Home » , » Kesehatan Gigi - Penyakit Gusi

Kesehatan Gigi - Penyakit Gusi

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Friday, December 19, 2014

Kajian Online WA Hamba  اللَّهِ SWT 19 dan 20

Kamis, 18 Desember  2014
Nara Sumber : Ustadzah Nurani
Tema; Kesehatan gigi
Rekapan Grup HA19 dan HA20
oleh: Umi dan Rahmi

السلام عليكم ورحمة الله و بركاته

بسم الله الرحمن الرحيم 

ان الحمد لله نحمده ونستعينه ونستهديه ونستغفره، ونعوذ بالله من شرور أنفسنا ومن سيئات أعمالنا، من يهده الله فهو المهتد ومن يضلل فلن تجد له وليا مرشدا..

ﻭ ﺃﺷﻬﺪ ﺃﻻ ﺇﻟﻪ ﺇﻻ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺣﺪﻩ ﻻ ﺷﺮﻳﻚ ﻟﻪ ؛ ﻟﻪ ﺍﻟﻤﻠﻚ ﻭ ﻟﻪ ﺍﻟﺤﻤﺪ ، ﻳﺤﻴﻰ ﻭ ﻳﻤﻴﺖ ﻭ ﻫﻮ ﻋﻠﻰ ﻛﻞ ﺷﺊ ﻗﺪﻳﺮ ﻭ ﺇﻟﻴﻪ ﺍﻟﻤﺮﺟﻊ ﻭ ﺍﻟﻤﺼﻴﺮ ..

ﻭﺃﺷﻬﺪ ﺃﻥ ﻣﺤﻤﺪﺍ ﻋﺒﺪﻩ ﻭ ﺭﺳﻮﻟﻪ ، ﺑﻠﻎ ﺍﻟﺮﺳﺎﻟﺔ ﻭ ﺃﺩﻯ ﺍﻷﻣﺎﻧﺔ ، ﻭ ﻧﺼﺢ ﺍﻷﻣﺔ ﻭ ﻛﺸﻒ ﺍﻟﻐﻤﺔ ، ﻭ ﺟﺎﻫﺪ ﻓﻲ ﺳﺒﻴﻞ ﺭﺑﻪ ﺣﺘﻰ ﺃﺗﺎﻩ ﺍﻟﻴﻘﻴﻦ ..

أما بعد...


Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh 
Bismillahirrahmanirrahim

Bunda2 sekalian yang dirahmati oleh Allah, setelah beberapa waktu yang lalu kita telah membahas mengenai cara menjaga gigi kita agar tetap sehat dengan menyikat gigi yang baik dan benar dan rutin mengunjungi dokter gigi 6bln 1x, kali ini kita akan bahas apa sih yang akan terjadi apabila kita tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut kita dengan baik.

Gigi kita merupakan salah satu anggota tubuh pemberian dan ciptaan Allah swt yang selain digunakan untuk pengunyahan juga digunakan dalam artikulasi bicara, dan estetik rongga mulut kita. Sebagaimana organ2 bagian tubuh lainnya, walaupun gigi tersembunyi dalam rongga mulut, pemberian Allah ini juga harus kita jaga kesehatan dan kebersihannya, karena apabila tidak dijaga kesehatan rongga mulut kita, tidak hanya mulut kita yang akan bermasalah tetapi juga akan menjalar ke beberapa bagian tubuh lainnya bahkan bakteri rongga mulut dapat berinvasi sampai ke jantung. Oleh karena itu, sebagai bentuk rasa syukur kita terhadap sang pencipta, maka sudah selayaknya kita menjaga dan menyayangi setiap bagian dari tubuh kita termasuk gigi dan jaringan2 pendukungnya yang berada di dalam rongga mulut.

Kesehatan gigi dan mulut bisa mencerminkan kesehatan tubuh kita secara umum. Di dalam mulut kita memang terdapat bakteri meskipun sebagian besarnya tidak merugikan. Bakteri yang menumpuk bisa menyebabkan penyakit di rongga mulut seperti gigi berlubang dan penyakit gusi.

Penyakit gusi yang sering timbul adalah gingivitis atau radang gusi awal. Masalah radang ini bisa muncul karena cara menyikat gigi yang tidak benar dan di waktu yang salah sehingga plak (lapisan yang terutama terdiri atas bakteri) masih menempel di rongga mulut. Tanda-tanda dari penyakit ini adalah lapisan gusi yang berwarna merah dan mudah berdarah.

Pada tingkat yang lebih lanjut, masalah pada gusi ini akan meningkat menjadi periodontitis yaitu radang gusi parah yang terjadi saat infeksi menyebar ke struktur penyangga gigi. Masalah ini disebabkan oleh penumpukan plak dan karang gigi di antara gigi dan gusi.

Dampak dari periodontitis antara lain gusi memerah, mudah berdarah, bengkak, timbulnya bau mulut atau halitosis, adanya celah di antara gigi dan gusi, serta gigi goyang dan akhirnya dapat tanggal dengan sendirinya.


Gigi berlubang dan penyakit gusi jika dibiarkan akan berakibat fatal bagi tubuh karena bakteri yang ada di rongga mulut bisa masuk ke pembuluh darah melalui gusi yang terbuka. Selanjutnya bakteri tersebut bisa menyebabkan sakit jantung, stroke, ginjal, infeksi sendi, kerapuhan, diabetes melitus, dan memicu lahirnya bayi prematur atau berat badan rendah bila terjadi pada ibu hamil.

Pertumbuhan bakteri yang menyebabkan berbagai penyakit tersebut bisa dikontrol dengan cara menyikat gigi dengan teratur ditambah membersihkan gigi dengan benang gigi (dental floss).

Untuk menjaga kesehatan gigi dapat dilakukan dengan cara menyikat gigi setiap hari dengan gerakan memutar vertikal dari arah gusi ke gigi. Menyikat gigi dilakukan minimal 2 kali sehari yaitu di pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.


Apakah gigi berlubang dapat menyebabkan kematian? Jawabannya adalah ya, apabila gigi tersebut tidak dirawat dan kondisi tubuh yang lemah. Gigi yang berlubang, dapat menjadi jalan yang cukup besar bagi bakteri untuk dapat masuk ke dalam tubuh. Infeksi dari bakteri ini sebenarnya dapat dilawan karena tubuh kita memiliki sel-sel yang berperan sebagai daya tahan tubuh.

Namun, apabila daya tahan tubuh kita sedang lemah, maka infeksi bakteri akan semakin hebat. Pada tahap awal, infeksi masih terlokalisir di daerah ujung akar dari gigi yang berlubang. Biasanya akan timbul rasa tidak nyaman atau sakit saat gigi tersebut dipakai mengunyah atau ditekan. Pada tahap ini bisa ditanggulangi dengan perawatan saluran akar gigi dan penambalan sampai penggunaan antibiotik ataupun pencabutan gigi yang terinfeksi.

Bila tidak dirawat, infeksi akan menyebar ke daerah sekitar mulut seperti pipi dan leher. Kondisi ini dapat dikatakan cukup serius, dan mengharuskan penderita untuk dilakukan pembedahan pada daerah infeksi untuk mengeluarkan nanahnya jika kondisinya memungkinkan. Penderita juga diterapi menggunakan obat-obatan antibiotik. Bila kondisi cukup parah, penderita juga diharuskan untuk dirawat inap di rumah sakit. Dan ada resiko terjadinya kematian jika kondisi pasien sangat lemah, disertai komplikasi penyakit lain ataupun perawatan yang kurang intensif.

Pada beberapa kasus, infeksi yang terjadi cukup hebat dan berlangsung cepat. Infeksi dapat menyebar ke daerah lain yang cukup vital yaitu ke daerah dada dan kepala. Kondisi ini sudah sangat serius dan memerlukan perawatan rumah sakit yang sangat intensif. Pada kondisi ini, khususnya infeksi ke daerah kepala, resiko kematiannya lebih besar lagi.

Dulu cukup banyak kasus kematian akibat infeksi dari gigi yang tidak ditangani dengan baik termasuk di Indonesia. Sekarang, biasanya infeksi ini sudah ditangani sejak tahap awal sehingga resiko penyebaran infeksi dan kematian dapat dihindari dan juga dikarenakan sudah meningkatnya kesadaran masyarakat dalam menjaga mesehatan gigi dan mulut.

Sebenarnya untuk menghindari kematian akibat infeksi dari gigi sangatlah mudah. Cukup dengan menyikat gigi dengan baik, benar dan waktunya tepat serta rutin untuk memeriksa kondisi gigi dan mulut ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

Sekian kajian kesehatan gigi dan mulut untuk hari ini, mudah2an dapat membantu bunda2 sekalian dalam memperdalam ilmu kesehatan khususnya kesehatan gigi dan mulut. Saya akan dengan senang hati menjawab prtanyaan bunda2 sekalian, tidak dibatasi tetapi mohon maaf apabila agak lama krna masih smbil beraktivitas.
  
Wassalamualaikum wr wb.

-drg. Nurani Hayati

( source: www.gigisehatbadansehat.com ; www.ngintips-kesehatan.blogspot.com)

Rekapan Tanya-Jawab HA19

1. Assalamu'alaikum bu dokter saya mau bertanya...dok kenapa pertumbuhan karang gigi cepat sekali padahal rajin gosok gigi trus pernah jg bersihin karang gigi ke dokter gigi...trus ada lubang jg digigi graham bawah...tinggal tunggulnya aja tp mau cabut gigi takut dok...itu gimana dok...

Jawab : penyikatan gigi memang dapat mencegah terbentuknya karang gigi, tetapi penyikatan yang menyeluruh dan benar bun, mungkin ketika menyikat masih ada bagian2 yang tidak tersikat, sehingga terbentuk plak dan lama kelamaan menjadi karang gigi. Bagian2 yg terkadang lupa tersikat biasanya adalah bagian dalam permukaan gigi bawah dan atas. Berikut kita review cara2 menyikat gigi yang baik dan benar ya bun...

Pastikan menyikat gigi secara baik dan benar minimal dua kali sehari, waktu yg dianjurkan adalah setelah sarapan pagi dan sebelum tidur. Cara2 sikat gigi yang baik dan benar adalah : 
    a. Pasta gigi diletakkan dengan cara ditekankan sampai masuk di antara bulu2 sikat, bukan diletakkan diatas bulu sikat seperti di iklan. Ini mencegah terbuangnya pasta gigi shg dapat digunakan semuanya scr optimal. Ingat ya bunda, Allah tidak menyukai hambanya yang sering membuang2 sesuatu / mubazir. 
    b. Menyikat gigi dengan arah vertikal bukan horizontal, sejajar dengan arah tumbuhnya gigi. Jadi apabila gigi rahang atas baiknya disikat ke arah bawah, dan sebaliknya. Penyikatan secara horizontal (kekanan dan ke kiri) akan menyebabkan turunnya gusi dan permukaan gigi di dekat gusi akan terkikis oleh sikat.
   c. Pastikan semua permukaan gigi telah tersikat dengan baik, mencakup permukaan atas gigi yang digunakan untuk mengunyah, permukaan bagian dalam gigi yang bersinggungan dengan lidah atau langit2 mulut, dan permukaan yang berdekatan dengan pipi atau bibir bagian dalam mulut kita..
   d. Apabila memiliki susunan gigi yang berjejal sehingga tidak memungkinkan sikat gigi membersihkan seluruh permukaan gigi, gunakan dental floss atau benang gigi untuk celah antara masing2 gigi.
   e. Sikat juga permukaan lidah kita dengan tongue scrapper atau dpt juga menggunakan sikat gigi biasa agar permukaan lidah juga terhindar dari kuman2 penyebab bau mulut, karena lidah kita mengandung papila2 yang dpt menjadi tempat bersembunyi yg baik bagi bakteri.

Semoga dapat segera diterapkan dan bisa bermanfaat ya bunda

2.  bu dokter mau bertanya mengenai gigi ngilu. Dua gigi depan sy ditambal, udah lama -+dr th 2002 dgn 3x ganti tambalan, terakhir th 2013. Gigi ngilu ini terasa dibagian gigi depan jika minum air es, kadang minum air hangat aja suka ngilu.
Bagaimana cara mengatasi gigi ngilu tersebut tanpa obat kumur/pasta gigi?

Jawab: gigi ngilu terjadi karena adanya bagian2 gigi yang sensitif terhadap rangsang terbuka sehingga syaraf pada gigi langsung merespon perubahan suhu ke otak dan terjadi rasa ngilu yang mengganggu. Pada kasus bunda sepertinya mungkin dikarenakan sudah mengalami berkali2 perbaikan tambalan sehingga menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif terhadap rangsang, bisa dikarenakan adanya bagian yg terbuka karena terkikis sedikit ketika pengeboran atau adanya gap pada tambalan sehingga terdapat bagian sensitif gigi yang tidak terlindungi. Baiknya diperiksakan kembali bunda apakah tambalan tsb bocor atau masih baik2 saja, apabila memang tidak ada masalah pd tambalannya sebaiknya gunakan pasta gigi untuk gigi sensitif ya bunda agar keluhan berkurang.

3.Erlina: Assalamualaikum. . Bu dokter..
Anak ana 8, 5 thun.. giginya bermasalah.. krna pernah trauma jatuh jdi selma 1 thunan ng mau dibersihin giginya..akibatnya gigi perdana nya rusak.. tinggal tunggul nya..  bnyak jga tunggul nya ug udah dibershin.. tpi krna anaknya seting ng mau diajak ke dokter gigi jdi ng semua tunggul hbis..  sekrng mulai tumbuh gigi baru yg mungkin dibawa sampai yua bu dokter ya.. giginya besar2 dan agak jarabg. Gimna perawatan nya bu dokter.. adakah gigi yg tidak srhat berhubngan dgn tingkat kecerdasan..
Syukron jwabannya bu dokter.
Jazakillah khoir

Jawab :Waalaikumsalam bunda..
Perawatan gigi yang memiliki susunan yang agak jarang akan lebih mudah dibandingkan dengan gigi yang memiliki susunan yang berjejal bunda.. gigi yang susunan agak jarang cukup dengan penyikatan secara rutin sudah dapat menjangkau ke hampir semua bagian sisi2 gigi. Sedangkan pada gigi yang berjejal ini akan sulit dicapai karena terhalang oleh gigi yang lainnya, sehingga harus menggunakan bantuan benang gigi. Asalkan bunda mengajarkan cara sikat gigi yang baik dan menyeluruh seperti yg saya sudah paparkan tadi saya rasa tidak terlalu ada masalah ya bun, karena pada susunan gigi yg agak jarang makanan dapat dgn mudah melewati ruang antar gigi sehingga mungkin tidak terlalu banyak makanan yang tertinggal di gigi dan mulut.

Sedangkan gigi yang tidak sehat tidak berhubungan dengan tidak kecerdasan anak bun, ini hanya akan mempengaruhi kesehatan anak secara umum, karena pada ggi yang tidak sehat apabila terdapat infeksi, berarti jumlah bakteri dan sel2 darah putih yang terdapat di tubuhnya akan meningkat melampaui batas normal sehingga akan turut mempemgaruhi sistem imun dan sebagainya.

Tetapi ini tidak berlaku sebaliknya. Tingkat kecerdasan anak tentu saja turut mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut, karena pada anak2 luar biasa yang berlatar belakang memiliki kebutuhan khusus tentunya akan sulit membersihkan gigi dan mulutnya sendiri secara baik, juga beberapa obat2an yang digunakan terkadang mempengaruhi kesehatan gusi, sampai tingkat jamur dan bakteri di dalam  rongga mulutnya

REKAP PERTANYAAN HA20:

1. Ustadz.. gusi sy pasti berdarah klo pas sikat gigi. Knp ya??
Trs gigi sy klo buat ngunyah kadang ada rasa nyeri.. ga bs buat ngunyah yg berat. Knp ustdz?

Jawab : perdarahan ketika menyikat gigi kemungkinan terjadi dikarenakan adanya radang pada gusi, ini terjadi karena adanya timbunan plak yang tidak tersikat sehingga mengiritasi gusi. Atau apabila gigi memang berlubang kemungkinan juga perdarahan berasal dari lubang gigi yang sudah terinfeksi lama sehingga timbul infeksi polip yang mudah berdarah apabila tersentuh.
Mengenai sakit apabila digunakan menggigit, ini berarti sudah ada peradangan pada jaringan periodontal atau jaringan pendukung giginya bunda, bisa dikarenakan karang gigi, atau bisa juga karena infeksi pd lubang gigi yang sudah pencapai jaringan di sekitar akar gigi. Atau dapat juga karenw adanya kelainan kontak gigi sehingga beban kunyah tidak merata dan hanya terkonsentrasi pada gigi2 tersebut. Sebaiknya segera diperiksakan kedokter gigi untuk dicari penyebabnya agar dapat segera diatasi ya bun

2. gigi anak saya atas bawah gigis semua tinggal tunggaknya.... Ini gmn uztdh dgn pertumbuhan gigi barunya kelak.... Bisakah tmbh gigi baru.

Jawab: afwan, sebelumnya ananda usia berapa ya? Apabila masih dibawah 6thn  normalnya masih akan tumbuh gigi lagi bunda, tetapi apabila sudah diatas 6thn seharusnya sudah tumbuh gigi baru atau gigi dewasa yang apabila rusak sudah tidak akan ada penggantinya lagi.

3.  Periksa gigi setiap 6 bulan sekali. Adakah ketentuan utk waktu ny? Waktu itu pernah dnger bulan Augustus Dan desember. Benarkah ustadzah?
Udh rajin sikat gigi, tp nafas kadang bau. Adakah penyakit dalam yg menyebabkan bau tsb ustadzah?
JazakiLlah khair sebelum nya

Jawab : tidak ada bun, apabila awalnya sdh periksa bulan juni, maka kunjungan selanjutnya adalah bulan desember, apbila kunjungan pertama bulan juli, maka kunjungan selanjutnya adalah bulan januari, begitu seterusnya. Ini dilakukan apabila tidak ada keluhan dalam periode 6bln tsb ya bun, apabila sudah ada keluhan sebaiknya segera periksa agar keluhan tidak semakin berlanjut dan meluas.

4. anak sy 10 thn gerahamnya hampir semua berlubang.masih bisakah tumbuh geraham baru?sy mohon pencerahannya..jazakallah khoir

Jawab : gigi geraham pada anak usia 10thn umumnya sudah memiliki 4 gigi geraham yang sdh tumbuh sempurna (kanan kiri atas bawah), dan beberapa yang masih dalam proses tumbuh. Apabila memang sudah semuanya berlubang, sebaiknya segera dilakukan penambalan ke dokter gigi bunda, karena apabila terlalu lama dibiarkan terbuka mAkanan akan terus mengendap dan menyebabkan lubang semakin dalam hingga mencapai syaraf dan dapat menyebabkan gigi menjadi busuk dan mengeluarkan aroma tidak sedap. Apabila kerusakan pd gigi sudah besar dan tidk dapat ditambal lagi maka gigi harus dicabut untuk menghindari penyebaran infeksi. Apabila sudah mencapai tahap ini, maka akan sangat disayangkan sekali bunda mengingat gigi sdh tidak akan tumbuh kembali

5. Anak sy 8th .gigi susu bawah mulai tumbuh.. tapi gigi susu yg lama msh bagus msh kokoh... bagaimana itu uatdz?

Jawab : gigi susu yg lama tetap harus diambil bunda, agar tidak menghalangi pertumhuhan dan perkembangan gigi barunya

6. Ustadzah...
Gigi klau terkena udara dingin terasa linu , tu kenapa yaaa....

Jawab : gigi yang sehat memang lebih sensitif dengan suhu dan udara dingin, ini disebabkan dalam keadaan dingin pembuluh2 darah ditubuh kita termasuk di jaringan gigi akan menyempit/mengerut (vasokonstriksi) sehingga aliran darah akan menjadi lebih cepat dan gigi akan menjadi lebih sensitif. Ini juga dirasakan oleh penderita yang sedang mengalami sakit gigi. Biasanya, apabila di udara dingin dan malam hari gigi akan menjadi lebih sakit dan lebih sensitif dibandingkan pd udara panas/siang hari.

7. ustadzah,anak sy sdh usia 1thn 2 bln,tp blm tumbuh gigi satupun,normalkah?(maaf di luar tema)

Jawab : tidak apa apa bunda, memang normalnya usia satu tahun sudah memiliki bbrp gigi yang tumbuh, tetapi proses pertumbuhan gigi susu memang agak sedikit bervariasi sprti perkembangan wicara dan berjalan. Ditunggu sampai usia 2 tahun ya bunda, biasanya gigi susu nanti akan tumbuh satu demi satu menyusul ketertinggalannya diatara usia 1-2 tahun.

Doa penutup majlis

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaaha illa anta astaghfiruka wa'atubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.” 

(HR. Tirmidzi, Shahih). 

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT