Ketik Materi yang anda cari !!

Home » , » RADANG GUSI / GINGIVITIS

RADANG GUSI / GINGIVITIS

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, December 3, 2014

Kajian Online Hamba الله SWT

Selasa, 2 Desember 2014
Narasumber : dr. Eka M.
Rekapan Grup Nanda 121-122 (Gema/Maeitoh)
Tema : Kesehatan
Editor : Rini Ismayanti

RADANG GUSI / GINGIVITIS

Radang gusi atau dalam dunia kedokteran disebut gingivitis merupakan salah satu bentuk awal dari terjadinya kerusakan pada jaringan pendukung gigi.
Radang gusi disebabkan oleh adanya plak yang menumpuk di gigi. Dan plak ini berisi bakteri-bakteri yang dapat merusak gigi. Radang gusi juga bisa disebabkan karena kesalahan dalam menggosok gigi.
Pada beberapa penelitian menunjukkan adanya kaitan erat antara bertumpuknya bakteri di rongga mulut dengan penyakit berat lain, seperti diabetes, serangan jantung, infeksi darah, hingga soal bayi dengan berat tidak memadai. Radang gusi diakui menjadi faktor utama kasus gigi tanggal dan kerusakan jaringan penyangga gigi. Semakin lama plak dan bakteri-bakteri yang bersemayam di gigi itu akan menyebabkan radang gusi yang sering disebut dengan gingivitis.
Gejala awal radang gusi ditandai dengan adanya gusi yang membesar (membengkak), warna gusi kemerahan serta mengkilap. Gusi juga mudah berdarah dan kadang terasa sakit atau nyeri.
Untuk mencegah dan mengatasinya, dianjurkan untuk melakukan hal-hal sbb:
1. Rutin membersihkan karang gigi, minimal 6 bulan sekali. Karang gigi yang bertumpuk merupakan sarang berjuta bakteri penyebab radang.
2. Segera menambal gigi berlubang karena lubang tersebut berpotensi menjadi tempat berkembang biak bakteri penyebab infeksi di gusi.
3. Bila mengonsumsi antibiotik untuk mengatasi radang gusi, sebaiknya harus dihabiskan sesuai petunjuk dokter. Bila tidak, bakteri penyebab infeksi justru akan makin kebal.

TANYA JAWAB
Q : Bunda, pemutihan gigi dengan batu bata ditumbuk. Lalu di oleskan ke gigi. Apa aman bunda?
A : Wah kalau dengan batu bata saya baru tau sekarang mba, yang slama ini saya ketahui pemutihan gigi dengan cara alami itu adalah dengan buah stroberi yang dihaluskn dan dioleskn ke gigi

Q : Wah.. pas banget ni dok.. aku juga lagi radang gusi dok. Tadi pagi gusi geraham sbelah kiri bengkak sejak kmren, awalnya sebesar biji kacang ijo sekarang udah sbesar biji jagung dan sedikit nyeri karena giginya berlobang. Trus bengkaknya pecah kyaknya ada pus gitu dok, dan nyerinya juga berkurang. Sebaiknya gimana dok? apa perlu minum antibiotik? atau perlu konsul gigi..? trimaksih dok
A : Sebaiknya diperiksakn ke dokter  gigi mba..agar bisa ditangani sesuai dengan kondisi giginya. Gusi yang bengkak  adalah reaksi dari infeksi gigi yang berlubang jadi sebaiknya gigi tersebut dirawat....

Q : Saya mau tanya. Sudah beberapa hari di gigi bagian graham atas ibu saya ada yang bolong dan keselip biji buah delima, dan belum keluar sampai sekarang, berbahaya kah dok bila tidak dikeluarkan? cara mengeluarkannya bagaimana ya dok? sudah disikat gigi tapi gak keluar terimakasih dok
A : Wa'alaikumsalam mba. Coba ibunya diajak ke dokter gigi mba biar bisa dikeluarkn biji delimanya. Biasanya yang seperti ini terselip di sela-sela gigi dan masuk ke gusi sehingga sulit untuk dikeluarkn sendiri. Kalau masih terselip dikhawatirkn lama kelamaan akan membusuk.

Kita akhiri kajian hari ini dengan lafadz Hamdallah dan do'a kifaratul majelis.
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asayahadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika.
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
-Mu.”


Wassalamu'alaykum warahmatullah..

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment