Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

Syirik - Batu Akik Pembatal Syahadah

Kajian Online Telegram Akhwat Hamba اَللّٰه Ta'ala 15 dan 16
Narasumber: Ust. Tri Satya
Tanggal: Senin, 22 Desember 2014

Assalamualaikum wr. wb 
Selamat hari ibu, smg bunda bunda disini menjadi ibu ibu yg mulia disisi Allah subhahu wataala.
Kita mulai kajian ya

Kajian Islam tentang Syirik

"BATU AKIK PEMBATAL SYAHADAH?"
Di pojok KRL, laki laki itu mengambil sebuah senter pulpen, terlihat beberapa temannya memperhatikan sinar yang keluar menyinari sebuah batu cincin akik, dengan bangganya ia memamerkan cincin akiknya ditambah kelebihan kelebihannya. Temannya yang lain pun serasa tak mau kalah dengan mengeluarkan kotak yang isinya beberapa batu akik dengan jenis dan “manfaat” yang bermacam-macam. Sepanjang perjalanan dari rumah hingga ke kantor, terlihat beberapa lapak bahkan kios batu akik bermunculan bak jamur di musim hujan, dan ini kelihatannya merata diseluruh pelosok Indonesia. 
Batu akik kayaknya tidak hanya menjadi sumber penghasilan baru bagi para pengusaha atau para “penggila” batu mulia, tua muda, miskin kaya, tapi juga sudah menjadi life style, sehingga harga sudah tidak jadi masalah terbukti para pecinta batu (baca:kolektor) rela merogoh kocek mereka ratusan juta hingga milyaran rupiah hanya untuk membeli sebuah batu mulia. Terlepas dari hobi, tapi hal ini dalam perkara islam masuk dalam israf (berlebihan) atau ghuluw (melampaui batas).
Akan tetapi bagaimana jika ada perkara lain yang lebih dahsyat dalam fenomena batu akik ini, yaitu Syirik, karena tidak jarang, bahkan banyak yang percaya ada kekuatan di dalam batu-batu cincin di jarinya yang menganggap itu adalah jimat (ajimah/tama’im).
Jika seseorang percaya bahwa jimat itu dapat berpengaruh tanpa kehendak Allah maka ia terjerumus dalam perbuatan syirik besar karena hatinya telah bersandar kepada selain Allah. Adapun jika seseorang meyakini bahwa jimat itu hanya sebagai sebab & tak memiliki kekuatan sendiri maka ia terjatuh dlm perbuatan syirik kecil.
Jimat ini adalah salah satu bentuk syirik yang mungkin sekali dapat membatalkan syahadah kita.
Sebelum kita membahas bentuk-bentuk syirik disekitar kita yang mungkin sadar atau tidak sadar kita sudah terjerumus didalamnya, ada baiknya kita ulas sedikit apa itu syirik.
Definisi syirik adalah sikap menyekutukan Allah secara dzat, sifat, perbuatan, dan ibadah. Ini adalah virus keimanan yang paling berbahaya. Allah subhanahu watala memasukan sebagai kezaliman (dosa) yang besar. Beda dengan istilah “sirik”yang sering diungkapkan dalam bahasa “gaul”yaitu iri/dengki.
Firman Allah: 
اِنَّ الشِّرۡكَ لَـظُلۡمٌ عَظِيۡمٌ‏ ﴿۱۳


“Sesungguhnya syirik itu adalah kezaliman yang besar” (QS. Lukman [31] : 13)

اِنَّهٗ مَنۡ يُّشۡرِكۡ بِاللّٰهِ فَقَدۡ حَرَّمَ اللّٰهُ عَلَيۡهِ الۡجَـنَّةَ وَمَاۡوٰٮهُ النَّارُ‌ ؕ وَمَا لِلظّٰلِمِيۡنَ مِنۡ اَنۡصَارٍ‏ ﴿۷۲
“Sesungguhnya orang-orang yang mempersekutukan sesuatu dengan Allah, maka pasti Allah mengharamkan surga baginya, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolong pun” (QS. Al-Maidah [5] : 72).
Nabi SAW bersabda, “Inginkah aku beritahu tentang dosa besar yang paling besar? Yaitu mempersekutukan Allah” (HR. Muslim). 
Karena itu, siapa pun yang menyembah sesuatu selain Allah atau menyembahnya bersamaan dengan menyembah Allah, dia telah menjadi musyrik (orang yang melakukan perbuatan syirik). 
Allah SWT berfirman, “Dan mereka menyembah selain daripada Allah apa yang tidak mendatangkan kemadharatan kepada mereka dan tidak pula kemanfaatan, dan mereka berkata, ‘Mereka itu pemberi syafaat kepada kami di sisi Allah’” (QS. Yunus [10] : 18). 
Macam-macam Syirik
Ada dua macam syirik, yaitu syirik besar dan syirik kecil. Masing-masing dari kedua macam ini mempunyai dua dimesi: zhahir (tampak) dan khafiy (tersembunyi).
1) Syirik besar (asy-syirkul akbar). Dikatakan syirik besar karena pelakunya tidak akan diampuni dosanya dan tidak akan masuk surga. Allah berfirman, “Sesungguhnya Allah tidak mengampuni dosa mempersekutukan (sesuatu) dengan Dia; dan Dia mengampuni dosa yang selain dari syirik itu bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan (sesuatu) dengan Allah, maka sesungguhnya ia telah tersesat sejauh-jauhnya.” [QS. An-Nisaa’ (4): 116]. Contoh syirik besar yang zhahir adalah seperti menyembah matahari, bintang, bulan, berhala (patung), batu-batu, pohon besar, dan bahkan menyembah manusia (seperti menyembah Fir’aun, raja-raja, Budha, Isa bin Maryam, malaikat, jin dan Setan). 
Kita lihat “sinetron impor” sepertinya tak kalah dengan film box office, sebut saja: Mahabarata, Mahadewa, dan lainnya yang digandrungi para fans nya yang sebagian besar umat islam Indonesia saat ini, ini termasuk pembodohan akidah yang memperkenalkan syirik yang sebenarnya. Bagaimana bukan pembodohan jikalau Tuhan mereka digambarkan layaknya manusia? Menikah dengan manusia pula. Padahal kita, sebagai manusia itu mustahil “mengindera” bagaimana wujud zat Tuhan (baca: Allah subhanahu wata’ala). Tidak pantas bagi seorang muslim menikmati dan tanpa sadar mempercayai bahwa Tuhan itu bertangan empat atau lebih karena Ia diketahui maha pengatur, para manusia menyembah manusia (raja) secara berlebihan, bahkan "Jodha Akbar" membuat cerita Islam Palsu. Dan yang lebih memprihatinkan lagi, mereka tidak rela kalo tayangan itu terlewat dan menunggu dengan "ikhlas" setiap episode dengan menyia-nyiakan waktu, Naudzubillah.
Sementara yang asy-syirkul akbar khafiy bisa dicontohkan seperti menjadikan seseorang sebagai pembuat hukum jahiliyah. Yang dimaksud hukum jahiliyah di sini adalah hukum yang menyalahi / bertentangan dengan hukum Allah atau menghalalkan dan mengharamkan seperti yang seharusnya menjadi hak Allah.
وَمَنۡ لَّمۡ يَحۡكُمۡ بِمَاۤ اَنۡزَلَ اللّٰهُ فَاُولٰٓٮِٕكَ هُمُ الۡكٰفِرُوۡنَ


“Barangsiapa yang tidak memutuskan menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang kafir”. (al Maidah 44)
Dukun dan sihir, termasuk asy-syirkul akbar. "Dan bahwasanya ada beberapa orang laki-laki di antara manusia meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki di antara jin, maka jin-jin itu menambah bagi mereka dosa dan kesalahan." (QS. Al Jin : 6)
Dalam hadits yang shahih dikatakan; Rasulullah Saw bersabda, “Bukan termasuk golongan kami orang yang mengaitkan kesialannya pada burung (atau benda lainnya), melakukan perdukunan atau meminta didukuni, menyihir atau minta disihirkan untuknya. Dan barangsiapa datang kepada dukun lalu mempercayai apa yang dikatakannya, maka ia telah kafir kepada apa yang diturunkan kepada Muhammad.” (HR. al-Bazzar dengan sanad yang baik). 
“Barangsiapa yang mendatangi dukun lalu dia bertanya kepadanya tentang suatu hal, maka shalatnya tidak akan diterima selama empat puluh malam.” (HR. Muslim no. 2230)
Termasuk juga meminta kepada orang-orang yang sudah mati dengan keyakinan bahwa mereka bisa memenuhi apa yang mereka yakini. 
2) Syirik kecil (asy-syirkul ashghar) adalah suatu tindakan yang condong ke arah syirik, tetapi belum sampai ke tingkat keluar dari tauhid, hanya saja mengurangi kemurniannya. Syirik kecil zhahir bisa berupa lafal (pernyataan) dan perbuatan. Contoh yang berupa lafal adalah bersumpah dengan nama selain Allah dan mengarah ke syirik seperti “demi Nabi, demi Ka’bah, demi matahari, demi kakek dan nenek.”
Dalam sebuah hadits Rasulullah saw. bersabda, "siapa yang bersumpah dengan selain Allah, maka ia kafir dan musyrik.” (HR. Turmidzi nomor 1535). 
Termasuk lafal yang mengarah ke syirik pernyataan menganggap seseorang penentu sebanding dengan Allah seperti, “Kalau tidak karena dokter niscaya saya tidak akan sembuh”.
Mempunyai jimat dalam bentuk apapun dan menanggap “jikalau bukan karena jimat ini saya akan tertimpa bahaya”, atau “saya tidak bisa bekerja kalau cincin saya ketinggalan”, dan sebagainya. 
Jimat / Tama’im adalah bentuk jamak dari tamimah, yaitu sesuatu yang dikalungkan ke leher atau bagian dari tubuh seseorang yang bertujuan mendatangkan manfaat atau menolak bala (bahaya). Bentuk jimat bisa berupa cincin, batu mulia, keris, tongkat, bahkan ada juga lembaran yang bertuliskan sejumlah ayat Al-Qur’an. 
Ibrahim al-Nakha’I berkata, “Jimat itu haram, baik yang berasal dari Al-Qur’an maupun yang bukan dari Al-Qur’an. Al-Qur’an diturunkan bukan untuk jimat tapi sebagai petunjuk ke jalan yang benar.”
Hukum memakai jimat adalah syirik sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Sesungguhnya jampi, jimat, dan mantra-mantra adalah syirik” (HR. Ibnu Majah). 
Jimat diharamkan oleh syariat Islam karena ia mengandung makna keterkaitan hati dan tawakal kepada selain Allah dan membuka pintu bagi masuknya kepercayaan-kepercayaan yang dapat mengantarkan seseorang pada syirik besar. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang bergantung kepada sesuatu, maka Allah akan menyerahkan urusannya kepada sesuatu itu” (HR. Tirmidzi dan Imam Ahmad). Jika cincin batu akik yang digunakan seorang muslim masuk dalam ranah jimat seperti diatas, makaBATU AKIK ITU BISA MENJADI PEMBATAL SYAHADAH. Naudzubillah.
Sedangkan syirik kecil yang khafiy biasanya berupa niat atau keinginan, seperti riya’ dan sum’ah. Yaitu melakukan tindak ketaatan kepada Allah dengan niat ingin dilihat atau dipuji orang. Seperti mengerjakan sholat seolah khusyu’ biar terlihat alim, atau bersedekah dengan syarat diumumkan. Intinya, seseorang berbuat seperti itu dengan harapan supaya dipuji sebagai orang baik. 
"siapa yang menampakkan amalnya dengan maksud riya’ Allah akan menyingkapnya di hari Kiamat, dan siapa yang menunjukkan amal shalihnya dengan maksud ingin dipuji orang, Allah mengeluarkan rahasia tersebut di hari Kiamat.”(HR. Bukhari 11/288 dan Muslim nomor 2987)

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ أَنْ أُشْرِكَ بِكَ وَأَنَا أَعْلَمُ، وَأَسْتَغْفِرُكَ لِمَا لاَ أَعْلَمُ

"Ya Allah sungguh aku berlindung kepada-Mu dari berbuat syirik kepada-Mu sedangkan aku mengetahuinya. Dan aku memohon ampun kepada-Mu terhadap apa-apa yang tidak aku ketahui"[HR. al Bukhari ]
Wallahul musta'an 
Wallahu a'lam
http://pijarpunbenderang.blogspot.com/
🙋 (sekedar sharing)
di daerah rumah saya pas puasa bapak bapaknya seneng sama burung,akhir2 ini pada suka batu akik. Sampai ada yg buka etalase kecil plus pengasah batunya. Yang punya keluarga ustadz yg dihormati di lingkungan. Ustadz nya juga pake. Mungkin karena senang modelnya.
Semoga bukan karena syirik.
ya smg bunda kita berkhuznudzan 
tapi kenapa hal itu bisa terjadi ya pak ustadz? karena teman saya juga ngalamin. yg hilang cuma selembar atau beberapa lembar
Jawab:
Detailnya Ada materi trsendiri ttg ini bunda.
bunda itu mungkin benar kita harus mengakui ada kehidupan lain yaitu alam ghaib, dan didalamnya ada ada jin yg muslim ada jin yg kafir, dan mereka juga diberikan kemampuan oleh Allah. Nah tuyul salah satu sosok  jin yg jahat dan bisa dipelihara oleh orang jahat , sosok yang disebut tuyul, juga bisa memindahkan barang. Jin yg lain  juga bisa mencuri sebagaimana manusia bisa mencuri. Di jaman rasulullah ada lho setan yg mau mencuri zakat mall nt saya sharing 😊
nah klo Kasus orang yang merawat tuyul juga pernah terjadi di masa silam. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah pernah menyebutkan tentang al-Hallaj yaitu tokoh sufi yang mengaku telah menyatu dengan tuhannya.
Al-Hallaj memiliki atribut khusus, terkadang setan membantunya. Suatu ketika, dia bersama pengikutnya di bukit Abu Qubais, kemudian pengikutnya minta manisan. Kemudian al-Hallaj pergi ke tempat tertentu yang tidak jauh dari markasnya. Lalu dia kembali dengan membawa sepiring manisan. Masyarakat pun mencari tahu kejadian sejatinya. Ternyata sepiring makanan itu berasal dari toko manisan di Yaman, yang dibawa oleh setan ke tempat itu. 
Tinggal kita sbg muslim ada rambu rambu.syar'i  trkait dgn jin, kita dilarang brhubungan dg jin apalg memeliharanya.
Kita telah dipersenjatai oleh Allah bgaimana menangkal bangsa jin,  dzikir ,tilawah, doa,  sholat merupakan senjatanya. 
Assalamualaikum ustadz mau tanya kalau orang yang sering tilawah, tp sering mimpi buruk apakah ini tandanya ada gangguan dr jin dan apakah perlu dirukyah,jazakallah
Assalamualaikum ustadz mau tanya kalau orang yang sering tilawah, tp sering mimpi buruk apakah ini tandanya ada gangguan dr jin dan apakah perlu dirukyah,jazakallah
Jawab
Iya bunda itu bisa dr gangguan jin atau bisa juga gangguan psikis krn terlalu berat berpikir.
Harus nya ketika kita baca quran bisa lebih tenang. 
Cobalah rukyah syariah sendiri dulu.
Bacaan ayat2 rukyah bisa disearch di internet. Atau bisa gunakan Dzikir al matsurat setiap pagi n petang. Tp dr semua bacaan dzikir tsb iga utama dibaca tartil dihayati maknanya dan ikhlas kena allahu taala.
Jika msh mimpi buruk silakan brkonsultasi dg ustadz rukyah syariah yg  fakih lurus fikrahnya.
Sudah malam bunda kita tutup kajian hari ini semoga berkah bg kita semua,  afwan 🙏.
Jika msh ada prtanyaan silahkan admin mengumpulkan dan menjapri ke saya.
Kita ketemu dikajian berikutnya.
Assalamualaikum wrwb
Ustadz di sini kan klo ada bayi yg baru lahir harus simpen gunting sisir kaca dll supaya g diganggu jin.  Itu sudah termasuk syirik besar ustadz?
Jawab:
Betul bunda itu jatuhnya sdh syirik yg bisa jatuh ke syirik besar, krn menggantungkan kpd selain Allah.
Ada lgi ya ustadz,
Kalau datang ke pak kyai buat tanya barang hilang itu juga syirik besar?
Mau mengingatkan teman tapi bingung mulai dari mana ya ustadz...
Jawab:

Itu juga bunda,syirik. Mau kyai,ustadz,org pinter kalo sdh meramal itu sdh menggunakan jin. Kalaupun bener itu hanya kebetulan saja.

Doa Kafaratul Majelis :

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Semoga Bermanfaat