Home » , » Tawakkal dan Taqwa

Tawakkal dan Taqwa

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, December 9, 2014

Kajian Online WA : Ummi Hamba ALLAH SWT (Ummi HA 30)
************************************
Senin, 8 Desember 2014/ 15 Safar 1436 H
Nara Sumber : Ustadzah Rochma Yulika
Tema : Tawakkal dan Taqwa
Rekapan Grup HA 30 oleh : Bunda Etty
Admin : Bunda Nur Asmi
============================
Bismillahirrahmanirrahim....
Assalamu'alaikum wr wb

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَسْتَهْدِيْهِ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.

Segala puji bagi Allah, kita memuji-Nya dan meminta pertolongan, pengampunan, dan petunjuk-Nya. Kita berlindung kepada Allah dari kejahatan diri kita dan keburukan amal  kita. Barang siapa mendapat dari petunjuk Allah maka tidak akan ada yang menyesatkannya, dan barang siapa yang sesat maka tidak ada pemberi petunjuknya baginya. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya. Ya Allah, semoga doa dan keselamatan tercurah pada Muhammad dan keluarganya, dan sahabat dan siapa saja yang mendapat petunjuk hingga hari kiamat.
Menjaminkan Diri Kepada Allah
Oleh: Rochma Yulika
Kehidupan yang kita jalani ini tak lain milik Allah. Kita sebagai hamba wajiblah menaati segala perintah Nya. Kadang memang terasa berat namun, bila kita melakukan karena cinta kepada pasti kemudahan kan kita dapatkan.
Rencana Allah memang tak selalu indah menurut pandangan kita. Juga bukan yang terbagus. Rencana Allah itu selalu yang terbaik. Sayangnya kita sebagai manusia tak mampu melihat misteri yang ada di depan. Namun keyakinan dan berprasangka baik pada setiap ketetapan Allah itu yang kita wajib lakukan.
Menjaminkan diri kepada Allah tak lain seperti halnya mewakafkan diri kita untuk mengabdi pada Nya, memperjuangkan din Nya, serta rela berkorban demi tergaknya kalimatullah di muka bumi ini.
Dalam An Nahl:97 dikatakan,"Barang siapa mengerjakan kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka pasti akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan akan kami berikan kepadanya belasan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka lakukan."
Ada beberapa jaminan yang akan kita dapatkan kala kita telah menjaminkan diri kepada Allah.
1. Ketenangan jiwa kan didapat kala kita banyak dzikir.
Dzikir adalah sumber kehidupan bagi hati, jalan terbukanya hati, bahkan dzikir merupakan jalan terbukanya kemudahan.
Ibnu Taimiyah menasihati,"Aku tak kan kuat menjalani kehidupan sepanjang hari tak kan kuat sebelum sarapan ini."
Yang dimaksud "sarapan ini" adalah dzikir. Dzikir itu kekuatan kita. Dan kekuatan itu berawal di pagi hari.
Ibnul Qayyim menyebutkan, "Aku mendengar Ibnu Taimiyah berkata,"Dzikir bagi hati seperti air dengan ikan. Bagaimana keadaan ikan jika ia ditinggalkan air?"
Maka hubungan hamba bukan sekedar bermunajat saja pada pagi dan sore, namun mengingat Allah kapan saja dan dimana saja juga dalam keadaan apapun. Suka duka, sedih gembira.
2. Perlindungan dan Rasa Aman kita dapatkan dengan Tawakal.
Berserah diri kepada Allah akan melahirkan rasa aman dan terlindungi.
Manusia pada dasarnya itu faqir. Tak punya apa-apa. Hanya Allah yang ia punya. Namun mereka tak menyadari akan hal itu. Kala harta meninggalkan kita, anak, suami atau kerabat juga teman misalkan meninggalkan kita, tak sedikit pun Allah kan meninggalkan kita.
Hidup manusia berbatas. Semua rasa, peristiwa kan datang silih berganti. Dan tugas kita hanya menyikapinya dengan sabar dan syukur dalam setiap keadaan.
3. Mendapatkan kemudahan bila kita menjadi manusia yang bertaqwa.
Taqwa adalah jalan menuju hidayah, petunjuk dan istiqamah dalam menjalankan agama Allah, seperti yang diperintahkan oleh Nya.
Ketaqwaan pada Allah Azza wa Jalla adalah modal kekayaan inspirasi, sumber cahaya, dan karunia yang melimpah..
Hikmah yang akan hadir ketika Taqwa tersimpan dalam diri kita:
1. Karunia berupa cahaya yang akan menerangi perjalanan manusia
2. Jalan keluar yang menentramkan batin walau besar dan rumit problema yang dihadapi
3. Menjadi manusia yang selalu hati-hati dan senantiasa waspada dalam menapaki perjalann hidup ini.
4. Menumbuhkan Furqan, yakni mampu membedakan antara yang haq dan bathil.
Taqwa lahir sebagai konsekuensi logis dari keimanan yang kokoh. Taqwa hanya dimiliki oleh siapa saja yang berusaha menggenapkan ketaatannya pada Allah Aza wa Jalla.
Taqwa itu kepekaan batin, kelembutan perasaan, rasa takut yang terus menerus, selalu waspada dan hati-hati.
Jalan-jalan Menuju Taqwa
1. Mu'ahadah
 Mengingat perjanjian kita pd Allah. An Nahl 91
2. Muraqabah
 Merasakan kesertaan Allah
3. Muhasabah
 Introspeksi diri
4. Mu'aqabah
 Pemberian sanksi
5. Mujahadah
  Optimalisasi amal
4. Mendapat kemenangan dengan kesungguhan dan jihad menegakkan agama Allah.
Allah telah menentukan, bahwa kemenangan dan pertolongan Nya sangat dekat bila kita sebagai hamba mampu menjalani sebab-sebabnya.
Dan Allah sebagai Rabbul asbab, telah menjelaskan sebab-sebab sampainya kemenangan dan pertolongan ada dalam kitab Nya.
Hal yang paling penting adalah dari sampainya pada sebab itu, yakni adanya kesungguhan untuk berjuang menegakkan kebenaran dan mampu menjalani segala kaidan yang ditetapkan.
Al Izzatu Lillahi Wahdah
Oleh: Rochma Yulika
Keyakinan modal utama.....
Doa penopangnya.........
Usaha jalannya.....
Tawakkal untuk hasil akhirnya 
“Hakekat iman tidak akan terbukti kesempurnaannya dalam hati seseorang sampai ia menghadapi benturan. Karena di sinilah seseorang melakukan mujahadah sebagaimana seseorang melakukan bersungguh-sungguh kepadanya untuk menghalanginya dari keimanan."

Kesuksesan hanya akan sampai kepada mereka yang senantiasa memaksimalkan seluruh potensi dan kenikmatan yang Allah berikan kepadanya.
Kesuksesan tidak akan bersanding dengan orang yang hanya setengah-setengah dalam melakukan usaha apalagi malas malasan.
Keyakinan penuh yang akan membuat seseorang bisa bertahan lebih lama. Keyakinan penuh yang akan membuat seseorang bekerja dan terus bekerja. Keyakinan penuh yang akan membuat seseorang mengerti saatnya bekerja keras dalam mencari penghidupan maupun mengambil kesempatan berkiprah di jalan dakwah ini.
Jalan mana yang kau pilih Saudaraku......?
Sesungguhnya hidup manusia berada di persimpangan jalan, yakni jalan kebenaran yang akan mengantarkan perjumpaan dengan sang Maha Pencipta.
Sedang jalan kedua, jalan kesesatan yang akan menjerumuskannya ke lubang kesengsaraan, yakni masuk ke neraka.  
Sahabat surgaku...
Hidup ini hanya sebentar maka jangan biarkan tertukar
Hidup ini hanya selintas makan jangan biarkan diri tergilas
Hidup ini sangat sesaat jangan biarkan jiwa kita tersesat
5. Mendapat pahala dan ketegaran lantaran kesabaran.
Sabar adalah kekuatan menahan dan meredam.
RAHASIA BERSABAR
Seseorang mampu bsabar krn ia MENGETAHUI adanya konsekwensi yg baik jika ia bersabar & ada akibat yg buruk jika ia tidak sabar. Seorang buruh rela bsabar bekerja keras karena tahu di akhir bulan ia akan digaji. Seorang karyawan bersabar dimarahi atasannya karena ia tahu kalau ia tidak sabar dimarahi, ia akan lebih dimarahi lagi.
Rahasia Bersabar
Ketahuilah bahwa sabar, jika dipandang dalam permasalahan seseorang adalah ibarat kepala dari suatu tubuh. Jika kepalanya hilang maka keseluruhan tubuh itu akan membusuk. Sama halnya, jika kesabaran hilang, maka seluruh permasalahan akan rusak.
–Khalifah Ali bin Abi Thalib-
Demikianlah, orang2 mulia mampu bersabar krn tahu balasan dari sabar adl sesuatu yg tak terhingga, yaitu kebahagiaan di akhirat.
"Tidak ada seorangpun yg bersabar thdp kesulitan hidupnya kecuali aku akan mjadi penolongnya nanti di hari kiamat" (HR Muslim)
Sabar Dalam Ikhtiar
Oleh: Rochma Yulika
Dalam ikhtiar harus ada sabar
Meski diri harus terkapar, bangkitlah segera untuk tegar
Dan Ketika dosa mengakar sertai selalu dengan istighfar
Dalam setiap usaha harus ada doa
Meski lelah menyesakkan jiwa jalani dengan lapang dada
Dan ketika raga didera derita tetaplah istiqamah di jalanNya
Dalam hidup harus ada semangat
Agar jiwa tak mudah berkarat
Jangan mudah gentar meski beban hidup terasa berat
hingga menjadi jiwa-jiwa yang selamat
Dalam dakwah harus ada amanah
Meski harus berlelah niatkan semua karena bagian dari ibadah
Dan ketika harus bersusah payah, yakinlah semua kan berupah.
Alhamdulillah.....semoga Allah menyaksikan kebersamaan ini semua yg kita lakukan tuh gapai ridla Nya semata
Sesi tanya jawab :
01. Bunda Nina Ainur Fitri
Tanya: bgmn kiat agar diri tetap istiqomah dg ibadah & amal2 sholih? Kl br dpt tausiyah bgini, serasa diingatkan dan semngt, tp bbrp wktu kemudian trkdg smngt itu meredup. Jzkillah ustdzh
Jawab
-----------
A. Mari kita ingat kematian itu adalah kiat yg jitu bagi hati yg mudah lalai.
B. Berkumpulah bersama orang2 shalih
C. Teringat nasihat ibnu taimiyah... bila hatimu berada dalam kesesatan mendekatlah dengan org2 zuhud yg gemar beribadah dan mendekat kpd Allah atau taqarub ilallah
02. Bunda Nurseto swgn
assalamualaikum.. ummi..cara menjaga hati supaya tenang & sabar..bisakah dengan dzikir khofi..? kadang hati & pikiran tdk sama.. trmksh ummi..
Jawab
------------
Wlkm salam bisa bu.... bhkn bs jd amalan unggulan lantaran hanya kt dan Allah yg tau
03. Bunda Etty
Tanya: ummi, Kita sdh berusaha semampu kita, berdoa tak putus2nya, tp ketanyaan tdk sesuai dng yg diharapkan.... kdang kita berprasangka buruk (zuudzon) terhadap Allah, bagaimna agar zuudzon jauh dr kehidupan kita.... dan ikhlas dng smua yg sdh ditakdirkan kepada kita....
Syukron ummi....
Di awal.. ayat annahl 97.... kita bisa tafsirkan bhw Allah berikan yg lebih baik dan balasan pahala.... mungkin jk harapan tak terjawab saat ini Allah kan balas dg pahala sbg bekal menuju akhirat. pahala arptas kesabaran menjalani takdirnya...
Jawab
-----------
Bisa jd kita mmg belum pantas menerima apa yg kita harapkan...
Hikmah dibalik doa kita yang nggak terkabul...
ADA seseorang yang rajin berdoa, meminta sesuatu kepada Allah. Orangnya begitu sholeh dan ibadahnya pun baik. Tetapi do’a yang dipanjatkannya tak kunjung terkabul.
Sebulan menunggu masih belum terkabul juga. Tetap dia berdoa. Tiga bulan berlalu juga belum terkabul. Tetap dia meneruskan do’anya. Hingga hampir satu tahun doa yang ia panjatkan, belum terkabul juga.
Dia melihat teman kantornya. Orangnya biasa saja. Tak istimewa. Sholat masih bolong- bolong. Kelakuannya juga sering nggak beres, sering tipu-tipu, bohong sana-sini. Tapi anehnya, apa yang dia doakan, semuanya dipenuhi.
Orang sholeh ini pun heran. Akhirnya, dia pun mendatangi seorang ustadz. Berceritalah dia mengenai permasalahan yang sedang dihadapi. Tentang doanya yang sulit terkabul padahal dia taat, sedangkan temannya yang bandel, malah mendapat apa yang dia inginkan.
Tersenyumlah ustadz ini. Bertanyalah sang ustadz ke orang shalih ini, “kalau Anda lagi duduk di warung, kemudian datang pengamen, tampilannya urakan, maen musiknya gak benar, suaranya fals, bagaimana?”, orang sholeh tadi menjawab, “segera saya kasih pak ustadz, gak tahan ngeliat dan ndengerin dia lama-lama di situ, sambil nyanyi pula.”
“Kalau pengamennya yang dateng rapi, main musiknya enak, suaranya empuk, bawain lagu yang kamu suka, bagaimana?” tanya sang ustadz lagi. Orang shalih pun segera menjawab, “wah, kalo gitu, saya dengerin ustadz. Saya biarin dia nyanyi sampai habis.
Lama pun nggak masalah. Kalau perlu saya suruh nyanyi lagi. Nyanyi sampai sealbum pun saya rela. Kalau pengamen tadi saya kasih 500 rupiah, yang ini 50.000 rupiah juga berani, ustadz.”
Pak ustadz pun tersenyum dan menjelaskan “begitulah nak.. Allah ketika melihat engkau, yang sholeh, datang menghadap-Nya, Allah betah ndengerin doamu. Melihat kamu. Dan Allah pengen sering ketemu kamu dalam waktu yang lama. Buat Allah, ngasih apa yang kamu mau itu gampang betul. Tapi Dia ingin menahan kamu biar khusyuk, biar deket sama Dia. Coba bayangin, kalo doamu cepet dikabulin, apa kamu bakal sedekat ini? Dan di penghujung nanti, apa yang kamu dapatkan kemungkinan besar jauh lebih besar dari apa yang kamu minta.”
“Beda sama temenmu itu. Allah gak mau kayaknya, dia deket-deket sama Allah. Udah dibiarin biar bergelimang dosa aja dia ini. Makanya Allah buru-buru kasih aja. Udah. Jatahnya ya segitu doang. Gak nambah lagi.” lanjut sang ustadz.
“Dan yakinlah..”, kata sang ustadz, “kalaupun apa yang kamu minta ternyata gak Allah kasih sampai akhir hidupmu, masih ada akhirat, nak. Sebaik-baik pembalasan adalah jatah surga buat kita. Nggak bakal ngerasa kurang kita di situ.”
Tersadarlah orang tadi. Ia pun beristighfar, sudah berprasangka buruk kepada Allah. Padahal Allah betul-betul sangat menyayanginya.
04. Bunda Ulfa Nasibati
ustadzah bagamana caranya mengajak anak kita mengaji dari usia dini 4th misalnya? trus kadang kita ga sabar(kususnya saya)?suka gregetan klo anak ga nurut
Jawab
-----------
Ibunya yg baca terus meski anaknya main atau apa. nanti lama2 akan luluh... alam bawah sadar jg merespon
05. Bunda Erti Noorhan
Assalamualaikum ustadAh, bagaimana mengontrol.emosi untuk.masalah2 yg ringan khas ibu rumah tangga, yg.setiap hari berulang, walaupun sdh d bicarakan thd anakn maupun pasangan, terima kasih
A. Mengalihkan ke hal yg lain...
B. Menghela nafas dalam2
C. Beristighfar banyak2
D. Jk perlu alihkan dg menangis drpd marah
06. Bunda Marlina
Assalamualaikum ustadzah..
Menjadi seorg ibu impian smua org yg sdh brumahtangga.. stlh 4th menunggu akhirnya sy dibri karunia itu.. dan skrg sdang hmil anak ke2.
Hri ini sy merasa sangat bersalah & tak hnti2nya mnangis krn merasa terlalu kejam memprlakukan anak sy dgn menghukumnya sampai menangis sesengukan pdhl dia masih 2,5th. Kira2 apa yg hrus sy lakukan sehingga rasa bersalah itu bisa berkurang atw hilang? Apakah saya termasuk ibu yg kurang baik untuk anak? Syukron ustadzah..
Jawab
-----------
Meminta maaf ktk lepas kemarahan tanpa kontrol. sy jg msh bljr dan bljr....
Mendidik anak tentu suatu kewajiban yang membahagiakan jika disadari dengan penuh keimanan. Namun demikian bukan berarti tidak ada hambatan dan kesedihan dalam membesarkan anak-anak, utamanya bagi yang harus menjalani takdir sebagai single parent atau single mom.
Menjadi single mom adalah tantangan sekaligus keuntungan besar jika dipahami secara mendalam. Dikatakan keuntungan karena di sana terbentang amal yang sangat luas, karena seorang single mom juga harus mampu berperan sebagai ayah bagi anak-anaknya, dan dikatakan sebagai tantangan karena seorang ibu harus benar-benar mampu bertabah hati menghadapi segala keadaan yang kurang mengenakkan.
Akan tetapi, apa pun itu, hendaknya kita tetap bersemangat dan optimis dengan peran yang Allah takdirkan kepada para single parent atau single mom. Betapa dalam sejarah telah tercatat bahwa nama-nama besar tokoh intelektual Muslim justru hadir dari binaan seorang ibu sendiri. Sebut saja Imam Syafi’i dan Imam Bukhori.
Keduanya menjadi ulama besar hingga kini justru karena dididik seorang diri oleh seorang ibu yang punya keteguhan keyakinan dan ketabahan dalam menghadapi penderitaan.
Untuk itu tidak ada alasan bagi apra single parent untuk tidak sukses mendidik putra-putrinya. Sekedar untuk berbagi, berikut beberapa tips orangtua tunggal untuk mendidik anak dengan baik.
Pertama, memberikan kasih sayang dengan selalu memperhatikan semua kegiatannya. Dengan beberapa sentuhan lembut yang hangat, anak tidak akan merasa kesepian.
Kedua, mendengarkan cerita anak dan memberikan komentar yang mendidik.
Ketiga, menciptakan suasana aman, agar anak tidak merasakan ketakutan. Berusahalah untuk tetap melindungi anak-anak dengan baik.
Keempat, buatlah jadwal makan dan bermain bersama, agar waktu dapat terbagi dengan baik bersama anak-anak.
Kelima, memberikan mereka pujian, saat melakukan kegiatan yang baik atau prestasi menakjubkan. Selain itu Anda dapat memberikannya sebuah bingkisan yang dia inginkan.
Keenam, memberikan kritikan mengenai sikapnya yang salah, berilah contoh baik agar anak-anak sadar bahwa yang dilakukannya salah.
Ketujuh, senantiasa berdoa dan bersandar hanya kepada Allah Ta’ala yang Maha Kuasa, sembari tak pernah henti untuk selalu membaca la haula wala quwwata illa bilahil aliyil adhim.
07. Bunda Diany
Umi,,gmn yach kita sebagai perempuankan mudah nangis suka merepet repet apa lg kl dah capek mana lg soal anak"blm lg soal ayahx,,
Gmn yach umi crax biar gak mudah stress umi,
Cma kl lg merepet repet ke nak" tuch bukan mencaci cma minta mereka itu ngerti kl mamax juga capek meskipun kerjaanx cma dirumah doank,,
Jawab
-----------
A. Alihkan ke hal positif... banyak baca buku dan tilawah
B. Sibukkan dalam hal yg positif


08. Bunda Mala
Assalamualikum Ustadzah.... mengenai berdo'a...ada ssorg  waktu do'a dengan shalat lebih lama berdoa, baik kah? Pernah  satu waktu ia berdoa menangis smpe sesenggukan krn ingat dosa dan takut akan azab Allah kelak, prnh satu kali spt org yg bnr2 takut smpe bergrk mundur dr duduknya sampai  gemetar saat berdoa krn membayangkan Allah ada dihadapan dan sdg marah pdnya dan akhirnya smpe saat ini tkdg msh ada rasa tkt menghadirkan Allah dlm doanya...tapi ia berusaha tetap menghadirkan Allah dlm solat dan doa sampai ia pernah  menangis walaupun dalam shalat...sebenarnya bolehkan kita berbuat demikian? Terlalu berlebihankan? jazakillah ustdzah
Jawab
------------
A. Sholatlah dan nikmatilah setiap sholat dg melamakan bacaan....
B. Boleh sholat dan doa sambil menangis
09. Bunda
Assalamu'alaikum...
Ustadzah,bagaimana menasehati dan menghilangkan kebiasaan anak laki-laki usia 6th yg suka bertingkah dan berpenampilan seperti anak perempuan?
Jawab
-----------
A. Cari penyebabnya
B. Memberi batasan tegas krn jk kebablasan bs timbul mslh
Eyang putrinya memang sebelumnya perias dan teman di kanan kiri rumah adl anak putri.
Saya sudah ceritakan kisahnya nabi Luth a.s sampai pernah saya hukum beristighfar 100x sambil berdiri
Apa yg ustadzah maksud dg batasan tegas? Mohon diberi contohnya!
Jazakillah....
Jawab
----------
Bahwa menyerupai wanita atau wanita menyerupai laki2 itu dilarang
Dari Ibnu Abbas ra berkata, bahwasanya Rasulullah SAW melaknat mukhannasin (laki-laki yang menyerupai perempuan) dan mutarajjilat (perempuan yang menyerupai laki-laki). Beliau bersabda, ”Keluarkanlah mereka dari rumah-rumah kalian.” Maka Rasulullah SAW mengeluarkan Fulan dari rumahnya dan Umar juga mengeluarkan Fulan dari rumahnya. (HR. Bukhari)
Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dg lancar. Moga ilmu yg kita dpatkan berkah dan bermanfaat. Amiin....
Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis:

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Wassalamu'alaikum...

************************************

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT