Ketik Materi yang anda cari !!

Home » , » MENAHAN DIRI DARI GODAAN SYAHWAT

MENAHAN DIRI DARI GODAAN SYAHWAT

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, December 2, 2014

Rekapan materi Grup 109 & 110

Hari/tgl: Selasa. 2 Desember 2014
Narsum : Ustzh. Erlina
Materi : menahan diri dari godaan syahwat
Editor : Ira Wahyudiyanti

Assalamu alaikum nanda2 sholihat...
Sy mulai sj kajiannya yah...
Yg blm sholat, silakan tunaikan dl. Nyambung nyam-nyam jg boleh..
Sdh sholat, perut pun sdh terisi.. betikutnya smg siap mengkaji ilmu.. Asal jgn ngantuk yah...

Sblm mulai..sy perkenalkam diri dulu..
Sy seorang ibu dr 2 putri dan 1 putra. Aktifitas sy tholabul ilmi, dakwah, dan tentunya jg sbg ummun wa,robbah al bayt.

السلام عليكم ورحمة الله و بركاته

بسم الله الرحمن الرحيم

ان الحمد لله نحمده ونستعينه ونستهديه ونستغفره، ونعوذ بالله من شرور أنفسنا ومن سيئات أعمالنا، من يهده الله فهو المهتد ومن يضلل فلن تجد له وليا مرشدا..

ﻭ ﺃﺷﻬﺪ ﺃﻻ ﺇﻟﻪ ﺇﻻ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺣﺪﻩ ﻻ ﺷﺮﻳﻚ ﻟﻪ ؛ ﻟﻪ ﺍﻟﻤﻠﻚ ﻭ ﻟﻪ ﺍﻟﺤﻤﺪ ، ﻳﺤﻴﻰ ﻭ ﻳﻤﻴﺖ ﻭ ﻫﻮ ﻋﻠﻰ ﻛﻞ ﺷﺊ ﻗﺪﻳﺮ ﻭ ﺇﻟﻴﻪ ﺍﻟﻤﺮﺟﻊ ﻭ ﺍﻟﻤﺼﻴﺮ ..

ﻭﺃﺷﻬﺪ ﺃﻥ ﻣﺤﻤﺪﺍ ﻋﺒﺪﻩ ﻭ ﺭﺳﻮﻟﻪ ، ﺑﻠﻎ ﺍﻟﺮﺳﺎﻟﺔ ﻭ ﺃﺩﻯ ﺍﻷﻣﺎﻧﺔ ، ﻭ ﻧﺼﺢ ﺍﻷﻣﺔ ﻭ ﻛﺸﻒ ﺍﻟﻐﻤﺔ ، ﻭ ﺟﺎﻫﺪ ﻓﻲ ﺳﺒﻴﻞ ﺭﺑﻪ ﺣﺘﻰ ﺃﺗﺎﻩ ﺍﻟﻴﻘﻴﻦ ..

أما بعد...
Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh
Bismillahirrahmanirrahim

In syaa Allah bhsn kt kali ini adalah ttg:

MENAHAN DIRI DARI GODAAN SYAHWAT

Menjaga Keperawanan abad ini mungkin dianggap manusia purba. To begitulah kemuliaan wanita. Ia bs mjd makhluq terbaik bila mau menjaga keperawanannya dg cara yg baik. Maklum, wnt sgt kuat godaannya utk mengumbar segala hal yg berhub dg seks. Nmn mrk tdk th betapa berharganya perawan mrk utk khdpn mrk nnt.
Bkn hy khdpn dunia, tp jg akhirat. Menjaga keperawanan bkn skdr demi masa depan yg gemilang bersama pasangan hidupnya kelak, jg bntk ketundukan kpd Sang Pencipta. Itulah wnt mulia yg bertaqwa.
Lantas bgm mnjg keperawanan itu? Sgt mudah, Islam mengajari para Muslimah utk menutup aurat, cara bergaul, cara berdandan, dan cara beraktivitas. Semua itu bentuk preventif dan komprehensif dlm menjaga keperawanan wnt.
Mengenai cara menutup aurat, Islam memerintahkan pr perempuan utk tdk mperlhtkan seluruh tubuhnya kec muka dan telapak tangan, kpd yg bkn mahram atau suaminya. Jgn salah, menutup aurat dan bukan membungkus aurat.

Jangan terkecoh dg model2 busana pembungkus aurat yg terbukti msh merangkang syahwat. Bkb jaminan seorang muslimah tdk mjd mangsa pr predator virginitas. Berhati2lah...
Mengenai cara bergaul, wnt diperintahkan memisahkan diri dr berinteraksi tanpa batas.dg lawan jenis. Aplg dg pr lelaki penggoda. Ya, wnt sering sekali mendptkan gangguan para pria nakal. Mrk selalu menginginkan ketertarikan pd wnt. Iseng2, baik di dunia nyata maupun dunia maya.
Oki wnt sebaiknya mjauhi pria spt ini. Mrk hy menginginkan keperawanan dr wnt yg sendirian. Bujuk rayu maut sgt mudah melumpuhkan k hawa. Waspadalah!

Jgn keasyikan berakrab2 dg pria, krn akan menjerumuskan dlm hub intim. Ingat, setan di mana2, di dunia nyata maupun maya. Mk dr itu, utk mjaga agar keperawanan bs dijaga sampai menikah nnt, dihrskan tdk terlalu akrab dg pria aplg jk sdh ada rasa.
Dmkn pula dlm beraktivitas, hindari yg mbahayakan harga diri. Pilihlah lapangan perjuangan yg mengangkat harkat dan derajat wnt, bkn malah mengeksploitasinya. Saat ini byk tawaran nenggiurkan beriming2 materi dan ketenaran utk muslimah bethijab, yg jk tdk selektif memilihnya berujung penyesalan. Jangan sampai itu terjadi.

Jk sdh terjadi... hy penyesalan yg akan merundungi sepanjang hidup kt.

Islam sgt mbolehkan seorang wnt utk mengamalkan dan mengaplikasikan skill dan tenaganya utk masy umum. Namun ktk berada di luar rmh, mk pasti akan bertemu dg pria.
Pun Islam membolehkan P & W utk berinteraksi di dlm khdpn umum utk mencapai kemaslahatan individu dan masy. Interaksi tsb dilakukan dg landasan taqwa dg aturan2 yg menyertainya. Ada bbrp batasan ktk berinteraksi di dlm khdpn umum..
Batasan2 tsb di antaranya adl:
hendaknya PW menundukkan pandangan dan menjaga kemaluannya (QS Sn Nur:30-31)
hendaknya W menutup auratnya dg sempurna yi dg mggunakan khimar/kerudung (QS AnNur: 31) dan jilbab (QS AL Ahzab:59).
Islam melarang wanita melakukan safar / perjalanan sehari semalam kec disertai suami ato mahromnya (al hadits).
islam melarang PW
kholwat (berdua2an/menyepi) al hadits.
melarang wanita keluar rmh kec seizin suami ato walinya al hadits. Dlm khdpn umum, komunitas PW dijaga betul agar terpisah haram berikhtilat (campur baur).. dlm sholat shof terpisah, ktk berjual beli di pasar jk sdh selese lgs kembali, dlm pendidikan ato bidang lain dibolehkan bertemu namun hrs sgr berpisah ktk urusan selese. Urusannya pun adlh urusan yg dibolehkan syara'.
urusan yg dibolehkan adl yg bersifat umum dlm urusan muamalat (dlm makna umum) bkn urusan khusus semisal slg mengunjungi ato keluar bersama.
Jk batasan2 tsb sdh bs dipenuhi, silakan kt mengoptimalkan kemampuan kt.
 Namun jaga betul interaksinya khususnya ttg kwjbn menutup aurat, larangan kholwat dan ikhtilat.

Ralat: *merangsang, *berhijab

Aasif: ralat lg..perjuangan  pekerjaan..

Silakan dibaca, dipahami, kmd kt bs diskusikan...

Tanya Jawab Grup 109
 1. Ustazaaaahhh
Aya mauu tyk
Misalnya ni kita chattingan dan obrolan ringan n renyah d sosmed
Misalnya krn komentar status d BBM atau fb dll
Blh kah ustzh?
➡ boleehh... tp cukupkan seperlunya sj. Tdk boleh mbahas yg terkait ato menjurus ke arah ketertarikan dg lawan jenis. Jk statusnya hal yg sekiranya gak perlu dikomentari, jgn terpancing utk berkomentar. Tahan diri ya sayangku..

2. Dlm kuliah kami di tuntut utk berinteraksi dgn siapa saja dlm khdupan sehari2
Tjuan nya utk memperkaya ilmu

Aya kuliah d bidang konseling Islam
Ranah nya itu sosial ustzh
Jd mau ga mau hrus bs menjlin hub. Yg baik dgn siapa sj
Ga bs d pungkiri skp dgn pria pun hrus bershbt
➡ ini pun boleh.. dg syarat menutup aurat, tdk khalwat, dan tdk ikhtilat. Cukupkan pd keperluan pekerjaan sj. Jk berlama2, syetan akan masuk loo...hii..

3. Ustdzh maw brtanya.. bila ada seorng wanita atau pria yg sdh ketagihan mlihat hal2 yg tdk diperbolehkan dilihat di dunia maya atau internet itu bgaimana iaa?.. kalo dia maw bertaubat Cara Efektifnya bagaimana agar tdk terjerumus lgi ke dunia sperti itu,?..
➡ pertama,jauhkan dr,hal yg mbuat ketagihan. Kmd dampingi ybs, beri motivasi agar tumbuh niat kuat utk menghentikannya. Stlh itu,tanamkan azam. Doa dan sholat jg hrs terus dilakukan. Jk sdh agak parah, butuh bantuan psikolog. Dlm artikel yg pernah sy baca, ktk kt sdh kecanduan, mk otak akan mengeluarkan hormon yg akan terus meningkat ktk sering mlht gbr porno. Jd akan smkn nyandu. yg,ini bs dibhs oleh psikolog. Jk yg blm pernah, jgn sekali2 mencoba mlht utk skdr mhilangkan rasa penasaran. Sekali mlht, mk mulailah hormob itu dikeluarkan. Ktk sdh diproduksi, hal itu akan bs,kt nyandu dr,yg awalnya sdkt jd tambah byk.. gaawaatt...jk sdh punya suami/istri mungkin bs lgs dipenuhi. Tp spt kalian yg msh nanda... bgm akan menyalurkannya???
4. Untuk zaman sekarang bila wanita pergi dari rumah tanpa mahramnya bagaimana ustadzah?.. bila ada urusan kerjaan yg diharuskan prgi keluar kota bersama rekan kerja kan biasanya tdk brsama mahram.. pling brsama rekan kerja baik yg prmpuan maupun yg laki2 berombongan .. itu bagaimana iaa ustad?.. tapi sdh diijinkan oleh orang tua..

➡ bepergian yg tdk boleh bg wnt adlh ktk bepergian tersebut terkategori safar yi pergi dg pjlnn yg memakan wkt lbh dr 24 jam. Sekalipun diijinkan oleh suami/walinya. Ktk safar mk hrs,ditemani mahrom. Jk tdk sampe safar, ttp hrs dg ijin mahrom. Misalkan bersama rombongan lk2 dan wnt dlm 1 kendaraan, mk tdk boleh campur baur dlm interaksi maupun duduknya.

5. Assalamualaikum,,,ustazah ririn mau tanya, kita sebagai perempuan juga harus membatasi pergaulan kita terhadap lawan jenis. Bagaimana caranya agar kita tetap dalam batasan yg wajar ketika mempunyai teman yg berlawanan jenis. Kayak berkomunikasi, dulu saya sering x tegur teman pria untuk tidak menghubungi saya ketika waktu azan maghrib. Terkadang stelah saya bilang seperti itu yg ada teman saya malah tidak berkomunikasi lagi sampai skrg gara2 saya sering x tegur tuk tidak hubungi saya ketika waktu azan.
Dan gimana yaa ustazah kita membatasi diri atau memberi penjelasan kepada kawan pria kalau ada perlu bisa hubungi kita dibawah dari pukul 21.30 selain dari itu boleh. Terkadang ada kawan yg sms atau telp diatas jam 21.30 keatas, itu kan udah gx bagus lagi ustzah kalau kita berkomunikasi dgn lawan jenis. Mngkin dia sangat memerlukan sekali jawaban kita ex: tanya pr, dlln
➡ yg dilakukan dik Ririn bs disebut saringan awal org2 yg bs dijadikan tmn.. ktk kt punya prinsip tmsk cr komunikasi dan interaksi dg lawan jenis, sampekan dg baik. Perkara diterima ato tdk, itu perkara lain. Nmn kt jg konsekwen dg prinsip tsb. Mis sampekan, klo di atas jam sekian, via sms, imel ato yg lain yang via tulisan. Di foto jg bs kan.. trus jwb sj sy akan jwb jam sekian yah...org akan menghargai prinsip kt slm prinsipnya baik (sklpn mgkn aneh mnrt yg lain), tp jg komit dan konsekwen dg prinsip tsb. Smg bs,sdkt mbantu pmslhnnya...

Tanya jawab Grup 110

1. Waalaikumsalam Bunda. Kalau wanita menjalin hubungan seperti pacaran tapi ga ngapa2in, ga melakukan hub yg sampai sex itu gimana Bun? Jaman sekarang kan byk yg gitu Bun.
➡ masa' iya sih ga,ngapa2in.....mksdnya gak ngapa2in gmn yah??. Pasti akan ttp ada komunikasi walo skdr nanya: 'sdh sarapan dik?' 'Hr ini plg,sama,siapa?'..☺ , jg janji ktm utk sebuah keperluan, ' dik, bs temenin sy ke perpus? Kaka ada tugas kuliah nih..' 'kak, bs minta tlg carikan bhn kuliah di warnet? Nnt kt ktm jam dan ttmpt ini yah..' betul gak?
Jd Putusin Aja... klo mau, nikah sj yuks...

2. Bunda
Dtempat sy bekerja mayoritas laki2 & dmusholah tdk ada batasan antara laki2 dg perempuan,saat berjamah srg tdk kbgian sajadah,pertanyaan sy blh sholat tanpa sajadah & sejajar dg laki2??
➡ sajadah kan fungsinya sbg pembatas sholat, agar org lain tdk melewati tempat sujud kt. Jd gpp gak pk sajadah. Gantinya mungkin skdr sapu tangan ato benda lain yg bs menunjukkan batas sujud. Klo mis sejajar gak jamaah ya gpp. Tp jgn sampe slg tempel yah... saran sy sih..jk mmungkinkan di buat kesepakatan sj, mis jam sekian utk yg lk2, dan jam yg lain utk prp.

Ada khilafiyahnya...
Silakan mo pilih yg mn..
'Dr,abdurrahman bin ghanim dr abu malik al asy'ari mengenai Rasulullah SAW bhw dlm mbaca surat dan berdiri, ......org2 lk2 beliau tempatkan di dpn anak2 kcl, dan di blkg anak2 itulah jamaah wanita' HR. Ahmad dan abu daud.

Dan dr abu hurairah ra. Berkata: sabda Rasulullah saw; "sebaik2 shof org llk adlh di dpn, dan yg terburuk adlh yg terakhir. Dan sebaik2 shaf wanita adl yg terakhir, dan yg terburuk adlh yg di dpn. HR jamaah selain Bukhari.

Pendapat  yg sy ambil. Berikut perbedaannya:

Sebagian imamiyah  jk si wnt sholat duluan, menyusul ada lk2 sholat, tdk pp. Jk si wnt belakangan tp posisinya agak di dpn lk2, mk tdk sah.
Hanafi  jk wnt lbh maju, ato sejajar dg lk2, mk batal sholatnya jk tdk ada batas/ ato tempat nyatu. Nmn jk sholat berjamaah, boleh sejajar.
Syafii, hambali, dan mayoritas imamiyah  sholat sah tp makruh.

Di atas adlh jk sholatnya sendiri2.

Krn kefakiran ilmu sy, sy blm dpt hadits yg mjlskan ttg shaf wanita yg sejajar dg lk2. Ketika pun ada yg mbolehkan sejajar, hrs ada pmbatas yg jls dg jamaah lk2. Mis kain ato papan. Wallahu 'alam.

Ada,pertanyaan lg nanda?
Jk tdk ada kt tutup sj kajiannya yah.. adzan isya sdh berkumandang.
Mhn maaf jk byk kurang dan salah kata.

Astaghfirullah....
Astaghfirullah....
Astaghfirullah...
Doa Kafaratul Majelis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

 Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamu alaikum wr wb...

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment