MA'RIFATUL INSAN

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, December 10, 2014

GRUP 101/102
USTAD CIPTO
MA'RIFATUL INSAN
EDITOR : IRA WAHYUDIYANTI


بِسْمِ الله الْرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
dari sub tema maarifatul insan dgn judul التوازن (seimbang)
Mari kita lanjutkan diskusi tema syaksiyah islamiyah kita
Tawazun atau seimbang merupakan ciri dari penciptaan makhluk termasuk juga penciptaan manusia dan alam.
Allah menciptakan alam secara seimbang dan stabil sehingga perjalanan alam ini teratur. Kita bs melihat perjalanan bulan,  matahari,  bumi dan bintang secara seimbang dan teratur. sudah berabad-abad lamanya mereka tetap berputar tanpa ada kekurangan sedikitpun,  ha ini karena telah diatur oleh Allah dengan keseimbangan ciptaanNya.

Ya Sin : 39

وَالْقَمَرَ قَدَّرْنٰهُ مَنَازِلَ حَتّٰى عَادَ كَالْعُرْجُونِ الْقَدِيمِ

Dan telah Kami tetapkan bagi bulan manzilah-manzilah, sehingga (setelah dia sampai ke manzilah yang terakhir) kembalilah dia sebagai bentuk tandan yang tua.

Ya Sin : 40

لَا الشَّمْسُ يَنۢبَغِى لَهَآ أَن تُدْرِكَ الْقَمَرَ وَلَا الَّيْلُ سَابِقُ النَّهَارِ ۚ وَكُلٌّ فِى فَلَكٍ يَسْبَحُونَ

Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya.
Ya Sin : 38

وَالشَّمْسُ تَجْرِى لِمُسْتَقَرٍّ لَّهَا ۚ ذٰلِكَ تَقْدِيرُ الْعَزِيزِ الْعَلِيمِ

dan matahari berjalan ditempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.

Dengan contoh penciptaan alam ini secara seimbang, maka dapat kita bayangkan pula keseimbangan yang Allah berikan kepada manusia,  binatang dan tumbuhan di bumi.
mereka semuanya seimbang hidup dan fisik yang telah diciptakan Allah. keseimbangan pada alam,  hewan dan tumbuhan adalah keseimbangan yang mutlak yang telah ditetapkanNya. Namun pada manusia keseimbangan itu barulah tercapai jika manusia mengikuti perintah Allah yakni syariat islam yang ada pada quran dan sunnah nabi Muhammad SAW.
Al-A'raf : 172

وَإِذْ أَخَذَ رَبُّكَ مِنۢ بَنِىٓ ءَادَمَ مِن ظُهُورِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَأَشْهَدَهُمْ عَلٰىٓ أَنفُسِهِمْ أَلَسْتُ بِرَبِّكُمْ ۖ قَالُوا بَلٰى ۛ شَهِدْنَآ ۛ أَن تَقُولُوا يَوْمَ الْقِيٰمَةِ إِنَّا كُنَّا عَنْ هٰذَا غٰفِلِينَ

Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi". (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)",
Manusia Allah ciptakan dalam keadaan fitrah. fitrah manusia bersifat hanif yaitu mempunyai kecenderungan kepada sesuatu yang positif (dalam hal ini fitrah islam).
salah satu sifat fitrah adalah menjaga tawazun atau keseimbangan antara jasad/fisik, akal dan ruh.
Al-Qiyamah : 14

بَلِ الْإِنسٰنُ عَلٰى نَفْسِهِۦ بَصِيرَةٌ

Bahkan manusia itu menjadi saksi atas dirinya sendiri,
Ar-Rum : 30

فَأَقِمْ وَجْهَكَ لِلدِّينِ حَنِيفًا ۚ فِطْرَتَ اللَّهِ الَّتِى فَطَرَ النَّاسَ عَلَيْهَا ۚ لَا تَبْدِيلَ لِخَلْقِ اللَّهِ ۚ ذٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ وَلٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama Allah; (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada peubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui,
selanjutnya mengenai tawazun atau keseimbangan sendiri Allah Swt berfirman
Ar-Rahman : 7

وَالسَّمَآءَ رَفَعَهَا وَوَضَعَ الْمِيزَانَ

Dan Allah telah meninggikan langit dan Dia meletakkan neraca (keadilan).
Ar-Rahman : 8

أَلَّا تَطْغَوْا فِى الْمِيزَانِ

Supaya kamu jangan melampaui batas tentang neraca itu.
Ar-Rahman : 9

وَأَقِيمُوا الْوَزْنَ بِالْقِسْطِ وَلَا تُخْسِرُوا الْمِيزَانَ

Dan tegakkanlah timbangan itu dengan adil dan janganlah kamu mengurangi neraca itu.
3 potensi manusia yg perlu berimbang dalam kesehariannya yakni
1. Al Jasad/Jasmani memiliki dua kebutuhan yakni kebutuhan tubuh itu sendiri dan  kebutuhan akan makanan dan minuman.
kita diperintahkan Allah tuk memakan makanan yang halal lagi baik. juga diminta untuk membuat tubuh menjadi seimbang.
Al-Baqarah : 168

يٰٓأَيُّهَا النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِى الْأَرْضِ حَلٰلًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِ ۚ إِنَّهُۥ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ

Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.
'Abasa : 20

ثُمَّ السَّبِيلَ يَسَّرَهُۥ

Kemudian Dia memudahkan jalannya.
ketika keseimbangan dari 3 potensi manusia tersebut dapat diwujudkan maka dapat dipastikan akan diperoleh nikmat. ada dua nikmat utama yakni nikmat lahir dan batin..semua itu dapat diwujudkan dengan mendekatkan diri kepada Allah dengan jalan Islam namanya.
Luqman : 20

أَلَمْ تَرَوْا أَنَّ اللَّهَ سَخَّرَ لَكُم مَّا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْأَرْضِ وَأَسْبَغَ عَلَيْكُمْ نِعَمَهُۥ ظٰهِرَةً وَبَاطِنَةً ۗ وَمِنَ النَّاسِ مَن يُجٰدِلُ فِى اللَّهِ بِغَيْرِ عِلْمٍ وَلَا هُدًى وَلَا كِتٰبٍ مُّنِيرٍ

Tidakkah kamu perhatikan sesungguhnya Allah telah menundukkan untuk (kepentingan)mu apa yang di langit dan apa yang di bumi dan menyempurnakan untukmu nikmat-Nya lahir dan batin. Dan di antara manusia ada yang membantah tentang (keesaan) Allah tanpa ilmu pengetahuan atau petunjuk dan tanpa Kitab yang memberi penerangan.
Dalam salah satu hadist Rasululah SAW bersabda : "bukanlah orang yang paling baik diantara kamu yang meninggalkan dunianya karena akhiratnya dan tidak pula (yang meninggalkan)  urusan akhiratnya untuk dunianya,  hingga ia memperoleh kedua-duanya. sesungguhnya dunia ini menyampaikan kepada akhirat dan janganlah kamu menjadi beban atas manusia (HR Ibnu 'Asakir)

2. Potensi akal dengan kebutuhan Akal itu sendiri serta ilmu sebagai nutrisi bagi akal.
Allah telah memerintahkan untuk menggunakan akal dan fikiran kita. keseimbangan akal akan tercapai bila akal dipenuhi kebutuhannya. kebutuhannya itu adalah ilmu.
Al-'Alaq : 1

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِى خَلَقَ

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan,
Ar-Rahman : 1

الرَّحْمٰنُ

(Tuhan) Yang Maha Pemurah,
Ar-Rahman : 2

عَلَّمَ الْقُرْءَانَ

Yang telah mengajarkan al Quran.
Ar-Rahman : 3

خَلَقَ الْإِنسٰنَ

Dia menciptakan manusia
Ar-Rahman : 4

عَلَّمَهُ الْبَيَانَ

Mengajarnya pandai berbicara.
Al-Mujadilah : 11

يٰٓأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوٓا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ انشُزُوا فَانشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ ءَامَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.
3. Kebutuhan Ruh sebagai potensi ke tiga dalam diri manusia.
ruh juga memiliki kebutuhan untuk diisi yakni dengan dzikrullah. dgn begitu ruh akan beroleh ketenangan dan kedamaian.
Ar-Ra'd : 28

الَّذِينَ ءَامَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.
Ali 'Imran : 191

الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيٰمًا وَقُعُودًا وَعَلٰى جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِى خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هٰذَا بٰطِلًا سُبْحٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.
Demikian materi bahan diskusi kita silahkan jika ada yg hendak ditanyakan.

# Rekap Tanya Jawab Nanda 101:

1. ustadz , boleh tau tips agar selalu ingat kpd Allah dimanapun kita berada ? Syukran ustadz
Jawab:
Menghidupkan hati dan melatih kebiasaan tuk selalu berdzikir perlu 3m mulai dr yg sederhana, mulai dr diri sendiri dan mulai dari sekarang (aa gym)

2. Ustadz bagaimana cara menghilangkan rasa malas dan suka menunda² waktu untuk menjalankan perintah allah???
Jawab:
Kita perlu memaksakan diri dalam menjalankan kebaikan...

3. Ustadz , Bagaimana cara melatih diri kita agar tetap istiqomah beribadah kpd Allah saat iman sedang naik turun ?
Syukran..
Jawab:
Lirik syair tombo ati dr opick menarik tuk bs bantu kita istiqomah....
1. baca quran dan maknanya
2. sholat malam dirikanlah
3. berkumpul dgn orang sholeh
4. berpuasa dan berlapar-lapar tuk melatih hawa nafsu
5. dzikir malam yang lama
Namun point 3 sy tekankan sangat perlu sebagai bentuk kontrol sosial sebagaimana rasulullah membangunnya dengan para asabiqunal awalun melalui halaqoh-halaqohnya di rumah arqom bin abil arqom. Dalam halaqoh rutin pekanan umumnya nuansa saling mengingatkannya sangat terasa.
Al-'Asr : 3

إِلَّا الَّذِينَ ءَامَنُوا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

4. Berarti matahari itu yg mengelilingi bumi ya? Bukan bumi yg mengelilingi matahari? Klo d sekolah kan di ajarkan bahwa bumi mengelilingi mataharii.
Jawab:
Tetap bumilah yg mengelilingi matahari sementara matahari dlm tatasurya kita bersama bumi mengelilingi pusatnya...dlm galaksi bima sakti dst....analogi thawaf dlm ibdah umroh dan haji sangat dalam artinya bahwa kita memiliki pusat edar. kemanapun kita beredar akan kembali kepada Allah.

5. Ustadz tanya lagi, klo ada orang yg ga tau ttg syariat islam karena ga belajar (mencari ilmu) dosa tidak?
Jawab:
Mmm tergantung. Klo ada org yg tau ttg syariat islam dilingkungannya dan org tsb tau ttg kondisi org diatas tp gak mau mengajak org tsb maka bisa jd yg kena salah/dosa adalah org yg berilmu. Klo dilingkungannya memang tdk ada org yg faham ttg syariat islam atau dia terhalang utk bs belajar maka insya Allah tdk menjadi dosa baginya asal sdh ada upaya tuk melakukan perubahan. 

6.  Ouhh.. yg penting ada niat belajar dulu ya tadz. Ustadz,trus gmna dg surat An Nisa' ayat 165.
"Mereka kami utus selaku rasul2 pembawa berita gembira dan pemberi peringatan, agar supaya tdk ada alasan bagi manusia membantah Allah sesudah diutusnya rasul2 itu. Dan adalah Allah maha perkasa lagi maha bijaksana." ?
Jawab:
Maksudnya gmn mba? Klo penjelasan ayat tersebut sederhana bahwa kedatangan para nabi atau rasul saja sebenarnya sdh menjadi hujjah atau alasan menurunkah berkah atau azabNya pada suatu kaum. Allah turunkan berkah dan rahmatNya bagi org2 yang beriman dan bertaqwa dan Allah turunkan azabNya kpd org2 yang kufur.

7. Kata blog yg saya baca ustadz,mnurut ayat trsbt jika kita mengatakan tdk tahu hukum, sementara kita hidup di masyarakat yg banyak pengajaran, maupun buku2 ttg fiqih Islam,maka alasan TDK TAHU ini tdk bisa diterima,..itu bnar apa kaga ustadz??? Afwan ustadz bnyak nanya
Jawab:
Yup, tp ketidak tahuan ditengah lumbung ilmu bs tetap terjadi ketika para dai cuek....ini nanti yg kena hukum para dainya loh....jadi semua proses terutama dakwah itu menjadi tetap vital dimanapun berada....sampai ada yg mengatakan nahnu duat qobla alla kuli syai "kami ini para penyeru sebelum menjadi sesuatu yang lain".

8. Yah jdi yg berdosa org yg bnyak ilmu nya dong ustadz??
Jawab:
Betul gak saklek bgt juga sih hanya warning bagi kita semua

9. Mksdnya apa ustadz "nahnu duat qobla 'ala kulli syai"?
Jawab:
Bahwa setiap kita muslim adalah dai yg mengajak pada kebaikan sebelum menjadi apapun....jika sekarang masing2 sdh punya profesi apapun tetap dipergunakan seoptimal mungkin bagi dakwah....Nahnu Du'at Qobla Ala Kulli Syaii.



# Rekap Tanya Jawab Nanda 102:
1. Al-Mujadilah ayat 11 tafsirannya gmna ustadz maksudnya berlapang2 dlm majelis?
Jawab:
Saat mengikuti kajian atau majelis ilmu biasanya khan ada yg suka ngetake tempat sendiri ahsannya berlapang-lapang itu memberikan tempat jika masih lowong dan memungkinkan kepada saudara/sdrinya yg baru tiba. krn menghalangi org berada dlm majelis ada sebagian ulama yg mengkategorikan menghalangi org menuntut ilmu bahkan ada yg sampai mengharamkan.

2. Sbnrnya tidur yg ideal itu brp jam ustadz? Kalau niat tidurnya utk memberi hak tubuh utk istirahat bkn kah itu ibadah jg? Krn msg2 org pny alarm tubuh yg berbeda2.. Kebanyakan org alim jam tidurnya lbh sedikit.Tp kalau sy pribadi mengikuti mereka, sy blm mampu.
Jawab:
Deal menurut kesehatan khan antara 6-8 jam ya..namun bagi yg sdh terlatih seperti para ulama bs hanya 2-4 jam saja dan itu cukup...butuh latihan memang. rasulullah SAW pernah mengajarkan dengan membagi waktu malam kedalam 3 bagian 1/3 awal malam mulai dr isya, pertengahan dan 1/3 akhir malam..klo d indonesia cb dihitung 1/3  awal itu dr pkl 19.-22 lalu pertengahan dr pkl 22-02 lalu 1/3 akhir pkl 2-jelang subuh. 

3. Ustadz, kalau ikut senam aerobik itu gmna? Boleh atau tdk?
Jawab:
Boleh ukh gk ada larangan khan asal.....tetap menjaga adab terutama pakaian.

4. Ustadz, benarkah menuntut ilmu hrs dr tempat yg terdekat dahulu? Misal pengajian sekitar rmh. Tp sy krg puas dg halaqah yg dkt rmh Ustadz krn dr segi penyampaian krg mengena dan terkadang sulit dipahami. Makanya sy lbh memilih halaqah yg bkn dkt rmh, spy sy mudah mencerna ilmu yg disampaikan.
Jawab:
lmu adalah hikmah milik setiap muslim yg terserak maka dimanapun ia menemukannya hendaklah ia ambil begitu kata nabi dalam salah satu haditsnya.mau dekat atau jauh silahkan....dlm menyerap ilmu memang tiap org berbeda ya ini bab lain..menuntut ilmu memang perlu persiapan dan kesiapan baik dr tholib maupun ustadznya....faktor kenyamanan menjadi faktor yg juga perlu diperhatikan agar ilmu dpt diterima dgn baik.

5. Ini ttg adab terhadap org tua, apakah sebaiknya saat hendak kemanapun kita ttp hrs ijin dg org tua? Lalu bgmna jk tdk ada muhrimnya? Apakah dosa? Krn kalau menunggu ada muhrimnya dlu, hajat kita jd tdk bisa terlaksana Ustadz krn msg2 pny urusannya.
Jawab:
Adab meminta izin trutama pada org tua adalah keharusan bagi anak yg masih dalam tanggungan orang tua. keberadaan muhrim sebenernya tuk memastikan keamanan dan masalah ikhtilat atau bercampur baur dgn yg bukan muhrim sehingga terperosok dlm perbuatan dosa dan maksiyat. sebisa mungkin diupayakan dl ada muhrim jika perjalanannya jauh dan dirasa membahayakan. jika dekat dan memiliki kepastian keamanan serta jauh dari fitnah insya Allah bs tetap keluar setelah izinnya keluar tentu.

6. Bagaimana menyikapi org yg pemahamannya sedikit2 bicara ttg bid'ah. Sbnrnya bid'ah itu yg sprti apa ustadz penjelasan simplenya? Kalo jaman rasul kan ga ada HP. Masa HP dibilang bid'ah?
Jawab:
Sesungguhnya kita ini dai bukan hakim tugas kita sebagai muslim atau dai ini hanya mengajak dan menyeru pada kebaikan bukan menjadi hakim yg menjustifikasi sebuah perbuatan meski yg halal dan haram itu sudah jelas...perbedaan fiqh dakwah saja mba...klo ktmu yg begitu sy biasanya mempersilahkan aja gak perlu debat panjang2...karena tugas kita hanya menyeru dan mengajak saja.

7. Ustadz, keutamaan menuntut ilmu adalah ilmu agama. Brp byk cabang ilmu agama yg hrs kita kuasai?Apakah Allah akan meminta pertanggung jawaban pd kita atas ilmu agama yg blm kita kuasai?
Jawab:
Betul yg paling dasar yg hrs diketahui adalah ilmu ttg dien/agama ini...terutama ttg aqidah, ibadah dan muamalah meski cabangnya jd banyak....itulah kenapa menuntut itu adalah kewajiban/fardu bagi setiap muslim...pertanggung jawabannya Wallahu alam mba...ilmu Allah luas banget...paling tidak yg dasar dasar agama atau ushuluddin kita pelajari perlahan2...bahkan boleh disambil.

8. Ustadz, semisal belajar bahasa asing kan juga ilmu? Tetap boleh kan ya untuk sambilan dan refresh otak?
Jawab:
Boleh kok krn tiap kita punya potensi dan muyul/kecenderungan.

9. Ustadz, denger nasyid boleh? Denger lagu maher zain blh? Atau denger lagu yg bikin mood naik lg boleh?
Jawab:
Boleh selama tdk melalaikan



Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Ketik Materi yang anda cari !!