Home » , » KESEHATAN - Neoropati Perifer ( Kesemutan)

KESEHATAN - Neoropati Perifer ( Kesemutan)

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Friday, December 5, 2014


http://4.bp.blogspot.com/-XJtLf1G9Uq8/VQkaDueLP6I/AAAAAAAAAOk/NawWXB_Mntw/s1600/Kesemutan-Menyebabkan-Kerusakan-Saraf-1-oleh-SegiEmpat-283x300.jpg
Kajian Online WA Hamba اَللّه SWT Umi 07 dan 08
Hari tanggal : Jumat, 5 desember 2014
Narasumber : dr Erlangga
Judul kajian : neoropati perifer ( kesemutan)      
Nama notulen : uni Ade
Editor: Selli Novita

Bismillah...
Ketika sedang asyik membaca, tak sengaja Anda melipatkan kaki dalam waktu yang lama. Ketika bangkit, tiba-tiba Anda merasa kaki Anda kesemutan. Refleks, Anda akan memijat-mijat kaki tersebut untuk mengurangi kesemutan itu.
Hampir semua orang pernah mengalami apa yang disebut kesemutan atau kebas. Kalau sudah kesemutan, biasanya akan terasa kebal, ngilu, walau akan berangsur-angsur hilang jika kita mulai menggerak-gerakkan bagian tubuh yang kesemutan tersebut.
Banyak orang yang menganggap enteng gejala kesemutan ini. Mungkin karena gejalanya yang kadang datang, lebih banyak tidak. Mudah datang, mudah pula hilang.
Tetapi kesemutan patut diwaspadai jika kesemutan itu terjadi di satu bagian tubuh. Kemudian menjalar ke bagian tubuh lain di sekitarnya, dan kemudian memperburuk fungsi-fungsi tubuh lainnya, bisa jadi itu adalah manifestasi tumor di bagian depan otak. Sebuah penyakit amat serius dengan gejala awal sepele.

Dalam bahasa medis, kesemutan sering disebut sebagai parestesia. Suatu sensasi yang dirasakan tanpa ada stimulus dari luar. Sensasi Parestesi ini tidak hanya rasa ‘kesemutan’, namun bisa juga rasa panas, rasa seperti tertusuk-tusuk, ‘greyengan’. Rasa Kesemutan dapat dirasakan di tangan, kaki di muka, maupun di seluruh bagian tubuh kita.
Pada dasarnya kesemutan merupakan suatu gejala manifestasi dari gangguan sistem saraf sensorik akibat rangsang listrik di sistem itu tidak tersalur secara penuh dengan sebab macam-macam. Yang paling sederhana, misalnya, jalan darah tertutup akibat satu bagian tubuh tertentu ditekuk terlalu lama.

Kesemutan yang tidak disertai gejala-gejala lain biasanya menandakan adanya gangguan pada reseptor di kulit atau pada cabang-cabang saraf tepi. Namun kita mesti lebih waspada jika ada gejala lain di luar kesemutan. Bukan hanya kelumpuhan, kesemutan, bisa juga disertai gangguan penglihatan, pendengaran, gabungan keduanya, atau lainnya.
Beberapa gangguan kesehatan serius yang ditandai gejala kesemutan, antara lain:

1. Radang sumsum tulang belakang (myelitis)
Terjadi pada orang dewasa, kadang-kadang gejala kesemutan didahului oleh flu berat. Kesemutan yang dirasakan akan menghebat, naik dari ujung jari kaki sampai ke pusar (perut tengah). Gejalanya berkembang menjadi rasa tebal di permukaan kulit. Setelah fase ini, penderita akan mengalami kesulitan berjalan. Ini adalah gejala radang sumsum tulang belakang, yang terjadi karena serangan virus bernama cytomegalovirus (CMV).
Penderita menjadi tidak bisa mengontrol buang air kecil. Buang air besar pun sulit. Penyakit ini dapat disembuhkan total, dapat pula cuma sembuh sebagian, tetapi ada juga yang sampai lumpuh.
2. Diabetes mellitus atau kencing manis
Pada penderita diabetes, kesemutan adalah gejala kerusakan pembuluh-pembuluh darah. Akibatnya, darah yang mengalir di ujung-ujung syaraf berkurang. Gejala yang dirasakan biasanya telapak kaki terasa tebal, kadang-kadang panas, dan kesemutan di ujung jari terus-menerus. Kemudian disertai rasa nyeri yang menikam, seperti ditusuk-tusuk di ujung telapak kaki, terutama pada malam hari.

3. Carpal Tunnel Syndrome (CTS)
Kesemutan yang menyerang ujung jari, biasanya tangan kanan, dan kemudian berkembang menjadi rasa tebal, saat digunakan beraktivitas, adalah gejala CTS. Gejala kesemutan ini berkaitan dengan rongga di pergelangan tangan (karpal) yang mengalami pembesaran otot-otot sehingga menekan saraf yang melewati terowongan tersebut. CTS bisa menjadi gangguan lebih serius bila didiamkan cukup lama, misalnya 1 - 2 tahun.
Pada tahap ini tekanan otot sudah mengganggu aliran darah ke tangan, dengan akibat otot-otot yang mengalami kekurangan nutrisi akan mengecil, dan melemahkan otot.

4. Jantung
Pada penderita sakit jantung, kesemutan dapat juga timbul karena komplikasi jantung dan sarafnya. Yang terjadi misalnya, si penderita menjalani operasi pemasangan klep jantung. Saat pemasangan, ada bekuan darah menempel, yang kemudian terbawa aliran darah ke atas, dan menyumbat salah satu pembuluh darah di otak. Bila sumbatan di otak itu kebetulan mengenai daerah yang mengatur sistem sensorik, si penderita akan merasakan kesemutan sebelah. Bila daerah yang mengatur sistem motorik juga terkena, kesemutan akan menjadi kelumpuhan.

5. Rematik
Rematik juga menimbulkan kesemutan atau rasa tebal. Gejala kesemutan karena rematik akan hilang bila rematik sembuh.

6. Pengobatan :
Pengobatan yang diberikan sesuai penyakit yang mendasarinya.
Sebagai contoh : bila kesemutan terjadi pada penderita diabetes (Neuropati diabetik), maka pengobatan dilakukan dengan pengontrolan gula darah disertai obat-obatan yang bersifat neurotropik dan juga vitamin B.
Namun bila kesemutan disebabkan oleh penekan saraf maka pengobatan harus dilakukan dengan modifikasi gerakan tubuh, pemberian neurotropik, dan mungkin pada kasus yang berat dipertimbangkan uuntuk operasi.
Perlu diingat, bila kesemutan akibat penyakit stroke maka pengobatan harus segera dilakukan, misal pada stroke akibat sumbatan maka pasien harus diberikan obat pengencer darah maupun pengaturan faktor risiko strokenya seperti hipertensi dan kholesterol.
Semoga bermanfaat

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Tanya Jawab Umi 07
1.      Tanya :dokter... kesemutan itu apakah hanya terjadi pada orang dewasa? karena anak saya usia 3 tahun pernah beberapa kali mengeluh katanya kakinya banyak semutnya, saya menafsirkan itu kesemutan, tapi apakah memang kesemutan bisa terjadi pada anak balita dok?
Jawab: Pada penyakit tertentu bisa bu terutama kedua kaki dan tangan segera bawa ke dokter sp. A.
Tanya :Ya Allah, begitu ya dok? berati memang harus konsultasi ke dokter ya? semoga tidak kenapa-kenapa, terima kasih dokter.
Jawab:Lebih dini lebih baik bu. Inshaa Allah tertangani
2.      Tanya :Jika mengalami kesemutan karena kaki yang ditekuk dalam waktu lama, apa yang sebaiknya dilakukan, supaya kesemutan cepat hilang ya dok?
Jawab:Cukup diluruskan saja sampai beberapa waktu. Dikompres dan direndam air hangat juga bisa
3.      Assalamu’alaikum. Dokter.. kalau ketindihan apa juga seperti kesemutan? kadang waktu tidur tiba-tiba terbangun tapi badan tidak bisa digerakkan beberapa saat.
Jawab:Bukan. Ketindihan itu sleep paralysis. Ketindihan bukan penyakit bu
4.      Tanya :Dokter.. ibu saya sering kesemutan di tangan kanan. Asam urat dan trigiseritnya tinggi. Apa hal itu yang memicu kesemutan dok? Kemudian apa beda trigiserit dan kolesterol?
Jawab:Trigleserida adalah fraksi dari kolesterol.. bagian dari kolesterol 
5.      Tanya :Dok, saya kalau bangun tidur akhir-akhir ini  sering sekali dalam keadaan setengah sadar seperti menggeretakkan gigi begitu.. ini kenapa ya dok.. karena kadang setengah sadar, saya mulai mengalihkan ke gerakan lain yaitu gigit bibir.. saya takut pengaruh dirahang saya dok.. ini gejala apa ya dok..
Jawab: Apa sudah ibu periksakan ke dokkter? Kaku otot-otot rahang jugakah bu? Seperti mengunyah sesuatu tapi giginya bunyi gitu ya bun Ana? Saya ada saudara seperti itu juga, tapi sudah dewasa. Jadi kalau tidur gitu, gigi-giginya bergesekan kayak sedang mengunyah tapi menimbulkan bunyi. Maksudnya pas posisi tidur kemudian posisi gigi bunyi dan lalu kita "paksa" buka gitu ya?
Coba ibu senam rahang dengan cara dibuka ditutup di goyangkan kiri kanan. Saya rasa lebih kearah otot-persyarafan rahang
6.      Tanya :Dok saya suka pegal-pegal dikaki hampir tiap hari terutama bagian pergelangan. Kalau duduk tertekuk lama hamper-hampir tidak bisa langsung berdiri keram luar biasa tapi hanya bagian kaki kanan saja. Sudah periksa asam urat dan lain-lain tapi semua normal akhir-akhir malah sering tiba-tiba terasa panas dibagian tengah betis kalau malam ketika tidur tiba-tiba keram terasa seperti ada yang menjalar tapi sakitnya luar biasa kira-kira gejala apa ya dok
Jawab: Bunda, coba ibu konsulkan ke dokter sp. Syaraf mungkin ada syaraf atau pembuluh darah balik  yang menyempit. Carpal tunnel syndrome, Syaraf yang terjepit oleh tendon ibu. Bahaya relatif tapi menyiksa..
7.      Tanya :Mau tanya lagu ya dok bagaimana caranya agar urat saraf kita sehat dan terhindar dari kesemutan atau keram.. apakah boleh kita mengkonsumsi vitamin B komplek secara rutin tanpa resep dokter..
Jawab: Memposisikan tubuh pada posisi anatomisnya jika rehat... boleh cukup sehari sekali bisa ditingkatkan mnjadi dua kali sehari. Cukup diluruskan saja badannya ibu.. He.he.. Wa iyyaki ibu

Tanya Jawab Umi 08
1.      Assalamualaikum dok. Saya mau nanya.  Saat ini saya sedang hamil. Telapak kaki saya akhir-akhir ini sering sakit. Kalau di pakai jalan rasanya telapak kaki itu nyeri seperti di tusuk-tusuk jarum. Gejala apa ya dok seperti itu?
Jawab: Walaykumsalam bu. Normal bu karena pembuluh darah dan syaraf pangkal tungkai  menyempit dan terjepit oleh kandungan ibu. Sehingga menimbulkan gejala tersebut.
2.      Tanya dokter,, ketika merasakan kesemutan,, apa tindakan yang tepat,, apa dengan memijat-mijat itu sudah tepat.. tapi ada sebagian orang ketika dia kesemutan dia memukul-mukul lembut bagian yang kesemutan itu.. mana yang lebih tepat dokter? Terima kasih...
Jawab: Intinya untuk memperlancar vaskularisasi agar persyarafan mendapatkan nutrisi dari darah yang adekuat. Semua bisa dilakukan. Kenapa tidak direndam air hangat? Karena daerahnya luas..
3.      dokter.. apakah diabetes selalu salah satu gejalanya kesemutan,, atau kadang pada sebagian orang tidak timbul gejala ini? almarhum bapak saya dulu menderita DM,, tapi tidak pernah mengeluhkan sering kesemutan ntah lah atau beliau yang tidak meyebutkan...
Jawab: Bukan harus pasti ada.. tapi mayoritas Bu, karena gula yang bebas merusak permeabilitas syaraf sehingga konduksi syaraf tidak bagus... hasilnya kesemutan
4.      Dokter.. kalau orang sudah suka kesemutan itu biasanya periksa ke spesialisasi apa?
Jawab: Semua disiplin ilmu kedokteran dapat Bu.
5.      Kalau mau cek lab, biasanya kita minta apa saja yang dicek..
Jawab:Sejatinya cek lab tidak signifikan menunjukkan apa yang terjadi. Jika ibu berkehendak sendiri cukup kolom kolestrol saja (hdl, tg dan ldl)
6.    Dokter tetangga ana sudah berumur 50an.. beliau sering mengeluh tiap bangun tidur kelima  jari beliau kaku,, kalau sudah nyeri sekali tidak bias beraktivitas apa-apa.. yang biasanya wudhu dengan air dingin,, kalau mulai terasa kaku,, beliau baru mau wudhu dengan air hangat,, itu pun dibantu,, karena susah megang gayungnya.. kalau itu kira-kira kenapa dokter.. apa harus diperiksa ke dokter.. karena kami tinggal di kampung,, beliau cuma diantr berobat sama anak ke bidan desa atau mantri.. cukup membantu.. tapi setelah obatnya habis gejala diatas muncul lagi..
Jawab: Afwan karena saya tidak memeriksanya langsung. Dari usia diatas 50 tahun lebih ke penyakit degeneratif persendian. Karena sudah lama diidap sebaiknya langsung ke RS bu... akan diperiksa menyeluruh (lab, foto, dll)
7.      Dokter.. sedikit cerita bapak saya dulu masuk RS dengan gejala demam dan diare.. setelah dirawat di RS,, diare beliau tidak sehat-sehat,, hari ke 10 mengeluhkan sakit diperut bagian kanan yang sangat,, belum pernah saya melihat beliau menahan sakit sehebat itu.. tapi kadang sakitnya berpindah ke arah dekat puser,  konsul dengan dokter bedah,, kemungkinan kata dokternya usus buntu,, dan harus operasi malam ini juga.. ana dipanggil ke ruang dokter, dokter menjelaskan ada 2 pilihan operasi untuk bapak,, operasi dengan hanya sedikit disayatnya,, ini lebih menguntungkan karena bliau DM,, agar luka operasi kelak cepat sembuh,, tapi biaya mahal, atau operasai laparatomi dengan belahannya besar dan tidak baik dengan DM beliau.. ana pilih yang disayatnya sedikit.. tapi ternyata setelah diruang operasi salah satu dari kami dipanggil lagi,, waktu itu ana tidak berani masuk,, saudara yang lain yang masuk,, dan ternyata,, jauh diluar dugaan, operasi yang harus dilakukan sangat besar.. usus besar bapak sudah bisa dikatakan tidak baik sama skali,, dan harus dipotong kurang lebih 80cm,, jadi untuk sementara beliau akan BAB lewat perut samping.. kelurga yang masuk setuju... akhirnya bapak dilakukaa operasi laparatomy plus colostomy.. afwan panjang lebar.. 
pertanyaannya dokter apakah ketika kondisi usus besar yang dikatakan tidak baik lagi oleh dokternya,, tidak adakah solusi lain selain colostomy,, apa kemungkinan yang terjadi kalau seandainya saat itu bapak ana tidak melalui colostomy? apakah tidak bisa dengan obat saja dokter.. 
kadang masih ada sedikit penyesalan dihati.. karena semenjak pulang dirawat habis operasi.. bapak hidup tanpa semangat.. aktivitas segala dikasur,  jangnkan berdiri,, bagun saja beliau tidak sanggup sendiri... nafsu makan hilang,, hanya minum susu dan bubur untuk mengganjal perut.. emosi sangat labil dan luka operasi tidak pulih-pulih sampai beliau meninggal 7 bulan setelah operasi..
Jawab: Jika melihat cerita diatas kok mirip-mirip dengan kanker usus besar? Diatas meja operasi banyak hal diluar dugaan. Mungkin pada saat itu dugaan sementara adalah apendisitis.. akan tetapi ketika dibuka ternyata ada perforasi usus ( usus yg bocor) bisa karena infeksi, persyarafan yang jelek dan sebagainya. Maka. Tindakan darurat pun dilakukan... Karena jika harus dioperasi berulang-ulang komplikasi operasi yang timbul pada saat operasi pasien dengan DM sangat besar Bu. Bukan saya membela sp.B yang bersangkutan. Tapi saya yakinkan bu.. siapapun sp.b nya akan bertindak demikian... jikapun ada cara lain non operatif... ujung-ujungnya akan dioperasi juga

8.      Boleh sambung pertanyaan dokter.. tadi disebutkan perforasi usus atau usus bocor bisa disebabkan infeksi atau persarafan yang jelek.. persarafan jelek apakah ada hubungan dengan DM ?
Jawab: Ada bu... prinsipnya telah saya jelaskan diatas. Ini karena gula yang bebas merusak permeabilitas syaraf sehingga konduksi syaraf tidak bagus... Jika ayah mengidap DM akan diturunkan kepada anak-anak perempuannya karena cross link genetik
9.      Dok, kalau ngecek DM gitu harus pakai rujukan dokter gak? Atau bebas tinggal ke lab?
Jawab: Bebas bu tanpa rujukan. Baik lab sawasta maupun negeri...
10.  Dokter mau nanya nih.. berkaitan dengan puasa nih. Bagaimana ibu hamil mengukur kemampuannya, mampu puasa atw tidak? Afwan diluar materi nih..
Jawab: Ibu hamil dapat berpuasa jika mampu.. ini diukur oleh ibu hamil sendiri... Puasa sambil istirahat bisa juga. Tapi lebih baik jangan dulu. Malah mendzalimi diri jika memaksakan nantinya bu...


Baiklah kita tutup dng Doa Kafaratul Majelis :

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك 

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika 

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”.   

                          ​السَّلاَمُ عَلَيْكُم وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!