Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

Motivasi Islam

Kajian Online WA Hamba الله Ta'ala 24

Selasa, 16-12-14
Oleh   : Ustd Agus
Tema  : Motivasi islam
Notulen : Fitri
Admin.  : Arini
Pemateri: Agus Heru Pitoyo, profesi Trainer, Motivator, Life Coach, PNS.

Background Pendidikan formal S1 Ekonomi Manajemen, Non Formalnya ada beberapa yg kepanjangan kalo disebutkan.
Domisili di Bekasi, Jawa Barat, beristri 1 dengan sepasang amanah Allah yg dititipkan kepada ana.
Saat ini juga diamanahi sebagai salah satu Divisi Training Motivasi di komunitas ODOJ.
Sementara itu dulu perkenalannya mgkn nanti kalo ada yg ditanyakan silahkan saja langsung disini atau melalui jalur pribadi juga boleh dengan catatan mgkn jawabnya tidak bs langsung krn mesti bagi2 waktu


Assalamualaikum wr.wb.


Ukhtifillah dimanapun anti berada...
Puji dan syukur senantiasa hanya untuk dan teruntuk bagi Allah SWT.
Tiada Tuhan selain Allah, tiada yang patut disembah kecuali hanya Allah.
DariNyalah kita ada dan kesana pulalah kita akan dikembalikan pada suatu keadaan yang PASTI akan kedatangannya.


Hanya kepada Allah kita Berdoa, hanya kepadaNya kita Berharap, hanya kepadaNya pulalah kita Bermohon.


Sholawat serta salam tercurah untuk Manusia terbaik yg pernah lahir di muka bumi ini, yg kehadirannya tidak saja begitu dihormati oleh seluruh makhluk bumi tetapi juga dihormati oleh penduduk langit.


Dialah Muhammad SAW, contoh dan suri Teladan terbaik yang keteladanannya tidak akan pernah membawa keburukan bagi para pengikutnya.


Setiap ucapan, tingkah laku, dan perbuatan adalah cerminan Al-Qur'an yg selalu bertujuan untuk membawa kita semua kepada suatu tujuan yang PASTI KEBENARANNYA.


Dan kita berdoa semoga kita semua, anda dan saya termasuk dari golongan2 yang menjadi pengikutnya, tidak saja sekedar pengikut tetapi juga diakui oleh Muhammad bahwa memang benar kita2 adalah pengikutnya yg setia.


Ukthifillah ...


Hidup ini tak lekang dengan masalah, silih berganti masalah selalu datang menghampiri, selesai masalah satu muncul masalah yg lain, dan semua itu berputar seakan2 tiada titik akhir.
Tetapi pernahkah kita sejenak merenung, berfikir, dan bertafakur tentang apa itu "masalah" ?
Pernahkah kita menarik pelajaran berharga atau menarik hikmah kehidupan dari banyaknya masalah yg kita hadapi?
Pernahkah kita bertanya kepada Allah kenapa Masalah itu selalu ada untuk kita ?
Atau justru kita mencoba lari dari masalah, pura2 mengaburkannya, atau justru menyerah pada masalah itu ?


Jika hal itu yg terjadi kepada diri anti semua, sungguh apakah engkau telah melupakan ayat2 Allah tentang itu.
Apakah tidak pernah engkau membaca ayat2-Nya, yang selalu mengatakan bahwa "sesungguhnya disetiap kesulitan selalu ada kemudahan, bahwa disetiap permasalahan kehidupan akan ada selalu solusi pemecahannya".


Sungguh Jika benar yg terjadi pada dirimu bahwasanya engkau telah melupakan ayat2 Tuhanmu itu, bermohonlah maaf, beristighfarlah, bertaubatlah memohon ampun engkau kepada-Nya.


Ukhtifillah ....


Jika engkau sedang berada dalam masalah, jika engkau sedang dirundung kesulitan, jika engkau merasa begitu banyaknya problematika kehidupan yg engkau rasakan, maka kunci untuk menyelesaikan semuanya adalah datang dan kembalilah enhkau kepada Allah Tuhanmu.


Datanglah engkau kepadaNya, berkeluh kesahlah, dan berdoalah karena sesungguhnya Allah menyukai hamba2nya yg berdoa dan berpasrah diri kepadaNya.


"Dan apabila hamba2ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah) bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang2 yg berdoa apabila ia memohon kepadaKu, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah2Ku), dan hendaklah mereka beriman kepadaKu, agar mereka selalu berada dalam kebenaran". ( QS.2:186)


Apa susahnya diri kita untuk datang kepadaNya, berkeluh kesah, dan berdoa memohon kepadaNya.
Bukankah setiap masalah yg terjadi kepada diri kita semua ini hanya bisa terjadi karena telah diizinkan olehNya. Atau masihkah kita terus meyakini dan mengatakan bahwa masalah itu Besar.
Kenapa tidak pernah kita ini mengatakan "Wahai Masalah bukan engkau yang Besar, tetapi Allahlah yang Maha Besar".
Ingatlah saudaraku apapun masalahnya hanya dengan mendekat dan mengingat Allahlah engkau akan menjadi tenang.


"Hanya dengan mengingat Allahlah hatimu akan menjadi tenang". (QS. Ar. Rad :28).


Doa adalah kunci dari penyelesaian setiap masalah. Dengan doa engkau bisa melepaskan kepenatan hatimu, melepaskan rasa was2 dan keraguanmu, dan dengan doa engkau akan meyakini dan menyadari bahwa betapa butuhnya diri ini akan keberadaan Illahi.


Mendekatlah, menangislah, berkeluh kesahlah, engkau kepada Allah tentang masalah2mu , lalu berdoalah maka Allah akan mengabulkan doa2 dan pengharapanmu.


Salam MANTAB MULIA, Bermanfaat, Bermartabat, Mulia ...


Wassalamualaikum wr.wb.


Tanya
Memang sih stad...kita klo ada masalh pasti larinya...ngadunya hanya pada Allah semata.... Kita sholat... Curhat ...kita keluarin uneg uneg di hati... Apalagi klo pas banyak masalh....
Tp memang stad kadang kita berkata... Ya Allah ... Kok ujianmu ... Cobaanmu ko datang silih berganti.... Dosa apa saya ini ya Allah...
Apalagi klo pas iman kita lagi dwon... Wah pikiran semrawut stad...


Jawab
@ ukhti , itu lah bukti lemahnya manusia oleh karena itu diharuskan untuk berdoa.
Hanya saja terkadang kita ini berdoa, tetapi tidak yakin dengan doa kita. Kita berdoa, tapi masih menanyakan lagi rentnag doa kita.
Contoh kita berdoa menginginkan bisa berangkat haji/umroh tiap tahun, tetapi di tengah2 doa kita, kita ini menyangsikan sendiri permohonan kita. Benaran gak ya bisa pergi umroh/haji tiap tahun, mungkin gak ya ?
Padahal para nabi, para rasul waktu berdoa mereka sepenuh keyakinan bahwa doa PASTI akan dikabulkan Allah SWT.
Jadi berdoalah, yakin dan jangan sangsikan Allah, maka engkau akan menerima keajaiban2 doa.
Berani mencoba ? Yukz buktikan bersama ....


Jawab
Jika do'a kita belum terkabul berarti kita masih banyak dosa um...Allah menguji kita dgn itu...mungkin sifat2 kita masih ada yg harus diperbaiki, mungkin tanpa sengaja kita melakukan syirik baik besar ataupun kecil..mungkin kita sering ghibah, sering su'udzon, mungkin kita masih berhubungan dgn riba dll...
Yg penting harus terus yakin akan ketetapan Allah..


Tanya
ustadz,tanya ttg faktor terkabul atau tdknya doa. jika ada makanan/minuman haram masuk ke dalam tubuh kita katanya selama 40 hari doa kita tdk dokabuljan/ibadah tdk diterima.
nah bgm jk kita sdh berusaha utk menghindari itu,tp tanpa sengaja ada kandungan haram yg tdk kita ketahui ikut masuk ke tubuh kita. apa yg harus kita perbuat ust?maklum di china sini produk babi ada dimana mana.


Tanya
Apa yg harus kita lakukan jika memang kita mempunyai sifat yg dapat menghambat doa kita tidak terkabul um????


Jawab
Perbanyaklah taubat bunda serta jauhi dan rubahlah sikap2 kita


Mau muncul sdh ada dijawab dengan baik oleh ustadzah ...
Cuman ingin menambahkan bahwa setiap Doa akan dikabulkan oleh Allah SWT. Kapan waktunya hanya Allah yg maha tahu, terkadang kita sdh lupa dengan doa2 yg pernah kita mohonkan sehingga ketika terkabul kitanya merasa biasa2 saja.
Doa kita akan dijawab Allah disaat yg tepat dmn pada saat itu Allah tahu bahwa kita membutuhkannya.


Tanya
Pa ustadz mau tanya mengenai riyadho 40 hr itu apa y? Dan jenis ibadahnya harus full 40 harikah atau blh terpotong jika berhalangan????


Jawab
Riyadhoh menurut pengertian adalah latihan kezuhudan. Karena sifatnya latihan maka riyadhoh itu adalah alat bukan tujuan. Atau bisa dikatakan sebagai janji kepada yg maha kuasa.
Jika janji itu terucap maka wajib baginyg berjanji untuk melaksanakannya.
Misalkan janjinya berpuasa 40 hari berturut  tanpa putus krn bernazar sesuatu maka harus ditunaikan secara berturut2 tdk boleh bolong. Jika bolong harus mengulang dari awal.
Tetapi saran ana, jika melakukan sesuatu carilah terlebih dahulu dasar hukum dibolehkan atau tidaknya suatu tindakan itu agar kita punya landasan yg bisa dipertanggungjawabkan krn banyak skr ini para ahli nujum, dukun, dsb yg justru menyalahgunakan agama untuk kepentingan merwka.


Baik krn sdh jam 15.00 WIB lewat, kajian hari ini kita tutup dengan sama2 membaca doa kafaratul majelis.
Semoga memberi manfaat untuk semuanya .


Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dg lancar. Moga ilmu yg kita dpatkan berkah dan bermanfaat. Amiin....


Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis:
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك


Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika


“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”


Wassalamu'alaikum...

wr.wb.