Home » , » Syahadatain

Syahadatain

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, December 9, 2014

Rekapan Kajian online
Hari/ Tanggal: selasa / 9 des 2014
Narasumber : Ust. Edi Priyanto
Tema : Aqidah
Grup: 103 &104
Notulen : Eglia & Erna
                 

Di dalam Islam kt kenal Syahadatain dua kalimat syahadat dimana persaksian seorang muslim pada Allah sbg Ilah dan Nabi Muhammad SAW sbg Rosulullah SAW Pemahaman benar, jernih terhadap sang Kholiq Alloh Swt dan penderimaan Muhammad SAW sbg nabi dan rosul dg hati ikhlas utk mengikutinya itu bagian dr aqidah Aqidah adalah apa yg dihayati seseorang & ia tidak ragu sedikitpun terhadapnya
Aqidah adalah memeluk satu pemikiran & mengakui kebenarannya seiring dg pertimbangan sosial, perasaan, dan logika Aqidah adalah hal yg wajib dbenarkan oleh hati dan jiwa mnjadi tenang dg keyakianan tsb Laaialaaha illaah muhammadarrosulullah adalaj lafazd yg diucapkan muslim bh Tidak ada ilah (yg mendominasi hati) kecuali Allah SWT Dalam Alquran surah Al-Al' Am (6): 162-163 Alloj brfirman: katakanlah Muhammad' sesungguhnya, sholatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah utl Alloh Tidak ada sekutu bagainya

Mengapa sahabat Bilal rela disiksa ditindih dg batu besar krn tetap istiqomah bersyahadat sbg perwujudan pemehaman ISLAM/ AQIDAH YG benar diyakini walau resiko nyawa sekalipun. Seorang muslim jika aqodahnya benar dijalankan / pemahamannya thdp Syahadatain benar dia ak istiqomah beramal Islami dan tidak aka tergoda ol apapun seperti maag kalau pria godaan wanita, kl wanita godaan harta. Bisa jd dan bnyk contoh seorang tokoh tergelincir krn godaan2 tsb. Dengan mempelajari aqidah yg benar Maka: 1. Ak menumbuhkan harga diri seorang musl 2. Ak konsisten dg keislamannya/istiqomah. 3.Mnumbuhkan ketenangan dan harapan hati Albaqarah (2): 186 4.menumbuhkan keberanian. 5.Terutama berani terhadpap tekanan kebatilan.

 Àl Anfal (8): 65 Aqidah hrs terus dpelajari seiring perkbanga. Jaman Banyak kisah2 sahabat berani nwrqurban nyawa rela tubuhnya dihujani panah utk melindungi Rosul s pwrang Uhud Mua' ab bin Umair) krn keyakinan pd aqidH yg benar sehingga apapun dilakukan demi tegaknya Islam d bumi Rosulullah SAW dakwah pertamanya adalah Aqidah yaitu Laa ilaha Illaah Muhammdarrosullah. Setelah muncul pengikut2 setia hongga hijarh k Madinah dg ekpanso bebagai negeri dan yg disampaikn d negeri tsb adalah aqidah Utk rujjkan bs dibaca dakwah k jalan Allah.Dr.TaufiqAl-Wa'iy Robanni Pres


Rekapan pertanyaan grup 103

Tanya: Maaf mau tanya bagaimana menjelaskan ke org dsekitar ketika masih mencampur antara dg kepercayaan adat istiadat seperti pcaya hari baik atau pake jimat

jawab: Mnjelaskannya hrs dg proses. Orang ak berubah menjadi tidK percaya pd jimat jika pemahamannya trhdp aqidah ada pencwrahan, minimal hanif alias mau belajar tp kl orangnya pake "Pokonya" alias taklik buta jd agak sulit/ bnyk sabarnya.KALAU dia hanif/ mau belajar/ nau diskusi tidak keukeuh pendiriannya bs dlanjutkn dakwahnya.

 Contoh sederhana: ketika tgl dlm Islam jatuh tgl 13,14,15 saat itu ombak laut tinggi, sementara ada kwpwrcayaan hr otu sedang datang Nyi Roro Kidul padahL sec kauniyah jarak bulan lbh dekat thl tsb ( krn bulan purnama) sehingga trjadi ombak bwsar bukan yg lain.

tanya: Bismillah,
Assalamu'alaykum,
Apakah kt wajib atau harus mmnuhi undangan "makan d acara ulang tahun" tman ssama muslim tpi kita tdk tau klw dsana ada acara tiup lilin?

jawab: Kl yg Tiup lilin hampir sama jwbnnya, intinya jaga persahabatan doacc seperti itu/tiup lilin krn ketidaktahuannya, kl sdh tahu/ dpt ilmu & hidayah insya Alloj berubah. Dan kt semua da' i arti penyeru/ mengajak jangan menghakimi/ justifikasi thdp seseorang.Kita sebatas mengajak yg mmberi hidayah Allah..

tanya: Pak ustadz saya ingn bertanya
Sbntr lg natal saya tau kalo haram jk saya mengcapkn natal untk adik kandung saya yg kristiani, lalu krna umurny msh labil mrka suka marah ktnya"kaka jahat gt aja gak mau ucapn" apa yg hrs saya lkukan tadz? Krna ibu saya mnikah sma kristiani dan beliau muslim sendri

jawab: Kita tinggal d Indonesia ug sangat beragam
Dalam Islam ada Aqidah, ada adab bersosial
Bab natal jelas kt masih memakai FATWA MUI menhjcapkan selamat Natal haram, tapi cara penyampaiannya tetap dg santun. Misalnya "Selamat ya....sambil tersenyum kalai adik kecil sambil memeluknya tanpa ada kata2 natal. Atau selamat tahun baru ya...yg jelas kl kitanya ramah tetap care tanpa menyentuh yh prinsip/ aqidah mereka ak senang
 Krn sy jg tante dan ponakan masih katolik jd sebatas hubungan manusia ok..

tanya: Tameng kita dalam menghadapi aliran aliran sesat saat ini bagaimana ya ustadz? Krn dewasa ini ramai sekali bai'at bai'at terselubung

jawab: Utk yg aliran sesat tiada lain hrs lbh rajin mempelajari Islam ag bs melakukan pencrahan krn semua perlu bekal iu utk mwnjelaslannya baik ilmu aqidah maupun fiq dakwah

tanya: Kadang ada simbol natalnya di hadiah, misalnya ada gambar cemara atau gambar topi sinterklas, gmn ustadz?

tanya: Ustadz kl nerima hadiah dr noon Muslim misalnya Kue atau apapun di kondisi mereka sdg merayakan natal, mereka maksdnya mgkn mau berbagi kebahagiaan dg kita. Kita terima aja n makan kuenya gpp ustadz?

Ustadz, mau tanya tentang tiup lilin dalam acara ulang tahun itu dong. tidak boleh kah?

jawab: Kl sunah nabi tdk ada, itu budaya.Yg penting momemt tsb dipake dakwah ada tausiah, ada berdoa mengharap keberkahan bukan tiup lilinnya tp hr lahir sec umum

Rekap pertanyaan 104

Tanya: gini aku tuh pernah minum bekas botol temen aku yg non muslim.. aku sebenarnya nggak tahu kalo dia itu non muslim karena kemaren ada mutasi T4t kerja jadi baru 4 harian aku disiti..
 sebab dit4 aku kerja ada juga yg muslim belum menggunakan hijab.. jadi aku fikirnya muslim.

setelah minum aku baru tahu kalo bidan yg memberi saya minum tdi itu nin muslim... masya allah shock sya tadz..

itu gimana hukumnya???

Jawab':Utk yg gelasnya bekas alkohol,krn Tidak tahu Alloh Maha Pengampu . Hukum Islam berlaku stlh dipahamkan pd umatnya.Tapi next hrs lebih hati2 krn teman anak sy waktu itu ikut supercamp ternyata yg non muslim ikut brjilbab. Jadi jilbab, jenggot yg panjang tdk jaminan seorang mukminat atau mukmin.Yg bs jd patokan tingkah lakunya. Dan yg utama tidak mniggalkan sholat 5 wkt.syukur tepat wkt.Jd jgn tertipu dg penampilan.

Tanya: ustad nyambung pertnyaan mba lala.. saya punya tmen deket non muslim ustdz, saya dan tmen saya yg muslim lainnya sring main k kos dia. Bahkan kita menggunakan gelas atau peralatan mkan dia.. itu bagaimana ustdz? Apakah haram? Bahkan kita juga sring sholat dan ngaji di kamarnya.. dia meskipun non muslim tp snang brtmen dg kami yg muslim. Bahkan ia sring tanya2 ttg islam dan kata nya senang klo dger org ngaji..

Jawab: Utk yg tempatnya dipakai sholay padahal dia non, tidak mslh sepanjang kita tahu tempat tsb bebaz dr Najis.misalnya7 tidak ada anjing, tempat sholat agak tersendiri krn kt tidK tahu kl tempat sholat adalah tempat kumpul kt tdk tahu yg kumpul/duduk terutam wanita TidK sdng halangan/ haid.

Tanya: Menyambung pertanyaan di atas ustadz, tetangga saya ada yg non, tiap hr natal tetangga saya membagi2kan makanan (kadang ayam 1 ekor yg udah dimasak, kue kecil 1 dos) kpda seluruh masyarakat 1 desa. Padahal rata2 didesa saya muslim, dan kami pun menerima itu, krna kami menganggap it rezeki,. Dan kalaupun menolak takut menyakiti ato menylnggung. bgaimana hukum nya ustadz? Apakah boleh menerima ato harus ditolak?

Jawab: Krn bab sholat ada masuk.waktunya, bersih dr najis tempatnya, benar tatacaranya dr wudlu sampai diakhiri salam.wallaahu'alam

 Utk yg makanan pastikan yakin itu halal, baik bendanya/lauk maupun prosesnya. Kalau halal nonproblem tp kl ragu jgn.

Tanya: Ustadz, klo misal tmpt minum nya ga bekas alkohol gmn ?
Misal botol air mineral dpt beli ?

Jawab: Maksudnya botolnya misalnya aqua tapi bekas diisi alkohol? Ya tetap haram
Setetes saja hamr itu haram.

Tanya: ustd sya mw tnya klo dtmpat krja sya itu sglnya brcmpur dg berbagai makanan yg tdk halal.. soalny sya krja dngara kafir.. trs gmn itu ustd brng2 yg sya pke sprti pirinng dan peralatn dapur.. pa msh trmasuk haram ketika msak menggunkn alat dapur trsebut?

jawab:Enaknya yg pas, yg pernah tinggal d negara kafir lbh kongkrit. Tp sy jwb bs bw sendiri, Atau pesan khusus tidak campur, memang ag perlu usaha keras tl itu bagian dr keyakinan & menjaga aqidah.

Tanya: Oh ya ustadz, saya mau nanya ini dri dulu
Tp baru inget sekarang

Klo ada seorang muslim
Dlu nya waktu kecil dia piara anjing sampe suka tidur bareng
Nah udah gde dia kerja d tmpt penitipan anjing
Sampe suka mandiin anjing sgla

Nah, katanya sih skrg dah ga pernah pegang anjing lgi

Nah itu gmn ustadz
Apa kita klo misal salaman sama dia jg ikut kena najisnya ?
Soalnya kan ga tau dia udah prnh cuci 7x pke tanah apa belum

tanya:D tempat kerja saya ada seorang noni(hindu) dulunya dia muslim, terus nikah dg org bali & pindah agama. Di kantor dia suka traktir teman2. Masalahnya, penghasilan dia selain dr profesinya sbg pegwai dia jg rentenir. Pertanyaannya. Bgmn hukumnya makanan yg di beli/dibayarkan oleh dia? Mengingat uangnya jg dr hsl riba.Soalnya kalau kita lagi makan rame2 berbarengan ada dia d kantin tau2 sdh d bayarin. Bgmn kita menyikapinya & kalau makanan itu mnjadi haram bgmn kita membersihkannya?

jawab: In sha اللّهُ tak mengapa... Bukankah Nabi ﷺ pernah menerima pemberian daging dari seorang wanita Yahudi...

Raja dan biangnya Riba dari dahulu adalah kaum Yahudi.

Ucapkan terima kasih dan jangan lupa Bismillah pastinya saat makan makan 😊

Tanya: ustadz,kalo kita kerja sama orang non islam apakah uangny yg kita terima haram?
Seprti saya ini merawat jompo china ...

jawab: Yg mwrawat jompo tidk mslh krn itu bagian dncari rizki yg halal
Ukhti dbyr krn kerinhat ukhti

Tanya: ust mau tanya
#dr seorg tmn bag hukumx ktika mis bos kita noni..n kn dekat lg hari rayax tman dh tw n pgn gk ikutn dtg k rmh bosx wktu hri H tpii...sbaikx dia dtgx sblum ato ssdh hari H nya ?

Jawab: Sebel boleh sesudah jg boleh pilih yg lbh berkesan ag kehadiran kt cukup walaupum tdk ikutan natalan. Cukup ya
Semoga berkah semua

kita tutup yah

Mari kita tutup dg membaca Doa Kafaratul Majelis :

Bissmillahirrahmanirrahim...
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Aamiin ya rabbal alamiin

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Ketik Materi yang anda cari !!