Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

MAKE UP MINIMALIS

Kajian Online Hamba الله SWT

Selasa, 30 Desember 2014
Narasumber : Ustadzah Eny Tri
Rekapan Grup Nanda M111 (Peny)
Tema : Kecantikan / Kesehatan
Editor : Rini Ismayanti


MAKE UP MINIMALIS

Assalamu'alaikum..Kali ini kita akan membahas cara ber Make Up Minimalis .
Dalam Sayaariat Islam, perempuan yang ingin tampil cantik itu fitrah. Walau kadang penilaian cantik itu sendiri relatif dan subyektif. Cantik menurut kesehatan adalah sehat jasmani dan rohani. Namun ketika kita bicara cantik, umumnya akan menyangkut tentang wajah dan kulit. Kita ingin kulit dapat tampil sehat tanpa keluhan terlihat kering dan kusam, karena tampil dengan wajah yang cerah, fresh dan tidak kuyu.

Anda bisa melakukan dengan perawatan dasar untuk kulit anda. Pola makan yang sehat juga perlu diperhatikan. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan karena mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga kulit akan terlihat lebih sehat.
Untuk menjaga kelembaban kulit, pemakaian  Body lotion amat dianjurkan. Tak hanya itu, durasi mandi pun menentukan elastisitas kulit. Waktu yang tepat untuk membersihkan tubuh tidak lebih dari 15 menit, Karena hal itu juga menyebabkan kulit menjadi kering.

Ada perawatan dasar harian untuk kulit.
1. Lakukan perawatan dasar sehari-hari dengan pemakaian Cleanser Milk / White Cleanser untuk pembersih dan Face Toner untuk penyegaran wajah serta Shower Gel untuk mandi.
2. Ibarat tanah, kulit juga perlu pemupukan agar sehat. Perawatan kulit bagian luar dengan memberikan pelembab serta krim malam yang mengandung A H A terutama untuk usia 30 tahun keatas.
3. Lindungi kulit wajah terutama saat beraktifitas di jam 09.00 – 16.00 dengan Day Caraeam atau Sun Scaraeen yang mengandung SPF

Supaya tetap segar dan cantik, Anda bisa mencoba make-up minimalis. Sekalipun minimalis, wajah Anda tetap terlihat segar, sehat dan cerah.  Trik yang perlu dilakukan sebelum menggunakan make up biasakan wajah sudah dibersihkan dengan Milk Cleanser dan Face Toner untuk memberi rasa segar pada wajah.

Berikut langkah-langkah aplikasi make-up minimalis :
1. Foundation
Untuk mendapatkan hasil riasan yang tahan lama. Segar dan tidak kering, gunakan foundation yang sesuai warna dan jenis kulit. Foundation caraeam untuk kulit kering dan foundation lotion untuk kulit normal dan berminyak.

2. Bedak
Fungsinya adalah menutupi pori-pori agar wajah terlebih halus serta mengurangi minyak di T-zone. Gunakan face powder untuk kulit berminyak dan bedak padat untuk kulit kering atau normal secara merata pada wajah.

3. Lipstick
Pilihlah lipstick yang sesuai dengan kondisi, gunakan lipgloss untuk memberikan kesan segar dan lembab pada bibir.

4. Finishing Touch
Pada tahap akhir, Anda bisa memberikan perhatian ekstra pada pakaian anda. Gunakan pakaian yang menampilkan kesan simpel tapi tetap elegan, anggun, dan sopan (tidak menyalahi aturan agama islam) untuk mempercantik. Agar tubuh Anda tetap wangi sepanjang hari gunakan long lasting Parfum.

Kini Wajah segar, fresh dan kulit yang sehat bisa Anda dapatkan tanpa harus pergi kesalon dan terakhir lelah seharian beraktifitas, sebelum tidur jangan lupa untuk membersihkan kembali semua make-up yang menempel di wajah Anda dengan Milk Cleanser serta Facial wash.
Nah...itu td perawatan dasar yang sederhana untuk sehari-hari.

TANYA JAWAB

Q : Assalamu'alaikum ana mau nanya ng, kita pake foundation, bedak, lipstick, finishing touch dll, apakah itu tidak berlebihan ukhty ? " ALLAH kan tidak suka orang yang berlebih2n " Dan bukankah kosmetik yang halal hanya ditampkkn pada yang halal bg kita ?
A : Wa'alaikumsalam....baik,saya jwb ya. Pemakaian bisa diatur oleh diri sendiri. Ketika kita berdandan dengan minimalis biar kulit sehat dan segar saya kira tidak berlebihan. Seandainya memang dirasa tidak perlu boleh kok tidak dilakukan. Mungkin dirawat dengan selalu membersihkan saja. Saya mengambil tema ini, karena saya kira untuk wilayah seperti di negara kita kita memang memerlukan perlindungan dari efek buruk sinar matahari. Seperti itu sementara...mungkin ada yang bisa nambahi... Dan yang lebih penting untuk pemilihan produk perawatan kita memang harus selektif, harus halal dan aman ,dan satu lagi,,,cocok untuk jenis kulit kita

Q : Bundaa.. Aku kalo pake bedak jadi putih-putih gituu kayak komedo. Padahal aku udh pake pelembab. Aku jadi cuma pake pelembab deh. Sama cara ilangin ketombe gmn yaa bund? Aku udh kramas setiap hari pake shampoo hijab itu sama selalu dikeringin sebelum pake jilbab
A : Mungkin harus memilih warna bedak yang cocok yang nanda, jgn yang terlalu terang. Bisa memilih warna natural.
Untuk ketombe,sebenarnya kita harus tau dulu jenis ketombe kita, apakah dikarenakan jamur atau dikarenakan kulit kepala yang terlalu kering sehingga mengelupas. Karena jika penyebabnya berbeda penanganan juga beda

Q : Banyak produk yang kita jumpai,produk yang halal padahal ,produk nya sangat beraahaya buat tubuh kita. Mohon di jelaskan apa ciri-ciri produk halal dan tidak halal ? JAZAAKILLAH atas jawaban nya.
A : Kalau produk halal dan tidak halal kan bisa kita lihat di label. Di indonesia yang mengeluarkan produk halak/tidak kan MUI. Jadi lihat aja di kemasan label

Q : Cara taunya itu jamur atau kulit kepala kering dari mana bund? Ohiya. Aku cari deodorant halal belum ketemu nih bund. Ada rekomendasi?
A : Gejala yang dirasakan untuk mengetahui penyebabnya, biasanya kl yang disebabkan jamur akan disertai gatal. Sedangkan yang diakibatkan kekeringan pada kulit kepala akan sering terasa perih
Deodoran yang halal? Coba cari yang dari produk make up islami.

Q : Bunda jadi makeup boleh ya... kalo pengen putih boleh ndak😅
A : Kalau menurut saya boleh ,tapi tetep harus berniat bahwa dandan untuk menjaga kesehatan. Tidak berlebihan juga. Karena kata "dandan" sendiri kan barangkali penafsiran setiap orang berbeda, mungkin ada yang menganggap dandan itu trus serba tebal dan dekoratif (tabaruj). Tidak selalu seperti itu kan?

Q : Bunda, memakai bulu mata palsu itu hukum'a apa?
A : Tidak boleh

Q : Bunda kalo cara diet yang baik gmna
A : Diet yang baik adalah dengan mengatur makan,kmdn olahraga danpola pikir yang sehat .intinya kl ingin mengurangi berat badan jgn mengurangi waktu makan, yang dikurangi cukup porsinya saja, byk minum air putih, buah sayur.

Q : Terus bunda krim yang baik merk apa? Atau beli di dokter
A : Untuk krim perawatan wajah sebaiknya memakai produk yang dlm pengawasan dokter dan juga berlabel halal.

Q : Bun, cara bedain jenis kita gmn ya bun?
A : Biar cocok juga saat memilih pelembab. Sebenernya yang tau jenis kulit kita ya kita sendiri, tapi memang kadang ada orang yang mempunyai jenis kulit kombinasi.bahkan ada yang sensitif. Kulit berminyak cenderung mengkilap bila dlm waktu beberapa saat tidak dibersihkan. Kulit kering cenderung lebih cepat terlihat kusam .

Q : Bunda gmn cara menghilangkan spot. bgmn cara membedakan spot yang bisa hilang dengan spot permanen? tmk
A : Spot /bintik hitam bisa dihilangkan secara alami dan secara klinis. Tergantung dari spot itu berasal, untuk spot yang msh bisa dihilsngksn dengan mudah misalnya bekas jerawat, bisa dengan rajin membersihkan,pemakaian masker. Untuk spot yang ditimbulkan oleh paparan matahari atau akibat pemakaian akat kontrasepsi, itu bisa dikurangi dengan meminimalkan penyebab, bisa juga dengan terapi klinis .

Q : Kan memakai bulu mata palsu tidak boleh ya, tapi pada saat pernikahan/acara gitu diriasin pake bulu mata palsu. Itu gimana ya? Banyak artis'-artis yang berhijab pada saat nikah bulu mata nya cetar membahana.
A : Iya kalau pas di rias bilang aja ga mau pake. Untuk para artis yang msh pake saya ga mau komen

Q : Bunda. Antara lipbalm & lipgloss bedany apa?? Trus agar bibir ga kering klo di ruangan berAC bgaimana mengatasiny? 1 lagi. Klo air berPH 2,5 itu ada aroma atau bau obat ga sii bun??
A : Lipbalm berfungsi untuk melapisi bibir dan menjaga agar bibir lembab dan tidak kering. Sedang lip gloss berfungsi memberi efek glossy atau mengkilap pada bibir shg kondisi bibir bisa terjaga. Keduanya berfungsi mencegah bibir kering namun untuk menjaga kelembaban bibir tetap lebih baik lipbalm

Q : Bunda.. Tmanku ada yang blagi kalau menckur alis mata itu makruh, jd boleh aja kalo mndesak misal utk wisuda atau menikah. Bagaimana itu bunda?
A : Iya nanda ada beberapa ulama yang mengatakan itu makruh. Tapi untuk lebih hati-hati sebaiknya kita menghindari yang makruh. Wallahualam

Q : Oya bunda, aku mau nanya krim pemutih siang malam. Teman aku byk yang makai krim temulawak dan wajahnya emg putih halus tapi aku liat di kemasanny gk ada no.bpom nya bund. Bgaimna itu bunda? Takutnya kan mengandung bahan brbahaya.. Dan bgaimana cara kt selektif memilih produk make up bunda.. Takutnya byk yang aspal.
A : Nah yang seperti ini yang hrs ekstra hati-hati. Mungkin kalau ada contak/email untuk menanyakan komposisi bahan, itu lebih baik. Takutnya ada baha yang berbahaya yang dipakai. Selektif dl ya nanda,

Nanda kl tidak ada pertanyaan lagi kita tutup ya, mohon maaf bl byk kurang. Smg bermanfaat.
Wassalam..


segala yang benar dari Allah semata, mohon maaf atas segala kekurangan
kita tutup kajiannya ya..
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
wassalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh


​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ