MENGGAPAI CINTA RASULULLAH

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Sunday, December 21, 2014

Kajian Online WA Hamba  اللَّهِ Ta'ala (M103 Nanda)

Hari / Tanggal  : Jum'at 21 Desember 2014
Nara Sumber : Ustadzah Meilinda
Tema : Marifaturasul
Notulen : Selly
Editor : Ana Trienta & Shoffi

Assalamualaikum warohmatullah wabarokatuh akhwati rahimahullah
Kita bs mulai kajian kita ya...
Temanya sedikit keluar dari topik umum yang sebelumnya judulnya menggapai cinta rasulullah

Sesungguhnya keharusan mencintai rasulullah itu merupakan bagian dr iman nah cinta yang seperti apa seharusnya...

1. Harus mencintai melebihi rasa cinta pada diri sendiri

Di riwayatnya dari abdullah bin hisyam ra "suatu ketika kami bersama nabi SAW. Waktu itu  beliau sedang memegang tangan umar ra lalu umar berkata"ya Rasulullah sesungguhnya cinta ku kepada anda melebihi segala sesuatu,kecuali cinta ku pada diriku sendiri, maka rasulullah saw bersabda
Lalu umar berkata"demi Allah sekarang cintaku kepada anda melebihi cintaku pada diriku sendiri"
"tidak! Demi Allah yang jiwaku berada di tanganNya, hingga aku pun harus engkau cintai melebihi cinta mu pada diri mu sendiri"
Lalu umar berkata"demi Allah sekarang cintaku kepada anda melebihi cintaku pada diriku sendiri"
Maka Rasulullah pun bersabda"sekarang barulah engkau wahai umar

Maksudnya dari kalimat ini adalah dengan mencintai rasulullah melebihi pada diri sendiri maka barulah keimanan umar menjadi sempurna


2. Melebihi cinta kepada ibu dan anak

Dalam hr bukhari rasulullah bersabda "demi Allah yang jiwaku berada di tanganNya, tidaklah salah seorang diantara kalian beriman hingga aku lebih di cintanya melebihi cintanya pada ayah dan anaknya

 Ibu termasuk dalam golongan al al wahid diatas

3. Melebihi sanak dan saudaranya, harta  dan sesamanya

Hadist riwayat muslim "tidaklah seorang muslim beriman hingga aku lebih dicintai melebihi cintanya pada keluarga, harta dan sesama manusia

Dan Allah mengancam kita dengan ancaman yang keras bila kecintaan kita terhadap orang tua, keluarga, anak, harta dll melebihi cinta kepada Allah, rosulnya dan jihad di jalan Allah

Katakanlah: jika bapa-bapa, anak-anak, saudara-saudara, isteri-isteri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai dari Allah dan Rasul-Nya dan dari berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik.
(Surah At-Taubah ayat 24)

Menurut imam zamakhsyari ayat ini berisi ancaman yang amat keras dan berat yang tidak terdapat pada ayat lainnya.   Apa buah cinta pada rosulnya. Kira2 apa ya ukhtifillah

Apa manfaatnya mencintai rasulullah

Sebenarnya sich di cintai atau tidak oleh rosul nggak ngefek buat beliau walaupun hanya setitik. Jadi kecintaan kita kepada beliau lebih karena kitanya yang butuh. Tentu efeknya ya ke kita bukan ke beliau..dalam surah al imron ayat 31 Allah berfirman "katakanlah jika kamu mencintai Allah, maka ikutilah aku(muhammad saw), niscaya Allah akan mencintai mu dan menghapus dosa2 mu, sesungguhnya Allah maha pengampun lagi maha penyayang
Jadi secara singkat, kecintaan pada rasulullah  bermanfaat bagi kita untuk pertama memperoleh manisnya iman

Dalam hadist riwayat bukhari muslim dikatakan "ada tiga hal barang siapa dapat memilikinya berarti telah dapat merasakan manisnya iman yaitu 1. Mencintai Allah dan rosulnya melebihi segalanya 2, mencintai seseorang karena Allah 3. Enggan berpaling pada kelahiran sebagai mana ia tidak suka bila di lempar dalam api neraka

Yang kedua jg benefit yang sangat menarik yaitu kelak bersama nya di syurga
Diriwayatkan dari Anas bin malik ra suatu ketika ada seseorang datang menemui rasulullah saw dan bertanya ya rasulullah bilakah kiamat tiba, nabi balik bertanya apa yang kamu siapkan untuknya orang itu menjawab mencintai allah dan rosuknya maka rosul pun berkata sesungguhnya engkau bersama dengan orang yang engkau cintai
Fa'innaka ma'aman ahbabta'

So hati2 ya memilih siapa yang akan kita cintai karena di alquran itu ada kisah tentang orang yang masuk neraka karena temannya Hadist yang lain rasulullah mengatakan orang itu dengan orang yang di cintanya

Next apa tanda cinta pada rasulullah

Ya sama dengan kecintaan pada yang lain misal merindukan pertemuan dengan beliau. Lihat dan bayangkanlah derai tangis abu bakar ra yang menangis bahagia karena di izinkan rasulullah untuk menemani beliau hijrah atau ketika abu bakar pingsan dan terluka di keroyokan kaum quraish di ka'bah dan pertama kali sadar dari pingsan nya yang beliau tanya pada ibunya adalah bagaimana kabar rasulullah. Waktu rasulullah hijrah ke madinah para sahabat di madinah bergantian berjaga di perbatasan yang terik demi menunggu kedatangan rasulullah...subhanallah teman adakah kita mempunyai rasa yang serupa mereka

Tanda  cinta pada rasulullah ada 4 yaitu 

  • Berantusias tinggi untuk dapat berjumpa dengan beliau 
  • Rela mengorbankan harta benda bahkan jiwa raga untuk membela nabi saw 
  • Melaksanakan perintahnya dan 
  • Membela sunnah dan syariat nya
Kalo di poin gini kering ya bahasanya in sya Allah minggu depan di lengkapi dengan contoh-contoh ya...wallahualam bishowab

Tanya:
1. Hoiya ini.. Mengenai mencinta rasulullaah saw. Dengan beberapa cara yang telah dipaparkan di atas. Berharap untuk bisa berkumpul juga berhahihi di syurga-Nya klk dengan rasulullaah dan keluarganya, bagaimana caranya? yang number dua gimana tadz? membela Rasulullah di zman sekarang seperti apa? Menurut anti pribadi gimana cara anti membela rosul di hari gini
Jawab:Ohh...
Ane kembali keatas bunn..
Ke surah ali imran:31 yang bunda paparkan semalm..
Pengimplementasian na...
Banyak cara sihh...
Dahulu Rasulullah bela agama ni dengan susah payah.. maka sekarang ketika agama ni telah tersebar luas kita punya tugas yang ga kalah berat, mempertahankan eksistensi na.. memperluas nikmat dan barokah dari risalah beliau yang turun dari Allah lewat wahyu..
Sekarang musuh-musuh kita bermain lewat akal, ghozwul fikr,, maka kita juga mesti menguatkn diri kita lewat ilmu yang luas.. masuk lagi pengimplementasian syaksiah islamiyah nomor 5 mutsaqoful fikr...
Bagaimana kita akan membela Rasulullah.. kalau kita tak punya kekuatan dalam membela beliau. Salah satu na dengan ilmu yang banyak. Terutama ilmu agama..
Wallahua'lam

Tambahan
Bismillaahi rahmani rahim..
Zaman sekarang, dimana semua kata serba bebas diucapkan atas nama HAM juga termasuk orang-orang yang tidak senang dengan Islam maka ketika rasul kita 
Muhammad SAW di.......
Maka kita marah, kita beropini, untuk memberi tahukan apa yang sebenarnya dan bagaimana kebenaran perilaku rasulullaah SAW lisannya nan mulia, akhlak beliau nan indah adalah bagian daripada bentuk cinta kita dan pembelaan kita pada rasulullaah saw...

2. Kalo ada film yang menjelek-jelekan rosul gimana pembelaannya?
Jawab
Harus kita datang ke yang bikin film, bertanya ke mereka apa maksudnya? Kalau menghina banget berarti menghina kita semua juga..
Geram mba...
Geregetan..
Gencarkan dakwah.. mengenai bagaimana sebetulnya pribadi rasulullaah saw jadi umat gak terbawa orang-orang yang gak senang dengan islam...

3. Perlukah demo besar-besaran atau??
Jawab
kalau perlu kita adakan mba.. kita tunjukan kepada mereka bahwa kita Umat yang kuat, umat yang satu, tak rela rasul kita dihina, dicaci, diolok-olok bagaimana pun caranya, apapun bentuknya. Karena rasulullaah saw masih menyebut kita, umati.. umati.. umati.. padahal beliau akan bertemu dengan Sang Maha Menghidupkan dan Mematikan..
Yang sangat dirindukan..

Tanggapan
> Di doakan bund...
Tunjukkan ajaran islam yang sebenarnya, jika ada yang ga seauai diluruskan pake aksi damaiii. Kalo demo bikin macet kata mbak ajeng...

> Ga perlu demo ustadzah karena selain merugikan orang lain. Semua itu hanya akan memperkeruh keadaan dan memperjelek nama islam itu sendiri. Contohnya kaya kristenisasi yang dilakukan saat car free day oleh orang-orang non muslim. Haruskah dibalas dengan demo dan emosi? Ternyata ga. Karena dalam menghadapi semua itu kita harus mengedepankan strategi. Pakai akal.. bukan nafsu. Alhasil... umat muslim khususnya disni mbalas kristenisasi tersebut dengan dakwah on the street. Membagi-bagikan jilbab saat  car free day, memakai kannya dengan lembut. Mendakwahkan juga bagaimana sebenernya akhlak umat islam yang bersumber dari akhlakul karimahnya rasul. Mengesampingkan anggapan bahwa umat islam urakan..

> Memang...jangan demo kalo demo orang jadi tau dan penasaran terus film nya jadi laku...berhasil deh tujuan besar mereka. Buat fillm tandingan yang berkualitas baik yang menceritakan bagaimana rasulullah sebenarnya. Dikuatkan lagi dakwahnya tapi bukan berarti kita "menggurui" jadi agen muslim yang baik nan sholehah

> Ada saat demo di butuhkan juga, ada saat bersikap keras di butuhkan karena akhlak itu bukan umum berkarakter lembut tapi akhlak terikat konten, ruang dan waktu tidak bisa general. Sama halnya dengan sabar...bukan nrimo tapi bergerak dan bertahan

4. Pertanyaanya sebenarnya dilontarkan dari Noni. Dia bertanya begini. Kalo Muhammad itu dijamin kemuliaannya oleh Allah dan syurga-Nya. Tapi kenapa umatnya diwajibkan bahkan dituntut untuk bersholawat/berdoa semoga dilimpahkan salam kesejahteraan kepada Nabi Muhammad Saw beserta keluarganya. Hal tersebut membuktikan kalo Muhammad itu masih butuh bantuan, bagaimana dia bisa menolong umatnya sedang dia aja seperti dalam kesusahan. Si Noni itu sering mendengar kata-kata tersebut sepertinya dari awal pembukaan di acara-acara yang MCnya orang islam. Begitukah ustadzah? padahal bersholawat itu tanda bahwa umatnya sangat mencintai Rasulullah sehingga kelak yang kita harapkan adalah syafa'at dan perjumpaan dengan Rasulullah kelak di hari akhit nanti
Jawab
Sip...tanda cinta dan ingin bertemu itu sering menyebut-nyebut nama kan ya. Ada yang bisa membantu dengan kata-kata yang cerdas? Kata-kata yang informatif itu bagian dari kecerdasan. Layaknya seorang guru. Kita tau guru berjasa penting dalam pendidikan dan sudah pasti amalnya tak terhingga sampai membuat murid-muridnya bisa baca tulis. Ucapan trima kasih dan berdoa untuk guru selalu kita berikan setiap saat,knapa? Karna kita menyayangi dan mencintai mereka yang sudah membuat kita bisa baca tulis sama hal nya dengan shalawat kepada Rasulullah..salah 1 bukti cinta kami kaum muslim kepada Rasulullah yaa dngan memberikan sholawat serta salam agar kelak kita bisa berkumpul dgn Rasulullah di jannahNya. Dan  guru nggak butuh kita kan ya. Atau bisa juga kita tanya balik ke noni "dalam hidupmu siapa yang paling berjasa?" Kalau mereka sudah menjawab maka kita bilang lagi "Rasulullah juga berjasa dalam hidup kami kaum muslim, maka kami perlu selalu menyampaikan rasa cinta kami ke Rasulullah agar Rasulullah tau bahwa umatnya ga pernah berhenti mencintainya"

5. Jasa rasulullah lebih besar dari guru ya...apa jasa beliau???
Jawab
Banyak ustdzah, yang selalu diingat "membawa kami dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang"
Jadi kecintaan kita kepada beliau lebih karena kitanya yang butuh
seperti kata ustdzah. Menyelamatkan kita dari neraka dan kejahiliyahan tentang hakikat diri kita ya...

Okelah teman teman kita akhiri dulu ya diskusi kita hari ini mudah-mudahan bisa ketemu lagi pekan depan, yang lagi ujian moga ujiannya di mudahkan (doain saya juga lagi uas nih) yang sakit moga di sembuhkan. Mari kita tutup dengan doa kifaratul majlis


Doa Kafaratul Majelis :

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Semoga Bermanfaat

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT