Home » , » Parenting - Mainan

Parenting - Mainan

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Thursday, December 11, 2014

Kajian Online Wa Hamba الله SWT  Ummi 23 dan 24

Kamis,11Desember2014
Tema: parenting
Nara sumber:ustzh Dianda azani
Notulen :Laela/ ummu nisa
Admin:HA23Meisha
Admin:HA24Arini
Editor: Indah permata sari

assalamualaikum, umi2 cantik apa kabar? semoga selalu dalam lindungan Allah. hari ini saya ingin membahas tentang mainan.

apa sih mainan itu umm? sejatinya, mainan itu adalah benda2 yang dipakai anak untuk.. dimainkan, sesuka hatinya.

tapi, anak usia dini,temasuk bayi, masuk dalam masa perkembangan, dan semua hal di lingkungannya akan dipakai untuk menunjang tumbuh kembangnya. jadi sebetulnya saat anak bermain, ia sedang belajar. maka mainannya adalahbahan belajar..
mainan itu apa sih umm? apakahharus yg kita beli dari toko? atau kita buat sendiri? apa syarat disebut mainan?

syaratnya juga sederhana, bisa dimainkan anak, tidak berbahaya bagi anak. nggak perlu beli, nggak perlu khusus mainan. apa saja bisa dijadikan mainan.
 sesuai usia, bayi yg baru lahir akanmencari rangsang visual dan auditori, jadi mainan yg bisa dilihat dan didengar lebih disukai.l, terutama suara ibu.
 krincingan, mainan.yg berbunyi seperti plastik,tapi semuaitu anak masihbersifat pasif.. karena anakbelum bisa memanipulasi benda.
 lalu usia 3th ke atas anak bisa mulai nain.puzzle. bisa pakai kardus atau sampul majalah yg digunting2. jangan lupa mainan untuk merangsang sendiri raba, bau dan bunyi. main beras, kacang2, pasir, main air, cium bau bawang, bunga, daun, dengar suara mesin, gemericik air, suara nyanyian burung, bunyi jangkrik dst.

segitu dulu ya buibu materinya. tambahannya sambil kita tanya jawab ya..
usia2-3 bulan, pandangan anak makin membaik, dan anakmulai ingin memegang benda2. makin.lama makin mahir, memegang..menggenggam. juga mulai memasukkan ke dalam mulut, digigit2 kalau gatal mau tumbuh gigi.

nah, apapun yg bisa dipegang dan aman bagi anak bisa jadi mainannya, seperti botol susu, botol susu diisi beras, sendok, piring plastik ygbersih, dst.

lanjut saat anakmulai memanipulasi benda, ia bisa mengetok sendok ke piring, dst.
lanjut setelah bisa memanipulasi benda, semua bisa jadi mainan. asal yg bisa pegang genggam dst.

carilah mainan yg memancing anak untuk lebih aktif,bukan sebaliknya (anak pasif).

mainan yg memancing anak aktif umumnya sederhana, seperti tong dan sendok untuk mengetuk, bola untuk dilempar2, kertas untuk dirobek2 dst. itu memancing anak melatihketerampilan motorik anak.

Tanya jawab:

TANYA:
Afwan bund.. bagaimana dengan sisi keamanannya ya? Misal dikasih kertas, kebanyakan langsung diremas dan dimasukkan mulut..

JAWAB:
 ya kalau kertas jangan yaa...  mm.baju atau handuk boleh lah, karena sekalian gosok2 gigi anak yg gatal.

TANYA:
 bunda...mainan yg cocok buat anak 2.4 th apa aja? Apakah sesusia itu sudah boleh diajari mengambar dan menulis ?

JAWAB:
 anak 4 tahunyaa? motorikkasar n halus ya.. kancing baju, ikat tali, lompat lari lempar bola, renang, c0ret2, masih.tinta, kupas/potong buah, susin.blok, puzzle...
 kalau saya cenderung nggak mengajari anak calisfung n gambar. biaranak explore aja.
 musik, joget, .. warna, bentuk..

TANYA:
Kalo usia 2,4 th?

JAWAB:
ooanak usia 2th 4bln?? jangan diajari calistung n gambar ya bunda

TANYA:
 tapi klo pegang pinsil coret2 sendiri gpp ya bu
anak saya gitu soalnya, senengnya pake krayon melukis indah ditembok

JAWAB:
 persepsi visual anak berkembang pelan2, sampai usia 3th masih coret2, bentuk lingkaran, kotak dan skema gambar baru mulai usia 3/4th. jadiitu masuk taraf kematangan anak.. tidak udah diajari..
 Sama mba eka.tembok rmhqu jg penuh dg coretan indaH.
masuk 5tahun baru mulai terlihat bentuk orang, rumah dst

TANYA:
Tetapi usia 2,5 tahun bs kah d ksh permainan lego Soalny anakku sdh menyusun rapih dgn bermain lego
 Iya maksude  menggambar ya coret2 gt.
 Cuma kadang minta digambaarin kereta api bis awan hujan

JAWAB:
beberapa pertanyaan jawabnya: anak usia dini bebassss melakukan apa yg dia suka. kalo udah gak suka, stop
 dan.belum untuk belajar dgn terstruktur. belum dikasih pressure, pr dst
jadi kalo sudah bisa dan suka lego ya silahkan dikasih
 gambar tembok silahkaann
 perkenalan ya?.. yaaa kalo sudahbegitu yo wis

 Bunda: Hehehe.. kok nyerah gitu bund

Ustadzah: yaa sebenarnya yaa saya gak rela kalo bocah2 itu belajar, walaupun judulnya belajar sambil main. karena dasarnya anak hanya main tok.

 tapi kalau udah bicara paud, tk yg lengkap dengan kurikulum dst.. anak disuruh warnain ini itu dgncara begini begitu, tebelin garis bikin.huruf.. yaa sudah.. mo bilang apa ..:)

TANYA:
Trus usia segitu emang lagi hobi mencontoh ya bun? Trus apa2 maunya dilakuin sendiri. Begitukah?

JAWAB:
 umi.anzali: yes. makanya tugas kita jadi modelyg baik buat abah,dan sanak jangan dilarang2. awasi saja. sudah deh..

dengan begitu abah berkembang dgn sendirinya, sambil main pulak.

masak ya anak biarkan main bawang, dia belajar nama sayur, warna bawang, baubawang (sensori bau), manfaat bawang (dialog-verbal), rasa bawang, kupas bawang (motorik halus), mungut bawang, hitung bawang, apalagi hayooo
 klasifikasi bawang: bawang merah,bawang putih, bawang bombay, ukuran bawang: besar-kecil, bentuk bawang:bulat lonjong..
ih banyak amat
abah =anak
 bayangin di paud:belajar nulis
"b-a-w-a-n-g" eaaa...

anak tumbuh pengertiannya di sebelah mananya bawang??hehe

Bunda: betuull, kata naura umi bilang ini bawang merah tp koq warnanya ungu .

Bunda: Trus ayyash kan mau punya adik.nih....tapi diusia segitu dia udah mulai kelihatan dewasanya ya bun. Dia udah paham kalo mau punya adik. Trus kalo adik nangis digendong. Gt...

Ustadzah:
iyaa bun. sama seperti anak saya dan adiknya.

 Rekapan pertanyaan HA 24:

TANYA:
Assalamu'alaikum ustazah dianda. Saya ingin bertanya maaf klo lewat dr materi.
Kalau saya membatasi waktu bermain anak. Misalny: saya hanya memberi waktu main diluar rumah pada waktu sore saja?...
Apakah hak main anak saya ambil ustazah?
Maaf ustazah saya ingin crta sdikit. Karna ad sdikit msalah dilingkungan saya.bukan bermksd ghibah. Ad tetanga saya klo pg kisaran jm 6 lewat sdah suka ngjak.main ank ny. Apakah salah ustazah cara saya menghindar seperti itu? Karna saya ingin mendisiplinkan wktu main?...dan ibu2 pasti klo pagi bnyk kerjaan.

Anak saya usia 2,5 tahun laki2 ustazah.
 Kalau ddlm rumah aktif main sama saya saja. Dan saya fasilitasi mainan yg seadany.

JAWAB:
main, kalau di luar rumah, tentu harus ada ygmengawasi,supaya aman. kalau kasusnya seperti di atas tidak apa dilarang.. ajakaja anak untk bantu ibu masak di dapur, maindengan bawang dan kentang. salahsatu penggagas pendidikan karakter memang menekankan pentingnya waktumaindi luar ruangan untuk anak.usia dini, bisa 2-6 jamsehari

TANYA:
Ustadzah..mhn tanggapan. Apakh sdh tepat ktka kt memasukkan anak usia 15 bln ke paud dg jam aktivitas main klasikal slma 2 jam. Apkh motorik halusnya sdh mmpu?

JAWAB:
untuk paud.. liat dulu anaknya, ikut paud buat seru2an oke aja, tentu anak tidak mengikuti kurikulum paud. kalau belum 2 jam sudah bosan ya sudahi saja, gendong dan ajak.main yg lain.

main yg mampu saja.. ambil bola, lempar bola, dst. yg belum mampu tidak perlu diajarkan yaa. hanya stimulasi, sediakan alat dan ajak main. kalau belum bisa ya sudahi

 TANYA:
Assalamu'alaikum ustazah.apakah kalo anak sering dilarang* itu bisa mengganggu tumbuh kembang anak? Biasanya karena khawatir dengan keselamatan anak

JAWAB:
2. yes. ganggu pertumbuhan. baiknya jangan dilarang yaa anak2

Alhamdulillah kajian hari ini berjalan lancar. Baiklah bunda bunda mari kita tutup kajian ini dengan hamdallah dan istighfar 3x serta doa kafaratul majlis


Doa Kafaratul Majelis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

 Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika


“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!