Ketik Materi yang anda cari !!

Home » , , , » MENCARI KEBERKAHAN DI DUNIA DAN AKHIRAT

MENCARI KEBERKAHAN DI DUNIA DAN AKHIRAT

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, December 3, 2014

Kajian Online Telegram Hamba الله Ta'ala

Hari / Tanggal : Selasa, 02 Desember 2014
Narasumber  : Ustadz Kaspin Nur
Notulen : nduk Iis
Editor : Ana Trienta

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuhu. Semoga semua sehat senantiasa dalam keberkahan hidup. Jamaah telegramiyah rohimakumullahu. Hari ini kita share mengenai 3 keberkahan hidup. Semoga kita bisa meraihnya.

Tiga bentuk keberkahan hidup
Setiap orang tentu saja ingin memperoleh keberkahan betul? 
Naah, berkah itu secara harfiah sering diartikan bertambah dan bertumbuh. Berkah juga adalah kebaikan dari Allah yang ditetapkan terhadap sesuatu sebagaimana mestinya sehingga apa yang diperoleh dan dimiliki selalu bertambah besar manfaat kebaikannya. Dan ini akan diberikan kpd orang yg beriman dan bertaqwa
Tempat yang tertinggi (Al-'A`rāf):96 - Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.
Secara umum keberkahan yang Allah berikan kepada orang beriman bisa dibagi dalam tiga bentuk berikut ini;

1. BERKAH DALAM KETURUNAN
Yakni dengan lahirnya generasi yang soleh, generasi yang kuat imannya, luas ilmunya dan banyak amalnya
Nabi Hud:71 - Dan isterinya berdiri (dibalik tirai) lalu dia tersenyum, maka Kami sampaikan kepadanya berita gembira tentang (kelahiran) Ishak dan dari Ishak (akan lahir puteranya) Ya'qub.
Nabi Hud:72 - Isterinya berkata: "Sungguh mengherankan, apakah aku akan melahirkan anak padahal aku adalah seorang perempuan tua, dan ini suamikupun dalam keadaan yang sudah tua pula?. Sesungguhnya ini benar-benar suatu yang sangat aneh".
Nabi Hud:73 - Para malaikat itu berkata: "Apakah kamu merasa heran tentang ketetapan Allah? (Itu adalah) rahmat Allah dan keberkatan-Nya, dicurahkan atas kamu, hai ahlulbait! Sesungguhnya Allah Maha Terpuji lagi Maha Pemurah".
2. BERKAH DALAM MAKANAN
Makanan yang halal dan toyib merupakan suatu keberkahan, Ibnu Katsir menjelaskan bahwa keberkahan dari langit dan bumi dalam ayat 96 surat 7 itu adalah rezeki dan diantara rezeki itu adalah makanan.
Jamuan (Al-Mā'idah):88 - Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya.
3. BERKAH DALAM WAKTU
Waktu yang tersedia dan cukup untuk senantiasa dimanfaatkan dalam kebaikan merupakan suatu keberkahan dan terhindar dari kerugian.
Masa/Waktu (Al-`Aşr):1 - Demi masa. 2 - Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, 3 - kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.
Untuk memperoleh keberkahan kuncinya ada dua
1. Iman dan Taqwa yang benar
Sesuai dengan ayat diatas (7:96). Karena itu perlulah kita untuk senantiasa mengokohkan ketaqwaan kita.
Keluarga 'Imran ('Āli `Imrān):102 - Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.
2. Berpedoman pada Alquran
Alquran merupakan sumber keberkahan, bila kita menjalankan pesan-pesannya dan berpedoman kepadanya maka kita akan dapat berkah dari Allah swt.
Nabi-Nabi (Al-'Anbyā'):50 - Dan Al Quran ini adalah suatu kitab (peringatan) yang mempunyai berkah yang telah Kami turunkan. Maka mengapakah kamu mengingkarinya?
Binatang Ternak (Al-'An`ām):155 - Dan Al-Quran itu adalah kitab yang Kami turunkan yang diberkati, maka ikutilah dia dan bertakwalah agar kamu diberi rahmat.
Şād:29 - Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai fikiran.
Demikian share pagi ini, semoga bisa difahami. Kalau ga faham baca lagi, ga faham juga baca lagi, masih juga ga faham?....terlaluh!

TANYA JAWAB
➡ Ustad mau nanya. Tanda-tanda orang yang  sudah dapat keberkahan dalam hidupnya seperti apaa stadz? karena kehidupan seseorang berbeda-beda baik dalam hal rezeki, harta dan keturunan?
Jawab
husnduzhon kpd Allah dan mengutamakan akhirat.

➡  Kalo makan ndak kenyang-kenyang, berarti ndak berkah ya tadz?
Jawab
Mae yang baik, iya lupa. Makan ndak kenyang kenyang itu siapa? berapa porsi?

Tanggapan
Saya suka ndak kenyang-kenyang, padahal mau diet. Gimana tadz? Padahal dah baca doa makan bismillah.
Jawab
Ya, bukan ga berkah itu mah rampus. In syaAllah porsi makan kita kan beda beda. Ini hanya pengendalian diri saja, alhamdulillah Mae doyan makan dan Nduk doyan ngemil. Ada loh orang yang sudah ga doyan makan dan ga doyan ngemil akhirnya bikin panik keluarga toh?

➡ Ustad saya sering denger tausyah para asatiz bilan orang yang berilmu itu belom tentu istiqamah bahkan masih tetap belajar beristiqamah, maksudnya apa istiqamah itu bene-bener berat ya tad?
Jawab
Ya demikian, kita semua terus berusaha istiqomah dalam taat kepada Allah sampai Allah memanggil kita pulang

➡ Ustadz, apa hukumnya pake software bajakan? kayak windows, office, dsb yang hampir semua orang pasti pake itu (dan bajakan) di leptopnya...
Jawab
Waduh pertanyaannya berat, banyak pendapat nessa. Ada yang mengharamkan total tak boleh. Ada yang membolehkan jika itu pribadi bukan buat usaha. Ada yang membolehkan total. Demikian.

➡ Batasan usaha/pribadinya itu seperti apa ustad?
Jawab
Ya, agak sulit memang karena nessa sendiri yang tau. Nessa usaha apa emang? Jualan online pake bajakan? Warnet bajakan? Pake yang gratisan aja. Usaha bisnis sih ngga apa. yaa biasa aja kayak siswa/mahasiswa lain pake leptop untuk ngerjain tugas-tugas sekolah/kuliah. Sekarang kan ada open source ya...semacam linux...atau android. Boleh in syaAllah...wallahu'alam

➡ Ustadz mau tanya banyak TKW Hongkong yang mengalami  dilema pada saat makan bareng bersama bosnya karena kalo pas makan di restoran itu pasti ada menu babi tapi mereka paham kita tidak makan masalahnya satu sumpit untuk mengambil lauknya itu di campur jadi terkena babi juga terus bagaimana hukumnya walaupun kita gak makan babi tapi sumpitnya itu terkena barang haram, apakah makanan yang kita makan masih tetap halal /haram.
Jawab


Nduk iis: 1. Tetep haram. Ini seperti kasusnya ajinomoto dulu...ada baktosoiton...konon itu semacam enzim dari babi untuk memotong apa gitu saya lupa....spt pisau bekas motong babi dipake motong ayam....ada unsur babinya...jadi haram.

➡ Kita paham bekerja dengan kafir sangat susah memilah makanan yang halal / gak. Terus pada saat membeli ayam potong ada yang label halal dan juga gak ada labelnya halal mungkin ketika kita yang belanja kita masih bisa mencari yang ada label halalnya tapi kalo yang belanja itu kadang majikan mereka membelinya asal sumbarng tempat itu ayam yang kita makan termasuk halal gak ya tad? 
Jawab
Sebaiknya memang tidak dimakan tuh ayam jika meragukan apalagi jika majikan yang beli ya, hati-hati aja. Mudah mudahan tidak puas.

➡ Kapan keberkahan itu bisa kita nilai. apa keberkahan itu identik dengan kenikmatan bagaimana musibah yang membawa berkah.
Jawab
Ya memang sulit menilainya disinilah pentingnya husnudzon kepada Allah setelah melakukan itu semua penilaian akhir nanti ketika setelah meninggalnya.

➡ Berarti vaksin flu juga haram dong tad? Karena pembuatannya menggunakan katalisator enzim tripsin babi untuk memotong/menggunting bakteri.
Jawab
Iya...maka cari info ke MUI ya bu...

➡ Vaksin haji dan imunisasi balita juga? Iya saya pernah ikut seminar dr Pimprim waktu di UI tentang bahaya penyakit menular waktu itu dibahas TBC dan Aids. Kebetulan saya berkerja di farmasi ada nama vaksin merk tertentu yang pembuatannya seperti saya sebutkan di atas perusahaan yang biasa kita menyuplai vaksin tersebut buat jamaah haji...gimana tu yah?
Jawab
Kayaknya yang dipake sekarang yang halal untuk meningitis. Ada yang membolehkan dengan alasan bahaya yang ditimbulkan oleh meningitis lebih besar. Dibanding manfaat menghindarinya...apalagi ada yang halal. Kalau masalah fatwa...diskusinya jadi serius...bahkan duarius.  Ada seorang ulama ahli fatwa ditanya oleh seseorang:"saya mandi disungai dan ga berpakaian kemanakah saya harus menghadap apakah saya harus menghadap kiblat?"
Ulama itu menjawab:"menghadaplah kepada tempat pakaianmu disimpan....khawatir nanti dicuri orang".

Alhamdulillah ga ada yg nanya berarti dah faham, maka pulsa anda tetap utuh. Sebab sekarang rule nya dirubah barangsiapa yang bertanya maka akan kirim saya pulsa 10rb.
Kajian nya ditutup aja ya.....alhamdulillahirobbil'aalamiin.
Mohon maaf jika ada yang kurang berkenan.
Dua genep dua tujuh
Sing belengep teu pararuguh.

PENUTUP
Doa Kafaratul Majelis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaaha illa anta astaghfiruka wa'atubu ilaika 
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
(HR. Tirmidzi, Shahih).

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment