Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

PENGARUH SYIRIK

Kajian Online Telegram Akhwat Hamba اَللّٰه Ta'ala

Hari / Tanggal : Selasa, 30 Desember 2014
Narasumber : Ustadz Kaspin
Notulen : Ana Trienta

Assalamualaikum wr, wb
Baik kita mulai
Ada beberapa pengaruh negatif yang disebabkan oleh syirik antaranya:

1. Memadamkan cahaya Fitrah

Manusia dilahirkan secara fitrah, suci dan bertauhid. Sebab itu orang musyrik otomatis telah memadamkan cahaya fitrah dan ketauhidannya

2. Mematikan tuntutan Jiwa yang Suci

Jiwa yang bertauhid tidak akan tenggelam dalam hawa nafsu. Ia akan selalu melihat ke alam yang tinggi jiwa yang telah dilumuri syirik akan jatuh pada jurang kehinaan dengan ikhlas kepada Allah, tidak mempersekutukan sesuatu dengan Dia. Barangsiapa mempersekutukan sesuatu dengan Allah, maka adalah ia seolah-olah jatuh dari langit lalu disambar oleh burung, atau diterbangkan angin ke tempat yang jauh. 22:31

3. Menghilangkan Izzah (kemuliaan) yang melibatkan pelakunya kepada perbuatan hina.

Seseorang yang tidak beriman tidak punya izzah tidak akan pernah tahu dan merasakannya...ia menjadi budak nafsu, dunia dan syahwat yang hina.
"Mereka berkata: "Sesungguhnya jika kita telah kembali ke Madinah [1478], benar-benar orang yang kuat akan mengusir orang-orang yang lemah dari padanya." Padahal kekuatan itu hanyalah bagi Allah, bagi Rasul-Nya dan bagi orang-orang mukmin, tetapi orang-orang munafik itu tiada mengetahui."  (Al Munafiqoon 63;8)
[1478]. Maksudnya: kembali dari peperangan Bani Musthalik
"Sesungguhnya Allah memasukkan orang-orang mukmin dan beramal saleh ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Dan orang-orang kafir bersenang-senang (di dunia) dan mereka makan seperti makannya binatang. Dan jahannam adalah tempat tinggal mereka."
4. Menggugurkan Amal Sholeh

"Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu. Jika kamu mempersekutukan (Tuhan), niscaya akan hapuslah amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi."  (Az Zumar 39 : 65)

5. Kekal dalam Neraka

Surat Annisa
116. Sesungguhnya Allah tidak mengampuni dosa mempersekutukan (sesuatu) dengan Dia, dan dia mengampuni dosa yang selain syirik bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan (sesuatu) dengan Allah, maka sesungguhnya ia telah tersesat sejauh-jauhnya.
117. Yang mereka sembah selain Allah itu, tidak lain hanyalah berhala[349], dan (dengan menyembah berhala itu) mereka tidak lain hanyalah menyembah syaitan yang durhaka,
[349]. Asal makna Inaatsan ialah wanita-wanita. Patung-patung berhala yang disembah Arab Jahiliyah itu biasanya diberi nama dengan nama-nama perempuan sebagai Laata, al Uzza dan Manah. Dapat juga berarti di sini orang-orang mati, benda-benda yang tidak berjenis dan benda-benda yang lemah.
118. yang dila'nati Allah dan syaitan itu mengatakan: "Saya benar-benar akan mengambil dari hamba-hamba Engkau bahagian yang sudah ditentukan (untuk saya)[350],  
[350]. Pada tiap-tiap manusia ada persediaan untuk baik dan ada persediaan untuk jahat, syaitan akan mempergunakan persediaan untuk jahat untuk mencelakakan manusia.
119. dan aku benar-benar akan menyesatkan mereka, dan akan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan menyuruh mereka (memotong telinga-telinga binatang ternak), lalu mereka benar-benar memotongnya[351], dan akan aku suruh mereka (mengubah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka meubahnya[352]." Barangsiapa yang menjadikan syaitan menjadi pelindung selain Allah, maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata. 

[351]. Menurut kepercayaan Arab Jahiliyah, binatang-binatang yang akan dipersembahkan kepada patung-patung berhala, haruslah dipotong telinganya lebih dahulu, dan binatang yang seperti ini tidak boleh dikendarai dan tidak dipergunakan lagi, serta harus dilepaskan saja.

[352]. Merubah ciptaan Allah dapat berarti, mengubah yang diciptakan Allah seperti mengebiri binatang. Ada yang mengartikannya dengan meubah agama Allah.
120. Syaitan itu memberikan janji-janji kepada mereka dan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka, padahal syaitan itu tidak menjanjikan kepada mereka selain dari tipuan belaka.
121. Mereka itu tempatnya Jahannam dan mereka tidak memperoleh tempat lari dari padanya.
Demikian materinya
semoga bisa difahami

TANYA JAWAB

1. Ustadz.. kalo merubah ciptaan Allah seperti rekayasa genetika itu gimana tadz?
Jawab
Selama tidak berasal dari yang haram kemudian ada manfaatnya dan tidak membahayakan itu diperbolehkan...silahkan lihat fatwa MUI

2, Ustadz..bagaimana dengan menggambar komik?
Jawab
Ada yang membolehkan untuk tujuan tujuan edukasi dan dakwah. Silahkan dicari fatwa nya.

3. Ustad bagaimana hukum jika mendatangi kiayi untuk berobat atau minta asihan?
Jawab
Kalau minta didoakan selama tidak syirik hukumnya boleh. Kalau minta asinan juga boleh. Kalau minta asihan itu tidak boleh atau haram. Maka kita kudu cari tahu dulu itu kyai atau ustadz pake metode spt apa? Ini penting jangan sampai ketipu atau kejebak.

4. Kalo baca komik boleh ga ustadz?suka komik conan nih ustadz...
Jawab
Boleh asal tidak berlebihan....tapi sekarang rahma udah gede....masa baca conan mulu?

5. Bagaimana bagi para ibu pebisnis agar tetap segala perjuangannya didunia bisnis tetap dakwah oriented bukan money oriented? Kami pengen apa yang kami upayakan segala hasilnya diutamakan untuk segala kemaslahatan dakwah untuk ummat. Tapi bagaimana caranya untuk tetap istiqomah dengan tujuan awal? Namanya dunia kadang menggelapkan mata ustadz. Niat awal kadang tak sejalan dilapangan. Ada saja yang membuat niat menjadi berbelok?
Jawab
Ya...oriented itu orientasi...kalo masuk sekolah ada masa orientasi maka ini yang kudu di setting ulang orientasinya dalam kata lain niat. Niat nya kudu ikhlas kalau ikhlas pasti istiqomah in sya Allah. Naah niat untuk dakwah juga kan ada level level nya, tingkatannya. Nah mungkin yang diperjelas sejauh mana kita ingin berkontribusi selevel keluarga, erte, kelurahan, kabupaten atau level internasional. Memang niat harus terus di refresh. Yang jelas kekayaan jika dipegang oleh orang sholeh akan lebih manfaat daripada oleh orang jahat.

6. Asihan itu yang gimana ya?
Jawab
Asihan itu semacam pelet.
Kalau asinan itu semacam acar.

7. Ustadz, rekan saya punya bude yang pake ilmu hitam gitu sering ngamuk dan kalo ada yang ngomongin dia, dia tau gimana solusinya ya ustadz?
Jawab
Bawa aja ke peruqyah. Suruh beliau untuk taubat.

Tanggapan
Ada rekomen yang bisa bantu daerah depok atau sekitarnya ga ustadz?
Jawab
Ada coba ke rumah ruqyah indonesia deket ramayana cililitan...googling aja lokasinya.

8. Ustad kesurupan itu menurut pandangan islam bagaimana ? Kadang percaya gak percaya sih?
Jawab
Ya gitu...ada. lihat di surat albaqoroh....
Sapi Betina (Al-Baqarah):275 - Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang kembali (mengambil riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.
9. Ustad nanya donk kalo kita jualan baju yang terbuka kena dosa ndak kita?
Jawab
Terbuka gimana nih maksudnya? kalau baju tertutup gimana make nya?

> Hehehehe.. misal celana pendek dan baju tanpa lengan
Jawab
Ya yang jualan ga dosa tapi harus bilang aja buat dipake didalem rumah. Kalau diluar rumah ya...pake baju kurung sama kerudung. Kalau mae khawatir kebagian dosa...ya jangan dijual. Tapi itu untuk akhwat ya...untuk ikhwan kan pakaiannya beda lagi....masa pake kerudung? Kalau sudah dibilangin tetep juga keluar pake you can see my ketiak maka dosa dia sendiri.  Ya sambil jualan kan jadi bisa dakwah cara berpakaian wanita muslimah.

10. Oia apa hukumnya wanita yang berobat alternatif dengan metode pijitan tapi yang melakukan bapak-bapak?
Jawab
Ga boleh. Haram. Meskipun darurat karna sakit.

> Pertanyaan titipan tadz .katanya banyak yang diurut wanita juga. 
Jawab
Sakit yang diurut itu kalau patah tulang itu darurat itu boleh karena memang perlu ahli tapi kalau diurut pegel pegel mah jangan dan bukan darurat Mae. Carilah terapisnya wanita lagi jangan waria, apalagi pria meskipun paruh baya. Kalau yang ngurutnya suaminya sih gapapa...itu mah kayang namanya. Ini tergantung kondisinya Mae kalau udah ada tulang yang retak justru malah bahaya. Saya punya teman begitu udah diurut, udah segala herbal dan terapi terakhir harus operasi kemungkinannya sembuh atau lumpuh, dia minum tf alhamdulillah sembuh. Yang menyembuhkan Allah.

11. Ustadz, sekarang kalo anak ane sakit biasa (demam), ane ga bawa ke dokter lagi.. Dulu mah dokter mulu, sakit dikit dokter. Sekarang pake baca'n al fatihah, ayat kursi, an nass, al ikhlas, al falaq, kadang ane tambah al baqarah trus ane usap ke kening anak atau bagian yang sakit. Apa itu termasuk ruqiyah?
Jawab
Iya...bu Retno

12. Apa jin bisa menyebabkan sakit juga tadz? Misalnya seperti demam tadi
Jawab
Bisa seizin Allah. Dan memang sunatullahnya di dunia ini demikian.

13. Kalo di nenek ku ada yang namanya "sambetan". beberapa rempah-rempah di tumbuk terus diolesin ke badan. kalo berubah bau amis katanya kesambet. itu gimana tadz?
Jawab
Ya  begitu. Tapi cara itu ga ada anjurannya.

Udahan ya...udah malem.
Jika sakit berlanjut hubungi dokter.

Penutup
Doa Kafaratul Majelis :

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Semoga Bermanfaat