Ketik Materi yang anda cari !!

Home » , » Pentingnya Tarbiyah Ruhiyyah (Pendidikan Rohani)

Pentingnya Tarbiyah Ruhiyyah (Pendidikan Rohani)

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, December 3, 2014

Kajian Online WA Hamba اَللّه SWT Nanda

Hari, tanggal : Selasa, 2 Desember 2014
Grup. : 113 & 114
Narasumber : Ustadz Abdul A'tieq
Judul Kajian : Tarbiyah Ruhiyyah
Notulen/Admin : Kina/Rusmi
Editor : Ira Wahyudiyanti

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

حيا نفتح مادتنا اليوم بقراءة بسمله
(hayya nabda. maadatanaa al-yauma bi qira-ati basmalah)

Sebelum kita mulai kajian kita ini mari kita mulai bersama dengan membaca

بسم الله والصلاة والسلام على رسول الله
 Agar mnjadikan majlis ilmu kita penuh berkah dan menuai ilmu yg manfaat dunia akhirat. Aaamiin

Pentingnya Tarbiyah Ruhiyyah (Pendidikan Rohani)

Saudaraku,
Allah Ta'ala dengan rahmat dan kasih sayangNya telah menciptakan kita sebagai manusia dengan penuh kesempurnaan. Sempurna akal pikiran kita. Sempurna jasmani kita bahkan sempurna ruh dan hati kita.

لقَد خلقنا الإنسان فى أحسن تقويم

"Sungguh telah kami ciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya"

Inilah suatu nikmat yang besar yang harus senantiasa kita ingat dan menjadi pemicu diri ini agar pintar bersyukur pada Allah atas segala curahan nikmat dan kasih sayangNya pada kita.

3 bekal kesempurnaan itu adalah ; akal, jasmani dan rohani.

Dari ketiga hal diatas, banyak dari kita yang hanya sibuk dalam memperhatikan akal dan jasmani saja. Tanpa memperhatikan kondisi rohani atau ruhiyyahnya.

Seseorang diantara kita barangkali akan merasa bodoh jika akal pikiran tak terasah atau tidak dipenuhi dengan gizi ilmu pengetahuan.

Atau jasad dan badan ini akan lemah bahkan sakit jika kita tak mengkonsumsi makanan dan gizi seimbang atau berolahraga untuk menjaga kebugaran jasmani.

Akan tetapi, berapa banyak diantara kita yang tidak merasakan lemahnya ruhiyah (rohani) kita, disaat kita sering menjauh dari Allah. Jauh dari garis ibadah dan taqarrub (mendekat) kepada Allah. Padahal, bukankah hakikat kita diciptakan semata untuk beribadah kepada Allah??!

وما خلقت الجن والإنس إلا ليعبدون
"Dan tidaklah ku cipatakan Jin dan Manusia kecuali untuk beribadah pada-Ku"

Ketidakseimbangan kita dalam menjaga akal, jasmani dan rohani kita, terkadang menyebabkan ketidakstabilan kita dalam berbagai hal. Khususnya dalam menjalani aktifitas sehari-hari.

Bayangkan jika ada seorang yang hanya memperhatikan ketampanan/kecantikan wajahnya saja. Badan tegap dan penampilan yang super keren. Akan tetapi ketika semua itu tidak dibarengi dengan kecerdasan akal atau ruhiyyah (rohani) yang baik. Maka tidak aneh jika terdengar kabar seorang aktor/aktris yanf rupawan itu mati mengenaskan akibat tekanan/permasalahan hidup yang mendera.

Atau sang rupawan itu ternyata gagal dalam studinya. Karena ia tak lagi menjaga potensi akal yang telah Allah berikan padanya.

Saudaraku,,,
Jika jasad sakit kita merasakannya, jika kebodohan mendera, kita pun tau akan hal itu. Tetapi banyak diantara kita tidak merasakan betapa ruhiyyah (rohani) kita sedang bermasalah.

Karena rohani itu tidak nampak atau bahkan tidak mudah terasa oleh lingkungan bahkan kita sendiri.

Padahal Allag telah menjadikan media ibadah fardhu dan nawafil (sunnah) itu sebagai gizi yang seimbang dan terbaik bagi ruhiyyah kita.

Bukankah shalat penguat hubungan kita pada Sang Khaliq?? Bukankah sujud-sujud kita dan doa yang tertuang didalamnya sangat didengar Allah??

Bukankah puasa menjadi perisai kita dari belenggu hawa nafsu?? Bukankah zakat dan sedekah bisa mengikis sifat kikir jiwa ini?? Dimanakah lisan yang berdzikir mengingatNya disaat lapang, agar ia dekat disaat kesempitan hidup menimpa??

Dan kunci dari kebahagiaan dan keberuntungan itu ada pada kecemerlangan kita dalam menjaga dan memupuk rohani kita bersama Taqwa kepada Allah.

قد أفلح من زكاها• وقد خاب من دساها
"sesungguhnya beruntunglah orang yang menyucikan jiwa itu• Dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya" Asy Syams 9-10

Ibnu Syarifuddin
Makkah, 10 Safar 1436 H

SESI TANYA JAWAB :
1. kenapa qta masih sering dilanda malas.. gelisah, bosen jenuh Sama hidup.. padahal olahraga sudh. Tilawah Dan tarbiyah juga Sudah..

Jawab ↠ Rasa malas pun pernah dikeluhkan oleh para sahabat, generasi terbaik umat ini.
Salah satu cara untuk menghindari kemalasan adalah dengan mencari lingkungan dan sahabat yang rajin bukan pemalas. Menata jadwal dan kegiatan sehari hari

Dan yang trpenting dlm hal ruhiyyah adalah membaca dzikir pagi dan petang, yang dimana Rasulullah pun membacanya

Allahumma inni audzubika minal hammi wal hazn wa audzubika minal ajzi wal kasal
Nabi pun berlindung pada Allah dari kelemahan dan kemalasan
Bagaimana dngn kita?

2. Ustadz baca alqur'an dlm hati bokeh kah?

Jawab ↠ Makruh mnrt sbgian besar ulama

3. Ust ana pernah mendengar sebuah hadist yang mengatakan bahwa wanita yang sedang dalam masa haid boleh membaca al Qur'an selama mushafnya tidak disentuh langsung namun tidak melakukannya lebih baik maksudnya tidak membaca dan menyentuh mushafnya. Ini hadist dhaif atau gimana ust???

Jawab ↠ Saya ambil satu pendapat yg mmbolehkan wanita haid membaca AlQuran dari hafalannya, dan tdk mnyentuh mushaf. Dan adapun jika membaca AlQuran dr gaget, dibolehkan krn gaget bkn mushaf

4. Lo al qur'an dg trjemahan tu gmn ust apaboleh wanita haid menyentuhnya???
SoalX da yg blg tu bkn trmasuk mushaf soalX tulisan latinX lbh bnyak dbnding tulisan arabX

JAwab ↠ Quran terjemah mrupakan bentuk quran fisik mskipun ada trjemahnya. Para ulama sbgian membolehkan pegang quran terjemah, sbagian lain tidak mmbolehkan. Saya ambil pndpat kedua krn umumnya dalil

Laa yamassuhuu illal muthohharuun

Tidaklah menyentuh AlQuran kecuali mreka yg suci

5. tadz. Bgaimna kalau saat shalat atau tilawah... qta merasakan seperti badan qta bergetar. Adakalay pernah ngarasain deg2.. smpe brasa menggigil. Apa ada yg Salah DG diri qta tadz

JAwab ↠ Ada 2 kmungkinann ; sbab getaran keimann kedua sbb gangguan ruhiyyah yg prlu di ruqyah

6. Ruhiyyah ITU APA tadz??

Jawab ↠ Ruhiyyah = rohani
Rusmi klo dnger ada orng baca Quran suka tmbul rasa kesal ga?

rusmi↠ Tergantung tad.
Kadang kalau dengeron murottol di rumah lebih keseringan kesel. Kupingy panas. Apalagi denger temen baca. Q suka ngedumel.
Tapi pas dengerin murottol di masjid. Seneng. Bisa nangis g jelas

ustadz↠ Coba rusmi test ya ; pake headset dngarkan surat AlBaqarah tiap malam mnjelang tdur
Slama spekan, mdh2n ada efek positifnya

Ummi Meera↠ Apalg klo dger nya sampai 40hr ya tadh...bkin ruhani tenang..in sha Allah

ustadz↠ Bu mira ; betul bu, apalagi 40 hari non stop


6. Ust banyaknya sekarang manusia berlomba mencari dunianya dengan menggadaikan hidup mereka, contohnya perempuan yang memilih menjadi pelayan seks pria hidung belang? Apakah ini termasuk karena tidak seimbangnya antara akal, jasmani dan rohaninya? Lalu bagaimana cara menyeimbangkan ketiganya dalam hidup sehingga kita meski dalam kesempitan tetap bersyukur?

JAwab ↠ Novi ; fenomena sprti itu krn tidak seimbangnya akal jasmani dan rohani sesorang.

Gizi jasmani dan akal kita smua tahu ya. Tapi rohani ini akan trpupuk kuat dngn keimanan, dan ibadah kita itu adalah bagian dr keimanan pada Allah

7. Aku tadz??? Kadang kesel kalo lagi baca al qur'an maghrib, biasanya sampai masuk waktu isha. Nah mesjid deket, pas masih enakan baca, tiba-tiba mesjid juga memutar murrotal qur'an? Aku kesel karena bacaanku gak kedengeran dan rasanya kayak bacanya lewat gtu aja gak masuk dipendengaran dan hati??? Itu kenapa?

JAwab ↠ Smakin giat bribadah, maka smakin mantap keimannan kita, makin mantap keimanan, maka makin kuat rohani kita.
Ringkasannya adalah, rajin cari ilmu agama dan umum, rajin olahraga dan konsumsi makan bergizi dan menjaga ibadah dan dZikir kita pada Allag
Novi : semangat bribadah saat hidup nyaman akan mewariskan kkuatan mental saat kita mengalami masalah
Novi : belajarlah khusyuk dalam membaca AlQuran, hingga kita mnjadi satusatunya orng yg dngarkan tilawah dr lisan kita

Sesekali baca dan hayati makna alquran dr trjemah dan buku2 tafsir
Hadiri kajian alquran dan tafsirnya

8. Ust bagaimana dengan membaca al Qur'an dengan cepat. Seakan-akan dikejar waktu? Ana sering dapat orang ngaji dengan tergesa-gesa, maksudnya bacanya tuh seperti orang yang berlari kencang?

JAwab ↠ Novi : cara baca alquran ada macam2 ; hadr, tartil, mujawwad

Hadr itu gaya baca cepat tp tidak mrusak tajwid dan hukum bacaannya. Skligus tdk mrusak kekhusyukan. Biasanya digunakan para pnghafal alquran disaat melatih atau setor hafalannya

Tartil ; mmbaca scara prlahan dngn mnberikan hak tajwidnya scara maksimal dan tdk brlebihan dan ini cara trbaik krn mmbantu kita baca dngn khusyuk

9. Apakah susah membuka hati jg salah satu tanda harus di rukyah

 JAwab ↠ Meilalin : ruqyah itu kdng suka slaha prsepsi, ruqyah dikira hanya bgi mrka yg trkena gangguan. Pdahal tdk. Ruqyah bisa untuk pnyakit fisik, ruqyah jg bsa untuk mnyehatkan rohani.

Imam nawawi mngatakan ; ruqyah terampuh adalah mmbiasakan baca alquran, dZikir pagi dan petang serta ruqyah sblm tidur
Kita baca doa sblm tdr paling hanya baca "bismikallahumma ahya wa amuut" kan??

Pdahal tuntunannya ckup ada dan sngt brmanfaat

10. Aq jg tadz, suka kurang istqomah misalnya klo QL, klo udh kecapekan bgt suka lalai tadz...kdg sering merasa lebih dr pada yg lain, misal klo merasa udh cukup tilawahnya, udh lbh rajin sholt fardhunya...bikin qt kayak meghakimi teman qt gt tadz, cara agar tetap rendah hati gmn y tadz

JAwab ↠ Nanda ; jngn prnah merasa cukup dngn ibadah yg kita lakukan. Lihatlah sllu dlm diri kita yg msh pnuh salah dan dosa. Kaidahnya adalah ;

Sebaikbaiknya diri ini, orang lain jauh lebih baik dr saya

Seburukburuknya orang, saya jauh lebih buruk

11. Bolehkah drukyah saat haid

Jawab ↠ Meilalin ; boleh. Ttpi utamanya saat tidak haid

12. Bgmn ya setiap hbs taarufan slalu merasa tertutup

JAwab ↠ Meilalin : kuatkan ruhiyyah dengan perbanyak ibadah, saya pesankan 3 hal (QL, istighfar dan sedekah) sebelum, saat dan sesudah taaruf

13. Klo lagi haid gmn

JAwab ↠ Yg bisa dikerjakan ; sedekah dan perbnyak istighfar dan sholawat

14. Makasih ustad,saya lagi mrasa tertekan bgt krn adik saya diajakin nikah tahub depan

Jawab ↠ Smua urusan kita ada ditangan Allah, jika kita tawakkal maka tdk ada rasa gundah yg menggelayuti

15. Ust bagaimana agar semangat untuk tetap mencari pahala ketika sedang masa haid. Ana kalo lagi haid kadang malas ngapa-ngapain, dengar murrotal malas, tilawah kadang-kadang, pokoknya ngapa-ngapain bawaannya malas?

JAwab ↠ Novi ; Bantu ortu pahala, bantu saudara muslimah pahala, dzikir pahala, baca dzikir pagi petang pahala, krjakan tugas kuliah pahala, bantu ibu renta nyebrang jalan pahala banyak pahala yg ada tp kdng kita lupa
Coba matsurotnya dihafal luar kepala deh, jd bacanya ga msti buka buku dZikir atau gaget

Dihafal yaaa

16. Kondisi rohani yg menurun itu bikin galau..bimbang..gelisah ....

Jawab ↠ Mudah stress, emosi yang tidak stabil, mudah putus asa, sedih dan kondisi psikis negatif lainnya adalah salah satu indikasi lemahnya ruhiyyah kita

17. Lw lagi pms jga sering bgitu ust.gmn ya..

 JAwab↠ Mnrt saya pms itu relatif dr 1 prempuan dngn lainnya ya. Allahu a'lam jika memang kstabilan emosi itu sngt kuat kaitannya dngn kuatnya ruhiyyah kita pada Allah

18. Ustadz kalau kita mengulang ulang perbuatan yg gk baik, , itu termasuk lemah'y ruhyah kita ya . . Gmn cara mengatasinya

JAwab ↠ Bu mala : ya itu salah satu indikasi lemahnya ruhiyah kita. Perbanyak berdzikir dan ingatlah pengetahuan Allah akan perbuatan buruk kita. Dan ingatlah rahmat dan cinta Allah jika kita meninggalkann perbuatan buruk itu

19. U stad.....solat bisa memperkuat rohani kita kan...? Tp masalah nya knpa setelah solat hati dan pikiran kok belum bisa tenang apakah solat didirikan tidak dg keikhlasan.......

Jawab ↠ Bu puji ; sudahkan kita ikhlas saat shalat? Menjaga kekhusyukan shalat kita?

Sudahkah kita mencoba memahami dan mengerti tiap ayat dan doa yg kita ucapkan dalam shalat??

Hal itu yg mengantarkan kita untuk khusyuk dan mencapai buah shalat

20. Ustadz....
Bagaimana menjaga kesetabilan ruhani agar tdk sering lemah?

JAwab ↠ Bu ida ; perbanyak amal shaleh jauhin maksiat

21. Ustadz, saya mau nanya. Kenapa saya merasa solat pas lagi masalah numpuk lebih terasa khusyuk daripada pas lagi gak ada masalah? Kalau lagi gak ada masalah, ya solatnya biasa saja. Berasa kayak sekedar gerakan. Saya jadi ngerasa solat khusyuk saya pas lagi ada masalah doang. Ada penyakit rohani atau hati kah saya ustadz?

JAwab ↠ Bu annisa : ibu sdh brada dlm tahapan baik, khusyuk beribadah saat masalah mendera. Krn disana bnyak orng yang tdk khusyuk saat ibadah mskipun masalah tngh mendera
Yg msti ibu ingat, dan ini adalah stimulasi dr Nabi kita tercinta ;
تعرَّف إلى الله فى الرخاء يعرفك فى الشدة

Kenalilah Allah disaat kita dalam kondisi tenang, maka Allah pun akan mengenali kita saat masalah mendera
Tingkatan trtinggi ubudiyah kita adalah disaat kita mampu menangis krn ayat quran, khusyuk dalam berdoa dan munajat, tp kita bkn dlm kndisi yang sulit
Dan jika kita sdh bisa mrasakan hal itu, dsanalah kemapaman ruhiyyah kita yg dekat dan khusyuk bkn hanya saat sulit

Para wali wali Allah dimuka bumi ini, mereka mendpatkan prtolongan dr Allag krn mreka mndekat kpd Allah disaat hidup mreka tenang, dan Allah pun mengenali mreka saat ksulitan mnimpa mreka

22. ustadz kita tdk faham bhs arab,bs d jelaskan arti
Ubudiyah
Rububiyah
Ubuddunya

JAwab ↠ Ubudiyyah : peribadatan
Rububiyyah : akidah kita yg meyakini bahwa Allah adalah Rabb, pengatur smua urusan kita

23. Tingkatan trtinggi ubudiyah kita adalah disaat kita mampu menangis krn ayat quran, khusyuk dalam berdoa dan munajat, tp kita bkn dlm kndisi yang sulit

Bagaimana mencapai tingkatan ubudiyah seperti itu ustadz?

JAwab ↠ Annisa ; berusaha memaksimalkan dan mnjaga stabilitas ibadah kita. Jagalah ibadah fardhu sebelum yg sunnah. Jngn dibalik


PENUTUP
Doa Kafaratul Majelis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Terbaru