Ketik Materi yang anda cari !!

TABARRUK

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, December 2, 2014

Kajian Online WA Hamba الله Ta'ala
(Ayah 305)

Hari / Tanggal: Senin,  01 Desember 2014
Tema:  Aqidah - Tabarruk
Narasumber:  Ustadz A Wahid
Admin:  Fuad AN
Notulen : Ana Trienta

Assalaamu'alaikum warohmatulloh wabarokaatuh..
In sya Alloh pembahasan kita kali ini tentang aqidah

Salah satu yang termasuk kedalam perkara syirik besar adalah: Tabarruk di makam Rosululloh SAW, dengan menyentuh makam Rosululloh SAW atau meminta kepada dan berdoa kepada Rosul SAW.

Ini merupakan  perkara yang dilarang akan tetapi tersebar di antara kaum muslimin terkhusus umat Islam Indonesia. Dan termasuk di dalam perkara ini adalah meminta berkah dengan membasuh ayw mengusap kain penutup ka'bah. Bahkan kalau ada yang meyakini bahwa ini dapat mendatangkan keberkahan dikhawatirkan pelakunya dapat terjerumus ke syirik akbar..

Hal ini pun termasuk sama hukumnya dengan yang meminta atau berdoa di makam-makam yang lainnya baik yang diklaim orang-orang sholeh atau para wali. Maka yang patut bagi kita adalah meminta keberkahan atau berdoa  hanya kepada Alloh SWT semata..
Wallohu a'lam..

Pertanyaan dan diskusi
1.Ustadz, bagaimana dengan tawassul?
Jawab
Tawassul ada yang diperbolehkan. Akan tetapi termasuk ke dalam perkara yang tidak diperbolehkan juga ketika kita bertawassul kepada Rosul SAW dan orang-orang sholeh yang telah meninggal lainnya.

2. Kalo syirik kecil ust? Apa sama ya dosanya dengan syirik besar? Misalnya ketika sakit kita tergantung obat. Atau kiita dengan melakukan pekerjaan tergantung orang lain tanpa apa termasuk syirik?
Jawab
Kalau syirik kecil memang tidak sama, tidak sampai membawa pelakunya ke dalam kekafiran akan tetapi walaupun kecil-kecil juga kan syirik tetap berbahaya. Semoga Alloh menjauhkan kita darinya. Ya termasuk di dalamnya ketika kita menggantung kesembuhan pada obat

3. Afwan ustadz mau tanya. Gimana caranya agar kita bener-bener menggantungkan segala sesuatu kepada Alloh.
Jawab
Ada beberapa cara agar kita hanya bergantung kepada Alloh.. Yakinlah kesembuhan, perlindungan, keselamatan dll hanyalah dari ALLOH SWT. Mulailah setiap pekerjaan atau amalan kita dengan basmalah dan akhiri dengan hamdalah. Perbanyak basahan lidah kita dengan dzikrulloh dan dzikrulloh yang paling a'zhom adalah membaca Kalamulloh.
4. Tanya Ustadz, hal paling dasar dari materi di atas: Tabarruk itu artinya apa & bagaimana? Mohon maaf baru Online jadi baru nyimak. Syukron
Jawab
Tabarruk adalah mengharapkan keberkahan dari sesuatu misal banyak yang mengira bahwa kain hitam penutup ka'bah dapat membawa keberkahan maka mereka mengusap menyentuh bahkan ada yang mencium atau mengguntingnya sampai dibawa pulang hal ini merupakan perbuatan yang tidak dibenarkan dalam syariat islam.

Kalau memang tidak ada pertanyaan  lagi dan dirasa cukup.
Jazaakumulloh khoiroo
Wallohua'lam

PENUTUP
Doa Kafaratul Majelis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaaha illa anta astaghfiruka wa'atubu ilaika 
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
(HR. Tirmidzi, Shahih).

Wassalaamu'alaikum warohmatulloh wabarokaatuh..

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Terbaru