Ketik Materi yang anda cari !!

PREMENSTRUAL SYNDROM (PMS)

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Thursday, December 11, 2014

Kajian Online WA Hamba  اللَّهِ  SWT 
(Grup 1 Ummi)

Hari / Tanggal : Rabu, 10 Desember  2014
Narasumber : dr. Erlangga
Notulen : Ana Trienta

Mengapa wanita mudah marah saat menjelang dan setelah menstruasi?

Premenstrual Syndrom (PMS)
PMS adalah kumpulan dari gangguan emosi, fisik, psikologis, semangat (mood) yang terjadi setelah ovulasi dan biasanya berakhir ketika terjadi menstruasi pada wanita usia reproduksi. Gejala psikologis yang umum adalah gampang marah, depresi, menangis, sangat sensitif, dan perubahan rasa antara sedih dan marah. Sedangkan gejala fisik yang sering terjadi adalah lelah, kembung, nyeri payu dara, jerawat dan gangguan nafsu makan. Kadang gejala-gejala ini tetap berlanjut selama menstruasi.

Bentuk yang lebih parah dari PMS dikenal sebagai gangguan dysphoric premenstrual (PMDD) yang terjadi pada sebagian kecil wanita dan menyebabkan gangguan yang sangat parah sehingga harus beristirahat penuh dari pekerjaannya. Sekitar 80% wanita pernah mengalami PMS. Namun secara klinis PMS dialami oleh 20% - 30% wanita. Sekitar 2% - 6% yang mengalami PMDD.

Hingga saat ini belum ditemukan secara pasti apa penyebab PMS. Sebagian besar peneliti menemukan bukti bahwa PMS merupakan hasil dari perubahan atau interaksi antara kadar hormon seksual dengan senyawa kimia otak yang dikenal sebagai neurotransmitter. Beberapa teori menyebutkan antara lain karena faktor hormonal yakni ketidakseimbangan antara hormon estrogen dan progesteron. Teori lain bilang, karena hormon estrogen yang berlebihan. Para peneliti melaporkan, salah satu kemungkinan yang kini sedang diselidiki adalah adanya perbedaan genetik pada sensitivitas reseptor dan sistem pembawa pesan yang menyampaikan pengeluaran hormon seks dalam sel. Kemungkinan lain, itu berhubungan dengan gangguan perasaan, faktor kejiwaan, masalah sosial, atau fungsi serotonin yang dialami penderita. Sindrom ini biasanya lebih mudah terjadi pada wanita yang lebih peka terhadap perubahan hormonal dalam siklus haid. Akan tetapi ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko terjadinya PMS.

Faktor yang meningkatkan terjadinya PMS

1. Wanita yang pernah melahirkan 
PMS semakin berat setelah melahirkan beberapa anak, terutama bila pernah mengalami kehamilan dengan komplikasi seperti toksima.

2. Status perkimpoian 
Wanita yang sudah menikah lebih banyak mengalami PMS dibandingkan yang belum.

3. Usia 
PMS semakin sering dan mengganggu dengan bertambahnya usia, terutama antara usia 30 - 45 tahun.

4. Stres 
Faktor stres memperberat gangguan PMS.

5. Diet 
Faktor kebiasaan makan seperti tinggi gula, garam, kopi, teh, coklat, minuman bersoda, produk susu, makanan olahan, memperberat gejala PMS.

6. Kekurangan zat-zat gizi seperti kurang vitamin B (terutama B6), vitamin E, vitamin C, magnesium, zat besi, seng, mangan, asam lemak linoleat. Kebiasaan merokok dan minum alkohol juga dapat memperberat gejala PMS.

7. Kegiatan fisik 
Kurang berolahraga dan aktivitas fisik menyebabkan semakin beratnya PMS).

Diagnosis PMS
Diagnosis PMS dibuat dengan membuat catatan menstruasi yang berisi gejala-gejala fisik dan emosi selama berbulan-bulan. Jika perubahan terjadi secara konsisten sekitar ovulasi (pertengahan siklus atau hari ke 7 s/d 10 siklus haid) dan bertahan sampai menstruasi dimulai, maka diagnosis PMS akan akurat. Tidak ada tes laboratorium untuk menentukan apakah seorang wanita terkena PMS. Tes laboratorium hanya digunakan untuk membedakan dengan gejala yang mirip PMS.

Setelah mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan PMS dan apa saja yang dapat meningkatkan gejalanya, maka untuk mencegah PMS sebaiknya para ukhti menghindari hal-hal yang dapat meningkatkan gejala PMS dengan memperbaiki siklus hidup sista, makan makanan yang bergizi, hindari stress; gula, garam, kopi, teh, coklat, minuman bersoda, produk susu, dan makanan olahan saat menjelang menstruasi. Selain itu penting juga menghindari rokok dan alkohol serta membiasakan diri berolah raga.

Semoga Bermanfaat

TANYA JAWAB

Pertanyaan HA 01
1. Apa hubungan daya ingat dan kecerdasan saat haid? Ada orang yang merasakan ketika haid berfikir agak sulit, menghafal pun juga.
Jawab
Rasanya gak ada hubanganya bu. Mungkin jika mood-mood an bisa pengaruh karena sedang datang bulan

2. Assalamualaikum. Bagaimana mengatasi rada mual dan rasa lemes serta rasa kurang semangat di kehamilan trimester 1? afwaan OOT
Jawab
Sebaiknya pada tm 1. Sebisa mungkin dibatasi penggunaan obat-obatan (kecuali benar-benar darurat dan mengancam tubuh) atau apapun yang sifatnya anti mual lebih bàik ibu mengkondisikan diri tidak ada cara lain. Selamat ya Bu

Pertanyaan HA 02 
1. Mau tanya dokter, bagaimana yang sudah tidak menst lagi apa disebut kena PMS karena terus terang emosi susah dan lama diredam dan setiap pagi saya minum kopi susu tapi tidk perokok hanya asep rokok yang keisap karena suami perokok?
Jawab
Usia Ibu berapa? Riwayat KB ada?

Tanggapan
50 tahun, saya dulu pakai spiral dan sudah hampir 7 tahun tidak mens lagi, makasih
Jawab
Dengan usia > 45 tahun maka telah memasuki usia menopause. Emosi dikaitkan dengan kadar hormonal karena kadar estrogen yang rendah. Ya, apa yang ibu alami adalah PMS. Trimakasih

Tanggapan
Apa yang harus saya lakukan karena saya tidak ada olahraga khusus hanya keluar rumah karena bekerja dan makan tidak menentu?  
Jawab
Ooh... jika ibu bisa shaum sahum aja. OR nya akhir pekan aja. Sebisa mungkin suami ibu merokok diluar saja

2. Pa  dokter saya sering hampir setiap haid mengalami PMS dan gejala nya persis semua seperti uraian itu...boleh kah minun jamu atau obat penghilang rasa sakit? Dan haid saya mengalami kemajuan tanggal misalnya bulan kemarin tanggal 7 bulan sekarang tanggal 3. apa itu normal? Hatur nuhun
Jawab
Ibu saya sarankan janganlah jamu-jamuan karena ujungnya kami medis akan kesulitan jika ada efek samping dari jamu yang ibu minum. Penghilang nyeri cukup parasetamol. Karena kerjanya terhadap otot polos (rahim) sangat bagus. Kalo baru sekali ini biarkan saja dulu bu. Mungkin faktor psikologis berpengaruh pada siklus ibu sekarang

3. Assalamualaikum, bagaimana yang haidnya lebih dari 1 bulan? usia antara 40-45 apakah berbahaya?
Jawab
Berbahayanya karena perdarahan terus---> anemia

Pertanyaan HA 03
1. Apakah PMS berlaku juga untuk yang sedang nifas? Karena saya merasa agak sensitif juga selama masa nifas?
Jawab
Selalu setiap wanita yang akan dan setelah nifas akan mengalami naik-turun psikis. Dikaitkan dengan naik-turunnya hormon wanita (progest-estrogen)

2. Hanya mau nanya, apa PMS itu ada kaitannya dengan genetik? Kalo ibu kita begitu, kita juga kemungkinan begitu, ke anak kita juga. Kedua, karena ada kaitannya dengan hormonal bisakah hal itu memicu timbulnya miom atau kista? Maaf kalo pertanyaannya gak ada benang merahnya ya ust. Karena memang saya awam dan kurang mudeng.
Jawab
Bukan hanya genetik bu tapi sudah kodrat. Seperti halnya laki-laki akan terkena prostat. kedua, kista dan miom memang timbul o.k. paparan yang berlebih hormon estrogen.. juga beberapa kanker dan tumor yang lain. Tetap khusnudzan dan bismillah ya bu

Pertanyaan HA 04
1. Memang ya minum kopi sangat berpengaruh sekali terhadap PMS, tapi adakah pengaruhnya juga dengan keluarnya darah haid? Karena ada yang bilang, kalau lagi haid suka cepet berhentinya kalo minum kopi, atau jadi sedikit.
Jawab
Jadi kopi teh coklat mengandung kaffein. Yang berpengaruh terhadap otot polos (rahim) ini mungkin menjelaskan pertanyaan ibu.

Pertanyaan HA 05
1. Katanya kan seiring bertambah usia bisa memperberat gejala PMS. Tapi yang saya rasakan kok setelah usia berkepala 3 Alhamdulillah PMS ga terlalu sakit. Kenapa yaa? Apa karena mengurangi asupan soda? Saya sudah tidak minum soda, mengurangi gula dan teh.
Jawab
Jika ibu masih Usia 3x Ibu belum memasuki Usia PMS yang > 45 tahun. Kurangi jumlah asupan gula dan garam sedini mungkin. Termasuk soda.

2. Bagaimana bedain gejala PMS menjelang haid dengan gejala Menopause? Pernah dengar kalau menjlelang menopause kuantitas darah berkurang namun gejalanya persis haid?
Jawab
Sebaiknya ummi membuat catatan atau grafik seperti yang dijelaskan di dua paragraf akhir

Pertanyaan HA 06
1. Apa betul kalo lagi haid ada beberapa makanan yang dilarang mengkonsumsinya? Terus efeknya apa? Terus kenapa ya sepertinya sekarang ini wanita tuh kok sering kali kena kanker servik, or yang lain-lain, sepertinya zaman dulu gak mewabah seperti sekarang ini. Penyebabnya apa?
Jawab
Jika dilarang mutlak nggak hanya saja hindari saja sebaiknya. Karena pengaruh ke tubuh sudah jelas. Ca servix mrupakan infeksi dari virus hpv strain no. 16-18. Virus ini ditularkan lewat kontak langsung - semoga bisa mengerti maksud saya kontak langsung. Dan gaya hidup dewasa ini sangatlah bebas untuk transmisi virus ini.

Pertanyaan HA 08
1. Saya umur sudah 48 dok, kalau mau mens sudah 2 bulan ini sakit perut kiri bagian bawah sampe pinggang, panas dingin juga 3-5 hari , itu kenapa dok?
Jawab
Ibu saya sarankan periksa langsung ke sp.og kelihatanya dari pejelasan ibu. Yang ditakutkan radang panggul. / PID pelvic inflamatory disease

2. Assalamu'alaykum mau tanya dok adakah pantangan makanan khusus pada waktu haid?
Jawab
 Mengandung MSG / penyedap dan kurangi garam bu

3. Oiya, saya terbiasa minum jamu kunir asem, saya rasakan memang ada perbedaannya saat haid nyeri nya berkurang. Apakah tidak apa? Tidak rutin setiap hari sih, kadang-kadang aja kalau ada penjual jamu lewat 
Jawab
Kunir baik bu bahkan dianjurkan. Zat aktifnya kurkuma

Pertanyaan HA 09
1. Dokter, mau tanya. Apakah banyaknya darah yang keluar saat haid, bisa mempengaruhi kondisi fisik? misalnya badan jadi lemes?
Jawab
Benar. Karena perdarahan tapi tubuh langsung auto regulasi darah kok ibu. (Mekanisme kompensasi)

Pertanyaan HA 10
1. Kalo PMS jerawat saya makin banyak keluar terus pas mens suka sakit banget perutnya. Itu pengaruh ada kista endometriosis kah? Karena saya punya kista. Apa kalo kista saya diambil sakit mens itu bisa ilang dan jerawat saya juga bisa ilang?
Jawab
Nyeri karena kista dapat terjadi. In shaa Allah jika diobati nyeri dapat minimal atau hilang, kalo jerawat tetap ada hehehe

2. Saya dulu pake KB spiral kalo haid sakit dilep. Tapi begitu pake KB suntik gak pernah sakit. Sekarang ganti spiral sakit dilep lagi. Itu kenapa ya?
Jawab
Jika pemasangan IUD baik seharusnya gak ada nyeri seperti ini. Mungkin ada lesi/trauma pada tempat pemasangan... (opini pribadi)

Pertanyaan HA 11
1. Ada kasus ibu yang  melahirkan 2 anak dan setelah kelahiran anak ke-2, langsung tidak dapat menstruasi. Apakah ini karena dipengaruhi hormon juga?
Jawab
Benar. Jika ibu tersebut sedang menyusui. Menyusui merupakan jenis kontrasepsi pula.

Pertanyaan HA 13
1. Assalammu'alaykum dr, saya mau tanya apa yang menyebabkan siklus haid tidak teratur karena gangguan hormon?
Jawab
Riwayat:  KB, psikologis, obat-obatan tertentu, menyusui, dan adanya beberapa  penyakit

2. Assalamualaikum, bagaimana siklus haid kadang begitu lama kadang sampe 10 hari apakah ni normal ataukah ada gangguan pada hormon? syukron atas jawabaňnya
Jawab
Saya pribadi menilai masih wajar. Bukan gangguan. Mungkin lebih ke variasi individu. Wa iyyaki bu

Pertanyaan HA 14
1. Kalo minum produk tertentu untuk mengurangi nyeri PMS baik atau tidak dok? Adakah cara lain yang lebih baik?
Jawab
Jika nyeri kewanitaan. Selama ini yang jadi andalan adalah gol. Parasetamol. Respon cukup bagus..

2. Saya mengalami PMS setiap mau haid, bahkan seringkali seperti mau pingsan, terkadang rasanya seperti kontraksi rahim mau keluar dari vagina, sakit sekali, selalunya saya minum kiranti untuk mengurangi rasa sakit, tapi kata teman sebaiknya jangan dan dianjurkan minum jamu herbal mustika dara, mohon sarannya dok apa yang harus saya lakukan kalau sedang haid?
Jawab
Jika sakitnya bingit. (Bukan promo obat) ibu beli spasmacine atau spasminal 2-3 x sehari. Di apotik dijual bebas...

Pertanyaan HA 15
1. Mau bertanya, ada beberapa ahli medis/kebugaran yang mengatakan mengkonsumsi kopi sangat dianjurkan minimal 1 gelas/hari untuk meningkatkan kinerja, betulkah dok? Maaf satu lagi, minta tolong disebutkan jenis buah-buahan yang mengandung gizi untuk menurunkan PMS, terima kasih.
Jawab
Kopi itu sebenarnya neuroprotektif agent. Jadi dianjurkan. Seingat saya bukan buah-buahan tapi sayuran yang sumbernya kedelai (kecambah, soya, tahu tempe)

2. Kalau penggunaan pembalut herbal seperti ava*l gitu gimana ya dok? Katanya bisa mengobati keputihan dll. Tapi ada yang bilang juga bisa mematikan bakteri baik. Jadi pembalut apa yang lebih aman? Apakah yang biasa semacam lauri*r gitu tidak apa? Atau lebih baik yang herbal? Atau malah baik yang pembalut kain/menspad?
Jawab
Lebih baik yang menspad karena kotor langsung cuci. Sehigga bunda akan rajin menjaga kebersihan

Pertanyaan
1. Saya hampir sama dengan bunda tia dok, pake KB spiral sudah 6th dan klo haid sakit sekali sebelum haid sakit semua badan sampe tulang-tulang tapi kalo sudah selesai haid sakitnya hilang dok..ini termasuk PMS juga ya dok?
Jawab
Ibu usia berapa? Jika sakit semua badannya ada obat yang saya anjurkan dolo-neurobion 1-2x1 (kandungannya parasetamol + b.compleks)

2. Dok, saya ada kista sebesar telos ayam di dekat saluran indung telur sebelah kanan, kista d ambil tapi karna takut infeksi saluran indung telur yang dipotong, sekarang kalo beraktifitas berat suka nyeri gitu, apakah itu pengaruh dari saya operasi itu? Terus, kalo memastikan ato mengecek KB steril (MOW) gimana ya dok?harus periksa berkala kah?
Jawab
Bisa jadi bu. Bekas operasi akan agak lama nyerinya. Memeriksa MOW apakah berhasil atau tidak cukup ppt tes bu: tes kehamilan yang dijual bebas itu.. yang pasti coba USG untuk salurannya

Baik sudah selesai dokter
Alhamdulillahh
Jazakallah khairan pak dokter atas waktu dan ilmunya

Allahuma bariiklaha
Bismillah

الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

"(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka." (Ali Imron 191)

Agar dicukupkan..
Kebenaran datangnya dari Allah, dan janganlah kita menjadi orang yang ragu.
mohon maaf jika ada kekurangan

PENUTUP
Doa Kafaratul Majelis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaaha illa anta astaghfiruka wa'atubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
(HR. Tirmidzi, Shahih)
wassalamualaykum warahmatullahi wabarakatuh

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment