Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

SERAT MAKANAN


Kajian Online WA & BBM Hamba اَللّه Ta'ala 
Hari,Tanggal: Rabu, 31 Desember 2014
Narasumber: Dr. Tri Setyorini
Editor: Wanda Vexia H
Materi: Serat Makanan
Admin M106 Nanda: Wanda Vexia & Nadiya Nawaf
Notulen: Meydilah Cahyawati & Ana Trienta

Assalamu alaikum..

Makanan berserat adalah makanan yang mengandung serat di mana tubuh tidak dapat mencerna atau menyerapnya. Karena tidak dapat dicerna oleh bagian pencernaan dalam tubuh, serat makanan ini tidak akan menghasilkan energi atau kalori bagi tubuh.

Walaupun serat makanan tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan, tetapi bakteri flora saluran pencernaan terutama dalam kolon, dapat merombak zat non gizi tersebut. Serat makanan merupakan polisakarida nonpati.

Serat makanan tidak dapat diserap dalam usus halus dan tidak dapat masuk dalam sirkulasi darah, serat ini akan dibawa oleh usus halus masuk ke dalam usus besar dengan gerakan peristaltik usus.

Serat makanan:
1. Serat Larut (Soluble Fiber) adalah serat pangan yang larut dalam air. Di dalam lambung, serat larut mennyerap air dan membentuk gel, yang membantu memperlambat proses pencernaan. Serat larut memperlambat pengosongan perut sehingga anda merasa kenyang lebih lama dan tidak ingin segera makan lagi. Hal ini akan membantu anda mengendalikan berat badan.

Pengosongan lambung yang lambat juga membantu pengendalian kadar glukosa darah sehingga mengurangi resiko diabetes. Serat larut juga dapat mengurangi penyerapan kolesterol dari sistem pencernaan sehingga dapat mengurangi kolesterol darah dan mengurangi resiko penyakit jantung.

Makanan yang banyak mengandung serat larut adalah yang kaya akan serat larut antara lain berupa bulir-buliran, kacang-kacangan, biji-bijian, umbi-umbian, buah- buahan, dan sayuran.

Beberapa makanan yang banyak mengadung serat larut antara lain: beras, gandum, sereal gandum, havermut, oat, ubi jalar, kentang, bawang, apel, kacang merah, pisang, kacang polong, kedelai, brokoli, wortel, jeruk, strawberi, apricot, bit, pir, biji wijen, timun, seledri, dsb.

2. Serat Tak Larut (Insoluble Fiber) adalah serat pangan yang tidak larut dalam air. Serat pangan ini tidak larut dalam air, oleh karena itu serat tak larut melewati saluran pencernaan dengan relatif utuh dan mempercepat perjalanan makanan melalui usus.

Serat tidak larut sangat berguna untuk melancarkan buang air besar sehingga mengurangi resiko sembelit dan diare. Serat tak larut juga membantu menghilangkan racun dari usus besar dan membantu mempertahankan pH (tingkat keasaman) usus, sehingga mengurangi resiko kanker usus.

Makanan yang banyak mengandung serat tak larut yaitu kaya akan serat tak larut antara lain berupa kacang-kacangan, sayuran daun hijau tua, umbi-umbian dengan kulitnya, dan buah-buahan dengan kulitnya.

Beberapa makanan yang banyak mengandung serat tak larut antara lain: gandum utuh, jagung, bekatul, beras, brokoli, kubis, bawang, tomat, wortel, mentimun, seledri, anggur, kakao, kacang tanah, kacang kedelai, almond, dsb.

Beberapa manfaat serat untuk kesehatan adalah Serat yang dapat larut sangat baik untuk pencernaan terutama usus membuat usus lebih sehat dan mencegah sembelit ataupun diare. Menurut studi yang pernah dilakukan serat terbukti dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker usus besar.

Mencegah gangguan penyakit divertikular yaitu gangguan peradangan pada usus yang menyebabkan lekukan-lekukan pada usus akibat konstipasi kronik dan akan sangat berbahaya jika terjadi infeksi.

Membantu menurunkan berat badan sehingga sangat cocok untuk anda yang sedang menjalankan diet sehingga dapat membuat tubuh anda mencapai berat badan ideal, karena dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat maka merasa kenyang lebih lama.

Serat dapat membantu menurunkan resiko seseorang terkena diabetes karena serat dapat mengatur asupan gula dalam tubuh sehingga sangat baik bagi penderita diabetes.

Serat sangat baik untuk menurunkan kolesterol maka dengan rendahnya kadar kolesterol dapat membantu menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

Seseorang yang kekurangan serat akan beresiko terkena gangguan seperti gangguan pencernaan atau konstipasi, kanker usus, wasir, kegemukan, penyakit jantung koroner dan stroke, seberapa banyak serat yang harus dimakan setiap hari?

Rekomendasi asupan serat untuk perempuan adalah 25 gram per hari 38 gram per hari bagi laki-laki. Sayangnya, rata-rata asupan makanan kita sehari-hari hanya mencakup yang direkomendasikan. Untuk mengatasi hal tersebut, dapat menambahkan jenis makanan tertentu yang tinggi serat ke dalam pola makan sehari-hari.

Makanan di bawah ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan dapat meningkatkan asupan serat harian : 

1. Jagung : Satu buah jagung atau sekitar setengah mangkok butir mengandung kurang lebih dua gram serat.

2. Kacang hitam : Kandungan serat kacang hitam adalah 15 gram per mangkuk. Selain itu, kacang hitam juga merupakan sumber protein nabati.

3. Alpukat : Dua sendok makan alpukat mengandung kurang lebih 2 gram serat, sedangkan mengandung sekitar 10 gram serat.

4. Nasi Merah : Kandungan serat dalam setiap mangkok nasi merah sekitar 3.5 gram. Tidak semua orang terbiasa dengan tekstur dan rasa nasi merah, tetapi usaha membiasakan diri dengan nasi ini sangat setimpal dengan manfaat yang didapat. Selain tinggi serat, nasi merah dapat menurunkan sebanyak 11% menurut sebuah penelitian di Harvard.

5. Roti Gandum : Kandungan serat pada roti gandum jauh lebih banyak dari roti putih. Jumlah kandungan serat pada roti gandum sangat tergantung pada merk roti yang dimakan. Rata- rata 1 potong roti gandum ukuran sedang mengandung serat sebanyak 2,2 gram.

6. Edamame : Umum ditemukan di makanan Jepang, kacang edamame ini mengandung banyak serat dan protein. ½ mangkok edamame mengandung sekitar 11 gram protein dan 9 gram serat.

7. Buah Pir : Sama seperti buah lain yang kulitnya dapat dimakan, pir paling bernutrisi dan tinggi serat ketika dimakan bersama kulitnya. Sebuah pir ukuran sedang mengandung sekitar 5.5 gram serat.

8. Brokoli : Sayuran hijau ini mengandung bermanfaat dan . Selain mengandung kalsium, semangkok brokoli rebus mengandung kurang lebih 5.1 gram serat.

9. Apel : Perlu diingat saat memakan apel, sebaiknya kulitnya pun dimakan karena disinilah letak kandungan serat yang tinggi. Sebuah apel ukuran sedang mengandung sekitar 4.4 gram serat.

10. Almond : Kacang almond memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Tetapi seiring dengan tingginya konsumsi, asupan kalori yang dikonsumsi pun menjadi tinggi. Jadi, konsumsilah dalam batas kewajaran. Segenggam kacang almond atau ¼ mangkok merupakan ukuran yang cukup seimbang, dengan kandungan serat sekitar 3 gram dan jumlah kalori 170 cal.

TANYA-JAWAB:

1. Bunda, kanker usus itu seperti apa?

Jawab: Kanker adalah sebuah penyakit yang ditandai dengan pembagian sel yang tidak teratur dan kemampuan sel-sel ini untuk menyerang jaringan biologis lainnya, baik dengan pertumbuhan langsung di jaringan yang bersebelahan (invasi) atau dengan migrasi sel ke tempat yang jauh (metastase) kanker usus berarti letak kanker nya di usus tersering di usus besar.


2. Assalamu'alaikum bun.. Saya punya temen yang punya kebiasaan makan beras mentah. Bagaimana cara menghilangkan kecanduannya itu ?

Jawab: Untuk menghilangkan kebiasaan makan beras mentah, yang pertama harus niat dari diri sendiri, dengan mengetahui efek dr makan beras mentah bisa dijadikan motivasi. (bisa menyebabkan diare dan gangguan pencernaan) mengurangi porsi nya secara bertahap dan mengalihkan perhatian saat ada keinginan makan tersebut atau mengganti dengan yang lebih bermanfaat.


3. Makanan berserat banyak bisa mengurangi BB kan?  Tapi saya doyan makan sayur buah kok tetep gendut ya dok?

Jawab: Banyak faktor yang bisa menyebakan BB tidak turun (tetep gendut). Beberapa hal yang mempengaruhinya :

Pola Makan yang Tidak Sehat
Penyebab tubuh cepat gemuk adalah karena asupan makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh. Makanan yang berlebihan terutama karbohidrat dan lemak tanpa variasi sayuran dan buah-buahan akan mengakibatkan penimbunan kalori yang terlalu banyak di tubuh yang tidak terubah menjadi energi. Akibatnya tubuh menjadi gemuk.

Sebaiknya pahami dulu berapa kalori yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Kebutuhan kalori setiap orang berbeda- beda. Oleh karena itu berkonsultasi dengan ahli gizi cukup membantu untuk mengetahui kebutuhan kalori tubuh.

Makan makanan yang tidak sehat seperti junk food dan alcohol adalah penyebab tubuh cepat gemuk yang sering tidak disadari. Junk food dan alcohol sudah terbukti klinis tidak sehat jika dikonsumsi berlebihan dan dalam tempo yang lama. Akibatnya perut menjadi gemuk dan buncit serta beresiko penyakit jangka panjang seperti kanker dan diabetes.

Pola hidup yang tidak sehat seperti kurang berolahraga menjadi salah satu penyebab tubuh cepat gemuk. Kurangnya aktivitas dan olahraga membuat kalori tidak dibuang dalam tubuh melainkan disimpan sebagai cadangan energi dalam bentuk lemak.

Lemak yang berlebihan inilah yang menyebabkan perut buncit dan kegemukan. Terlalu banyak bekerja di kantor tanpa diimbangi aktivitas lain juga menjadi salah satu sebab tubuh gemuk.

Kebiasaan – kebiasaan buruk yang tidak sehat dapat menjadi penyebab tubuh cepat gemuk. Kebiasaan seperti mengemil di malam hari, tidur setelah makan, hingga duduk terlalu lama berpotensi tinggi menyebabkan tubuh cepat gemuk.


4. Bunda, bagaimana dengan produk-produk minuman yang menawarkan serat tinggi (ex:ve**ta), apakah baik jika dikonsumsi setiap hari bund? Dengan tujuan untuk menambah asupan serat ke tubuh kita. Terima kasih bunda

Jawab: Minuman berserat boleh dikonsumsi, perhatikan aturan pakai. Tetapi sumber-sumber serat alami terbaik tetap berasal dari real foods, yaitu buah-buahan berserat tinggi, sayur-sayuran hijau, dan berbagai makanan yang berbasis gandum dan biji-bijian utuh. Makanan/minuman tambahan baik untuk kesehatan selama digunakan secara bijak dan terbatas, tetapi nutrisi dari real foods tetap di atas semuanya.

5. Bunda, saya udah makan banyak tapi badan kok gak pernah bisa gemuk ya? Dan bagaimana solusinya? Terimakasih

Jawab: Beberapa faktor yang menyebabkan tubuh tidak bisa gemuk meski makan banyak faktor genetika faktor psikologis, misalnya sedang dalam kondisi lelah atau stres tinggi faktor kesehatan tubuh seseorang. Orang yang memiliki penyakit kronik dan infeksi, setiap kalori yang diasupnya tidak akan menjadikan otot, melainkan akan dialihkan untuk memberi energi bagi sistem imun guna melawan penyakit tersebut.

Gangguan fisiologis yang membuat metabolisme terjadi terlalu cepat, produksi enzim pencernaan, dan rendahnya kemampuan usus untuk menyerap sari makanan juga dapat berperan membuat tubuh seseorang tetap kurus walaupun sudah makan dengan jumlah banyak.

Solusinya adalah:
Makan teratur 3 kali sehari. Biasakan sarapan, makan siang tepat waktu, dan makan malam Menambah porsi makan. Perhatikan asupan dan nilai gizi makanan. Kebutuhan kalori rata-rata setiap hari seorang pria 2200 kalori, sedangkan wanita 1900 kalori.

Untuk menggemukkan badan sebanyak 1/2 kilo setiap minggunya, diperlukan tambahan 1000 kalori setiap hari. Untuk mengetahui jumlah kalori makanan, ukhti bisa konsultasi dengan ahli gizi. Kunyah makanan dengan lembut untuk mempermudah kerja lambung.

Minumlah susu 2 gelas tiap hari. Protein dalam susu bermanfaat untuk membangun jaringan otot, dan kalsiumnya untuk membantu menguatkan tulang. Olahraga, selain untuk membakar lemak juga dibutuhkan untuk membentuk otot.

Olahraga yang rutin, membuat tubuh lebih aktif sehingga kita membutuhkan banyak energi, yaitu makanan. Tidur yang cukup, tubuh kita butuh istirahat 8 jam tiap hari. Tidur yang cukup sangat membantu proses penggemukan badan. Kurangi merokok dan begadang Perbanyak minum air putih. Standarnya adalah 8 gelas air per hari. Konsultasi periksa kesehatan anda ke dokter yaa


6. Apa yang menyebabkan kencing pasir? Dan apa obat nya.?

Jawab: Penyebab dari batu saluran kemih.
Faktor intrinsik (dari dalam tubuh) meliputi: (1) Herediter; diduga dapat diturunkan dari generasi ke generasi. (2) Umur; paling sering didapatkan pada usia 30-50 tahun (3) Jenis kelamin; jumlah pasien pria 3 kali lebih banyak dibanding pasien wanita.

Faktor Ektrinsik (dari luar tubuh) meliputi: (1) Geografi; pada beberapa daerah menunjukkan angka kejadian yang lebih tinggi daripada daerah lain sehingga dikenal sebagai daerah stone belt (sabuk batu) Iklim dan temperatur (2) Asupan air; kurangnya asupan air dan tingginya kadar mineral kalsium dapat meningkatkan insiden batu saluran kemih. (3) Diet; diet tinggi purin, oksalat dan kalsium mempermudah terjadinya batu saluran kemih (4) Pekerjaan; penyakit ini sering dijumpai pada orang yang pekerjaannya banyak duduk atau kurang aktivitas fisik

Cara mengatasinya: (1) Minum air putih min 8-10 gelas / hari. (2) Olahraga rutin. (3) Periksa kan ke dokter untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh batu/pasir menganggu fungsi saluran kemih. Perlu pemeriksaan langsung dan laboratorium. Periksa kan pasir/batu yang keluar untuk mengetahui kandungannya sehingga bisa dilakukan pencegahan terbentuk kembali, biasanya dengan diet (ada makanan tertentu yang tidak boleh dikonsumsi berdasar hasil laboratorium).


7. Saudara saya pernah menderita wasir parah. Trus ada yang nyaranin minum air putih yang didiamkan semaleman setiap pagi sebelum makan apapun. Ternyata setelah beberapa lama sembuh. Secara medis bagaiaman penjelasanya bunda?

Jawab: Wasir adalah pembengkakan dan peradangan pembuluh darah di daerah anus.

Wasir terbagi atas 4 derajat:
Derajat 1 : Disertai dengan perdarahan pada saat BAB (buang air besar)
Derajat 2 : Derajat 1 yang disertai dengan timbulnya benjolan yang keluar pada saat BAB (buang air besar). Benjolan akan masuk sendiri usai BAB.
Derajat 3 : Derajat 1 disertai dengan benjolan yang tambah membengkak dan membesar. Benjolan dapat masuk kedalam anus dengan didorong oleh jari.
Derajat 4 : Benjolan tambah membesar dan tidak dapat masuk kembali ke dalam anus.

Untuk pengobatannya tergantung derajatnya. Utk derajat 1 dan 2 bisa dengan diet tinggi serat, tidak mengedan saat BAB, banya minum air putih (tidak harus dibiarkan semalam)


8. Ada teman kalau makan daging atau cium bau daging langsung pusing dan muntah-muntah. Apakah dia punya darah tinggi atau gimana ??

Jawab: Belum tentu pusing dan  muntah saat makan daging itu darah tinggi. Bisa juga karena alergi terhadap suatu jenis makanan tertentu.

Muntah terjadi melalui mekanisme yang sangat kompleks. Terjadinya muntah dikontrol oleh pusat muntah yang ada di susunan saraf pusat (otak) kita. Muntah terjadi apabila terdapat kondisi tertentu yang merangsang pusat muntah.


9. Bunda, saya pernah denger kalau orang kekurangan serat atau bermasalah dengan pencernaan bisa di tandai dengan banyaknya jerawat di sekitar dagu, apakah itu bener?

Jawab: Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jadi bukan sebagai penanda kurang nya serat.

Penyebab jerawat: Biasanya turunan. Maka dari itu perlu diperhatikan jika orang tua kita berjerawat baik ayah maupun bunda maka kemungkinan besar kita pun cenderung berjerawat.

Jenis kulit pun sangat menentukan apakah kita memeikiki kecenderungan berjerawat atau tidak. Umumnya jerawat muncul bagi mereka yang memiliki jenis kulit berminyak. Namun tidak menutup kemungkinan dapat muncul bagi yang memiliki kulit kering.

Stress yang dialami seseorang mampu memicu munculnya jerawat. Ketika seseorang mengalami strees berat kesehatan dan metabolisme terganggu. Bagi sebagian orang ketika metabolisme tubuh tidak stabil dapat memicu jerawat.

Hormon bagi kaum hawa biasanya mengalami masalah jerawat saat menjelang atau sebelum menstruasi. Penyabnya tak lain adalah hormon progesteron yang memicu kulit untuk menghasilkan minyak berlebih.

Bakteri Kotoran yang menumpuk di pori- pori kulit wajah akan mudah dihuni oleh bakti. Kemudian bakteri tersebut akan menyebabkan hadirnya jerawat. Maka dari itu membersihkan wajah secara teratur dengan scrub akan sangat membantu.

Infeksi Kotoran yang menyumbat biasanya juga akan membentuk komedo. Biasanya seseorang akan sering memencet-mencet komedo karena gemas. Hal ini mampu memicu infeksi yang akhirnya berujung pada timbulnya jerawat.

Make Up jerawat juga bisa muncul akibat make up yang kita gunakan. Bisa karena bahan yang digunakan pada make up tidak cocok dengan jenis kulit dan juga bisa dikarenakan kurang bersih membersihkan kulit wajah setelah menggunakan make up.


10. Dulu saya pernah lihat orng makan batu. Nah apakah ada vitamin tertentu didalam batu itu? Kok batu dimakan..?

Jawab: Batu adalah benda padat yang tebuat secara alami dari mineral dan atau mineraloid. Lapisan luar padat Bumi, litosfer, terbuat dari batu. Dalam batuan umumnya adalah tiga jenis, yaitu batuan beku, sedimen, dan metamorf. Jadi tidak ada kandungan vitamin dalam batu. Dan batu tidak untuk dimakan.


11. Bunda, banyak yang bilang kalau jamu sakit pinggang minum teh jahe dan teh kayu manis. Itu secara tradisional kan yah. Tapi anjuran dokter banyak minum air putih. Namun kalau banyak minum air putih secara tak teratur itu apakah bisa mengakibatkan efek negatif juga? Bagaimana baiknya kita pilih ala tradisional apa anjuran dokter. ?

Jawab: Untuk mengatasi sakit pinggang haru tahu penyebab sakit pinggang. Belum tentu karena penyakit tertentu. 

Penyebab sakit pinggang antara lain:

(1) Adanya gangguan mekanik pada struktur dan kesatuan fungsi tulang belakang;

(2) Gerak atau sikap badan yang salah saat membungkuk dan mengangkat beban atau barang;

(3) Pemakaian sepatu dengan tumit tinggi, karena dalam keadaan normal tulang belakang daerah pinggang mempunyai lengkungan ke depan. Bila lengkungan ke depan tersebut berlebihan, akan menimbulkan gejala sakit pinggang;

(4) Tidur dengan alas/dasar yang terlalu lentur sehingga membuat tulang belakang mengikuti lenturan alas yang ditiduri;

(5) Kurang berolahraga sehingga menyebabkan kelenturan sendi-sendi dan jaringan ikut menurun, sehingga otot mudah cedera karena gerakan yang sederhana, seperti: mengangkat, mendorong, atau membungkuk.

(6) Sakit pinggang dapat juga disebabkan oleh pengaruh suatu penyakit, seperti gangguan ginjal, penyakit jantung, kanker, penyakit tulang, atau gangguan metabolik. Sakit pinggang yang disebabkan oleh penyakit ginjal biasannya karena adanya kelainan pada air kemih. Kelainan tersebut berupa darah dalam air kemih karena kerusakan dinding saluran ginjal akibat luka yang ditimbulkan oleh batu ginjal.

Untuk mengurangi rasa nyeri dan untuk mencegah akibat yang lebih parah dari sakit pinggang, dianjurkan penderita melakukan gerak tubuh. Perhatikan sikap tubuh agar terhindar dari kondisi tubuh yang bungkuk atau lakukan aktivitas berbaring datar atau membungkuk-bungkuk sebentar secara teratur.

Hendaknya mengupayakan juga keseimbangan antara istirahat dan kegiatan fisik. Aktivitas harus diperhatikan, serta tubuh harus mendapat istirahat yang cukup. Hal ini mencakup pola hidup yang sehat, termasuk pola makan sehat, pola nilai sehat, dan pola pikir sehat.


12. Assalamu'alaikum.. Saat melakukan aktivitas, Saya sering merasakan pusing tiba-tiba dan  pusing tersebut tiba-tiba hilang .. Itu kenapa ya??

Jawab: Saat kegiatan fisik yang berlebihan bisa membuat pembuluh darah di kepala dan leher bengkak dan tertekan.

Cara mengatasi dan mencegah terulang :
Relaksasi – santai sejenak. Duduk atau tidur dalam posisi bebas, santai, jangan kaku. Sebaiknya relaksasi dilakukan di ruang yang gelap, tenang atau pencahayaan yang minimal. Istirahat sejenak – Jika anda sedang di kantor atau sedang mengerjakan aktivitas rumit dalam waktu yang lama, istirahatlah sejenak.

Keluar ruangan anda dan hirup udara segar dalam-dalam dan kemudian lepaskan sebanyak 10 kali. Untuk wanita jangan gunakan sepatu berhak tinggi dan sempit karena akan menyumbat aliran darah ke seluruh tubuh.

Terapi Pijat - Pijat wajah, kepala, bahu dan punggung agar otot-otot lebih rileks. Tekuk pelan-pelan kepala kearah kanan dan ke kiri.

Kompress air hangat – Taruh handuk hangat di tempat nyeri, selain mengkompress bisa juga mandi dengan air hangat dan rendam kaki dengan air hangat dengan garam untuk melancarkan peredaran darah.

Pengendalian Emosi dan hindari stress, bukan berarti menghilangkannya. Jadi lebih ditekankan bagaimana kita memenej stress . Gaya Hidup sehat – Ganti gaya hidup anda dengan mengatur pola makan yang sehat. Batasi konsumsi kafein dan gula. perbanyak minum air putih minimal 2 liter per hari. Hentikan merokok dan olahraga lah yang taratur.


13. Bunda, kalau saya sering pusing abis jongkok, itu kenapa ya? Dan cara mengatasinya bgaimana? Apa ini akibat darah rendah?

Jawab: Pusing akibat perubahan posisi mendadak bisa karena darah rendah (hipotensi) dan istilahnya adalah hipotensi ortostatik.

Hipotensi ortostatik disebabkan karena perubahan posisi tubuh secara tiba-tiba seperti ketika posisi tidur kemudian langsung berdiri tiba-tiba, ketika jongkok langsung berdiri tiba-tiba. Ini merupakan hal yang sering dialami oleh semua orang, dan hipotensi jenis ini hanya berlangsung sesaat.

Penyebab umum yang mengakibatkan tekanan darah rendah/hipotensi: . Denyut jantung melambat atau melemah, ini membuat aliran darah darah ke seluruh tubuh melambat dan menyebabkan hipotensi. Kekurangan cairan , biasanya dialami ketika sedang terserang diare dan demam.

Otot jantung melemah, karena otot jantung melemah membuat kenerjanya terganggu. Efek samping dari obat- obatan, seperti obat hipertensi, antidepresan, dan sebagainya. Bisa juga karena kurang istirahat/tidur, banyak fikiran, pengaruh haid tidak teratur, dan terlalu lelah.

Cara mengatasinya: Penuhi kebutuhan nutrisi minum air yang cukup, istirahat yang cukup, olahraga rutin memanage stress periksa ke dokter, mengetahui penyebabnya maka akan mendapatkan pengobatan yang tepat.

TAMBAHAN PERTANYAAN BBM

Ustadzah, bunda baru dapat bc tentang manfaat singkong, bagus untuk pengobatan kanker, kaya serat dll, apakah benar?
Jawab
Singkong mengandung banyak karbohidrat sehingga bisa sebagai sumber kalori sehingga bisa juga jadi pengganti nasi.   untuk pengobatan afwan saya belum pernah tahu tapi semua makanan bila dikonsumsi sesuai kebutuhan tubuh akan bermanfaat bagi tubuh.
Akibat kelebihan konsumsi serat :

> Kram Perut
Dengan konsumsi serat berlebih, kecenderungan anda mengalami kram perut akan semakin tinggi. Hal ini disebabkan karena sifat serat yang tidak tercerna oleh tubuh. Karena itu, ketika anda mengkonsumsi serat dalam jumlah terlalu tinggi, pencernaan anda justru akan terganggu. Akhirnya, otot-otot usus anda akan kram dan perut anda pun akan terasa tidak nyaman.

> Diare
Salah satu manfaat dari serat adalah mempercepat pergerakan makanan di sepanjang saluran pencernaan. Akan tetapi, apabila anda mendapatkan manfaat ini dalam kadar terlalu tinggi, pergerakan makanan akan terjadi terlalu cepat, sehingga anda mengalami diare. Secara jumlah konsumsi serat berhubungan langsung dengan kecepatan pergerakan makanan anda, konsumsi serat perlu dibatasi agar apa yang seharusnya menjadi manfaatnya tidak menjadi hal yang merugikan anda.

serat diet, yang bersifat mengikat senyawa-senyawa makanan lain, juga bisa mengikat berbagai vitamin dan mineral yang sebenarnya berguna bagi kesehatan tubuh. Dengan begitu, penyerapan vitamin dan mineral oleh sistem pencernaan anda tidak akan maksimal. Apabila
konsumsi serat anda terlalu tinggi, tubuh anda akan mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral keseharian anda. Pada akhirnya, anda justru akan mengalami defisiensi di beberapa mineral penting, seperti kalsium, magnesium, zat besi, dan zink, sehingga kesehatan anda pun akan terpengaruh secara negatif


> Sembelit
Selain mengikat vitamin dan mineral, serat juga mengikat air di sepanjang saluran pencernaan anda. Apabila konsumsi serat anda terlalu tinggi, saluran pencernaan anda cenderung kering. Sementara di sisi lain, saluran pencernaan membutuhkan air sebagai pelumas agar makanan anda mengalir dengan mulus. Tanpa air pelumas yang cukup, pergerakan makanan akan terhambat dan anda akan mengalami sembelit.

Penutup
Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Semoga ilmu yang kita dapatkan berkah dan bermanfaat. Aamiin.... 

Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis:


سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
 
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.” 
 
Wassalamu'alaikum...

For more category please visit:
(www.kajianonline-hambaAllah.blogspot.com)