Ketik Materi yang anda cari !!

Home » , , » Tafsir ayat 1 & 2 surah Al Fatihah

Tafsir ayat 1 & 2 surah Al Fatihah

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Thursday, December 4, 2014

Rekapan Kajian Online Hamba Allah SWT

Hari/ Tanggal : Rabu/ 03 desember 2014
Narasumber : Usatad. Novri Perwisa
Materi : Tafsir ayat 1&2 surah Al Fatihah
Grup : 103&104
Notulen :
1. 103: elgi
2. 104: venty
Editor : Ira Wahyudiyanti

Assalamualaikumww..
Pa kabar semua...Rame ya..

Dah pada siap blom...

Hari ini kita sharing sedikit aja tentang surah alfatihah ayat 1 dan 2 ya...

Dah pada hafal kan?

sudahhh tadzz... insya allah

Tafsir bismillah
Oleh. Nofri Perwisa
بسم الله الرحمن الرحيم
الحمدلله والصلاة والسلام على رسول الله و على اله و صحبه و من اتبع الهدى، و بعد

Keif halukunn?
Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat wal afiat, terberkati dalam setiap aktifitas kita, dan selalu berada dalam naungan rahmat dan taufiq-Nya disetiap langkah yang kita pilih, aamien..

Insyaallah hari ini kita akan sedikit membahas tentang tafsir ayat perta,a dari surah al fatihah yaitu

بسم الله الرحمن الرحيم

Ada yang belum hafal ayat ini???
Insyaallah semua sudah hafal ya..

Thoyyib kita mulai ya..

Huruf ب dalam بسم berarti dengan, berfungsi sebagai pengikat dan perekat dengan suatu aktifitas yang tidak disebutkan secara langsung.

Sedangkan ismi berarti tanda penunjuk akan sesuatu atau nama, dan ia juga bisa berarti tinggi atau mulia..

Kata الله adalah nama bagi Dzat yang ada dengan sendirinya, Tuhan yang sebenarnya, yang berhak diibadahi, yang memiliki segala kesempurnaan, sedangkan kalau ada orang yang mengambil Tuhan selain Allah, maka dapat dipastikan bahwa tuhan-tuhan itu adalah palsu dan abal-abal.

Kata الرحمن berarti Yang memiliki rahmat atau kasih sayang yang Maha luas dan tiada terbatas.

Kata الرحيم berarti yang mencurahkan kasih sayang kepada hamba-hamba yang Ia kehendaki.

Jadi kalimat بسم الله الرحمن الرحيم secara singkat dapat diartikan, dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.

Kemudian pertanyaannya, mengapa al qur'an dimulai dengan
 بسم الله الرحمن الرحيم ؟

Kenapa al Qur'an dimulai dengan bismillah ?

1. Ini adalah pernyataan resmi dari Allah ta'ala bahwa Al Qur'an ini bukanlah kata-kata Muhammad saw.
Ini adalah jawaban Allah kepada orang-orang yang menuduh bahwa Al Qur'an adalah karangan Muhammad saw saja.
Sehingga ketika Rosulullah saw membacakan bismillah ini, seakan-akan Beliau berkata bahwa surah ini saya baca dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, bukan dengan menyebut nama saya. Karena sungguh, Al Qur'an ini wahyu Allah, bukan karangan Muhammad saw, dan Muhammad saw hanyalah hamba-Nya yang mendapatkan perintah untuk menyampaikan Al Qur'an ini kepada seluruh manusia.

2. Allah ingin mengajarkan kepada kita agar kita memulai segala kebaikan dengan menyebut nama-Nya, sehingga kebaikan yang kita lakukan menjadi sempurna. Sehingga ketika kita melakukan kebaikan-kebaikan tersebut kita tetap berpegang teguh dengan norma-norma agama.

Rosulullah saw bersabda:
كل امر ذي بال لم يبدا فيه ببسم الله الرحمن الرحيم اقطع
Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan bismillahorrohmanirrohiem adalah cacat (tidak sempurna).

3. Ketika kita memulai segala pekerjaan baik dan mubah kita dengan bismillah, kita telah menjadikannya amalan ukhrowi, hal ini juga menunjukkan kemurnian tauhid kita kepada Allah, sehingga ketika kita membaca bismillah sebelum makan, itu artinya kita telah menyatakan bahwa 'ya Allah aku tidak makan dengan menyebut nama siapapun kecuali nama-Mu, karena hanya dari-Mu lah segala keberkahan, dan hanya dari-Mu lah segala pertolongan..
De el el.

Tafsir alfatihah ayat 2
 الحمد لله رب العالمين

Kalimat alhamdulillah termasuk kalimat yang paling sering diucapkan oleh seorang muslim, dlam sholat saja minimal 17 kali dibaca sehari semalam, itu yg fardhu saja, jadi dalam setahun saja 17x365= 6205x.. yg sudah sholat rutin selama 10 tahun berarti minimal sdh membaca alhamdulillah sebanyak 62.050x, ini belum termasuk dzikir alhamdulillah setelah sholat maupun bacaan alhamdulillah dlm sholat-sholat sunnah yg kita lakukan..

Oleh karena itu akan sangat rugi sekali jika bacaan yg sdh ratusan ribu bahkan jutaan kali kita ucapkan ini tidak kita dalami dan fahami maknanya dengan baik...
- alhamd berarti pujian sedangkan lillah berarti milik Allah, jadi segala pujian hanyalah milik Allah swt, hal ini karena tidak satupun nikmat yang telah dan sedang kita nikmati saat ini kecuali ia berasal dari Allah, maka tak ada yg layak dipuji selain Dia.

-Robb berarti pemilik, pengelola, pendidik,pemelihara, pengatur, dan sering juga diartikan sebagai TUHAN,..

-al 'alamiin merupakan jama' dari kata 'alam, yang berarti seluruh alam, baik itu alam manusia,tumbuhan, binatang, planet-planet, jin, dll..

-jadi kalimat الحمد لله رب العالمين berarti segala puji hanyalah milik Allah swt Tuhan seluruh alam.. Hal ini pulalah yg membuat banyak para ilmuwan yang mendalami dan mempelajari tentang tentang alam,baik alam tumbuh-tumbuhan, binatang, proses kelahiran manusia, perjalanan planet dan bintang-bintang, menemukan TUHAN...

-segala puji hanyalah milik Allah swt, oleh karena itu tak ada makhluk yg layak mendapatkan pujian ini, sehingga jia ada yg memuji kecantikan anda, kesholehan anak-anak kita, baiknya prestasi dalam pekerjaan kita, hendaklah kita kembalikan segala pujian itu kepada Allah swt dengan mengucapkan alhamdulillahirobbil'alamiin..

- melalui kalimat alhamdulillah yg selalu kta baca berulang ulang ini juga Rosulullah shollahu 'alaihi wasaallam mengajarkan kepada kita untuk selalu bersyukur dalam setiap keadaan, baik senang maupun susah, nikmat ataupun musibah...

- jika ada yg bertanya kepada anda, apa kabar, maka jwaban yg diajarkan oleh Rosulullah shollallah 'alaihi wa sallam kepada kita adalah 'alhamdulillahirobbil'alamin' jika kita dalam keadaan baik, dan 'alhamdulillah 'ala kulli haal' jika kita dalam keadaan kurang baik...

-yakinlah bahwa setiap kejadian yg menimpa kita adalah baik dan akan mendatangkan kebaikan bagi kita, karena nikmat yg Allah berikan harus melahirkan syukur, dan ujian yg Allah timpakan sepantasnya menumbuhkan sabar, dan keduanya adalah baik yg harus kita syukuri dengan mengucap hamdalah..

- dalam hadits yg diriwayatkan oleh Imam at Tirmdzi Rosulullah shollalhu 'alaihi wasallam bersabda, ; apabila meninggal seorang anak dari seorang hamba maka Allah subhanahu wata'ala berfirman kepada malikat-Nya : apakah kalian telah mencabut nyawa dari anak hamba-Ku? Malaikat berkata : ya, Allah berfirman : apakah kalian telah mencabut nyawa orang yg paling ia sayangi? Malaikat menjawab : ya. Allah berfirman : lalu apa yang hambaku ucapkan ? Malaikat menjawab: ia memujimu dengan ( alhamdulillah) dan mengucapan innaa lillah wa inna ilaihi rojiun.. Maka Allah berfirman kepada malaikat : buatkan untuk hamba-Ku ini rumah disurga, dan namakan rumah itu dgn bait alhamd ( rumah pujian)..

Maaf andai terlalu singkat, mdah2an bermanfaat..

Wallahu a'lam bish showab..

Silahkan dicemilin dl ya materinya..


REKAPAN PERTANYAAN GRUP 103

Tanya: Ustadzah boleh bertanya?

 Mengenai tafsir al fatihah, pernah dengar jk qt membaca per ayatnya, maka akan ada malaikat yg menjawabnya. itu seperti apa ya ustadzah?

Jawab: Iya hadits tersebut diatas diriwayatkan oleh Imam Muslim, Abu Daud, Tirmidzi, Ahmad, dkk, rohimahumullah..

Tanya: Jawaban malaikat di setiap ayatnya apa ustadz?

Jawab: Dalam hadits tersebut Allah menyatakan bahwa Allah membagi sholat antara diri-Nya dan hamba-Nya menjadi 2 bagian..

Ketika hamba membaca alhamdulillahirobbil'aalamiin maka Allah menjawab : hambaku telah Memuji-Ku

Ketika hamba membaca arrohmanirrohiim, Allah menjawab : hamba-Ku telah memuja-Ku
[15:10 03/12/2014] Ustz novri: Ketika hamba membaca maalikiyaumiddien, Allah berkata : hamba-Ku telah memuliakan-Ku

 Ketika hamba membaca iyyaaka.... Allah berkata : ini antara Aku dan Hamba-Ku

Dan hamba-Ku akan mendapatkan apa yang ia pinta

 Ketika hamba berkata : Ihdina.... Allah menjawab, ini untuk hamba-Ku, dan untuknya apa yang ia pinta...

Jadi yang berdialog langsung dengan kita ketika kita membaca alfatihah dlm sholat adalah Allah, bukan malaikat..

Tanya: Ustadz, ujian itu kan tanda Allah pgn naikin derajat hambaNya ya?

 Kl iya, Brarti yg dikasih ujian "beruntung" dong..

Oya ustadz, sejak kapan Rasulullah mengawali baca surat dg "bismillah"? Apa ada perintah dr Allah?

Jawab: Iya ujian memang untuk kenaikan tingkat, memulai bacaan dengan bismillah sudah yersirat langsung dalam ayat pertama yang Allah turunkan, iqro' bismirobbikalladzi kholaq, bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan..

Tanya: Ustadz saat mulut kita mengucapkan Alhamdulillaahi Robbil'Ala-min namun hati kita masih belum ikhlas kalau istilah orang jawa bilang itu nggersulo apakah itu artinya apa yg kita ucapkan blm sempurna di hadapan Allaah karena antara mulut pikiran dan hati kita tidak sama ..

Tanya: Kiat" untk mnyeimbangkan antara hati, lisan,pkiran & prbuatan... biar ainkron semuanya ustdzh....
Afwan agak out of
topic

Jawab: mensinkronkan hati, lisan, pikiran dan perbuatan adalah usaha yang harus dilakukan terus-menerus layaknya bernafas.. Kalaupun terkadang kita mampu mengucapkan alhamdulillah tapi hati masih blum ridho menerima ketetapannya tdk apa-apa, karena ucapan alhamdulillah di lisan kita merupakan salah satu bentuk usaha kita untuk memperbaiki amalan hati kita, karena orang bijak bilak, kamu sesuai dengan yang kamu ucapkan..

Tanya:Ustadz ada pesan sebuah hadist yg artinya yg dialami orang mukmin itu menakjubkan semuanya menjadi kebaikan misalnya jika dia mendapatkan kebaikan lalu bersyukur maka itu baik baginya dan jika dia mendapatkan keburukan lalu bersabar maka itu juga baik baginya..itu artinya kita harus tetap memuji Allaah dlm segala situasi dan kondisi yaa ustadz mengapa kita hrs tetap memuji Allaah mskipun kita sdang mengalami keburukan ??

Jawab: Jadikan semuanya karena Allah
Bergaullah dengan orang-orang sholeh
Jangan pernah berhenti belajar dan memperbaiki diri..

Ya.. Kita harus selalu memuji Allah dalam setiap keadaan. Baik susah maupun senang, kalaupun kita mengalami keburukan maka sesungguhnya keburukan itu mendatangkan kebaikan bagi kita ketika kita menghadapinya dengan bijak. Bahkan walaupun keburukan itu hanyalah seperti tertusuk duri kecil saja kalau kita hadapi dengan sabar dan syukur maka ia akan menjadi penghapus dosa-dosa kita..

Maka yakinlah bahwa dlam setiap kesusahan yang kita hadapi terdapat banyak kebaikan yang telah Allah siapkan untyuk kita, jika kita menghadapinya dgn sikap yang benar..


REKAPAN PERTANYAAN GRUP 104

tanya: ustd mw tanya dlm majlis sya sblm membaca doa khotmil Qur'an sllu memulai surah Al fatehah dlu.. ustadzahny sllu menjelaskn ktika membaca ayat ke 5 dsruh mengulangi 7kli dan dlm hati mengucapkn artiny kta beliu doany akan cpat trkbul dan 70.malaikat jg ikut mengamini... apkh itu bnar ustd?

jawab: Mbak nduk, afwan ana belum pernah membaca riwayat seperti itu sebelum membaca doa khotmil qur'an apalagi sampai diulang 7 pas ayat 5 nya dengan niat agar doa mustajab... Mugkin bisa langsung tanya ke ustadzah yng ngisi majlisnya aja, cara itu nemunya dmn...

tanya: ustad

temen saya agamanya non muslim.. tpi dia senang skali mendengarkan shalawat2 nabi2.. dan ketika dia merasa senang dia slalu mengucapkan alhamdulillah...

yg ingin sya tanyakan bagamana hukumnya ketika seorang non muslim mengucapkan alhamdulillah... dan innalillahi wa innailahi rojiun..?

jawab: Tidak ada larangan non muslim mengucapkan alhamdulillah, in sya Allah, dll.. Tapi ucapannya tidak dihitung dzikir yang berpahala..

tanya: Kalau salam gimana pak ustadz ?

Jika non muslim ucap salam, bgaimana jawabnya ?

jawab: Boleh dijawab dengan assalaamu 'ala manittaba'al huda..

 Itu adalah salam yang diucapkan Rosulullah shollahualaihi wasallam ketika mengirim surat ke raja-raja non muslim..

tanya: bgmana kiatnya agar pada waktu sholat kita khusu' dalam membaca alfatiha.. dan agar makna dari alfatiha itu bisa sepenuhnya kita rasakan... biasanya ketika sholat kadang tdk khusu'.. pikiran kemana2.. sehingga bacaan dan jumlah rakaat pun kadang terlupakan...
syukron ustadz

Jawab : Untuk sholat khusyu' biasakan berjamaah terlebih dahulu..
Kemudian pahami betul makna yang Berikut dengan makna yang diatas....
 Sebelum sholat mohonlah perlindungan kepada Allah dr syetan...
Dan teruslah berkumpul dengan orang-orang yang shjoleh..

Tanya: Kalo bacaan sholatnya dibaca lirih boleh tak ustadz ?
Jd mulut membaca bacaan tp tidak bersuara
Biasanya saya bgtu biar saat sholat pikiran tidak kemana mana

 Istilah kerennya, mulut komat kamit baca bacaan sholat
Hehe

Jawab: Boleh..

Tanya: ustadz.. aasif mau bertanya..

Saya minta tips supaya tertarik dan mudah belajar tafsir. Karena saya baca buku tafsir bbrp lembar saja sdh lieur..
Atau mgkn ada referensi buku yg enak utk dipelajari oleh saya yg pemula ini..
Jazakallah..

Tanya: Ustadz
Bagaimana cara seorang muslim mewujudkan rasa syukurnya atas smua nikmat yg diberikan Allah SWT? Apakah ckp dg ucapan hamdallah sj??
Bagaimana dg sujud syukur ustadz? Kpn sj kita melaksanakannya & apa ja bacaannya?
Mgp seorang hamba hrs bs bersabar ktk ditimpa musibah & bersyukur ktka m'dapat nikmat dariNya...?

Jazakallah ustadz

Jawab: Bersyukurlah dengan hati, lisan dan perbuatan.. Dengan hati berupa ridho dengan segala keputisan Allah, lisan dengan hamdalah, perbuatan denga sujud syukur dan berbagi dijalan Allah....

 Sujud sykur boleh kpn aja, dan bacaannya sama demngan bacaan sujud dikala sholat..

Karena syukur dan sabar tersebut akan menjadi washilah yang menggugurkan dosanya serta mengangkat derajatnya disisi Allah.

Kajiannya kita cukupkan dl ya...

Syukron atas partisipasinya.. Maaf andai ada yang kurang pantas..

PENUTUP :

Doa Kafaratul Majelis :

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”. ​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Assalamu alaikum wr. wb..

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment