Ketik Materi yang anda cari !!

Home » , » PEMBINAAN RUHIYAH

PEMBINAAN RUHIYAH

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, December 17, 2014

Kajian Online Hamba الله SWT

Rabu, 17 Desember 2014
Narasumber : Ustadzah Neneng
Rekapan Grup Nanda 118 (Arin)
Tema : Kajian Islam
Editor : Rini Ismayanti

PEMBINAAN RUHIYAH

Innalhamdalillahi nahmaduhuu wa nashta.'iinuhu wa nashtaghfiruh...wa na'udzubillah min suruuri anfusina wa min syayyi 'amaalina..mayyahdillahi falaa mudhillallah wa mayyudlilhuu falaa haa di yaallah.  Segala puji milik Allah Rabb semesta alam, dan kita memujiNya, kita berlindung kepada Allah dari kelemahan kealfaan kita, dan kita beristighfar dari segenap kekurangan, ketidaksempurnaan amal amal kita....astaghfiirullahh
Allah Maha mengetahui niat dan Maha menyaksikan bahwa kita berjumpa semata karena Allah, semata berharap Allah SWT mencatat waktu ini adl amal sholih, dan kita berharap bahwa ini bermanfaat bagi diri diri kita di dunia dan sampai di saat kita dikembalikan kehadapan Allah SWT . . . in sha Allah. .

Seperti biasa sebelum masuk pada kajian ini dimohon bagi yang belum bersuci hendakalauah bersuci. . yang belum menutup aurat silahkan menutup aurat. . yang belum niat sama sama kita berniat dan memulainya dengan bacaan basmallah dan luruskanlah agar niat yang lain sirna hanya niat karena Allah yang Maha kekallah yang mengisi setiap relung jiwa kita.
Bagaimanaa kabarnya?
Mudah mudahan tidak meninggalkan jejak kecuali manfaat dan kebajikan Serta tidak mengambil apapun selain pengajaran.
Bismillahirrahmaanirrahiim
Kita luruskan niat kita Yaa Allah Dzat yang Maha Menyaksikan, Maha Mengetahui hati hamba hambaNya, saksikanlah kami bertemu semata karena berharap ampunan dan rahmatMu dan berharap Engkau mensucikan jiwa kamii, memaafkan.

"demi jiwa dan penyempurnaan ciptaanNya. maka Dia mengilhamkan kepadanya jalan kejahatan dan ketakwaannya" (asy syam,91:7-8)

jiwa, jasadiyah dan akal adalah kesempurnaan manusia dibanding makhluqNya yang lain. Dalam kesempurnaan inilah Allah SWT memberikan potensi kepada manusia, potensi kebajikan dan potensi keburukan. Dengan suatu misi yang sangat penting bagi alam semesta yakni menjadi khalifah fil ardh, sekaligus sebagai hambaNya yang sesuai tuntukunan Allah SWT melalui nabi dan rasulNya.

Kita lihat surah al ahzab ayat ke 72.
"sesungguhnya Kami telah menawarkan amanat kepada langit, bumi dan gunung gunung, tetapi semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir tidak akan melaksanakannya (berat), lalu di pikullah amanat itu oleh manusia."
Amanat menjadi pemimpin di bumi dan amanat tanggungjawab potensi baik dan buruk. Lalu lanjutan ayat itu
"sungguh, manusia itu amat zalim dan sangat bodoh"
Di satu sisi Allah meminta memerintahkan manusia untuk mengemban amanah paling berat yang diberikan kepada makhluq makhluqNya, suatu pilihan untuk baik atau pun buruk. Dengan konsekuensi dan keburukan itu ada balasan dari Nya dan juga dengan suatu misi terpenting dari Nya adalah menjadi pemelihara bumi ini. Di sisi yang lain manusia diciptakan dengan banyak kekurangan. Dalam ayat ini Allah menyebut manusia memiliki sifat dasar zalim, dan bodoh.

Tabiat manusia yang juga di sebuntukan dalam kalamNya, adalah surah al ma'ariij ayat 19-21: disebuntukan sifat manusia adalah suka memgeluh. Jika ditimpa kesusahan maka mereka nerkeluh kesah. Jika di berikan kebaikan harta mereka kikir.

Sifat yang lain lagi dari manusia adalah terburu buru. . . ingin bersegera,
terhadap sesuatu, kesuksesan, harta, keinginannya sangat bergelora. . .

Berbagai tabiat manusia yang demikian banyak keburukan, kesusahan, zalim,
dan bodoh, sedangkan amanat dari Allah SWT sang Pencipta manusia dan alam semesta ini begitu berat dan sulit, maka manusia menempatkan pendidikan, pembinaan, dan penguatan bagi dirinya tidak bisa dilepaskan dari seluruh aspek diri nya. Kebutuhan jasadiyahnya sudah begitu lumrah, karena Allah SWT sudah menjamin seluruh makhluqNya di rizkii olehNya. . .
 ". . . . Kami tidak meminta rezeki kepadamu. Kamilah yang memberi rezeki kepadamu." (thoha:132)
Bahkan burung burung yang terbang dari sarang pada pagi hari dalam keadaan lapar dia kembali kesarang pada sore hari dalam keadaan perutnya kenyang. Janganlah kita khawatir terhadap rezekii itu adalah hak nya kita sebagai makhluq. Jadi sepatutnya seluruh kehidupan, waktu kita jangan hanya dihabiskan untuk kebutuhan jasadiyah kita saja. Padahal sesungguhnya yang memiliki sifat tabiat yang di gambarkan Allah SWT dalam kalamNya seluruhnyaa adalah sifat dan tabiatnya ruhiyah, jiwa, . . .

Karenanya sudah barang tentuu pembinaan jiwa, ruhiyah, ruhani, semestinya lebih kita perhatikan daripada kebutuhan yang lainnya. Karena apaa. . .
Setiap manusia, setiap jiwa akan merasakan mati, dan setelah kematian
setiap jiwa akan kembali kepada Sang Pencipta semesta,Dialah Allah SWT dan
setiap jiwa manusia akan ditanya pertanggungjawabannya, akan ditanya
dipakai apa sajakah waktu kehidupan yang telah di anugerahi olehNya, ditanya di pakai apa saja rezeki yang telah di karuniakanNya, ditanya di langkahkan kemana sajakah jasad mereka di dunia. . . tiada yang akan tersisa, terlewat, terlupa, terhapus dari catatan amal yang akan di berikan para malaikatNya. .
Tak ada yang akan terlewatkan yang tersembunyi yang nampak, yang dikeluarkan yang ditahan, yang di lakukan kedua tangan manusia. Seluruhnya ada dalam catatan amal . . .Kitab. . catatan amal, kitab sijjiiin atau kitab 'iliyyiiin.

Oleh karenanya marilah kita sama sama sadarii betapa banyak waktu yang kita hanya habiskan untuk mengejar kebutuhan dasar makhluq yang sama seperti makhluq lainnya. Hanya sekedar kebutuhan jasad, makan minum, harta, kedudukan. Lalu bagaimanakah jiwa kita, apa kita biarkan dia tersesat dalam kegelapan kebodohan ataukah kita biarkan dia arogan dalam kubangan maksiat dan dosa. . . .

Wahaiii jiwaaa belum tibakah saatnya bagi mu untuk kembali kepada fitrahmu
yang suciii cenderung pada kebaikan, menyukai kebenaran, mencintai kesucian, dan menyukai mensucikan diriii. . . .
Ataukah debu debu maksiat itu sudah begitu tebalnya hingga jiwa kita tak mampu lagi melihat kejernihan cahayaNya?
Ataukah hawa nafsu mu begitu kuatnya menguasaimu hingga engkau tenggelam pada ketundukan buta kepadanya?
Innalillahi. . . . wahai jiwa ingatlah bahwa kau akan kembali keharibaanNya. . .yang menjadikanmu ada dari ketidak adaan. yang menjadikanmu
bisa dari ketidakmampuan yang menjadikanmu besar dari kekerdilan. . . Rabb yang Memeliharamu. . menjagamu. . menidurkanmu lalu membangunkanmu. . .yang Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Hingga ayat ke 7 memberikan kepada kita penjelasan akan ujian, akan kejujuran, akan komitmen kita terhadap Allah SWT yang memberi kita kehidupan. Dan setiap kesungguhan, amal sholih sesungguhnya adalah untuk diri kita sendirii, sungguh Allah SWT tidak memerlukan sesuatu. .  Artinya bahwa kebajikan yang kita lakukan sesungguhnya adalah untuk kebaikan kita  sendiri. . . agar setiap jiwa kita selamat dari hisab Allah SWT kelak. . agar setiap kita memiliki cukup bekal untuk bertemu Allah SWT.

Pembinaan ruhiyah akan memperkokoh jiwa manusia dalam menghadapi berbagai peristiwa dalam kehidupannya. Yakin terhadap ketentuan Allah SWT, Yakin Allah SWT senantiasa mengabulkan doa, Yakin dan hanya bersandar kepada Allah SWT

Pembinaan jiwa, ruhiyah, adalah obat bagi beragam penyakit ruhani. Dalam surah fathir ayat 28 orang yang paling takut kepada kepada Allah adalah
'ulama('aliim) hingga manusia mereka bisa menjalani kehidupan dengan kehidupan terbaik, menjadi manusia yang sebenat benar manusia, amanah, tanggung jawab, siddiq,

Pembinaan ruhiyah adalah modal dasar dari pembangunan mental manusia karena apaa saudarakuuu. . . karenaa satu manusia yang memiliki jiwa yang paripurna sebagai manusia hakikatnya perbaikan satu manusia adalah perbaikan seluruh manusia keseluruhannya. . .
Jikalah kita ingin menjadi manusia yang disebut Allah sebagai pembuat kebajikan, perbaikan. . maka binalah jiwa kita lalu binalah jiwa manusiaa seluruhnyaaa
Allahu akbar.

Wallahu'alam. . . in sha Allah pekan depan kita lanjuntukan dengan ma'na ilah.

TANYA JAWAB

Q : Umi... "maka binalah jiwa kita lalu binalah jiwa manusia seluruhnya.."
maksudnya kita ngebina jiwa manusia lain gitu ya um.. sejenis dakwah gitu. nah kan ngebina jiwa teh susah pisan kadang suka naik kadang turun dengan malesss itu kumaha ngejaganya umi..?
Kalau memang ikhlas, dikhianati pun tak mengubah jadi kebencian melainkan
menjadikan pelajaran"
Umii mau nanya tapi diluar pembahasan, ciri-ciri ikhlas itu seperti apa umi?
A : Iyaaa memang betul membina jiwalah yang paling berat di dunia iniii karena apa? Karena kebaikan dan kebenaran hakikatnya akn selalu tarik menarik mana yang lebih kuat dia akan menguasai jiwa, hawa nafsu-ruhani, jasad-jiwa, dosa dengan pahala, maksiat dengan amal sholih, sia sia dengan manfaat. Tidak mungkin dia bersatu itu adlah fitrahnya manusiaa. . . oleh karenanya bersyukurlah kita yang masih diberii rasa malu dalam hati kita, diberi rasa tidak enak saat berbuat dosa, diberi rasa sedih saat jiwa kekeringan,
merasa suka terhadap orang yang beriman, merasa cinta pada nabi dan al quran, bersyukur bersyukur, dan rasa syukur ada pada RASA, dan rasa adanya dalam HATI. . . dan hati adalah jantungnya JIWA kita. Kalo tanpa godaan manalah jelass siapa yang sungguh sungguh dan siapa yang mau mau engga enggaa.
Malas juga menghinggapi semua orang masalahnya apakah kita akan membiarkan kemalasan itu menenggelamkan jiwa kita pada  kejumudan? kematian hati? Naudzuubillah. . . hati yang mati ibarat mayat hidup. . .jasadnya bekerja namun hampaaa kosong. . . apa ituuu yang kita inginkan kehidupan di dunia ini?
Ciri-ciri ikhlas, cenderung tidak menyukai pujian, tetap beramal ada atau tidak  ada yang melihat, tidak mengharap terimakasih dari manusia, jarang menghitung-hitung kebaikan diri terhadap orang lain, menghindari amalan yang terlihat banyak orang walau kalau ada yang lihatapiun dia tetap beramal. . .

Q : Ummi.. Ada temen saya yang katanya kena sihir. Istilahnya mungkin diguna guna ya? Trus kalauu orang lihat dia semacam berkumis. Dan juga dikaitkan dengan dia gagal menikah dari beberapa orang. Trus dtg ke tgk gitu umm. Istilahnya nanam ayat. Apa bener gk ya soal demikian. Bukannya kalau kita mendatangi orang pintar bagian dari syirik juga. Ini tapi katanya tengku diatas ustdz  gitu ummi.  Dan juga yang diajarkan kita mendalami satu ayat, bukan hanya dihapalkan. Tapi diyakini untuk sembuh. Apa menyalahi umm?
A : Iya tetap saja jika niat kita mendatangi tengku adalah memohon kesembuhan jelas salah. . . yang kedua, walau memakai ayat ayat al quran, tapi kalau dapat mendiagnosis sihir guna guna lalu ayat itu di tanam bisa jadi
terjerumus pada syirik. .cara pengobatan sihir adalah ruqyah dan ruqyah bisa
dilakukan sendiri atau orang yang lebih sholih atau yang lebih ikhlas. . .
mulanya di bacakan surah al baqarah dari ayat satu. . jika memang ada sihir
maka akan terlihat reaksinya, ini juga baiknya setelah diagnosis dokter. . kalau
sakit. tapi kalo bukan sakit semisal jodoh yang gagal bbrp kaliii ini jelas tidak
boleh main main,
1#meragukan Allah SWT sebagai pemberi Rezeki, Ar Rozaq. . jodoh adalah
rezeki dari Allah SWT suka suka nya Allah mau ngasih kapan dan yang mana
2#boleh di ruqyah dengan cara cara yang telah dicontohkan nabi saw dengan tetap sebaik baik perisai adalah dirinya sendirii. . . karena syetan dari gol jin akan mudah masuk kepada orang yang ragu, resah, galau apalagi jodoh tak sampai sampaiii. akhirnya meragukan keputusan Allah atas qodho dan qodarNya. . .
Jadi sungguh jiwaa kita ini masih sangat perlu pembinaan agar benar berkeyakinan. Agar benar berislam dan beriman. Kalau ikhlas menerima suami menikah lg, hakikatnya sama. . . keikhlasan itu hanya bisa diketahui dirinya dan Allah saja. . .
Semisal kalau lagi bareng temen temen bilang kuat dan ada baiknya giliran
sendirian mengeluhhhh nahhh mungkin ada yang sedikit menyimpang dari hatinyaa. Yang jelas kalau tentang menikah lagii . . . jelas itu berat bagi wanita manapun, akan tetapi bagi mereka yang kuat lalu belajar mengikhlaskan hatinya yaa harus kita dukung dan support minimal dengan doaa.

Q : Aku juga prnah denger crita yang kayakgitu. Orang yang diguna-guna shingga dijauhkan jodohnya or gagal trus nikah atau merasa slalu tidak cocok. Trus katanya bisaa sembuh dengan membuka auranya it gimana umi? Oia, kalau ga salah (afwan kalau salah dengar) pernah mama dedeh bilang dalam cramahnya boleh mmbuka aura tapi pke ayat Al-Qur'an. Memang ad yang sprti it umi?
A : Hakikatnya jodoh datang cepat atau lambat dia bukan penyakit tapi
kehendakNya. . . jangan salah. . . masa sama ketentuan Allah SWT kita bilang
itu penyakit yang harus di obati . . . hehee
Maksud saya sabar, dengan berdoa, belajar pasrah, meluruskan niat, belajar
yakin akan ketentuan Allah SWT itu baik, laluu bersungguh sungguh berusaha
dengan memperbaiki diriii. . . masa iyya doanya tidak Allah SWT kabulkan. . .
Buka lagiiiiii surah ibraahiiim ayat 34 yukkkkk belajarr yakin. Keyakinan satu satunya hal yang tidak bisa diperoleh kecuali dengan bersabar belajar yakinnn
Yakinlahhhh semua makhluqnya Allah SWT ciptakan berpasang pasangan. . masa iyya kita di lewatkan. . . ampyuuuunnnn jangan ga sopan yaa sama Allah SWT
Q : Hehehe... Iya ya umi... Soalnya banyak yang bilang gitu. Katany kena guna-guna wajahnya keliatan jelek or kyak nenek-nenek kalau diliat sama laki-laki. Jadi laki-laki ga mau ngedeketin. Makanya hrus d buka auranya gitu...
A : Iyyaa . . kalau karena jelek lalu ga di kasih jodoh. . . pastii itu terjadiii kalau tuhannya manusiaa yang sukanya liat casing. Bacaa hafalkan tadabburi dan belajar yakin yakiniii yakiniii dengan setulus hatiii

Q : Ummi laggi heboh ini ibu mentri BUMN mau melarang karyawan pakaai jilbab. Menurut umi bagaimana?
A : Tentang menteri BUMN yaa udahh namanya juga kabar pers media jangan langsung percaya sebelum mengecek. . kalau pun benarr ya kita patut prihatin, tapi saya ga mau beropinii dari info yang belum jelas benar kebenarannya. . . karena media sekarang juga mereka berpihak pada pemodal. . ga ada yang bisa dipercaya. . . tapi jika sudah jelas kebenarannya patut kita berbuat sesuatuu bagaimana caranya agar masyarakat yang baru merasakan fenomena jilbab dimana mana bisa lebih dalam mencintai jilbab.
. ingatlah bukan karena gegap gempita dukungan lalu dakwah nabi saw itu meraih kemenangan tapi dari perjuangan yang penuh dengan kesantunan keikhlasan dan kemanusiaan . . .

Q : Ayah ana baru mulai usaha, terus ada orang yang bilang kalau banyak
"makhluk" yang nutupin. Itu maksudnya gimana ya umm, dan bagaimana cara
menghadapinya?
A : Wahhh kalau maksud bapak itu tanya ke bapak yang bilang ituuu ya. . . hihihi itu sebenarnya adalah saran saran yang patut kita waspadaiiii dari menjerumuskan secara halus terhadap syirik sebetulnyaaa kalau mau bisnis, yang pertama, perencanaannya matang, yang keduaa mulai, yang ketigaa kreatif, yang ke empat sabar. . . konsisten, . . . . . yang terpenting DOA. . . . .  kalau mau kayaa beristighfarlah. . . Nuh :10-12, silahkan direnungi.
Bagaimanaa Allah SWT akan jamin harta nya bertambah banyak, anak anaknya, di adakan oleh Allah SWT kebun kebun usaha usaha perniagaan perniagaan. . . Itu baru istighfar apalagi dengan tambahan pujian kepada Allah SWT yang sudah dicontohkan nabi saw.
Yang mauuu jodohhhh sokk banyakin istighfar. . . dan berupayaa dengan meningkatkan kualitas diriii agar dapat orang yang juga lagi usaha menjadi berkualitas. fokuss pada perbaikan diriii agar Allah SWT memantaskan kita untuk bertemu jodoh terbaik. wallahu 'alam
Dan yaa para akhwat. . . . kita sifatnya menunggu. . . sebaik baik usaha
akhwat adalah doa, istikhoroh. . mulai dari sekarang sebelum jodohnya ditemukan. . .ituuu ibarat radar. . .semakin sinyal kuat kepada Allah semakin jodoh kita akan masuk ke radar kitaaa.

Q : Kalau seperti itu apa jatuhnya niat kita bukan mencari ridho Allah melainkan
mencari jodoh Allah ummi?
A : Yaa ga apa apa, kan kepada Allah juga minta nyaa, kata Allah kalau belum ketemuu kan ga akan ketemuuu. . sebetulnya Allah sedang
menantikan hamba hambaNya mendekat memohon kepadaNyaa apaaa yang mereka inginkan. . dan Allah Maha Mengabulkan doaa. hanyaa yaa belajar dong sabar. . . sabar belajar yakinnn bahwa Allah akan mengabulkan doa kita, kalau ga mau sabar yaa gimana mauuu di kasih jawaban, sedang kita doa ajaa udah ga yakinn ga percaya terhadap Allah SWT yang Maha Mengabulkan doaa.

Doa Kafaratul Majelis :
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك 
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika 
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”.                             
​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment