Home » , » Nasihat bagi para single

Nasihat bagi para single

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Friday, December 12, 2014

Kajian Online Hamba الله
Kamis, 11 Desember 2014

Narasumber: Ustadzah halwa
Tema: Nasihat bagi para single
Grup Nanda: 101 dan 102
Admin#101 : Tari
Admin#102 : Dewi
Editor : Ira Wahyudiyanti

Bismillahirrahmanirrahim.Assalamu'alaikum wr.wb.
Bagaimana kabarnya siang ini nanda?
Semoga Allah selalu memberkahi..
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيم

الحمد لله رب العلمين
الصلاة والسلام على رسول اللة،

Nasehat bagi para bujangan.

1. Jagalah kesucian kalian.
Rasulullah bersabda " Hendaklah kalian menjaga kesucian diri dan meninggalkan kejahatan"

2. Janganlah memandang mereka yg bukan muhrim.
Abu 'abdillah berkata"  Penglihatan adalah salah satu anak panah iblis. barang siapa meninggalkankannya krn Allah dan bukan karena selain Ny , niscaya Allah akan menyertakan keamanan dan keimanan kepadanya, dan ia akan mendapatkanrasanya"

3. Jauhi perbuatan dosa.
Sesungguhnya dorongan naluri seksual sangat keras dan berbahaya khususnya bg generasi muda.

4 . Carilah kesibukan yg pisitif.
Termasuk problema para pemuda adalah prngangguran dan keluangan waktu. Selama manusia memiliki kesibukan yg positif , jarang sekali ia berfikir untuk melakukan penyompangan

5. Jangan menyendiri dengan wanita / laki2 yang bukan muhrim.
Amirul mu'minin ' Ali bin Abi Thalib berkata " Janganlah seorang laki2 menyendiri dengan seorang wanita. Tiada seorang laki2 yg menyendiri dengan wanita kecuali setan menjd orang yg ke tiga"

6. Jangan bercanda dg laki2 / wanita yg bukan muhrim.
Rasulullah bersabda" Barang siapa bergurau dg seorang wanita/ laki2 yg bukan muhrimnya, nuscaya Allah memenjarakannya untuk setiap kata yg diucapkannya didunia selama seribu tahun"

7. Jangan tidur satu ranjang.
Rasulullah SAW bersabda " Anak laki2 dg anak laki2, anak laki2 dan anak perempuan, dan anak perempuan dan anak perempuan , jika usia nereka mencapai sepuluh tahun pisakanlah tempat tidur mereka"

8. Jangan berjabat tangan dengan wanita/ laki2 yg bukan muhrim.
Rasulullah bersabda " Barang siapa berjabat tangan dg wanita yg bukan muhrimnya niscaya ia datang pd hari kiamat dalam keadaan terborgol, lalu di perintahkan agar ia dihempaskan kedalam neraka"

9. Jangan menonton flm porno.
Jangan menonton flm earotik, atau membaca cerita dan buku porno. krn hal itu akan menjerumuskan ke dalam penyimpangan dan perbuatan haram.

10. Jadilah orang yg berkepribadian dan berwibawa.
Jjagalah kemuliaan dan wibawamu dihadapan khalayak umum. Karena itu janganlah memakai pajaianyg ketat, tipis, seksi, dan tidak sopan. Jangan tertawa dg suara yg keras, dan banyak bercanda

11. Pakailah jilbab untuk  kebaikan dan kewibawaan ananda. Janganlah memakai pakaian yg ketat dan membangkitkan syahwat.

12. Hati2 dalam memilih Sahabat..
Setiap manusia membutuhkan sahabatdekat, sahabatyg membawa kebahagiaan, tempat mengadukan kesulitan dan problema.
Rasulullah bersabda " Seseorang menurut agama sahabatnya. maka, nilailah seseorang itudari siapa yg menjd sahabatnya."

Allahu 'alam.
afwan..Allhaqq minrabbik falaa takuunanna minal mumtariin..
jika ada kesalahan dari saya pribadi.

Rekap Tanya jawab 101:

1. Sahabatan ama laki² nggak boleh ya bunda?

2. Bunda
Jadi kalo laki2 yg bukan mahram suka mengajak kita becanda itu bukan laki2 yg baik ya bunda ?
Karena tidak bisa menjaga dirinya..
Syuran bunda..

3. Umm terkait interaksi di dunmay... banyak kbnyakan dr kita berfikir,, ahh kan dunmay juga.. beda donkk sm kehidupan nyata... tapi becanda2 gitu sm yg bukn mahram...
Bukan na sama saja ya umm???
Bagaimana meenegur na???

4. Boleh ga, punyra rasa kagum ama seorang hafidz ? Kagum aja nih ya, bkn naksir , moga ga salah tafsir ...

Jawab:

1 & 2 : Senda gurau pria dan wanita yg bukan muhrim dan senyuman mereka adlh hal yg berbahaya, krn dpt merangsang naluri seksual. krn itu seorangpria & wanita yg bukan muhrim tdk boleh saling besenda gurau, bergelak tawa & brcanda. Hal ini dilarang Allah SWT & Dia Maha mengetahui dampak2 buruknya.

3.wahai ananda yg mendambakan kebahagiaan, hendaklah kalian menguasai diri dan mencegahnya dr kemaksiatan & penyimpangan. Dan untuk itu hendaklah berusaha menikah dan membangun rumah tangga. Wallahu 'alam.
4.ketika ada saudara kita sesama muslim  memiliki kelebihan maka kita sbg saudaranya merasa senang, cinta sekaligus jg iri..akan kelebihan saudara kita. bukan berarti kita mempunyai perasaan2 yg lain lbh dr itu. Wallahu 'alam.

Rekap Tanya Jawab 102:
1. Ustadz, suka BT deh biarpun udah bener2 rapet pet nutup aurat. Masih aja ada lelaki hidung belang yg suka iseng entah itu siul entah itu salam. Jd salamnya bkn krn salam hormat, tp salam melecehkan. Kita msti gmana ustadznya menyikapi lelaki tdk sopan begitu?
Jawab:
Selama masih dlm tahap wajar dlm artian tdk sampai menggangu..di cuekin aja dl. lama2 akan bosan sendiri.
usahakan klu jalan / bepergian ada yg menemani akan lbh baik dg makhramx.

Nanda ada yg mau ber bagi pengalaman...dlm berinteraksi dg lawan jenis silahkn..
kita sambung ba'da magrib ya..

Saya ada ustadz..
Saya ingin berbagi sedikit apa yg sya alami saat ini. Aktivitas sy adl mhsiswi s2 di solo dan teman2 sy ada yg dari luar negri, jumlah islam di negara mereka minim jadi ya saya harus memberikan pengertian ke mereka jika sy tdk bisa diajak salaman. Walaupun sy dgn mrka sering diskusi tugas/kebudayaan/ilmu atau kadang bercanda saya tetap menjaga 'jarak'. Ketika itu mereka pernah mengajak salaman, tp saya hanya bilang 'thank you/good morning' sambil tersenyum dan menungkupkan tangan. Dan alhamdulillah mereka paham dan smp sekarang komunikasi tetap jalan. Karena sy dgn siapapun tdk ingin pilih2 teman, karena masing2 dari kita punya ilmu dan itu yg harus dimanfaatkan. Tentunya masih dalam 'koridor' islam.
Sekian cerita dari saya. Ini ceritaku, apa ceritamu?

khair...kita tutup dengan membaca istigfar 3 x...
Hamdalah..(Alhamdulillahirabbil 'aalamiin )
do'a penutup majlis.
Subhaanakallahumma wabihamdika asyhadu allaa ilaaha illaa anta.. astagfirullah wa 'atuubu ilaik..
Afwan apabila ada kekurangan..
mohon undur diri..
Wassalamu 'alaikum warahmatillahi wabarakaatuh.

Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dg lancar. Moga ilmu yg kita dpatkan berkah dan bermanfaat. Amiin....

Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis:
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamu'alaikum.

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!