Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

LINGKUNGAN SOSIAL TEMPAT DIUTUSNYA MUHAMMAD SEBAGAI RASUL

Kajian Online Hamba الله SWT

Selasa, 30 Desember 2014
Narasumber : Ustadz Hisbullah Zein
Rekapan Grup Nanda M109 (Astri)
Tema : Siroh Nabawi
Editor : Rini Ismayanti


LINGKUNGAN SOSIAL TEMPAT DI UTUSNYA MUHAMMAD SEBAGAI ROSUL.


السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ana Hizbullah Zein pematri kajian hari hari.
InsyaAllah kesemptan ni kita akan membhs tentang siroh
Sebelumnya antunna sekalian telah mgkaji makna dan ahammiya sirohdengan ust Hepi.
Sekarang kita coba masuk kedalam  lingkungan sosial tempat di utusnya Muhammad sebagai Rosul.
Rasulullah diutus di Arab di tengah-tengah kaum Quraish dan bangsa Arab. Mereka sebelum datangnya Islam disebut oleh Allah sebagai kaum jahiliyah.
Jahil artinya bodoh.
Kenapa mereka jahil dmata Allah? apakah karena mereka tidak bisa baca tulis? Ataukah tidak satu pun dari mereka yang mengenyam pendidikan sehingga disebut kaum Jahil atau bodoh?
Mari kita telusuri jejak kaum Quraish dalam kitab tarikh...
Ternyata Quraish adalh suku yang maju dalam hal peradaban dbanding suku-suku Arab lainnya yang mukim dsekitar wilayah Mekkah. Mereka adalh suku terbaik. Dimuliakan dan disegani. Mereka terdidik. Di tengah-tengan mereka hidup para sastrawan ahli syair. Banyak yang pandai baca tulis. Menguasai ilmu nasab (keturunan) tak hanya nasab mereka, nasab hewan peliharaan mereka pun dijaga dan dhafalkan. Pembesar Quraish terkenal dermawan ditengah kaumx. mereka mengalokasikan sebagian harta mereka untuk tamu-tamu yang dtang berziarah ke ka'bah. Pemimpin mereka terkenal sebagai politisi hebat dan komandan  perang yang disegani. Bisnis mereka berkelas international.  diceritakn oleh Allah dalam Al Quran Surah Quraish.
Tapi kenapa mereka disebut disebut jahil?
Diantaranya karena:
1. Jahluhum An Janibil Al aqaidi Assalimah  (jahil terhadap aqidah yang lurus)  orang-orang Arab Quraish saat itu menyembah berhala yang mereka buat dengan tangan sendiri. Mereka memahat batu atau menbeli patung dari hasil usaha mereka lalu dipercaya memiliki kekuatan, mampu memberi maslahat dan mudharat. Atau sekedar diyakini mampu menjadi perantara antara penyembah dengan Allah. Mereka jauh dari aqidah yang di bawa oleh nabi Ibrahim dan Ismail alaihimaassalam yang megjarkan hanya Allah yang dsembah dan di ibadahi . Latha dan Uzza diantara sembahan mereka yang sangat terkenal. Hidup dalam kemusyrikan dan jauh dari Aqidah yang lurus
2. Jahluhum An Janibil Qanuni wa Hukmillah (jahil terhadap hukum Allah). medahulukan hawa nafsu dan kehendak pribadi dalam berhukum. Menolak hukum islam yang dbawa oleh Rasulullah.
3. Jahlum an janibil Akhalqiyah (Jahil dalam masalah Akhlaq). Satu sisi orang Quraish dikenal dermawan, namun muamalah mereka dibangun bukn atas ahlaq mulia. mereka dermawan namun harta  tak lepas dari riba,mereka suka mabuk-mabukan, senang berfoya-foya dan merampas hak orang lain, perzinah, riba dan maksiat merajalela di tengah masyrakt.
4. Jahluhum Ala Asas Al ijtimaiyah (Jahil dalam hubungan sosial). Orang-orang arab sangat fanatik dengan suku mereka. Mereka membela orang dari suku mereka dalam kebenarn ataupun kemaksiatan. Menzolimi atau terzolimi. Mereka tak melihat dari sisi haq atau batil tpi mereka dari kelompok atau suku mana. Hal ini salah satu pemicu perang berkepanjgan yang tak pernah usai di tengah orang Arab hingga datngx islam.

Islam lalu datang untuk membebaskan meraka dari kobodohan2 yang yang ada pada Quraish, orang2-orang Arab dan ummat ini.
Kaum yang merasa telah maju dalam peradaban atau
Orang berpendidikan tinggi dan hidup dizaman modern bisa saja dpandang jahil dalm islam jika mereka berprilaku seperti prilaku kaum jahiliyah.
Abul Hakam yang terkenal sebagai sebagai salah seorang pimpinan Quraish yang visioner, permberani, ahli politik, dermawan bgi kaumnya di gelari oleh Allah dan Rasulnya sebagai Abu Jahal karena penolakannya terhadap kebenaran Islam.
Wallahu a'lam bissawab.
Somga bermanfaat..
Silahkan jika ada yang perlu ditambahkan

TANYA JAWAB

Q : Kalo untuk jaman sekarang jahil disini yang dimaksud hanya untuk orang islam yang berperilaku jahiliyah ato juga untuk orang-orang non muslim?
A : Orang islam atau non muslim jika mereka jahil dalam masalah Aqidah, Hukum Allah, Ahlaq, seperti yang dsebutkan datas atau mereka mgikuti prilaku orang jahiliyah terahulu semua kategori jahil... cuma perlu d ketahui bahwa jahilnya mereka tidak seperti kaum jahiliyah sebelm Rasulullah di utus.  Ulama kita membagi jahilayah menjadi dua: pertama jahiliyah Amm. Yaitu jahilyah sebelum diutusnya Rasulullaj dan berakhir setelah Rasulullah di utus. Jahiliyah khas adalh jahilyah setelah diutusnya Rasulullah,zaman sekarng. Jahil terhadp islam atau mgikuti orang-orang jahiliyah zaman dahulu. Wallahu a'lam bi showab

Segala yang benar dari Allah semata, mohon maaf atas segala kekurangan
kita tutup kajiannya ya..

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
wassalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh


​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ