkan bakteri di dalam saluran akar berjalan melalui pembuluh darah hingga sampai ke jantung. Kondisi ini dinamakan endokarditis.
Selain itu infeksi gigi2 rahang bawah yang bilateral (kanan&kiri mengalami infeksi), juga dapat meluas hingga pipi, bawah lidah dan kerongkongan sehingga pasien akan sulit bernafas karena adanya pembengkakan dan dapat berakibat kematian karena tersumbatnya jalan nafas karena infeksi.
Oleh karena itu, yuk nanda kita jaga gigi pemberian Allah ini baik2, karena gigi kita sudah tidak dpt tergantikan dgngigi palsu yg paling mahal sekalipun, dan apabila tanggal atau dicabut maka sudah tidak dapat tumbuh kembali.

Tanya:
Bunda, mau tanya, susunan gigi saya kurang rapi, dan sempat ingin di kawat gigi, tp blm jadi. Apakah keuntungan menggunakan kawat gigi? Dan apakah pemasangan kawat gigi utk kesehatan itu dpt ditanggung oleh BPJS?

Jawab :
kawat gigi sebenarnya berfungsi tidak hanya untuk merapihkan gigi geligi, tetapi juga untuk menyehatkan tulang gigi dan sistem pengunyahan kita, yang di dalamnya termasuk jaringan pendukung gigi, sendi2 dan juga otot2 pengunyahan. Karena apabila kondisi gigi yang kurang rapih, maka daya yang disalurkan gigi geligi kita ketika pengunyahan juga terganggu, akibatnya, sendi rahang terkadang menjadi pegal atau sakit. Maka sebenarnya gigi yang rapih hanyalah bonus nanda, tujuan sebenarnya adalah menyehatkan sistem pengunyahan kita. Selain itu susunan gigi yang rapih akan memudahkan kita dalam membersihkan dan menyikat gigi, shg me gurangi ke ungkinan gigk berlubang.

Tanya:
Bun untuk mengobati bau mulut yang tak sedap itu gimana?

Jawab:
bau mulut yg tidak sedap dpt diakibatkan adanya lubang pd gigi, sehingga makanan terjebak di dlm lubang dan membusuk dan bakteri2 didalamnya mengeluarkan gas yang tidak sedap. Atau dapat juga dikarenakan adanya penumpukan  plak dan karang gigi sehingga bakteri2 penyebab karang gigi pun mengeluarkan gas yg tdk sedap. Penyebab lainnya misalnya papila2 lidah yang tebal/tinggi dan kotor yang menjadi tempat berkumpulnya bakteri2 di dlm mulut.
Untuk menghilangkan bau mulut, ketiga penyebab diatas berarti harus dieliminasi dulu nanda, apabila bau mulut tidak hilang dgn penyikatan biasa maka sebaiknya nanda berkonsultasi dgn dokter gigi terdekat untuk mencari tahu dan menghilangkan penyebabnya

Tanya:
Bunda pasta gigi yg bagus itu seperti apa ya?

Jawab:
pasta gigi yang baik adalah pasta gigi yang mengandung kalsium dan juga fluoride yb dpt menguatkan permukaan gigi kita. Tetapi pasta gigi bukanlah faktor utama keberhasilan kita dlm menrawat gigi, karena pd jaman rasulullah saw pun beliau belum mengenal pasta gigi. Yang penting adalah cara kita menyikat gigi dan menjaga agar tidak ada sisa makanan yang mengendap terlalu lama di dlm gigi

Tanya:
Mau tanyaaa bun, syarat gigi bisa dibehel itu gmana ?/

Jawab : 
gigi dengan kelainan oklusi/ gigitan, yang hanya dapat di nilai oleh dokter gigi. Kelainan gigitan ini bermacam2 jenis dan klasifikasinya, sehingga setiap klasifikasi perawatannya akan berbeda.
behel atau alat orthodontik adalah suatu alat penunjang perawatan perbaikan tulang dan gigi, sehingga tidak dapat digunakan untuk sekedar iseng atau gaya2an saja. Kawat orthodontik adalah suatu alat yang aktif yang akan mendorong dan menggerakkan gigi kita ke arah lengkung gigi yang normal, sehingga kawat ini memiliki daya2tertentu yang hanya dpt dikontrol oleh dokter gigi. Apabila menggunakan kawat orthodontik tanpa pengawasan dokter gigi, maka gigi akan bergerak tidak terkontrol dan dapat keluar jalur yang seharusnya. Jadi apabila ingin menggunakan behel/kawat gigi, sebaiknya dengan pengawasan dokter gigi yang kompeten ya nanda2, karena apabila digunakan sembarangan bukannya rapih tetapi gigi dan tulang rahang kita malah menjadi amburadul nanti

Bunda:
Bunda..apakah gigi bungsu yg salah tumbuhnya harus dicabut?
Dan apakah dengan memakai behel merubah ciptaan Allah??

Jawab :
gigi bungsu merupakan gigi yang tumbuh pd usia 17tahun s/d 30 thn. Karena waktu tumbuhnya yg paling terakhir, sering kali ia tidak mendapatkan lagi posisi yang cukup untuk tumbuh dengan sempurna kecuali pada orang2 dengan rahang yang besar dimana ia masih memiliki tempat yang cukup untuk gigi bungsu.
Gigi bungsu yg tidak memilik ruang yg cukup akan terus mencari cara untuk tumbuh dngan mendesak ke segala arah, ini menyebabkan rasa sakit yang hebat biasanya dan pasien merasasgt terganggu, tidak dpt makan dan tidur. Dikarenakan hal ini, maka seringkali gigi bungsu menjadi harus dicabut nanda..

Tujuan memakai behel atau kawat gigi pada umumnya adalah merapikan gigi geligi, yang pd masyarakat umum biasanya hanya diketahui bertujuan untuk menyempurnakan estetika. Mungkin ini yang menjadi perdebatan halal ataukah haram karena menyempurnakan estetik spt merubah ciptaan Allah.

Yang tidak diketahui masyarakat umum adalah:
a. Pd umumnya kasus gigi geligi yg berantakan adalah awalnya murni diawali kesalahan pasien tsb pd awal2 perkembangan gigi geliginya yang tidak mnjaga kebersihan gigi dgn baik, sehingga gigi susu yang seharusnya berfungsi sebagai penjaga ruangan untuk gigi tetap nanti menjadi tanggal sebelum waktunya (premature lost) dikarenakan gigi keropos, sehingga ruangan menyempit dan mengakibatkan gigi tetap tidak memiliki panduan arah ketika tumbuh dan akhirnya tumbuh diluar lengkung rahang menjadi berantakan.
b. Gigi2 berantakan jg diakibatkan oleh kebiasaan buruk sewaktu kecil seperti mengulum jempol ketika tidur, minum susu melalui dot dalam jangka wktu lama, bernafas lewat mulut, dsb. Hal2 spt ini mengakibatkan rahang atas tumbuh menyempit di depan dan rhg bawah sulit berkembang.
c. Gigi geligi yg berantakan akan mengganggu seluruh sistem pengunyahan karena daya yang disalurkan tidak merata, termasuk di dalam sistem pengunyahan selain gigi adalah sendi rahang, dan otot2 pengunyahan yang ada di sekitar pipi kita. Ini menyebabkan sering timbulnya keluhan pegal di sendi rahang sekitar kuping atau pegal pd otot2 pipi kita.

Jadi penggunaan kawat orthodonti (behel) pd dasarnya tujuan utamanya adalah memperbaiki seluruh sistem pengunyahan dan menyehatkan gigi2 kita karena tentunya gigi2 yg memiliki susunan yg rapi akan lebih sehat dan mudah dijaga kebersihannya, estetik yg nantinya didapat setelah perawatan pd dasarnya adalah bonus. Setelah nanda mengetahui prinsip utama memperbaiki susunan gigi tentunya menjadi berbeda ya dengan merubah ciptaan Allah karena pd dasarnya Allah menciptakan hal2 yg sudah sempurna tetapi kebiasaan kitalah yg merusak tubuh kita sndiri, dan pemakaian alat orthodontik hanya mengembalikan fungsi pengunyahan yang sudah diberikan oleh Allah :)
wallahua'alam bisshawab

Tanya:
Berarti gigi/mulut g sehat ada kemungkinan terjdi kanker gusi bunda ya?

Jawab : 
infeksi yang tadi dijelaskan, berbeda dengan kanker sayang. Karena pd dasarnya kanker diawali oleh sel2 kanker yang ada di dlm tubuh seseorang, dan bukan karena infeksi. Tetapi, apabila sudah terjadi kanker di dlm mulut, maka adanya infeksi dapat sangat memperparah kondisi kanker tsb menjadi kanker yang terinfeksi.

Tanya:
Bun, kalau gigi'a udh berlubang gede n sering sakit, itu cara ngobatin'a gmn?
Apa emang harus dicabut?

Trus cara perawatan/pemilihan pasta/sikat gigi utk balita gmn?

Jawab :
gigi yg berlubang sebaiknya tetap dipertahankan terlebih dahulu agar jangansampai dicabut, karena pencabutan adalah pilihan paling akhir apabila tidak mungkkn lagi dilakukan segala jenisperawatan. Apabila syaraf gigi sudah terkena maka dilakukan perawatan syaraf / perawtaan saluran akar terlebih dahulu sebelum ditambal. Apabila lubang gigi masih dangkal sebaiknya langsung dilakukan penambalan agar tidak menjadi lebih parah.
Pemilihan pasta gigi untuk balita sebaiknya dipilih pasta gigi yg tidak mengandung fluoride terlalu banyak, dan masih dapat ditolerir apabila tertelan oleh anak. Piluh sikat gigi berbulu halus agar tidak melukai gusi anak, dan kepala ujung sikat yang kecil agar dpt dgn mudah masuk ke mulut anak dan dpt menjangkau bagian2 terdalam.

membiasakn gosok gigi dan sikat gigi harus terus dilakukan walaupun pd kenyataannya pengerjaannya belum sempurna, yg penting anak mengetahui hal2 rutin yg seharusnya ia kerjakan. Untuk menyempurnakan sikat giginya yg msh blm smpurna, bundanya bisa membantu digosokkan giginya dengan kapas yg dibasahi air hangat ktk sang anak tertidur. Ini mencegah makanan2 dan gula dari susu mengendap di giginya. Gula yg terbawa pd saat tidur inilah yg menyebabkan gigi mudah keropos. Oleh krna itu wktu penyikatan yg tepat adalah sebelum tidur dan setelah sarapan. Semoga membantu ya  :)

Tanya:
Bun mau tanyaa lagi,.. Apa merapikan gigi itu termask merubah ciptaan tdk yaaa bun??

Jawab :
sayang, yg ini tadi diatas sdh ada penjelasannya panjang lebar yaa

Tanya:
Bun mau tanyaa,, klo pake kawat gigi itu sakit yaaa??

Jawab :
ya nanda, tentunya akan terasa sakit setiap kali gigi kita ditarik dari posisinya di dlm tulang untuk direposisikan kembali ke tempat yang benar. Biasanya akan terasa sakit sekitar 2-3hari pasca kontrol setiap bulannya.
Oleh karenanaya, gigi2 dengan susunan yg sudah rapih tidak perlu lagi dipakaikan behel hanya utk sekedar gaya2an ya nanda, karena selain sakit, ini juga akan merubah struktur tulang kita nantinya

Tanya :
Bun, mau tanya..
Beberapa thn lalu sya pernah tumbuh gigi geraham atas paling belakang dan rasanya sakit sekali bun
Knp bsa bgtu?
Lalu smpai usia brpa akan tumbuh geraham blkg?

Jawab :
pertanyaannya sama dengan nanda heyi, jadi sudah terjawab diatas tadi ya nanda

Tanya :
Bunda, giginy adik aku (11bln) yg ats 2 biji udah ada puth2 kyk flek gtu. Kira2 bsa dbrshn g ya? Crany gmn ya? Adik ku blm ada stahun. Terus penyebab nya apa ya ka. Makasih bun

Jawab :
Adeknya belum berusia satu tahun ya,? ... gigi susu pd anak usia 11bulan melum mencapai pertumbuhan mahkota dan akar yang sempurna, jadi blm dpt dipastikan dgn jelas penyebabnya. tetapi spot putih biasanya merupakan tanda awal terbentuknya lubang pd gigi, jadi sebaiknya setelah waktu makan, adiknya dibersihkan dan diusap giginya dgn kapas basah agar gula dari makanan dan minuman yang dikonsumsi tadi tidak menempel dan mengendap di gigi. Tetapi untuk lebih jelasnya bisa dikonsultasikan ke dokter gigi spesialis anak ya nanda, karena saya tdk dpt melihat langsung.

Wassalamu'alaykum wr. wb



Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment