Home » , , » Syarat Diterimanya Syahadat

Syarat Diterimanya Syahadat

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Thursday, December 18, 2014

Kajian Online WA Hamba  اللَّهِ  SWT  Ummi 23 dan 24

Narasumber : ustadzah Nunuk
Materi : SI
Hari/Tgl : senin, 15 Des 2014
Admin :  Arini
Ketua kelas : Rusiani
Seketaris : Riska

Bismillahirrahmaanirrahiim

Assalamu'alaikum wr wb

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ ،َأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.،

Shalawat....dan salam...semoga ttp terlimpah curahkan pd baginda Rasulullah saw yg mulia...sosok yg kita jdkan teladan dalam kehidupan kita saat ini hingga akhir hayat kita .....amiiin

Ya Rabbanaa..... ijinkan kami berjumpa dg Rasulullah....di jannahMu...

Bunda shalilhah....mari kita buka  kajian kita malam ini dg membaca dg khusyu'....rasakan getaran hati kita saat membaca ihdinashirathal mustaqiim...


Al Fatihah.....


Mlm ini kita msh lanjut "syarat diterimanya syahadat"


Terakhir sampai pd ketulusan .....


Saat kita membahas ketulusan kmrin sampai bab ujian (ibtila)...akan Allah berikan pada kita sebagai bentuk kasih sayangNya...agar dg ujian itu....kita semakin mendekat kepadaNya.....


Ujian itu sifatnya pasti


Ujian itu akan memisahkan ...... membedakan mana yg mukmin (beriman) dan mana yg munafik......mana yg benar imannya dan mana yg dusta...

Tak mgkin kita mengaku beriman... tanpa diuji bukan ?
Ujiannya pun berbeda utk tiap2...org....tergantun kadar keimanan dan kecintaannya kpd Sang Khaliq

Bemacam respon saat meghadapi ujian :


💐 Org munafik akan mengatakan bhwa apa yg Allah wajibkan kpd mrk.....mrk anggap sebagai tipu daya (surat al ahzab 12)


💐 Org mukmin....semakin bertambah keimannya dg ujian yg Allah berikan kpd Nya


Disinilah indahnya....


Ujiannnya beda2...jd ga bisa nyontek jawaban....


Saat ujian datang....ataupun saat kita merasa sakinah (ketenangan) gak ada goncangan ga ada ujian....maka kita diajarkan utk ttp mengemudikan hati kita di jalan yg lurus


Terkadang kita ga nyadar....bahwa kita sdg meniti jalan itu....mengarahkan kemudi kita ke ➡ sana...


Ke jalan yg lurus itu....




Apakkah kita bener...bener...ga menyadarinya....kalo tidak berarti....itu telah reflek kita lakukan....krn setiap hari kita minta itu kepada Allah swt....



Ihdinash shirathal mustaqiim

Pada ngantuk ga ya...




Yo wis..... berarti koncone dora yo....

DORANGANTUK


Ingat 1 hal...shalat kita tdk sah tanpa membaca Al fatihah....7 ayat yang dahsyat....yg wajib kita baca berulang saat kita berada di puncak taat....tunduk patuh....cinta...khusyu'...dlm shalat shalat kita....kita memujiNya...kita memuliakanNya, kita mengaungkanNya, dan mhn petunjuk ke jalan yg lurus


Tapi perlu diingat bunda....


Jalan lurus itu mgkin sebagian kita membayangkan jalannya bagus.... mulus....dan halus...tanpa kerikil yg menghadang

atau mgkin kita mengira jalan itu laksana titian yang gangsar... bebas hambatan seperti tol..... ???????

Tanya Jawab group 23

Tanya:
Tànya ....ustdz...Apakah dg besarny ujian terhadp kita pertanda  besarnya kecintaan allah pada kità....?

Jawab:

Bun safni.... tentu jwbnya ya....bg org mukmin....krn makin besar ujiannya...semakin mendekat ia kepada Allah....semakin ingin diperhatikab oleh Nya...... tentu ia akan terus meminta dan memohon....

Dan saat kita memohon....Allah berjanji akan menolong kita.... menghapus gundah kita....


Maka.....setelah itu...membentanglah Al Quranul karim sepanjang 113 surat ba'da Al fatihah....

Utk memaparkan pd manusia .... ttg jalannya org2..yg Allah beri nikmat...
Jalan yg kita pinta adalah....
Jalannya org2...yg telah Allah beri nikmat...dan bukannya jalan nya org2...yg Allah murkai....dan bukannya jalan mrk yang sesat....
Jalannya yg lurus itu adlah jalannya Adam dan Hawa
Jalnnya Nuh, Hud dan Shalih
Jalnnya Ibrahim hingga Ya'kub sekeluarga..
Jalnnya Ayyub juga Yunus
Jalannya yg lurus itu adlah jalannya Adam dan Hawa

Jalnnya Nuh, Hud dan Shalih

Jalnnya Ibrahim hingga Ya'kub sekeluarga..
Jalannya Musa dan saudaranya yaitu harun
Jalnnya dawud beserta putranya
Dan bunda....jalan itu...jalan lurus itu....yg selalu kita pinta tiap hari....jalan yg sangat indah krn berada dibarisan para anbiya...sesekali ditingkahi oleh iblis... firaun....samiri....qarun...Jalannya Zakaria dan Yahya
serta Maryam dan Isa

Tanya:

Disaat kita gundah ....kadang tebersit...rasa kecewa...disaat kita kecewa...apa kecintanan allah akan berkurang pada kita?

Jawab: Gundah....kecewa...manusiawi bu....krn kita msh punya hati....itu tandannya ruh msh ada..


Yg kita ambil adalah bagaimana mengelola gundah itu menjadi ibadah...


Caranya....bwlah gundah kita utk mwndekat kpd Nya...puasa insya Allah...menjdi teraphi yg baik

Dan.....ternyata....Rasulullah memerah wajahnya saat Khabab bin Al Arat menanyakan kapan pertolongan Allah datang ???

Krn khabab telah risau....serasa tidak sanggup lagi menghadapi ujian saat itu


Tanya:

Bunda...saya pernah denger kalo kita akan diuji dg apa yg kita cintai sampe kita kuat. Misalnya kita suka beli baju...qadarulluh tiap kita liat baju bawaannya pengen beli mulu. Begitukah?
BBener gak statemenku ya
Maksudnya kita akan diuji pd titik terlemahh kita umi? Benarkah? Gana mengatasinya

Jawab:

Kita butuh lingkaran2...cinta yg membahas ttg panduan islam dlm membwlanjakan harta...Ya... tu.....makanya kita butuh teman2...agar ada yg ngingetin...kalo sendiri mah...duit ada... hati pengin...yg ngelarang kaga ada...jadii dech.....beli lagi...Semoga kita diberi kekuatan utk ttp berada dan mengarahkan kemudi kita menuju jalan yg lurus

Tanya:

Uztdz ..nanya diluar tema.Disaat niat untk haji...ada keluarga yg membutuhkan..boleh dibatalkan hajiny.dan niatnya ufah sampai .begitu yag saya dengar.bagai mana kalau nazar... kita mau membayar nazar dg uang. Tapi ada yang butuh.apaboleh dialihkan.....

Jawab:

Nazar wajib ditunaikan
Kd hkm nya wajib..
Dan saat kita tdk melaksanakknya maka kita wajib membayar kafarat
Misal nya... kan ibu2...yg kadang gampang berucap...contoh...
Nanti kalo anak saya lulus saya mau puasa...

Maka saat anakknya lulus...maka ia wajib puasa

Nazar nya apa dl...
Bila nazarnya puasa...maka ya hrs dibayar puasa
Kalo nazar bersedekah...maka hrs bersedekah ....dg niat membayar nazar nya
Contoh.....saya bernazar...kalo dpt arisan akan sedekah...tanpa menyebutkan besarannya...

Perlu diingat....bhwa sedekah kita saat dpt arisan itu hkm nya wajib Ya... kalo nazar nya sedekah uang.... maka menunaikannya dg nazar sejumlah uang jg


Tanya:

Assalamualaikum Ummi....
Ummi...klu Nazar nya ..besok klu melahirkan dpt Ank laki2,si ibu bernazar lgsng Aqiqah...nggak taunya operasi..krn biaya mahal n ibunya waktu itu jg blm kuat mk smp si Ank umur 2 bln Nazar blm terlaksana...Gmn tuh Ummi cara melaksanakan Nazarnya lg?.

Jawab:

Jeng wahyuni.... kan nazar nya....lgsung aqiqah ki mksud nya...lahiran lgsung aqiqah...atau aqiqah nya dilakukan...krn anak2 sebelumnya  ga di aqiqah kan
Kan berarti ada kendala utk menjalankan nazar nya...dan kendala nya bukan dibuat buat...

Maka lakukanlah saat sdh kelar....asal jagan dibuat buat...pdhal sdh mampu...malah diundur undur....sampai ga dilakukan

Krn ga ada tuntunan lahiran lgsunh aqiqah...
Mgkin mksud nya si ibu...kalo anak nya lahir laki2..lgsung aqiqah....tanpa ditunda2...gitu kali ya Sunnah nya adalah hari ke-7 yg paling utama

Tanya Jawab group 24

Tanya : umi Sisrie

Umm... saya memilih solusi pada ujian yg saya hadapi adalah, mudharat mana yg paling banyak, dan paling mendatangkan maslahat...

Kadang pilihan yg saya ambil mendatangkan sinisme dari orang....

Jawab :
Maka.....setelah itu...membentanglah Al Quranul karim sepanjang 113 surat ba'da Al fatihah....

Utk memaparkan pd manusia .... ttg jalannya org2..yg Allah beri nikmat...

Jalan yg kita pinta adalah....

Jalannya org2...yg telah Allah beri nikmat...dan bukannya jalan nya org2...yg Allah murkai....dan bukannya jalan mrk yang sesat....




Tanya : Umi
Afwan..sdkt curhat ya us..
Sy sdh sangat lama mendambakan momongan, kdg2 klo pas lg haid, sy selalu ngedumel dlm hati, kenapa koq Alloh gak menjwb2 doaku...
Jawab :

Jalannya yg lurus itu adlah jalannya Adam dan Hawa


Jalnnya Nuh, Hud dan Shalih


Jalnnya Ibrahim hingga Ya'kub sekeluarga.....


Jalannya Musa dan saudaranya yaitu harun


Jalnnya dawud beserta putranya


Jalnnya Ayyub juga Yunus


Jalannya Zakaria dan Yahya


serta Maryam dan Isa

Dan bunda....jalan itu...jalan lurus itu....yg selalu kita pinta tiap hari....jalan yg sangat indah krn berada dibarisan para anbiya...sesekali ditingkahi oleh iblis... firaun....samiri....qarun....

Temen ku yg disini....9tahun baru dpt.....kesabaran adalah teman terbaik...


Msh ada lagi...yg dl saat beliau menikah....sy adalah panitia nya...namun sampai skrg blm juga Allah karuniakan momongan..

.dan apa yg beliau lakukan........ subhanallah....dahsyat....si ibu..
Mengambil bbrp...anak asuh...semua beliau uruskan..anak asuhnya yg pertama skrg sdh sma taruna kelas 1..
Maka saat ada sesuatu...pasti ada hikmah disana

Dan.....ternyata....Rasulullah memerah wajahnya saat Khabab bin Al Arat menanyakan kapan pertolongan Allah datang ???


Krn khabab telah risau....serasa tidak sanggup lagi menghadapi ujian saat itu

Semoga kita diberi kekuatan utk ttp berada dan mengarahkan kemudi kita menuju jalan yg lurus

Sebagai penutup mari kita tadabburi kembali surat Maryam ayat 36


" Dia sesungguhnya Allah adalah Rabbku dan Rabb kalian, maka sembahlah Dia. Ini jalan yang lurus"


Sebagai penutup mari kita tadabburi kembali surat Maryam ayat 36


" Dia sesungguhnya Allah adalah Rabbku dan Rabb kalian, maka sembahlah Dia. Ini jalan yang lurus"


Tanya : Umi Riska

Ustadjah..mauƱ tanya, amalan apa yg paling bagus qt kerjakan pd saat menerima ujian selain berusaha ikhlas?
Jawab :
Jeng riska...

Dzikir yg paling baik adalah tilawah Al Quran...


Shalat sunnah terbaik setelah wajib adalah qiyamullail...


Kadang kita merasa kok hidup ini penuh ujian terus...trus sampa bilang apa salah kami ... Kok ujian tdk ada hentinya...tp kok gak naik naik

Tu gmn bu us...
Kadang kita juga liat ada orang yg hidupnya sakinah tenang
terus spt tdk  pernah di uji...

Tanya : Umi Alvynda

Ustadzah bagaimana kita thu saat kita sudah lulus dri ujian yg Allah berikan.smntara setiap org yg beriman itu pasti g pernah ad enknya dan g boleh enk biar bisa naik tingkat

Jawab :

Semakin tambah taat....tambah shalih...tambah sabar....tambah rajin ibadah....

Semula blm berjilbab rapi....jd kuat niat utk berjilbab dg sebenarnya...


Ikan tongkol kalo gosong warna hitam


Mari pulang krn udah malam


Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dg lancar. Moga ilmu yg kita dpatkan berkah dan bermanfaat. Amiin....


Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis:


سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika


“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”



Wassalamu'alaikum....

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT