Home » , , , , »  KEYAKINAN MUSLIM TERHADAP ISLAM

 KEYAKINAN MUSLIM TERHADAP ISLAM

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, December 17, 2014

Kajian Online Telegram Hamba الله Ta'ala

Hari / Tanggal : Selasa, 16 Desember 2014
Narasumber : Ustadz Kaspin Nur
Tema : Iman
Notulen : Ana Trienta

Kita share materi pagi ini mengenai sesuatu yang dasar banget. Sebenernya sih ga pake banget juga materi ini udah dasar tapi karena pake banget maka jadi dasar banget. Baik....kita share tentang keyakinan muslim terhadap Islam sehingga benar-benar kita yakin dalam beragama ini

Beberapa Aspek Keyakinan Muslim Terhadap Islam.

Ini keyakinan yang harus kita yakini terhadap agama kita yaitu Islam.

1. Wahyu Allah
Musyawarah (Ash-Shūraá):13 - Dia telah mensyari'atkan bagi kamu tentang agama apa yang telah diwasiatkan-Nya kepada Nuh dan apa yang telah Kami wahyukan kepadamu dan apa yang telah Kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa dan Isa yaitu: Tegakkanlah agama dan janganlah kamu berpecah belah tentangnya. Amat berat bagi orang-orang musyrik agama yang kamu seru mereka kepadanya. Allah menarik kepada agama itu orang yang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada (agama)-Nya orang yang kembali (kepada-Nya).
2. Agama yang Haq
Satu barisan (Aş-Şaf):9 - Dialah yang mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar agar Dia memenangkannya di atas segala agama-agama meskipun orang musyrik membenci.
Pengampunan (At-Tawbah):33 - Dialah yang telah mengutus Rasul-Nya (dengan membawa) petunjuk (Al-Quran) dan agama yang benar untuk dimenangkan-Nya atas segala agama, walaupun orang-orang musyrikin tidak menyukai
3. Agama yang Lurus
Nabi Yusuf (Yūsuf):40 - Kamu tidak menyembah yang selain Allah kecuali hanya (menyembah) nama-nama yang kamu dan nenek moyangmu membuat-buatnya. Allah tidak menurunkan suatu keteranganpun tentang nama-nama itu. Keputusan itu hanyalah kepunyaan Allah. Dia telah memerintahkan agar kamu tidak menyembah selain Dia. Itulah agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui".
Bangsa Romawi (Ar-Rūm):30 - Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama Allah; (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada peubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui,
4. Agama Yang Bersih
Rombongan-rombongan (Az-Zumar):3 - Ingatlah, hanya kepunyaan Allah-lah agama yang bersih (dari syirik). Dan orang-orang yang mengambil pelindung selain Allah (berkata): "Kami tidak menyembah mereka melainkan supaya mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat-dekatnya". Sesungguhnya Allah akan memutuskan di antara mereka tentang apa yang mereka berselisih padanya. Sesungguhnya Allah tidak menunjuki orang-orang yang pendusta dan sangat ingkar.
a. Bersih dari syirik
Guruh (Ar-Ra`d):36 - Orang-orang yang telah Kami berikan kitab kepada mereka bergembira dengan kitab yang diturunkan kepadamu, dan di antara golongan-golongan (Yahudi dan Nasrani) yang bersekutu, ada yang mengingkari sebahagiannya. Katakanlah "Sesungguhnya aku hanya diperintah untuk menyembah Allah dan tidak mempersekutukan sesuatupun dengan Dia. Hanya kepada-Nya aku seru (manusia) dan hanya kepada-Nya aku kembali".
b. Bersih dari kesalahan dan kekurangan
Wanita (An-Nisā'):82 - Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran? Kalau kiranya Al Quran itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya.
c. Bersih dari campur tangan manusia dan hawa nafsu.

5. Satu satunya agama disisi Allah (3;19) tidak diterima agama selain Islam (3:85)
Demikian share pagi ini.
Semoga mangfaat

TANYA JAWAB

1. Pak  sebelum Al'Qur'an  di turunkan, kan ada injil jadi taurat. Nah berarti sebelum itu nabi isa juga  bukan muslim yang mengatut Agama Islam kah  Pak? Tetapi nabi isa walau bukan islam tetap meyakini  bahwa Allah itu satu. Dan jangan sembah selain DIA, apakah begitu pak kaspin?
Jawab
Jadi semua nabi itu agamanya Islam bu, lihat ayatnya diatas.

2. Apabila diperhatikan di surat asysyura': 13 diatas, kalimat "mewahyukan" hanya ditujukan untuk Rasulallah, sedangkan untuk Nabi yang lainnya menggunakan kalimat "mewasiatkan". adakah tafsir yang menjelaskan hal ini pak?
Jawab
Cara menyampaikan wahyunya yang berbeda.

Tanggapan
Oo, La  bagaimana dengan kitab yang terdahulu  pak?
Jawab
Kitab dahulu udah otomatis tidak berlaku dengan hadirnya Alquran.

3. Ustadz nanya di luar materi ya. Ada orang yang ngomong si fulan ada jin yang ngikutin. Naaaah kalo ga salah ana pernah dapet materi ketika orang seperti itu kemungkinan besar ada jin juga. Setiap orang kan ada qorin nya ya tadz? Apa ada ya orang yg bisa ngeliat jin gitu, tanpa di rukiyah terlebih dahulu
Jawab
Kemungkinannya ada 3.
1. Dia bohong
2. Orang itu ada jinnya
3. Syarafnya rusak

Demikian share pagi ini. Semoga mangfaat
Bersyukur atas semua kejadian yang tak terduga hari ini. Maafkan kesalahan orang. Nikmat-Nya begitu banyak. Semoga ibadah dan kesyukuran kita tidak lebih sedikit dibanding pengetahuan kita.... aamiin. Semoga kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan serta keberlimpahan tercurah untuk Anda semua.

Penutup
Do'a kafaratul majelis: 

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Wassalamu'alaikum...

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Ketik Materi yang anda cari !!