Ketik Materi yang anda cari !!

Home » , » TAHSIN - SIFAT HURUF ARAB

TAHSIN - SIFAT HURUF ARAB

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Thursday, December 4, 2014

Kajian Online Hamba الله
Rabu, 03 Desember 2014
Narasumber: Ustadzah Fartianty
Tema: Tahsin
Grup Nanda: 101 & 102, 105 & 106

Notulen : Dewi & Tari
Editor : Ira Wahyudiyanti

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillahirrabil 'aalamiin
Wahai rabbii..hanya bagi Engkau segala puji.
Begitu banyak kenikmatan luar biasa yg Kaulimpahkan pada kami ..jadikan kami orang2 yg bersyukur kepadaMu

Shalawat dan salam semoga tercurah kepada Rasulillah shallallahu 'alaihi wa sallam

Apa kabar ukhtii? Semoga senantiasa sehat jasad dan ruh kita..aamiin

Lanjut materi tahsinnya yaa


SIFAT HURUF ARAB
صِفَاتُ الحُرُوفِ العَرَبِيَّةِ

->>Manfaat mengetahui sifat huruf
*membedakan huruf2 yg memiliki kesamaan makhraj(tempat keluar) dimana huruf2 tsb akan jadi satu huruf bila tanpa sifat2nya, contoh ط&ت،س&ص

*memperbagus pelafalan huruf

*mengetahui huruf yg kuat dan yg lemah shg dapat mengetahui huruf yg boleh diidghomkan dan yg tdk boleh

>>Pembagian sifat huruf
©sifat yg selalu melekat pada suatu huruf (صفات أَصْلِيّةٌ)
Seperti hams, syiddah dsb

©sifat yg tidak selalu ada pada suatu huruf(صفات عَرَضِية)
Seperti idghom, izhhar dsb

>>>Sifat yg selalu melekat pada huruf:
1. Ada yg memiliki lawan
-al hams x al jahr
-asy syiddah x ar rakhaawah, pertengahan keduanya disebut tawasuth
-al isti'la x al istifal
-al ithbaq x al infitah
-al idzlaq x al ishmat

2. Sifat yg tidak punya lawan
-al qalqalah
-ash shafir
-al istithaalah
-at takriir
-at tafasyii
-al inhiraf

-->Pembagian huruf arab berdasarkan nafas yg mengalir atau tertahan:
*lembut di pendengaran akibat mengalirnya nafas saat mengeluarkan huruf karena lemahnya sandaran huruf pada makhrajnya(الهمس)
Pita suara dalam kondisi terbuka dan tidak bergetar
Huruf2 nya bila digabungkan adalah
فَحَثَهُ شَخْصُ سَكَت

*nyata dan jelas akibat nafas tertahan saat mengeluarkan huruf karena kuatnya sandaran huruf tsb pada makhrajnya( الجَهْرَ)
Pita suara bertemu dan bergetar
Huruf2nya adalah huruf hijaiyah dikurangi huruf al hams

->Huruf arab berdasarkan aliran suara:
#aliran suara tertahan karena tertutupnya tmp keluar huruf atau karena kuatnya sandaran huruf terhadap makhrajnya( الشِّدّه)
Huruf2 nya digabung jadi:
أَجِدْقَدْبَكَتْ

#suara mengalir sempurna atau lepas saat melewati makhraj karena lemahnya sandarana terhadap makhrajnya( الرَّخَاوة)
Huruf selain yg termasuk asysyiddah dan tawasuth/al bainiyyah

#mengalirnya sebagian suara pada tmp keluar huruf karena tdk tertutup dengan sempurna atau suara tdk tertahan sebagaimana sifat syiddah dan tdk terlepas sebagaimana sifat rakhawah( تَوَسُط / البَيْنِيَّةُ)
Huruf2 nya digabung jadi:
لِنْ عُمَر

Demikian materi hari ini..jika ada yg hndk didiskusikan dipersilakan..

Cb kasih contoh soal tulis mauu?
Cb kasih contoh soal tulis mauu?
Ini soalnya yaa..
Cb dicari dari ta'awudz dan basmalah, mana yg termasuk huruf hams dan mana yg termasuk huruf ar rakhaawah?

Dari ta'awudz yaa

💚  أعوذ بالله من الشيطان الرجيم 💚

Yg termasuk al hams adalah huruf2
فحثه شخص سكت

Yg ada di ta'awudz huruf apa yg msk hrf hams?

Mb Selii:
Ohhh berarti huruf hams yg ada di ta'awudz

ش ه ح
Bunda Far:
ش ه
Benar mb selli..kl ح  ngga ada yaa..ada nya ج
(TigaJempol) mb selli

Bunda Far:
Cb kl di basmalah..huruf hams nya mana ya?

Mb Selli:
Kalau ar rakhawah
م ن ر ع

ل ada juga kayak na..

Bunda Far:
Naa..kl ar rakhawah..selain asysyiddah( قطبجدأكت) da selain at tawasuth(لن عمر)

Mb Selli:
Kalau basmalah

س ح ه

Bunda Far:
TigaJempol untuk Mb Selli

Tari:
Tanya bundaaa, jadi Kesimpulannya

Huruf hijaiyah dr alif hingga ya'

Yg merupakam huruf hams dan ar rakhwah itu apa yah bunda?

Mb Selli:
Ar rakhawah di ta'awudz

ي ش ذ gitu ya umm kalau selain dr hurup asy syiddah n at tawasuth

Bunda Far:
و ذ ه ش يar rakhaawah

Huryf ar rakhawah dibaca dengan suara terlepas jadi pas sukun atau tasydid dibaca agaj panjang  sprt dzdz, sysy nya

Bunda Far utk Mb Selli:
Iya bener, Iya begitu caranya mengelompokkan sifat..kita baru bahas 2 kelompok sifat hari ini..inshaAlloh lanjut pkn depan yaa

Rekap Pertanyaan Nanda 102:

No question

TANYA JAWAB
1.      Mau tanya ustadzah pembagian sifat huruf, sifat yang selalu melekat pada suatu huruf (صفات أَصْلِيّةٌ) Seperti hams, syiddah dsb. Maksudnya bagaimana yah?
Jawab:
Sifat yang selalu melekat pada huruf, contohnya huruf س dia punya sifat hams. Dalam kondisi apa pun hams tetap ada baik dalam kondisi fathah, dhommah, kasrah, sukun, tajwid, tanwin. Huruf س selalu mengeluarkan nafas

2.      Ummi ana mau tanya di luar mahroj dan sifat. Apa bedanya mad lin dengan sifat lin? Jazakillahu khoiron
Jawab:
Sifat liin artinya dibaca lembut yaitu apabila fathah bertemu dengan waw sukun atau ya sukun. Mad lin apabila sifat lin bertemu dengan huruf yang disukunkan. Panjangnya 2, 4, 6 harakat sama dengan mad arid lisukun. Contoh di surat Al Quraisy di akhir ayat bila di waqaf atau berhenti

Kajian tanggal 3 Desember 2014

Dilanjutkan materi tahsinnya yaa

3. Huruf arab ditinjau dari naiknya pangkal/ bagian belakang lidah
-suara naik ke langit2 atau pangkal lidah terangkat ke langit2 ketika mengucapkan huruf2 yg masuk golongan ini(الإِسْتِعْلاَء)
Huruf2 nya adalah خُصّ ضَغْطٍ قِظْ

-suara tidak naik ke langit2 atau pangkal lidah tdk terangkat ke langit2( الإسْتِفَال)
Hurufnya adalah seluruh huruf hijaiyah selain huruf isti'la


4. Huruf arab ditinjau dari terkepungnya suara atau tidak
-suara terkepung di antara lidah dan langit2 atau bagian lidah lengket atau menempel dengan langit2( الإطْبَاق)
Hurufnya adalah ص ض ط ظ

-suara tidak terkepung diantara langit2 dan lidah atau lidah terpisah dari langit2( الإنْفِتَاح)
Huruf2 nya adalah semua huruf hijaiyah kecuali hutuf ithbaq


5. Sifat yg berpengaruh pada pengucapan huruf. Keduanya berkaitan dengab ilmu sharf(asal usul kata)
-Huruf Idzlaq>> bersandarnya huruf pada ujung lidah atau bibir ketika diucapkan.
Biasanya orang arab mudah mengucapkannya
Hurufnya adalah فِرَمِنْ لُبْ

-Huruf ishmat>>huruf yg sulit diucapkan oleh orang arab
Hurufnya adalah huruf hijaiyah selain huruf idzlaq


°°°°°°°°°°°°

SIFAT YG TIDAK PUNYA LAWAN

1. Desis yg muncul karena suara melewati jalur sempit atau suara tambahan seperti suara burung
Hurufnya ص س ز

2. Mengeluarkan bunyi memantul dengan menjauhkan/ melepas antara dua perangkat bicara tanpa dipengaruhi fathah, kasrah dan dhommah atau bergetarnya tmp keluar huruf
Hurufnya adalah ق ط ب ج د

3. Mengeluarkan huruf waw atau ya sukun setelah fathah

4. Penyimpangan suara huruf karena suara tsb tdk berjalan dengan sempurna karena terhalang lidah( الإنْحِرَاف)
Hurufnya adalah ل ر

5. Bergetarnya ujung lidah saat mengucapkan huruf ra' sebagai akibat dari srmpitnya tmpt keluar huruf ra'(التّكْرِير)

6. Menyebar suara hurufش dari tmpt keluarnya hingga membentur dinding baguan dakam gigi2 atas dan bawah( التّفَشِي)

7. Lidah sedikit terdorong ke depan stlh berbenturan dg tmpt keluar huruf ضhingga ujung lisag menyentuh gusi dan gigi seri atas( الإسْتِطَاة)

8. Sifat yg dimiliki huruf nun dan mim baik saat berharakat, idgham, idzhar, atau ikhfa( الغُنّةُ)

Udah siap yaa dikasih soal?


Karena sifat sdh dishared semua..dicoba yaa..
Silakan dicari di ayat terakhir al fatihah ..huruf mana saja yg termasuk huruf isti'la, ar rakhaawah dan idzlaq

Ditunggu siang nanti jawabannya yaa..inshaAlloh

Tanya:
Afwan bunda.. nanya dulu nih

Paling atas no3 kan ad tulisan

Huruf2nya adalah ....
Nah itu sebenernya terpisahkan yah? Ga gabung gitu

Yaitu>> kho, 'a, shod, dho, tho, zho

Jawab:
Iya ..betul mb

Tanya:
Jd yg termasuk huruf rokhowah ad 5 ya bund?


Lam
Nun
'a
Mim
Ro

Jawab:
Huruf ar rakhawah adalah huruf hijaiyah dikurangi huruf asy syiddah dikurangi  hurum at tawasuth

Usul Member:
Gmn klo tulisan arab'y yg muncul sempurna coba di screenshot ato munched trs kirim gmbr'y?

Respon:
1Picture dari Bunda Far
(Terlampir)

Kita bahas yaa..
1. Huruf ar rakhaawah adalah huruf hijaiyah selain huruf syiddah( ق ب د ط ج ءك ت) dan selain huruf tawasuth(ل ن ع م ر )
Jadi huruf ar rakhaawah yg ada diayat terakhir al fatihah adalah ص ذ ه غ ض

2. Huruf al isti'la adalah ض ص ط ظ غ خ ق
Di ayat terakhir al fatihah yg termasuk is ti'la adalah غ ض ص ط

3. Huruf idzlaq adalah ن م ل ب ر ف
Huruf idzlaq di ayat terakhir al fatihah adalah ن م ل ب ر

Huruf ar rakhaawah di baca memanjang saat sukun dan tasydid baru masuk ke huruf berikutnya

Huruf isti'la maka pangkal lidah harus naik

Tanya:
Iyaaa. Ad dbelakang gigi lidahnya diatas langit2 ya bunda yg isti'la?
Shod, Dhod, Tho, Zho
Jawab:
Iya..lidah belakang naik mb

Saya ngga berani nyimak mb..afwan..saya harus liat mulut mb..karena kadang suara bisa menipu..afwan jiddan..dicb liat aja video ustadz muzzammil lalu ikuti sambil ngaca yaa


Rekap pertanyaan 102:
No response

Mgkn demikian yg bisa saya shared ukhtii fillah..afwan yaa.. semoga pemateri selanjutnya dapat lbh baik yaa

Kalau tidak ada yg dibahas lagi..saya pamit yaa
Mohon maaf lahir batin jika dalam penyampaian materi selama ini banyak kekurangan
Jazakumullahu khaira katsira dengan segala perhatian bunda semua.
Semoga selanjutnya dapat lbh baik
Subhanakallahuma wabihamdika asyhadu alla ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaih

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment