Ketik Materi yang anda cari !!

SIKAP MANUSIA KEPADA SETAN

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Friday, December 5, 2014


Kajian Online WA Hamba ﷲ SWT 
(Ayah 305)

Hari / Tanggal:  05 Desember 2014
Narasumber:  Ustadz Kaspin
Admin: Fuad Adi N

Editor : Ana Trienta

Bismilaahirrohmaanirrohiim
Sebenernya manusia dan jin tugas nya adalah sama, beribadah kepada Allah.
Angin yang menerbangkan (Adh-Dhāriyāt):56 - Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.
Penyebutan setan dari golongan jin ada dalam ayat

Penghuni-penghuni gua (Al-Kahf):50 - Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah kamu kepada Adam, maka sujudlah mereka kecuali Iblis. Dia adalah dari golongan jin, maka ia mendurhakai perintah Tuhannya. Patutkah kamu mengambil dia dan turanan turunannya sebagai pemimpin selain daripada-Ku, sedang mereka adalah musuhmu? Amat buruklah iblis itu sebagai pengganti (dari Allah) bagi orang-orang yang zalim.

Nah didalam alquran Allah menyebutkan sikap-sikap manusia terhadap setan, ini perlu kita tahu dan sangat penting banget sehingga kita bersikap benar dan selamat dunia akhirat. Ada 4 sikap manusia kepada setan

1. SEBAGAI SAUDARA
Ada manusia yang menjadikan setan sebagai saudaranya. Ya, namanya saudara kan ga harus mirip ya tapi memang suka ada sifat-sifat yang sama. Nah sodaranya setan ini sifatnya tabdzir - mubadzir dalam penggunaan harta untuk sesuatu yang dilarang Allah dan Rosulullah.
Memperjalankan di waktu malam (Al-'Isrā'):26 - Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan dan janganlah kamu menghambur- hamburkan (hartamu) secara boros.

Memperjalankan di waktu malam (Al-'Isrā'):27 - Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.

2. SEBAGAI PEMIMPIN DAN PELINDUNG
Kita memang butuh pemimpin tapi tak boleh sembarangan. Dan anehnya ada juga orang yang menjadikan setan atau orang berwatak setan sebagai pemimpin mereka.

Lebah (An-Naĥl):99 - Sesungguhnya syaitan itu tidak ada kekuasaannya atas orang-orang yang beriman dan bertawakkal kepada Tuhannya.

Lebah (An-Naĥl):100 - Sesungguhnya kekuasaannya (syaitan) hanyalah atas orang-orang yang mengambilnya jadi pemimpin dan atas orang-orang yang mempersekutukannya dengan Allah.

3. SEBAGAI KAWAN
Kawan sangat kita butuhkan untuk curcol, menemani dikala sepi membantu dikala susah dan sumbang saran jika ada masalah. Harusnya manusia menjadikan orang baik dan sholeh sebagai kawan.

Pengampunan (At-Tawbah):119 - Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar. 
Jadi aneh memang jika ada orang yang berkawan dengan setan atau orang berwatak setan sehingga merebak kejahatan.

Haji (Al-Ĥaj):3 - Di antara manusia ada orang yang membantah tentang Allah tanpa ilmu pengetahuan dan mengikuti setiap syaitan yang jahat,
Haji (Al-Ĥaj):4 - yang telah ditetapkan terhadap syaitan itu, bahwa barangsiapa yang berkawan dengan dia, tentu dia akan menyesatkannya, dan membawanya ke azab neraka.

4. SEBAGAI MUSUH
Inilah sikap terbaik yang harus kita ambil.
Sapi Betina (Al-Baqarah):208 - Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu. Bahkan seluruh manusia harusnya memusuhi setan...
Sapi Betina (Al-Baqarah):168 - Hai sekalian manusia,makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.
Demikian semoga bisa diambil yang baik
Silahkan bertanya jika mau jika tidak ya tidur aja ya


Pertanyaan dan Diskusi
1.Ustadz, Setan menghiasi kemaksiatan dengan hiasan-hiasan indah, sehingga kemaksiatan tersebut tidak nampak lagi sebagai kemaksiatan di mata manusia. Nah bagaimana kita tahu keindahan-keindahan itu bukan terkait setan?
Jawab
Kita harus bertaqwa, orang bertaqwa Allah berikan furqon

2. Pada saat kita tidak khusuk dalam sholat, selalu ingat sesuatu selain Allah, apakah itu termasuk gangguan syaitan? Sedangkan sangat sulit bagi kita untuk menghindari hal itu.
Jawab
Bisa jadi demikian, khusu itu memang harus diusahakan, tetap semangat.

3. Caranya biar sholat khusuk gimana?
Jawab
Fahami dulu bacaan sholatnya...rasakan pengawasan Allah.

4. Ustadz, apakah susah bangun untuk qiyamul lail itu karna banyak melakukan kemaksiatan?

Jawab
Kadang demikian senantiasalah istighfar.

5. Ada kalo air di doain hukumnya musrik ga?
Jawab:  
Boleh...selama berdoanya kepada Allah

6. Walaupun air itu dianggap ada hasiatnya ga apa-apa?
Jawab
Ya...air ada hasiatnya yaitu menghilangkan haus.

7. Ustad lagi marak yang jualan vo 2 tuh, iklan nya air okxy yang dibuat khusus, pegawai nya yang kerja harus dalam keadaan terjaga wudlu nya, itu gimana kalo sudah menyentuh komersialisasi?
Jawab: 
Ya, kalau bisa menyembuhkan kan hanya Allah tapi dengan berdoa dan difasilitasi air minta kesembuhan kepada Allah ada contohnya dari sahabat. Ya...namanya juga dagang. Mengikuti selera pasar atau menciptakan pasar

8. Kalo istilah rebo kasan di bulan sapar ini sebenarnya istilah itu ada apa engga?
Jawab
Ada itu Reno tulis tapi dalam Islam tidak ada seperti itu.

9. Kan suka ada sholat tolak bala ketika rebo kasan itu gimana?
Jawab
Tidak ada anjuran dari Rosulullah sebaiknya tinggalkan. Mungkin bisa di baca bukunya Ust Ade Marzedek..."parasit aqidah"

10. Berarti sholat tolak bala bid ah?
Jawab
Sholat itu ibadah mahdhoh jadi harus ada contohnya


11. Berarti sholat tobat, sholat tolak bala ga ada conto dari rosul saw?
Jawab
Iya...silahkan baca fiqih sunnah...

Penutup
Doa Kafaratul Majelis :

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك 


Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika 
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”.        
                   
 ​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment