Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

Misi Manusia (رسالتهالانسان)

Kajian Online Hamba الله

Selasa, 16 Desember 2014
Narasumber: Ustadz Cipto
Tema: Syakhsyiatul Islamiyah
"Misi Manusia (رسالتهالانسان)"
Grup Nanda : 101&102
Notulen :
Admin #101: Tari
Admin#102: Mb Dewi
Editor : Ira Wahyudiyanti


بسم الله الرحمن الر حيم


Kita lanjutkan diskusi kita tema syaksyiatul islamiyah kali ini berjudul misi manusia (رسالتهالانسان)

thoyyib pembahasa tentang misi manusia tdk lepas dr pembahasan2 kita sebelumnya

tugas manusia sebagai khalifah adalah imarah (membangun) dan ar riayah (memelihara). cara melaksanakan tugas ini adalah dgn amar ma'ruf nahyi munkar. pola penumbuhan tugas khiafah adalah dengan membangun dan memelihara yang berkaitan dengan unsur materi dan ruhani. membangun alam ini dengan melakukan arahan yg akan menghasilkan peradaban. manakala cara syariat akan menghasikan akhlaq. memelihara alam ini dengan memberikan harapan sehingga menghasikan balasan yg baik, cara menakuti diancam dgn hukuman.

manusia diciptakan Allah SWT untuk beribadah kepadaNya (QS 51:56) Sehingga dari ibadah ini muncul ketaqwaan (2 :183) dengan takwa manusia memperoleh izzah yg menjadi bekal tugas khalifahnya terhadap manusia dan alam. manusia diciptakan Allah SWT sebagai khalifah utk mengelola alam dan manusia secara baik(QS 2:30).tugas yg demikian berat ini dapat dilaksanakan manusia krn sesuai dgn potensi yg dimiliki manusia.

khalifah berfungsi utk membangun dan memelihara (QS 3:104 & QS 2:218) ada 5 perkara yg dilakukan yakni diin (agama) , nafs (jiwa) , akal,  harta & nasl (keturunan) .
memelihara kelima hal tersebut dgn dakwah mengajak pada kebaikan dan melarang kemunkaran (QS 3 :104 &110)sehingga Allah akan memperlihatkan yg haq adalah haq dan yg bathil adalah bathil(QS 8:8)

syarat utk mencapai fungsi khalifah dgn baik memerlukan beberapa kekuatan yakni kekuatan akidah, kekuatan akhlaq,  kekuatan jamaah,  kekuatan ilmu, kekuatan harta dan kekuatan jihad. (QS 8:60;3:103;2:256;5:54-56;17:36;61:1-4;49:15; 9:111)

***************
Rekap Tanya
1. Izzah itu apa ustadz??
Duh jd ketahuan deh miskin bgt ilmu agama..

Dan sbagai seorang muslim apakah kita wajib berdakwah tadz??

2. Tanya ustadz, pemimpin negara itu kan adlh seorang khalifah,  trus bgmaina jika kita dipimpin oleh seorang khalifah yg tdk memenuhi syarat sprti diatas, apakah kita diam sj?

3. Dan bagimana crnya spy kita bisa menemukan khalifah yg memenuhi syarat diatas?
********************
Jawaban:
1. izzah = harga diri
tentu dlm beberapa hadistnya diantaranya
Dari Abdullah bin Amr radhiyallahu ta’ala ‘anhu, bahwa Nabishallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

بَلِّغُوا عَنِّى وَلَوْ آيَةً

“Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat” (HR. Bukhari)

2. presiden  bukan khalifah. cabang iman yg 77 adalah diantaranya menyampaikan kebenaran dihadapan pemimpin yg zhalim. dan kewajiban tuk taat pada ulil amri minkum dibatasi dgn selama tidak mengajak utk bermaksiyat kpd Allah.

3.  caranya adalah dgn berinteraksi dgn islam yg kaffah
Al-Baqarah : 208

يٰٓأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا ادْخُلُوا فِى السِّلْمِ كَآفَّةً وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِ ۚ إِنَّهُۥ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ

Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.
*********

Rekap Pertanyaan #102:

1. Ustadz, bgmn menjalankan peran sbg Khalifah dlm lingkungan keluarga (sbg istri/suami, sbg anak)?


2. Bagaimana caranya meng-khalifah-kan diri sendiri agar tidak terjebak hal2 yg tidak disukai Allah?
Jawaban:
itu jawabannya
caranya adalah dgn berinteraksi dgn islam yg kaffah
Al-Baqarah : 208

يٰٓأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا ادْخُلُوا فِى السِّلْمِ كَآفَّةً وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِ ۚ إِنَّهُۥ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ

Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.

(1 jawaban utk 2 pertanyaan)


*************

Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dg lancar. Moga ilmu yg kita dpatkan berkah dan bermanfaat. Amiin....

Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis:
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamu'alaikum...